Bagaimana Cara Optimasi SEO Pada Youtube?

Jasa Website Terbaik
Jasa

Undercover.co.id – Optimasi SEO pada Youtube sangatlah penting untuk meningkatkan traffic. Pasalnya semua orang yang memiliki bisnis online akan memanfaatkan platform yang satu ini sebagai ajang promosi. Orang-orang semakin menyukai konten-konten yang bervariasi seperti video.

Tentu cara ini bisa menjadi peluang Anda yang sudah memikiki akun Youtube. Sama halnya seperti Google, Youtube juga akan menyeleksi video-video terbaik yang akan ditempatkan pada urutan paling atas sehingga memiliki peluang untuk dikunjungi. Salah satu cara agar Youtube Anda berada di peringkat atas adalah dengan memaksimalkam SEO Youtube.

SEO Youtube adalah langkah yang harus Anda lakukan ketika mengunggah video di Youtube. Tujuannya adalah agar konten video Anda berada di barisan paling atas bahkan menjadi trending di Youtube. Jika Youtube Anda mampu menduduki peringkat paling atas, maka lebih banyak orang yang mengaksesnya. Akan tetapi, tidak mudah menjadi video yang trending di bagian atas tanpa adanya beberapa trik.

Jika dilihat memang Youtube masih menjadi platform populer untuk memasarkan bisnis Anda. Baik itu bisnis online atau layanan jasa. Terlepas dari itu, banyak Content Creator yang mampu mendapatkan penghasilan dari hanya “bermain” Youtube. Sebagai pemilik bisnis online, Anda harus mencoba platform ini sebagai alat untuk promosi. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin memungkinkan Anda dalam mendapatkan penghasilan.

Bagaimana cara optimasi SEO pada Youtube?

Salah satu cara agar video berada di peringkat paling atas adalah dengan optimasi SEO. Dalam hal membuat konten video, maka semua orang bebas memilih tema yang ada. Sama halnya dengan Google, Youtube juga akan memilih konten yang layak untuk berada di halaman paling atas.

SEO Pada Youtube

Lalu, bagaimana caranya?

1.Lakukan riset kata kunci

Ini sama halnya dengan website, Youtube juga meminta pengguna untuk memakai kata kunci yang tepat bisa dijangkau dengan mudah. Yang Anda lakukan di sini adalah melakukan riset kata kunci. Keyword yang digunakan meliputi kata kunci utama dan kata kunci turunan agar hasilnya lebih optimal.

Youtube merupakan platform yang penggunanya sangat banyak. Bahkan setiap harinya ada banyak pengguna baru dengan berbagai macam topik. Seiring banyaknya persaingan, maka Anda harus mencari kata kunci yang memungkinkan banyak dicari semua orang.

Agar kata kunci yang Anda pilih tepat sasaran, maka harus rajin melakukan analisa terhadap trend baru yang muncul setiap harinya. Hidup di era sekarang sangat memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan melalui Youtube, namun Anda harus ingat bahwa di luar sana juga banyak pebisnis yang menggunakan platform ini untuk mengembangkan bisnisnya. Poin penting dalam mencari kata kunci untuk Youtube adalah apa yang sedang trend saat ini. Dengan begitu akan memudahkan akun Anda berada di halaman utama.

2.Maksimalkan dalam pembuatan Video

Konten visual semakin diminati khususnya di tahun 2020 ini. Setiap hari selalu ada saja ide untuk membuat konten yang menarik. Dalam berbisnis tentunya banyak konsep yang harus Anda pelajari agar menghasilkan konten yang sesuai trend saat ini. Pastikan Anda membuat video dengan kualitas terbaik agar hasilnya lebih maksimal.

Tak hanya fokus dengan konten, Anda juga harus memperhatikan durasi video. Penelitian menyebutkan bahwa orang akan lebih tertarik dengan durasi video yang tidak terlalu panjang, namun juga tidak terlalu singkat. Usahakan agar durasinya sesuai dengan apa yang ingin Anda sampaikan dan tentunya dengan bahasa yang singkat, padat dan mudah dimengerti.

