Bagaimana cara menerapkan teknologi Cloud?

Bagaimana cara menerapkan teknologi Cloud? Teknologi cloud merupakan salah satu revolusi dalam dunia bisnis. Teknologi ini membuat perusahaan dapat mengakses data dan aplikasi tanpa perlu menyimpan di komputer, semua di akses secara remote dengan internet.

Perusahaan dapat menghemat segala biaya dengan memanfaatkan teknologi ini. Pada artikel kali ini kami akan mengulas bagaimana cara menerapkan teknologi cloud di perusahaan Anda. Apa saja yang perlu dipertimbangan, dipersiapkan, dan dilakukan.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknologi cloud

Sebelum melakukan berpindah ke cloud, Anda perlu memahami kelebihdan dan kekurangan dari teknologi ini.

Kelebihan dari teknologi cloud:

  • Tidak membutuhkan komputer dengan tenaga dan spesifikasi tinggi dan mahal
  • Tidak perlu akses ke hard disk untuk menjalankan program
  • Dapat mengakses aplikasi dan data di mana dan kapan saja
  • Menjadi solusi ekonomis bagi perusahaan atau individu
  • Murah dan hemat karena tidak perlu melakukan penggandaan komputer dan data center
  • Ramah lingkungan sebab Anda tidak perlu banyak perangkat dan daya untuk menjalankan sistem. Semua dapat diakses melalui internet.

Kekurangan dari teknologi cloud:

  • Membutuhkan koneksi yang cepat. Teknologi cloud ini memang sangat bergantung terhadap internet.
  • Kecepatan akses bisa melambat jika terlalu banyak user yang mengakses dalam waktu bersamaan
  • Informasi ada kemungkinan jadi tidak aman
  • Program/aplikasi di cloud mungkin menjadi tidak full version artinya belum semua fitur terpenuhi

Dari kelebihan dan kekurangan ini, dapat dilakukan pengecekan apakah teknologi cloud menjadi solusi yang terbaik untuk perusahaan Anda?

Langkah untuk menerapkan teknolgi cloud

Jika sudah yakin dan mantab untuk menerapkan teknologi cloud, Anda perlu menyiapkan strategi untuk mengembangkan teknologi ini yang paling pas. Untuk memperoleh strategi paling jitu, Anda perlu cek bisnis Anda sendiri dan melihat inti dari aktivitas bisnis tersebut, menemukan masalah-masalah dalam proses bisnis, dan akhirnya menentukan aplikasi apa yang ingin difokuskan dan dibutuhkan.

Setelah menemukan masalah dan aplikasi yang dibutuhkan,jangan lupa untuk kemudian menganalisa kebutuhan solusi cloud apa yang perlu dimiliki dengan tim Anda. Anda dapat menyusun pertanyaan seperti kebutuhan aplikasi apa yang paling penting, kebutuhan bandwith, aturan dan pembiayaan, lalu siapa yang akan mengatur dan bertanggung jawab terhadap teknologi cloud ini.

Jika sudah terjawab bersama tim, maka selanjutnya Anda perlu berdiskusi dengan penyedia layanan cloud tentang kebutuhan Anda. Perhatikan juga fasilitas dan layanan yang mereka berikan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Selain itu juga perlu untuk cek kualitas layanan disaster recovery nya, kemanan, biaya, kemungkinan untuk upgrade, dan teknologi yang mereka tawarkan.

Berikut ini kami ulas lebih lengkap tentang langkah mengimplementasikan teknologi cloud secara detail.

Buatlah sebuah rencana strategi implementasi secara detail

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah membuat rencana untuk implementasi sistem cloud. Sebagai sistem yang baru tentu Anda tidak bisa asal-asalan pasang saja. Apalagi biaya untuk awal biasanya relatif tidak kecil.

