Bangun Loyalitas dan Pengenalan Pasar Bisnis online mu? Ini 6 tipsnya!

Categories: Branding
jasa seo

Undercover.co.id – Ketika kamu sudah punya produk yang hebat, desain web yang menarik dan proses checkout yang mudah, juga sudah melakukan semua yang direkomendasikan oleh para ‘suhu’ untuk meningkatkan konversi penjualan onlinemu, tapi apakah perusahaanmu sudah punya merek yang menarik dan dikenal?

Branding perusahaanmu adalah sesuatu yang serius, tapi kalau berhasil maka akan sangat bermanfaat. Menciptakan customer experience yang menarik, nyaman dan konsisten meningkatkan peluang pemasaran word-of-mouth yang kita tahu merupakan metode pemasaran paling efektif. Laporan dari Nielsen menemukan bahwa 92% konsumen lebih memercayai rekomendasi dari keluarga dan teman daripada dari iklan.

Nah, ini lima tips branding merek bisnis onlinemu.

1.Tunjukan produk utamamu

Mencoba terlalu banyak kategori produk bukan ide yang bagus. Coba mundur sesaat dan evaluasi kembali strategi mu di sini. Fokus pada banyak kategori di waktu yang sama bisa membuat merekmu melemah. Sebaliknya, coba terus pantau beberapa kategori produk yang kamu jual, idealnya fokuslah pada satu kategori yang paling digemari. Kategori inilah yang disebut kategori utama. MisalnyaWarby Parker yang menawarkan produk alat bantu penglihatan yang fashionable dan terjangkau, Bonobos produk fashion online yang terkenal dengan layanan fitting celana yang lebih baik. Kedua brand punya satu hal yang sama yaitu masing-masing punya produk utama yang menawarkan consumers recognize.

Baca juga: Bisnismu Gagal Berkali-Kali? Ini 8 Kegagalan yang Bikin Richard Branson Multijutawan

2.Memperkuat nilai keuntungan

Ketika kita berjualan online, pelanggan enggak bisa merasakan dan menyentuh produk yang kita jual. Artinya, produk hanya sebagus pada gambar. Apa yang konsumen percayai adalah produkmu layak dibeli ketika mereka membayarnya. Inilah yang disebut nilai keuntungan. Kalau kamu bisa meningkatkan nilai keuntungan produk, kamu bisa meningkatkan permintaan dan tentu saja margin. Beberapa cara meningkatkan nilai keuntungan yaitu berinvestasi pada kualitas fotografi yang baik, investasi pada deskripsi produk yang engaging, Meningkatkan jumlah konten yang dihasilkan user dari situs kamu dalam bentuk ulasan produk yang jujur dan gambar konsumen. Dari eBay kita bisa belajar tentang nilai keuntungan dan bagaimana supaya produk terlihat paling baik dengan tampilan fotografi yang baik. Intinya, nilai keuntungan menghasilkan nilai yang sesungguhnya atau omzet.

3.Ciptakan pengalaman belanja yang emosional

Sebagai merek e-commerce, kita harus memastikan bahwa konsumen bisa terhubung dengan brand pada level emosional. Untuk sampai ke tahap tersebut, membutuhkan emosi kunci yang memicu reaksi yang disukai konsumen setelah mereka meluangkan waktu di websitemu. Ini beberapa elemen untuk memicu reaksi tersebut:

  • Menarik – buat logo, typografi, warna, bentuk dan elemn grafis lainnya semenarik mungkin dan pastikan kita menyampaikan pesan pemasaran untuk meningkatkan rasa penasaran konsumen.
  • Hasrat – ciptakan konten editorial menarik yang menginspirasi konsumen untuk ambil bagian pada brandmu. Artinya, ciptakan persona gaya hidup yang berasosiasi dengan merek untuk menarik konsumen target.
  • Kepercayaan – tawarkan kepercayaan tingkat tinggi pada dan kenyamanan pada konsumen dengan badges security dan checkout yang aman. Kamu juga bisa mendapatkan kepercayaan dengan transparan dan kejujuran sebisa mungkin dalam naratif brand, ulasan produk, cerita konsumen dan media.

4.Pastikan punya tujuan

Pastikan kamu tahu tujuan dan alasan kenapa kamu mau berbisnis e-commerce. Dengan begitu akan membantu kita mengetahui dengan jelas seperti apa brand yang kita inginkan dan mengidentifikasi pasar yang kita targetkan.

5.Konsisten

Semua kerja kerasmu dalam mengokohkan positioning brandmu bisa sia-sia kalau enggak dilakukan dengan konsisten. Kamu harus menawarkan pengalaman yang konsisten di semua titik sentuh. Konsistensi enggak hanya meningkatkan brand recognition, tetapi juga nilai keuntungan dalam hal kepercayaan, kualitas dan komitmen.

Baca juga: 5 tips branding perusahaan dari Microsoft

jasa seo

Your Thoughts