Batagor Cuplis, Bisnis Franchise yang Manjakan Penggemar Batagor

undercover.co.id – Batagor Cuplis, Bisnis Franchise yang Manjakan Penggemar Batagor , Cemilan khas Jawa Barat cukup banyak jumlahnya. Salah satunya ialah Batagor, jajanan yang berisikan bakso, tahu, dan tepung goreng, di tambah dengan acar mentimun.
Jajanan tersebut digemari anak muda, tidak hanya dapat ditemukan di Bandung, tapi di beberapa daerah lainnya juga ada batagor. Di Yogyakarta, Batagor juga menjadi salah satu jajanan yang sering dibeli anak muda.
Janan khas Bandung ini konon merupakan makanan hasil dari adaptasi jajanan khas Tionghoa-Indonesia. jajanan ini mirip dengan cilok, hanya saja tepungnya disajikan dalam keadaan digoreng kemudian diiris, diberi bumbu kacang dan tambahan bahan lainnya agar rasanya semakin enak, bisa berupa irisan tomat atau mentimun.
 

Komposisi Jajanan Seporsi Batagor

Pada umumnya, seporsi batagor terdiri dari tahu goreng, tepung goreng yang mirip dengan cilok, dan kadang ada tambahan bakso, irisan mentimun atau tomat untuk mempercantik sajiannya. Tahu yang digoreng di dalam seporsi batagor biasanya dilembutkan kemudian dibungkus dengan tepung yang sudah dicampur dengan ikan tenggiri.
Rasanya gurih, karena tepung goreng yang digoreng dalam seporsi batagor juga terbuat dari campuran antara tepung tapioka dan ikan tenggiri. Tepung yang dibentuk menyerupai bola itu kemudian diiris menjadi beberapa bagian setelah digoreng dengan minyak panas sampai matang.
Penyajian Batagor pada umumnya ditambahi dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, acar mentimun, irisan cabai, dan ada juga yang menambahkan jeruk nipis sebagai pelengkap. Batagor bisa disajikan dengan cita rasa gurih atau pedas, ini tergantung selera pembeli, kebanyakan pembeli yang suka pedas akan meminta tambahan sambal.

Popularitas Bisnis Franchise Batagor Cuplis

Siapa yang menyangka jika kepopuleran batagor akan memunculkan beragam model bisnis untuk memasarkan batagor. Banyak pedagang kaki lima yang berjualan batagor, ada juga warung makan yang menyediakan batagor dalam menu pilihannya, dan resto tertentu pun juga menyediakan menu batagor sebagai menu cemilan yang ditawarkan kepada pengunjung.
Batagor juga meramaikan food court di mal, salah satu contohnya batagor di Mal Gandaria City. Di sana ada sebuah gerai Batagor bernama Batagor Cuplis.
 
Gerai tersebut berdiri di area Lotte Mart Gandaria, City Mall. Aromanya yang menyerbak ke segela penjuru terdekat dengan lokasi berdirinya membuat pengunjung yang melalui area tersebut tertarik untuk mencicipi cita rasa gurih yang ditawarkan oleh Batagor Cuplis.

Konsep Batagor Cuplis Sekelas Resto

Konsep berbisnis batagor cuplis ini menawarkan konsep berjualan yang tak kalah dengan restoran ternama. Owner batagor cuplis sengaja mengangkat tema ini dengan tujuan untuk mengangkat citra jajanan lokal tersebut.
Owner Batagor Cuplis yaitu Sugieharto Gunawan menerapkan usaha batagor naik kelas ke ranah resto dengan tujuan agar batagor bisa dikenal oleh masyarakat luas, melalui penampilan dan cara penyajian yang sekelas resto. Dengan cara ini ia berharap produsen batagor bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena batagor menjadi lebih populer.
Pada awalnya, ia sulit percaya pada konsep tersebut namun ketika ia menawarkan batagor buatannya ke retail-retail swalayan saja, nilai ekonomisnya menjadi stagnan. Kemudian ia berpikir keras untuk mendirikan sebuah resto yang mengusung jajanan khas Bandung ini sebagai menu utama.

Respon Masyarakat pada Batagor Cuplis

Seperti yang diperkirakan oleh owner, ketika batagor dijual di area Lotte Mart Gandaria City Mall ini, banyak orang yang tidak segan untuk mampir untuk mencicipi ragam batagor yang ditawarkan antara lain ada batagor pangsit, batagor udang, batagor ikan, batagor tahu ikan, dan batagor tahu seafood. Aromanya yang menggugah selera dengan cita rasa yang bisa memanjakan lidah, membuat batagor benar-benar mendapatkan tempat di hati pelanggannya di mal tersebut.
Tidak hanya menawarkan batagor, gerai atau resto Batagor Cuplis juga menawarkan menu lainnya sebagai makanan pendamping. Menu-menu pendamping yang disajikannya antara lain otak-otak goreng, siomay ikan, siomay pangsit, dan Siomay Seafood.
Batagor cuplis mengklaim tidak menggunakan bahan pengawet untuk membuat batagor dan menu-menu lainnya. semuanya bebas dari bahan pengawaet dan juga formalin, karenanya batagor dan menu-menu lain buatan Batagor cuplis punya daya tahan paling lama hanya enam hari bila ditempatkan di dalam freezer.

