Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box?

Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box?
Jasa

undercover.co.id Apakah Anda ingin artikel Anda muncul di Google Answer Box? Google Answer Box , alias Kotak Jawaban Google, adalah upaya Google untuk menjawab pertanyaan secara langsung di halaman hasil pencarian, tanpa perlu mengklik salah satu link yang muncul.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana agar situs Anda tampil di Google Answer Box, khusus untuk Anda pengguna WordPress.

Apa itu Google Answer Box?

Google Answer Box adalah bagian dari Google Knowledge Graph. Ini merupakan algoritma yang mencoba menjawab pertanyaan pengguna tepat di halaman pencarian.

Google Answer Box menampilkan informasi dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian informasi ditampilkan menggunakan carousels, kotak samping, daftar, tabel, dan dapat pula berupa kotak jawaban.

Semuanya tampil  di bagian paling atas sebelum deretan hasil pencarian. Tak heran, Google Answer Box sering juga dijuluki “ranking 0”, karena hasilnya berada di atas peringkat satu.

Google Answer Box kini diincar oleh banyak praktisi SEO. Ini karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Advanced Web Ranking, Answer Box mengamankan hampir 32,3% CTR.

Bayangkan bila Anda berhasil mendapatkan ranking 0. 30% lebih traffic sudah aman di tangan Anda. Hal ini membuat Answer Box sangat penting untuk strategi SEO WordPress Anda.

Bagaimana Google Menampilkan Informasi dalam Kotak Jawabannya?

Tujuan utama adanya Kotak Jawaban adalah menawarkan informasi instan dan yang paling dibutuhkan kepada pengguna, langsung tanpa mengklik artikel.

Informasi ini sangat berguna ketika pengguna mencari informasi faktual seperti tokoh, jarak, tingkat konversi, skor, dan lain-lain.

Dalam kasus semacam ini, jika pengguna mendapatkan informasi yang tepat seperti mereka butuhkan, mereka bisa melanjutkan dan mencari yang lain. Dan sebagian besar isi dari Google Answer Box biasanya adalah tampilan dari situs yang sudah sangat kredibel seperti Wikipedia.

Di satu sisi, mungkin seolah-olah seperti Google berusaha menjaga agar semua lalu lintas hanya untuk mereka saja.  Namun, tidak semua pengguna mengharapkan jawaban seperti yang diberikan Google.

Apabila sumber dari Wikipedia kurang relevan, atau entri dari Wikipedia belum ada, biasanya Google akan mencari jawaban dari sumber lain, dalam hal ini mungkin jawaban dari situs Anda.

Jika Anda termasuk di antara 10 hasil teratas untuk kata kunci, maka Anda sudah lebih dekat untuk muncul di Google Answer Box.

baca layanan digital marketing undercover.co.id , disini

Bagaimana Membuat Artikel Anda Muncul di Kotak Jawaban Google?

Hasil Google Answer Box berubah cukup sering, dan Anda sebenarnya bisa dengan mudah tampil di sana, hanya dengan memperbaiki konten Anda.

Agar artikel Anda muncul di Answer Box, maka struktur konten Anda perlu disesuaikan dengan algoritma yang diharapkan.

Bagaimana caranya?

Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box?

1. Tambahkan Jawaban yang Pendek dan Bermanfaat dalam Konten Anda

Tujuan Answers Box adalah memberikan jawaban cepat. Maka, pastikan jawaban di artikel Anda dapat terbaca sedini mungkin.

Anda juga perlu membuat jawaban singkat, ringkas, dan mudah dimengerti.

Tips lain yang bisa membantu adalah memasukkan kata kunci Anda dalam bentuk pertanyaan, lalu diikuti dengan jawaban singkat.

Setelah itu, jangan ragu untuk menambahkan sebanyak mungkin detail jawaban Anda sesuai keinginan. 

Menambahkan lebih banyak informasi akan memungkinkan Anda untuk menggunakan kata kunci sepanjang artikel, dan Anda bahkan dapat menggunakan artikel yang sama untuk menjawab pertanyaan lain, namun masih tentang topik yang sama.

2. Optimalkan Meta Description Halaman Anda

Meta Description adalah deskripsi singkat yang menjelaskan tentang halaman Anda. Ini ditambahkan di bagian <head> dari HTML situs Anda, atau bila di Yoast SEO ada di bagian bawah setelah kotak penulisan artikel.

Anda bisa menambahkan deskripsi meta untuk artikel Anda menggunakan plugin SEO di WordPress semacam SEO Yoast SEO atau All in One SEO.

Pastikan deskripsi meta Anda menyertakan kata kunci dan pertanyaan target Anda. Meta deskripsi juga sebaiknya tidak ditumpuk dengan kata kunci, tapi dengan ulasan singkat seputar pertanyaan yang Anda coba jawab.

baca juga

    3. Manfaatkan Daftar, Tabel, Daftar Isi

    Pengguna menyukai konten yang disusun rapi karena membantu mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

    Google memahami hal itu dan lebih cenderung menaikkan peringkat situs yang punya format terstruktur, untuk mempermudah konsumsi konten bagi pengguna.

    Termasuk di dalamnya:

    • Subheading 2, 3, dan 4.
    • Halaman yang menggunakan tabel sebagai daftar item.
    • Artikel tutorial dan How-To, yang menampilkan petunjuk langkah demi langkah.
    • Artikel panjang yang menggunakan daftar isi
    • dan banyak lagi.

    Meski demikian, tidak berarti bahwa Anda harus selalu menggunakan format untuk menulis artikel Anda. Tetapi jika format dapat membantu pengguna mendapatkan informasi dengan lebih cepat, maka gunakanlah. Bagaimanapun konsumen konten Anda adalah manusia, jadi manjakan mereka.

    baca juga

      Apakah Google Answer Box Layak Diperjuangkan?

      Tentu saja! Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, CTR untuk hasil di kotak jawaban biasanya menyerap lebih banyak traffic. Bergantung pada topik dan konten Anda, jumlahnya bisa mencapai 51,2%.

      Namun, kami tidak menyarankan Anda memaksakan konten untuk tampil di Answer Box. Masih menjadi misteri bagaimana cara paling tepat agar konten Anda masuk ke Answer Box.

      baca juga

      Fokus utama Anda tetaplah pada konten yang berkualitas. Jika Anda berfokus menjawab pertanyaan melalui konten bermanfaat dan informatif, maka hasilnya akan Anda petik, cepat atau lambat.

      Lagipula algoritma pencarian Google selalu berubah. Tidak ada jalan pintas yang bisa membantu Anda untuk selalu menang. Strategi terbaik, tentu saja adalah menjadikan situs web Anda sebagai sumber informasi yang berguna / terpercaya akan membantu Anda menang dalam jangka panjang.

      Nah, itu tadi adalah Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box. Semoga membantu!

      Jasa
      error: Content is protected !!