Dalam membuat video untuk meningkatkan pengunjung, Anda perlu membuat video yang benar-benar Anda buat. Di sini orisinilitas video sangat penting untuk diperhatikan. Orisinilitas video juga akan mempengaruhi rangkin SEO Youtube. Bahkan Youtube juga melarang creator melakukan plagiat dan tidak segan memberikan sangsi yang tegas, salah satunya adalah akun tidak bisa diakses dalam beberapa bulan.

Agar video yang Anda buat lebih menarik, Anda perlu memilih thumbnail yang unik. Thumbnail sangat mempengaruhi apakan nantinya orang akan mengklik video tersebut atau tidak. Ini juga bisa menjadi peluang Anda untuk mendapatkan banyak view. Dalam memaksimalkan thumbnail, Anda bisa membuat kata-kata yang menarik yang membuat banyak orang penasaran untuk mengunjungi video tersebut.

3.Menentukan judul dan deskripsi Video

Di era sekarang ini tentunya tidak mungkin untuk hanya sekedar mengupload video saja tanpa memberikan judul dan deskripsi yang menarik. Ini sangat penting yang nantinya akan memudahkan orang lain menemukan video Anda. Bahkan SEO Youtube juga menyarankan membuat judul yang menarik dan membuat orang-orang penasaran untuk melakukan klik. Tim Youtube menyarankan bahwa Anda harus menyertakan kata kunci pada judul jika ingin berada di peringkat paling atas.

Sama halnya seperti sebuah website, deskripsi sangat penting untuk menarik minat orang berkunjung ke video Anda. Kesalahan besar yang sering dilakukan orang saat memasarkan produknya melalui Youtube adalah tidak menyelipkan deskripsi. Hal ini sangat disayangkan. Deskripsi hanya mencakup sekitar 1000 karakter saja. Manfaatkan deskripsi sesuai dengan konten yang Anda buat. Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci dalam deskripsi untuk memudahkan mesin pencari dalam melacaknya.

Mengatur konten video agar berada di halaman utama memang harus maksimal. Di sini Anda juga perlu memainkan hashtag. The power of hashtag memang dahsyat dan mampu membuat akun Youtube Anda dijangkau lebih luas. Hashtag yang sesuai juga akan membuat orang-orang lebih mudah menemukan produk Anda.

baca juga

http://undercover.co.id/8-kesalahan-pemula-dalam-seo/

4.Mulai mempromosikan video

Cara yang terakhir dalam memaksimalkan SEO Youtube adalah dengan mempromosikan video Anda. Promosi sangatlah penting agar jangkauan pelanggan Anda lebih luas. Yang harus diperhatikan di sini adalah dengan memilih promosi yang tepat. Hal ini karena mempromosikan Youtube berbeda dengan saat Anda promosi melalui website.

Di era digital ini, tentunya akan sangat memudahkan pebisnis dalam mempromosikan produknya. Salah satu cara yang paling mudah adalah bantuan sosial media. Sekarang ini nampaknya tidak ada orang yang tidak main sosial media. Bahkan dengan kemunculan gadget yang semakin canggih, semua informasi bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan memainkan sosial media. Tentu ini menjadi kesempatan bagi para pebisnis dalam meningkatkan traffic dan penghasilan mereka. Pilih platform sosial media yang cocok untuk konten video misalnya melalui Instagram maupun Twitter.

baca juga

    Promosi lain yang bisa Anda lakukan bisa dengan menggunakan iklan. Biasanya ini dilakukan ketika ada produk baru agar mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Dari iklan ini juga akan membuahkan hasil. Jika menginginkan iklan yang cepat maka Anda harus mengeluarkan biaya. Untuk Anda yang masih pemula dalam berbisnis dan ingin memanfaatkan iklan, maka bisa memanfaatkan Google Adsense.

    Youtube memang memiliki peluang sebagai platform yang akan banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis. Hal ini karena konten visual akan lebih memiliki daya tarik jika dibandingkan dengan artikel. Konten visual akan lebih ramah terhadap masyarakat dan menjangkau lebih luas dengan memaksimalkan SEO Youtube.

    Jasa

    2 Comments

    1. didik

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!