Bagaimana Menunjukkan Nilai Bisnis Proposal SEO Anda

SEO UNDERCOVER CO ID 71

Peramalan kinerja SEO masih menjadi topik yang sulit di industri.

Klien sering kali meminta perkiraan untuk memperkirakan ROI mereka dengan jenis investasi pemasaran ini. Agen terjebak antara membangun kasus bisnis yang realistis dan menjelaskan bahwa semuanya adalah skenario, bukan janji.

Pikirkanlah seperti ini – Anda berdua perlu tahu ke mana Anda akan pergi, atau Anda tidak akan tahu kapan Anda berada di sana. Tapi ini semua tentang bagaimana Anda menetapkan ekspektasi sejak awal.

Mari kita bayangkan skenario berikut: Direktur berdebat tentang manfaat menyajikan kasus bisnis kepada prospek baru untuk melakukan penjualan. Namun, CEO agensi ingin memastikan evaluasi internal awal tepat sasaran. Bagaimanapun, masuk akal untuk mengkalibrasi model Anda terlebih dahulu dan kemudian menunjukkan peluangnya.

Dengan metodologi perkiraan yang tepat, Anda dapat melakukan keduanya dan membuktikan nilai bisnis layanan SEO Anda.

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana melakukannya.

Apa Arti Sukses SEO untuk Bisnis Klien Anda?


Untuk berinvestasi dalam SEO, klien perlu memahami bagaimana strategi itu diterjemahkan menjadi sesi, konversi, dan pada akhirnya pendapatan. Jadi, sebagai agensi, Anda perlu menghubungkan metrik bisnis dengan lalu lintas organik non-merek dan peringkat kata kunci – data yang Anda berdampak langsung.

Kata kunci dipengaruhi oleh banyak variabel yang perlu Anda pertimbangkan saat merancang metodologi tepercaya untuk membuat skenario SEO yang realistis.

Dan bahkan sebelum itu, cara Anda melakukan penelitian kata kunci memengaruhi skenario tersebut:

  • Seperti apa tren industri klien ?
  • Apa tren bisnis mereka? Apakah mereka dalam fase pertumbuhan, atau tidak?
  • Apa pangsa pasar mereka dalam hal real estat organik (visibilitas mereka dibandingkan dengan pesaing mereka)?


Ubah gagasan prakiraan yang dimuat menjadi ide yang lebih nyata – berbagai skenario lalu lintas tambahan yang diterjemahkan menjadi kemungkinan hasil bisnis, menggerakkan percakapan menuju nilai tambah layanan Anda.



Memahami Peluang untuk Pertumbuhan


Analisis Kesenjangan Kata Kunci Pesaing

Ini masuk akal, tetapi terkadang bisa lepas dari fokus klien – menunjukkan kepada mereka siapa pesaing online mereka yang sebenarnya dalam hal kueri dan maksud pencarian.

Sebuah toko parfum, misalnya, akan bersaing ketat dengan pengecer besar seperti Tokopedia daripada toko parfum yang bersaing, memutuskan untuk menawarkan layanan online.

Menjelajahi domain klien sehubungan dengan lanskap pesaing, akan memberi Anda gambaran umum tentang kata kunci yang tumpang tindih dan tidak tumpang tindih, bersama dengan atribut utamanya (volume pencarian, musim, dll.).

Ini adalah salah satu cara penting untuk memahami kata kunci mana yang layak dimasukkan ke dalam proposal SEO dan strategi tersembunyi Anda agar tidak tersimpangkan oleh kata kunci yang menyesatkan.

Melanjutkan contoh toko parfum kami, meskipun klien mungkin ingin fokus pada kumpulan kata kunci tertentu, Anda akan dapat membuat argumen berbasis data yang menarik tentang mengapa penting untuk meningkatkan kata kunci yang tidak tumpang tindih.

Katakanlah Anda mengetahui bahwa pesaing toko parfum kami memiliki halaman khusus untuk parfum berbasis aroma, dengan daftar yang menargetkan “toko parfum ” atau “white musk “. Mereplikasi ini tidak akan melibatkan perubahan lini produk klien dan akan menambahkan kata kunci baru yang berharga

Pangsa Pasar Klien


Cara lain untuk mengevaluasi status quo bisnis klien adalah dengan menggunakan metrik Visibilitas sebagai indikator pangsa pasar. Dihitung sebagai pangsa tayangan dan dibandingkan dengan volume pencarian, ini menunjukkan kepada Anda potensi pertumbuhan dibandingkan dengan pesaing klien dan total saham.