Peluang Franchisee Batagor Cuplis

Rupanya, kesuksesan Batagor Cuplis bertahan di tengah-tengah persaingan perdagangan di industri makanan dan minuman ialah karena mereka menerapkan sistem franchisee untuk menarik pelanggan lebih banyak sekaligus juga menarik kerjasama yang menguntungkan distribusi mereknya.
Makanan daerah ini dijadikan sebagai daya tarik utama franchisee batagor cuplis. Dengan target pasar kalangan menengah ke atas, franchisee yang ditawarkan batagor cuplis pada masyarakat dibakukan dengan nilai investasi yang cukup besar di antara Rp20-80 juta untuk type booth.
Frachisee Batagor Cuplis menawarkan beberapa tipe yang berbeda. Selain tipe booth di atas, ada juga tipe resto Ato dengan nilai investasi sebesar Rp 50-Rp 100 juta. Harga tersebut masih di luar sewa tempat.
Di samping itu, juga terdapat paket ketiga yang harga investasinya lebih besar, antara Rp200-400 juta. Dengan investasi sebesar itu, franchiee akan mendapatkan fasilitas berupa bantuan untuk dekorasi tempat, dan lain-lain, pemilik hanya tinggal melakukan opening, tidka perlu repot dalam persiapannya.
 
 

Harga per porsi Batagor Cuplis

Bila Anda ingin Mencicipi batagor di Batagor Cuplis, perlu merogoh kocek sebesar Rp24 ribu per porsinya. Ini untuk harga menu termurahnya yaa, ranger harga batagor di Batagor cuplis mulai dari Rp24 ribu-Rp40 ribu per porsi.
Harga yang ditawarkan disesuaikan dengan kualitas batagor produksi Batagor Cuplis dan juga cara penyaiannya. Menyinggung soal balik modal, dengan harga tersebut dan nilai investasi yang cukup besar, kira-kira dalam waktu enam bulan franchisee sudah bisa balik modal.
Hal itu tentu saja bergantung pada lokasi berjualan yang strategis, seperti di food court atau di pusat perbelanjaan seperti mall. Sejauh ini, Batagor Cuplis sudah tersedia di mal Ciputra, Mall Taman Anggrek, Gandaria City, ITC Kuningan, De Brasco Cilandak, Mangga Dua, Duta Merlin, Super Indo Muara Karang, Food City Pantai Indah Kapuk, Fresh Market PIK, Sumarecon Serpong, Bali Brasco, Giant Harapan Indah Bekasi, Brasco Bogor, dan Ambarukmo Plaza Yogyakarta.

Planning Batagor Cuplis untuk Go Internasional

Meski jajanan batagor merupakan jajanan rakyat, Batagor Cuplis optimis untuk membuatnya go internasional. Dengan branding yang baik, Batagor Cuplis percaya, masakannya bisa dibawa ke ranah global.
Batagor Cuplis menyasar pasar Malaysia dan Singapore terlebih dahulu sebagai langkah uji coba menjajaki kemungkinan batagor dibawa ke ranah yang lebih luas.  Penjajakan pasar sudah dilakukan di awal tahun 2018.
Pemilik batagor cuplis berarap produk batagornya dapat segera mendulang perhatian di Malysia dan Singapore. Jika proyek di dua negara tersebut berhasil, ia akan segera melakukan melebarkan sayapnya sampai ke tingkat Asia, dan seterusnya ke Eropa dan Amerika.
 
baca juga
1. Martabak Banditz Buka Peluang Usaha Franchise
Baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
Panduan Lengkap Pecinta Kopi
Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Panduan Sukses Bisnis Franchise
123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan
Perjalanan 185 Brand Nasional Dan Internasional
50 Daftar Lengkap Virtual Office Di Indonesia
50 Daftar Jasa Kontraktor Indonesia
50 Usaha Rumahan di Indonesia
500 Kisah Pengusaha Sukses
Kenali Daftar 99 Fintech Indonesia
100 Daftar Notaris, PPAT dan Kantor Pengacara di Jakarta
 
 
 
Untuk itu, ia membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak. Bentuk kerjasama ini dibukanya dalam wujud waralaba. Bagi yang berminat silahkan hubungi info kemitraan dibawah ini.
Info Kemitraan
Mal Taman Anggrek, SMS Sumarecon, Cilandak, Bintaro, kelapa Gading, Pramuka, Atrium Senen, Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
Nomor telephone: 0818-0611-6172

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!