Dengan memiliki rencana yang matang, Anda dapat menghemat waktu kedepannya selama proses implementasi, sebab tinggal mengikuti rencana dan strategi yang sudah disusun sebelumnya. Apa saja yang perlu direncanakan, kurang lebih berikut ini kami jabarkan:

Set up awal

Area dan poin-poin yang perlu direncanakan untuk penerapan implementasi teknologi cloud adalah:

  • Siapa yang akan bertanggung jawab dan selanjutnya akan mengontrol proses implementasi dari teknologi cloud ini
  • Bagaimana insfrastruktur teknologi cloud dapat bekerja mendukung bisnis Anda, bagaimana cara kontrol, bagaimana perjalanan datanya, serta bagaimana module dari sistem bekerja. Anda perlu memahami ini untuk mengetahui bagaimana konfigurasi .
  • Transfer data

Selain melakukan setu up awal, Anda perlu memperhatikan bagimana nanti proses data transfer, dari komputer dan hard disk yang biasa untuk menyimpan dialihkan ke cloud. Proses data transfer ini artinya Anda perlu upload semua data ke internet.

Meskipun pekerjaannya hanya upload data saja, tapi ini juga memakan waktu. Sehingga Anda benar-benar harus memastikan melakukan pekerjaan ini dengan efisien. Untuk itu Anda perlu merencanakan proses transfer data ini dan menerapkan beberapa strategi misalnya membatasi data yang diupload dalam data serta hanya mengupload data yang prioritas saja.

Training

Langkah ini tidak bisa diabaikan, Anda perlu mengajari tim dan karyawan Anda untuk dapat memahami penggunaan sistem cloud yang baru. Perlihatkan dan miliki sebuah dokumentasi khusus untuk mempermudah pekerjaan training ini.

Oleh karena itu Anda perlu memasukan proses ini dalam rencana Anda sebab menjadi salah satu bagian penting dalam proses migrasi teknologi cloud. Sudah memiliki teknologi terbaru yang mempermudah pekerjaan, tapi malah karyawan tidak bisa memanfaatkan secara maksimal, tentu Anda tak ingin terjadi hal tersebut bukan?

Tentukan prioritas siapa yang akan menggunakan teknologi ini

Ini berlaku jika perusahaan Anda besar dan memiliki beberapa departemen. Anda perlu menganalisis dan menentukan rencana, departemen mana dulu yang akan melakukan migrasi teknologi. Dengan membuat plan prioritas seperti ini dapat membuat Anda menghemat biaya di awal migrasi, sebab tidak langsung semua pindah teknologi.

Waktu pelaksanaan

Jangan sampai membuang banyak waktu selama proses implementasi. Jadwalkan dan buat deadline untuk masing-masing langkah implementasi. Pastikan juga ada penanggung jawab yang mengontrol waktu pelaksanaan ini berjalan sesuai dengan rencana.

Mulai melakukan implementasi

Setelah memiliki rencana yang sudah detail dan jelas, Anda bisa langsung memulai proses implementasi. Anda biasanya akan dibantu oleh tim penyedia layanan teknologi cloud, jangan segan untuk bertanya jika ada kesulitan.

Proses training ke karyawan tentang bagaimana menggunakan aplikasi

Proses training ini sangat penting agar pemanfaatan teknologi cloud bisa berjalan secara optimal. Anda perlu memastikan setiap karyawan dapat menggunakan software dan teknologi cloud, bahkan jika memungkinkan lakukan costum fitur-fitur yang ada untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Jangan lupa untuk membuat dokumentasi dan tanyakan feedback karyawan Anda untuk mengetahui keberhasilan training dan memastikan pemanfaatan teknologi ini merupakan solusi yang tepat untuk mereka. Dan tentu saja lakukan evaluasi di akhir training.

baca juga

Itulah bagaimana langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai bermigrasi menggunakan teknologi cloud. Tentu akan ada banyak tantangan yang muncul ketika baru membuat sebuah perubahan, namun mengingat keuntungan yang didapat dengan memanfaatkan teknologi ini tentu semua usaha menjadi sebanding.

Satu yang penting untuk Anda ingat bahwa selama proses eksekusi rencana hingga evaluasi Anda dapat meminta bantuan dan berdiskusi dengan penyedia layanan cloud yang Anda sewa. Biasanya mereka memiliki layanan pelanggan yang biasa mengatasi proses migrasi seperti ini. Dengan pengalaman industri dan kemampuan teknisnya, Anda dapat mendapatkan solusi dan langkah-langkah yang tepat ketika menemui masalah selama proses migrasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!