Karena dinyatakan sebagai persentase, Anda akan tahu di mana harus memfokuskan perhatian Anda.

Misalnya, jika itu adalah pasar yang kompetitif, dan pesaing utama memiliki Visibilitas 70%, maka meningkatkan peringkat untuk kata kunci bervolume tinggi di 3 grup teratas akan menjadi pengubah permainan. Anda juga akan tahu kata kunci mana yang harus dipilih untuk strategi SEO yang unggul.

Perhitungan Transparan untuk Jangka Waktu yang Realistis


Setelah meneliti dan memilih kata kunci yang ditargetkan secara menyeluruh, memodelkan bagaimana lalu lintas organik non-merek mungkin terlihat jika kinerja tertentu dicapai dalam jangka waktu 6 atau 12 bulan akan membantu biro iklan Anda menetapkan harapan yang tepat.

Untuk melakukannya, Anda perlu melihat semua variabel yang memengaruhi daftar kata kunci Anda:

  • Telusuri musim dan tren kata kunci dari tahun ke tahun.
  • Tampilan hanya bagaimana lalu lintas inersia yang dipengaruhi oleh kemusiman (seolah-olah peringkat situs web akan berhenti).
  • Kinerja tepat waktu menuju sasaran SEO, dihitung sebagai linier atau eksponensial.
  • Kurva CTR rata-rata dihitung untuk 10 posisi teratas untuk setiap campuran fitur SERP dan segmentasi perangkat, menunjukkan kepada Anda klik aktual yang berhasil menjangkau klien Anda.
  • Kata kunci berekor panjang dan pengaruhnya pada lalu lintas yang diperkirakan.


Dengan mempertimbangkan model ini, Anda bisa memperkirakan sesi dan konversi, bukan peringkat. Misalnya, dalam modul perkiraan , estimasi konversi tambahan didasarkan pada estimasi kunjungan tambahan dikalikan dengan rasio konversi yang sesuai dari setiap kata kunci yang disertakan dalam penghitungan. Anda dapat memverifikasi setiap masukan dan keluaran pada tingkat kata kunci individual dan melihat apa yang membuat skenario menjadi realistis atau terlalu dibuat-buat.

Dengan demikian, Anda mengubah gagasan prakiraan yang dimuat menjadi ide yang lebih nyata – berbagai skenario lalu lintas tambahan yang diterjemahkan ke dalam kemungkinan hasil bisnis, menggerakkan percakapan menuju nilai tambah pemasaran.

Untuk membuat kasus skenario tertentu, Anda dapat menyoroti seperti apa lalu lintas mereka dengan dan tanpa kampanye SEO yang diusulkan, transparan tentang apa yang masuk ke dalam perhitungan Anda dan asumsi apa yang telah Anda buat.

Membiarkan klien memahami peluang keseluruhan dan apa untungnya bagi bisnis mereka akan membantu Anda menetapkan landasan bersama untuk sukses.

Apakah Saat Ini Anggaran Yang Tepat untuk Bisnis Klien?


Saat agensi Anda membuat kasus bisnis, hal penting lainnya adalah mengevaluasi hubungan langsung antara performa dan hasil SEO, yang terkait dengan tolok ukur objektif yang dapat diukur oleh Anda dan klien dengan mudah.

Bandingkan anggaran SEO dan hasil yang diperkirakan setara di Google Ads, dan Anda akan memiliki perbandingan eksternal yang menunjukkan nilai yang dibawa SEO. Misalnya, jika perkiraan Nilai Google Ads untuk skenario realistis Anda adalah $ 55.000 selama 12 bulan, maka pengikut $ 500 hingga $ 700 tampaknya lebih masuk akal daripada $ 1.500.

Sebaliknya, jika perkiraan Nilai Google Ads mencapai $ 250.000 + untuk jangka waktu 12 bulan yang sama, jelas bahwa kita berbicara tentang SEO internasional di pasar yang sangat kompetitif dan setidaknya $ 5.000 hingga $ 7.000.

Alih-alih menebak-nebak dan kesulitan bolak-balik membuat tolok ukur anggaran, Anda sekarang akan memiliki gambaran umum tentang di mana bisnis itu dan bagaimana Anda dapat berkontribusi dalam hal pendapatan. Jadi, penghitungan ini dapat membantu Anda menetapkan harga yang tepat untuk profil klien tersebut.

