Bangun Startup? Minimkan Potensi Gagal Dengan 5 Strategi Penting Ini!

Categories: Bisnis Start up
jasa seo

undercover.co.id – Memulai bisnis sendiri bisa sangat menyenangkan. Tapi seperti mereka lainnya yang telah membangun perusahaan startupnya, secepatnya kita akan merasakan betapa menantangnya mengerjakan ini semua untuk mencapai kesuksesan. Bagi mereka yang mempunyai startup merasakan betapa menantangnya memasarkan produk atau jasa mereka dan membuat perusahaan berkembang. Nah, untuk membantumu yang ingin membuat startup ada lima hal penting yang perlu kamu tahu, apa sajakah?

bisnis startup strategi

  1. Jaringan

Jaringan harus menjadi hal paling utama kalau kita benar-benar ingin membuat startup. Bangunlah jaringan online dengan influencer berpengaruh dalam industri yang kita geluti. Akan menjadi sebuah kekuatan tentunya kalau orang-orang berbagi tentang brand kita, apalagi kalau mereka benar-benar mau melakukannya karena menyukainya. Kalau kita belum punya jaringan besar, keluar dan ‘sapalah’ orang-orang di dunia maya. Jadilah pemilik startup yang aktif bersama dengan orang-orang berpengaruh. Follow blog dan media sosial mereka, berikan komentar pada postingan mereka. Buatlah engagement dengan mereka dan buat mereka memerhatikan kita. Jangan dulu membahas tentang bisnis kita di awal. Tunjukkan padanya bahwa kita peduli dengan hasil karya mereka. Jangan lupa untuk meninggalkan link ke situs kita. Ada banyak alat online

Baca Juga: Mau Berbisnis Sebagai Coach? Begini 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Bisnis Coaching

2. Mulailah dari yang kecil

Jangan mencoba memasarkan produk atau jasa kita ke setiap orang pada satu waktu. Mulailah dengan menargetkan sejumlah orang dulu. Setelah itu, jika berjalan baik, kita bisa mempertimbangkan untuk memperluas pasar dan memulai memasarkan ke lebih banyak orang. Hal ini untuk mencegah supaya kita enggak kewalahan. Walau begitu, cara ini juga tak selalu yang terbaik. Jadi, sebaiknya lihat bagaimana bisnis kita berjalan. Ada kalanya memasarkan langsung secara besar-besaran dirasa yang terbaik.

3. Konten

Selalu ingat bahwa ‘content is king’. Apapun yang kita posting – website, blog, media sosial, pastikan bahwa konten berkualitas dan menarik sehingga orang mau membagikannya dan siapa tahu menjadi viral. Berikan konten secara berkala. Konten yang segar membantu visibilitas website atau media sosial kita di mesin telusur. Konten bisa apa saja, tapi sangat disarankan yang relevan dengan industri yang kita geluti. Pastikan konten mengandung SEO sehingga bisa terindeks oleh mesin telusur.

4. Daftar alamat email

Buatlah daftar email jika belum punya. Tawarkan insentif , misalnya berupa diskon atau voucher, bagi para pengunjung website supaya mereka terdorong untuk mendaftar sebagai pelanggan newletter. Coba juga adakan kontes untuk mengumpulkan data email. Setelah kita membuat daftar email, kita bisa memanfaatkannya untuk memabangun engagement secara periodik dengan mengirimkan berbagai informasi seputar produk-produk baru, promosi, event dan sebagainya.

5. Media sosial

Media sosial sangat penting dalam dunia bisnis masa kini. Tapi bukan berarti setiap media sosial cocok untuk setiap bisnis. Coba cari tahu media sosial mana yang cocok untuk memasarkan bisnis kita. Mulailah dengan satu atau dua jenis media sosial dulu sehingga kita enggak kewalahan. Postinglah konten yang relevan dan konten yang diinginkan oleh pengguna. Responlah komentar dan pesan-pesan yang masuk serta aktif membangun engagement dengan para followers. Dari situ kita akan tahu mana media sosial yang cocok.

Kelima tips di atas bisa sangat membantu startup kita asalkan kita konsisten melakukannya dan sebaiknya mendirikan startup memiliki seorang mentor yang mengerti tentang bidang industri terkait sehingga bisa diajak berdiskusi.

Baca juga: Buat Mahasiswa, Begini 6 Cara Bikin Hobi Jadi Bisnis!

 

jasa seo

Your Thoughts