Bagaimana Cara Memilih Skema Warna Terbaik Untuk Website Anda?

SEO UNDERCOVER CO ID 30

undercover.co.id – Memilih skema warna terbaik untuk website sangatlah penting karena hal ini akan menarik perhatian para pengunjung. Kehadiran website sangat memberikan dampak positif karena banyak orang dengan mudah mendapatkan informasi melalui sebuah website.

Mereka yang betah berlama-lama di website tentunya tidak sekedar membaca informasi penting yang dicari tetapi juga nyaman dengan pemilihan warna pada website tersebut. Hal ini memang benar adanya karena berdasarkan psikologi, memilih skema warna website memiliki pengaruh besar terhadap pengunjung website.

Skema warna untuk website kebanyakan adalah warna yang sederhana namun mampu menarik minat banyak pengunjung. Jika Anda memiliki bisnis yang dikembangkan melalui website, ada baiknya memilih warna yang tepat.

Pengunjung website tidak hanya akan tertarik dengan produk yang Anda jual melainkan ada sesuatu yang membuat mereka ingin kembali lagi ke website Anda. Dan salah satu penyebabnya adalah pemilihan skema warna yang tepat sasaran.

Ketika memutuskan untuk berbisnis menggunakan website, ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan salah satunya adalah pemilihan warna. Di era sekarang ini tentu sangat mudah dalam mempertimbangkan apa saja yang harus ada untuk website, seperti navigasi yang mudah, desain yang menarik, konten yang bagus dan lain sebagainya. Namun, semua itu kurang maksimal jika skema yang dipilih tidak mampu menarik perhatian para pengunjung.

Memilih warna yang tepat untuk desain website bukanlah keputusan yang mudah. Hal ini karena pilihan warna yang baik dapat mempengaruhi cara pengunjung menginterpretasikan apa yang mereka lihat, dan hal itu dapat berdampak positif pada branding. Salah dalam memilih warna hanya akan membuat pengunjung tidak kembali ke website meski informasi yang didapatkan cukup memuaskan.

baca juga

https://www.undercover.co.id/15-manfaat-website/

Warna adalah cara tercepat dan langsung memberikan kesan pertama. Anda dapat dengan mudah menentukan pilihan warna berdasarkan pengetahuan tentang psikologi warna. Memilih warna memang lebih dari sekadar masalah preferensi pribadi karena setiap warna memiliki makna yang berbeda dan dapat mempengaruhi cara pandang orang. Itulah sebabnya warna sangat penting untuk website. Dari warna akan memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan yang tepat tentang bisnis Anda.

Warna Hangat

Yang tergolong warna hangat di sini adalah merah, orange, kuning dan pink. Disebut warna hangat karena selalu berkaitan dengan sesuatu yang memiliki tensi tinggi, semangat membara, dan menggebu-nggebu. Ketika diaplikasikan dalam website, maka pemilik biasanya menginginkan sesuatu yang menonjol. Pilihan warna ini sangat cocok untuk website online shop. Biasanya warna ini digunakan pada bagian informasi penting, button call to action, pop up, dan headline.

Warna Dingin

Disebut sebagai warna dingin karena setiap orang yang melihatnya akan merasakan sesuatu yang lebih menenangkan, ketentraman jiwa dan memberikan kesan yang santai. Warna ini terdiri dari hijau, biru, dan ungu. Pada umumnya warna ini sering digunakan pada situs website. Salah satu tujuannnya adalah agar pengunjung tak hanya mendapatkan informasi tetapi juga memberikan efek kenyamanan saat membacanya. Jika Anda merupakan pemilik website yang menyediakan berbagai informasi, maka pilihan warna tersebut patut dipertimbangkan.

Warna Netral

Warna ini biasanya digunakan sebagai kombinasi antara warna hangat dan warna yang dingin. Tujuannya adalah untuk menghasilkan warna yang seimbang pada website. Warna netral terdiri dari hitam, abu-abu dan coklat. Mungkin terasa aneh jika memilih warna ini untuk sebuah website. Akan tetapi banyak orang yang memilh warna ini untuk memberikan kesan yang yang lebih netral. Untuk aternatif lainnya, mereka cenderung memilih warna ini sebagai keseimbangan dengan warna hangat maupun warna yang sejuk.

Bagaimana cara memilih skema warna yang tepat untuk website?

1.Pilih warna yang sesuai dengan tema website Anda

Berdasarkan psikologi warna yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih sesuai dengan tema website. Jangan sampai website yang nantinya akan digunakan untuk toko online malah tertukar dengan warna yang seharusnya dipakai untuk website yang menyajikan informasi. Hal ini perlu diperhatikan dengan matang.

2.Pikirkan tentang kombinasi warna

Di luar sana mungkin ada banyak website yang memakai skema warna kombinasi. Tapi tidak semua orang bisa menemukan kombinasi yang tepat. Untuk lebih sederhanannya, pikirkan kembali apakah akan menggunakan warna kombinasi. Jika harus menggunakan warna kombinasi, maka memahami nuansa warna sangatlah  penting sehingga perlu bekerja sama dengan orang yang paham tentang modifikasi warna agar hasilnya lebih maksimal.

3.Pikirkan tentang kesederhanaan yang tak sederhana

Pengunjung website lebih menyukai warna yang nampaknya terlihat sederhana namun menarik. Di sini Anda perlu memilih warna yang cukup simple saja. Hal ini karena warna yang rumit dan memiliki banyak perpaduan hanya akan membuat website tampak tidak enak saat dipandang sehingga pengunjung enggan kembali lagi ke website Anda.

4.Pikirkan tentang kontras warna pada website

Ini merupakan salah satu elemen terpenting dari desain website yang dapat Anda gunakan ketika memilih warna pada situs website. Bahkan secara khusus, warna kontras dapat menarik perhatian pada bagian halaman tertentu.

5.Integrasikan dengan branding

Warna sangat erat kaitannya dengan branding. Apabila warna yang sudah Anda gunakan tidak dapat meningkatkan branding maka Anda bisa memilih warna lain yang bisa diintegrasikan dengan branding. Terkadang ada kasus yang dialami pemilik website adalah pemilihan warna yang justru memberikan makna negatif sehingga harus ganti.

Website yang dibuat dengan pemilihan warna yang tepat tentunya akan membantu meningkatkan branding. Hal ini karena warna bertindak sebagai fungsi utama untuk menarik perhatian, menciptakan CTA (call to action), mendorong konversi serta mendapatkan loyalitas pengunjung.

Anda tentunya sering memperhatikan kesinambungan antara terkenalnya sebuah brand dengan warna yang dipilih, misalnya brand makanan seperti McDonald, AW, Wendy dan masih banyak lagi. Mereka sangat tepat memilih warna sehingga populer di mana saja. Begitu halnya dalam memilih warna untuk website, ini juga sangat penting untuk memberikan kesan pada pengunjung. Beberapa website yang sudah populer seperti yang sudah Anda tahu seperti CNN, National Geographic, dan BBC memiliki kombinasi warna yang tidak asing karena kombinasinya yang tepat.

baca juga

Zaman sekarang sudah berbeda dengan zaman dulu yang segalanya sudah lebih mudah untuk dikembangkan. Seperti halnya website. Anda bisa membuatnya dengan mudah. Namun untuk menghadapi persaingan global, Anda perlu memikirkan bagaimana caranya agar website mampu menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka berkunjung kembali salah satunya dengan memilh warna yang tepat berdasarkan psikologi warna yang sudah dijelaskan di atas.

Secara tidak langsung, pemilihan warna yang tepat untuk website juga akan memberikan keuntungan bagi bisnis online. Dengan warna yang dipilih, pengunjung akan lebih mudah mengingat dan akan kembali mengunjungi website Anda, baik itu website yang digunakan untuk toko online maupun seputar informasi. Teori warna juga memberikan pengaruh besar yang bisa didapatkan dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh