Baca 5 Faktor Penyebab Bisnis Start Up Jadi Gemerlap

Categories: Tips Bisnis Online
jasa seo

undercover.co.id – Merintis sebuah perusahaan memang susah-susah gampang. Bila tanpa persiapan yang sangat matang bisa-bisa bisnis yang kita jalankan mati oleh kerasnya persaingan. Padahal Indonesia saat ini sedang banyak dilirik oleh para investor asing.

Mereka pun tentunya tak akan segan pula menggelontorkan dana fantastis bagi para pemiliki bisnis startup ini. Siapapun anda, tentu ingin usaha yang dirintisnya menjadi berhasil dan Berjaya, bukan? Maka dari itu jangan pernah setengah-setengah dalam melakukan bisnis anda itu.

Agar kelak usaha rintisan kita mendapatkan hasil yang maksimal, maka jangan pernah menyiakan setiap kesempatan yang ada. Maksudnya adalah, buat bisnis startup yang anda kelola sekarang ini memiliki kredibilitas yang bisa menarik para investor untuk menanamkan modalnya pada usaha rintisan anda. Kalau hal itu sudah anda lakukan, maka siap-siap usaha anda ini menjadi buruan.

Meskipun dalam kata-kata terdengar semudah itu, pada kenyataannya masih banyak pula orang-orang yang gagal dalam melakukan dan merintis bisnisnya ini. Maka, kalau begitu keadaannya, kami memiliki tips yang bisa anda gunakan untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola sebuah bisnis startup. Let’s read!

  1. Mulai dengan Sederhana.

Pastilah dalam memulai usaha, anda akan dihadapkan pada sebuah kesulitan di mana harus menentukan pilihan. Mana kiranya yang akan anda lakukan dalam bisnis anda ini. Apakah menjual barang atau jasa? Daripada terus bingung, lebih baik anda mulai dari yang sederhana saja. Contohnya, bisa mulai dari sesuatu yang anda sukai. Jika anda hobi sepak bola dan memiliki banyak koleksi jersey yang keren, kenapa tidak menjual baju bola saja? Alasannya pertama karena anda suka, kedua karena anda sudah memahaminya.

Dalam menjalankan usaha itu pun nantinya anda tidak perlu bingung untuk mencari atau menjual ke mana. Bisa saja anda memulainya dari teman dekat, komunitas, atau fans club yang memang satu kesukaan dengan anda. Selain menyenangkan, namun pada akhirnya juga menghasilkan, kan?

  1. Menjadi Berbeda.

Dalam membuat sebuah usaha apabila hanya sama saja dengan yang lainnya, maka persaingan pun akan sulit untuk ke depannya. Salah satu solusinya adalah membuat perbedaan dari para kompetitor anda itu. Beragam cara dan strategi tentunya dapat dilakukan oleh anda sebagai penjualnya. Tetap kreatif dan inovatif saja kuncinya.

Baca Juga Sudahkah Perusahaan Anda Menyadari Arti Pentingnya PR ?

Kalau memang masih bingung nih kami kasih satu contoh. Jika memang usaha anda adalah jualan jersey bola seperti di atas, maka buatlah pembeda. Misalnya dalam setiap pembelian sepuluh jersey bola, akan anda berikan sebuah bonus berupa bola futsal gratis. Intinya, supaya mereka bisa memakai jersey itu, dan kemudian memakainya dalam permainan futsal. Itu salah satu contoh dari saya loh ya, tentu anda pasti punya yang lebih keren lainnya bukan?

Baca 5 Faktor Penyebab Bisnis Start Up Jadi Gemerlap

Baca 5 Faktor Penyebab Bisnis Start Up Jadi Gemerlap-foto by dreamstime

  1. Jangan Pernah Takut.

Kalau masalah yang ini memang seharusnya sudah tidak perlu jadi pikiran anda lagi. Bagaimanapun, di saat anda memutuskan akan memulai sebuah bisnis, maka anda pun akan mengesampingkan segala ketakutan dan risiko yang akan anda hadapi. Biasanya, para pebisnis startup selalu ketakutan dengan yang namanya modal. Padahal itu bisa didapatkan dengan berbagai cara, misalnya; dengan mengambil dari tabungan anda, mencari investor, atau meminjam pada bank.

Baca 5 Faktor Penyebab Bisnis Start Up Jadi Gemerlap  Kalau pun memang modal menjadi kendala utama, coba buatlah bisnis startup yang tanpa perlu modal besar. Salah satunya adalah menjadi agen atau reseller suatu produk. Tugasnya cukup gampang, anda tinggal cari sebuah perusahaan ternama untuk diajak bekerjasama dalam promosi produk mereka. Pajanglah di situs web dan sosial media anda, sekaligus bantu pula promosinya. Lalu, komisi dari setiap penjualan barang tersebut akan masuk ke rekening anda. Mudah sekali bukan?

  1. Membuatnya Menjadi Legal.

Nah, kalau yang selanjutnya ini sepertinya harus anda lakukan dari awal. Karena inilah yang akan membuat orang lebih percaya dan yakin pada bisnis yang akan anda lakukan. Caranya? Buatlah usaha anda ini menjadi berbadan hukum seperti CV atau PT. Datangi dinas yang berkaitan dengan hal ini, dan daftarkan bisnis anda segera. Cara ini mampu membuat kredibilitas perusahaan anda semakin terbangun di mata khalayak umum.

Bisnis yang akan kita lakukan pun akan serasa aman dan nyaman. Pelanggan pun tak akan ragu untuk memilih atau membeli produk/jasa yang ditawarkan. Anda nyaman, mereka pun akan merasa aman.

  1. Totalitas.

Kalau begitu cara yang terakhir ini yang akan menjadi kunci penting dalam bisnis anda. Yap! Selalu konsisten dalam melakukan bisnis, jangan pernah berpikir setengah-setengah. Karena kalau anda sendiri ragu pada bisnis anda, bagaimana dengan orang di luar sana? Fokuslah pada tujuan akhir yang ingin anda capai dan raih dalam bisnis anda ini.

Baca Juga  Anda Owner Bisnis Start UP ? Coba Simak Ini !

Tentu anda selalu mendengar banyak cerita bahwa membangun usaha itu tidak mudah. Ya, memang tidak mudah jika niatan kita hanya setengah-setengah. Maka dari itu, mulai dari sekarang, fokus dan dedikasikan hidup anda pada bisnis yang anda rintis ini. Jangan mudah menyerah, sebab anda tidak ingin berakhir sebagai seorang yang kalah.

Baiklah, kalau begitu, segitu dulu apa yang saya bisa sampaikan dalam artikel ini. Cara di atas merupakan sebuah anjuran dan solusi yang tentunya siap untuk anda aplikasikan. Maka tunggu apalagi? Mulai sekarang juga! Baca 5 Faktor Penyebab Bisnis Start Up Jadi Gemerlap 

 

jasa seo

Your Thoughts