Bahkan jika Anda memilih untuk tidak memasukkan skenario perkiraan itu dalam proposal Anda dan malah menegosiasikan KPI setelah peningkatan teknis SEO dilakukan (kolaborasi bulan ke-3 atau ke-4), Anda akan memiliki alat kalibrasi internal yang penting untuk Anda gunakan.

Latihan perkiraan membantu menilai apakah tujuan klien baru sepadan dan membuat biro iklan Anda bertanggung jawab atas strategi SEO yang Anda usulkan.

Apakah Kampanye Berjalan ke Arah yang Benar?


Kasus bisnis awal dengan skenario variabel membantu agensi menentukan kesuksesan untuk klien baru. Kemudian, sama pentingnya untuk melacak kemajuan kampanye SEO setelah diterapkan. Bagaimanapun, perkiraan hanyalah cara untuk memperkirakan kemungkinan masa depan dan menetapkan “bintang utara” untuk Anda berdua. Sisanya bergantung pada bagaimana strategi berkembang melawan konteks yang berubah.

Di sinilah reforecasting memainkan peran penting.

Mungkin agensi memutuskan untuk membagikan KPI untuk pertama kalinya dalam kolaborasi bulan ke-3 atau ke-4 setelah menerapkan persyaratan audit. Atau sudah waktunya untuk peninjauan triwulanan, dan strategi SEO awal dan perkiraan selanjutnya diteliti. Apa pun itu, penting untuk merevisi dan beradaptasi.

Mungkin ada daftar kata kunci baru untuk ditambahkan dan dibuat modelnya menjadi skenario lalu lintas atau peluang PR digital untuk ditambahkan ke rencana keseluruhan. Mungkin klien memiliki produk atau layanan tambahan yang ingin mereka optimalkan yang tidak termasuk dalam rencana awal.

Misalnya, kembali ke toko parfum kami dan tantangan pandemiknya, penting untuk berhubungan secara teratur untuk melihat peluang baru apa yang ada di toko. Mereka mungkin ingin mengembangkan industri wewangian rumahan tetapi tidak tahu berapa banyak permintaan di pasar sasaran mereka. Sebagai agensi SEO mereka, Anda dapat mempromosikan kembali kampanye SEO berdasarkan data penelusuran untuk “parfum rumahan” dan merancang kampanye PR digital kreatif dengan pengait tersebut.

Langkah proses membangun hubungan klien ini merupakan keuntungan tambahan dalam membuktikan bagaimana Anda telah menciptakan nilai bisnis dan apa lagi yang dapat Anda lakukan.

Ringkasan


Mengkomunikasikan nilai kampanye SEO yang Anda usulkan secara efektif sangat penting bagi calon klien untuk memutuskan apakah harganya tepat, jangka waktu yang tepat, ROI sepadan, dll. Ini juga merupakan cara untuk menjaga biro iklan Anda tetap jujur ​​dan bertanggung jawab.

Metodologi prakiraan yang dapat dipercaya membantu semua hal di atas, saat Anda mencapai:

  • Tetapkan definisi umum tentang seperti apa kesuksesan itu – peringkat yang dicapai untuk kata kunci yang relevan, Visibilitas dicapai terhadap pesaing, dll., Yang secara langsung diterjemahkan menjadi lalu lintas tambahan, konversi, pendapatan.
  • Tetapkan anggaran yang realistis berdasarkan profil klien dan nilai setara Google Ads-nya.
  • Lacak tujuan SEO dan prediksi ulang jika perlu untuk menyesuaikan strategi.
  • Modul perkiraan mendukung agensi SEO untuk melakukan semua itu dengan data yang andal dan semua variabel yang diperlukan, dengan mempertimbangkan musim, tren YoY, dan banyak lagi.

Selain itu, dengan integrasi Google Slides, Anda mendapatkan Pembuat Proposal yang secara otomatis menarik data prakiraan dan mengubah skenario bisnis Anda menjadi presentasi siap pakai.

baca juga

Modul perkiraan hanyalah salah satu solusi yang dikembangkan bagi biro iklan untuk memperoleh, mengelola, dan mempertahankan lebih banyak pelanggan yang relevan.

Bergabunglah dengan kami dalam upaya kami untuk menghadirkan lebih banyak transparansi ke industri SEO!

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh