jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Tue, Jan 31st, 2017

Banyak eCommerce Tumbang! Begini 5 Cara Supaya eCommerce-mu Tampil Beda dan Bertahan!

undercover.co.id – Lima tahun belakangan ini kita bisa melihat pertumbuhan bisnis internet yang salah satunya ditandai dengan menjamurnya eCommerce. Persaingan yang ketat membuat banyak eCommerce yang pada akhirnya tumbang, tapi tak sedikit pula yang bermunculan. Jika hingga kini masih ada eCommerce yang bertahan, itulah bisnis yang bisa dikatakan setidaknya mampu bertahan dan berpotensi sukses.

 

 

Mereka yang bisa bertahan berarti sudah melakukan hal yang tepat, salah satunya nilai keunikan yang ditonjolkan. Keunikan membuat konsumen kembali lagi dan lagi karena mereka menemukan sesuatu yang mereka butuhkan dan tak ada di tempat lainnya. Tentu saja keunikan dipengaruhi oleh banyak faktor. Ini faktor-faktor yang perlu kita perhatikan untuk menciptakan keunikan tersebut:

  1. Teknologi yang tepat

Teknologi adalah tulang punggung dari bisnis eCommerce. Platform eCommerce yang tepat mampu mendukung kebutuhan saat ini dan nanti para penggunanya. Pilih perangkat lunak eCommerce yang efektif biaya untuk dijalankan dan mengelola toko online kita. Selain tampilan tooko dan alat proses pembayaran, fitur terdepan lainnya seperti kemampuan otomatisasi, hosting website, fungsi back-end, manajemen inventory, dan Customer Relationship Management (CRM) memberikan kelebihan bagi eCommerce kita dibanding kompetitor.

  1. Desain yang menarik

Menarik di sini bukan berarti tampilan dengan warna-warni menyolok dan fitur-fitur yang memenuhi tampilan. Antarmuka pengguna toko online kita adalah kesan pertama dari bisnis ini. Pengguna kerap dibuat pusing dengan terlalu banyaknya fitur sehingga penting untuk menyeimbangkan antara estetika dan efisiensi dari toko kita. Contohnya, pilihlah desain website yang sederhana dan pastikan fitur-fitur yang tersedia cukup untuk menunjang kebutuhan dan mudah dalam menavigasi. Perlu diingat bahwa pengalaman pengguna adalah hal yang sangat penting dalam bisnis ini.

  1. Deskripsi produk genjot penjualan

Selain foto yang menarik, deskripsi produk menjadi kesempatan toko kita untuk menjual produk. Tampilkan produk yang sesuai dengan brand image yang ingin kita bentuk, ditambah dengan sentuhan emosional. Deskripsi produk yang baik adalah yang menggunakan cerita untuk merangsang sensor dan imajinasi para pengguna yang datang berkunjung. Coba cari tahu format deskripsi apa yang cocok untuk produkmu dan menarik perhatian pengguna.

Baca juga: Airbnb Divaluasi 30 Miliar USD! Yuk Belajar Model Bisnis Dari 4 Startup Sukses Ini!

  1. Pilihan metode pembayaran

Nah, elemen ini juga sangat penting. Jangan sampai pengguna membatalkan keranjang belanjanya hanya karena toko online kita enggak menyediakan sistem pembayaran kartu kredit atau hanya menyediakan nomor rekening untuk bank tertentu saja. Semakin beragam metode pembayaran, semakin banyak kemudahan yang kita tawarkan untuk pengguna. Tentu saja pastikan sistemnya aman.

  1. Gratisan sudah biasa, Pastikan pengiriman kita cepat

eCommerce menawarkan shipping gratis sepertinya sudah menjadi standar layanan. Gratis sepertinya bukan keunikan lagi. Jika bisnis kita ingin unggul, pastikan bahwa shipping tak hanya gratis tapi juga cepat. Kecepatan shipping akan menentukan penjualan. Mungkin eCommerce kita tak bisa bersaing dengan Amazon, Lazada, dan Mataharimall. Tapi, jangan menyerah dulu. Pastikan shipping eCommerce kita tampil prima di pasar yang kita garap. Oleh karena itu, penting untuk memiliki manajemen inventori yang mendukung skala dan kecepatan bisnis kita.

Entah itu mendesain tampilan depan toko online dengan sistem pembayaran yang aman, membuat kampanye marketing untuk menawarkan lebih banyak merek atau menerapkan program ‘reward’ untuk pelanggan setia, memonitor metrik KPI toko online dan penjualan membantu kita untuk mengoptimasi upaya-upaya yang kita lakukan.

Baca juga: KIVITZ, Bisnis Fashion Muslim yang Cerminkan Kemandirian Wanita Muslim

 

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It