Baze, Dulang Untung dari Hobi Modifikasi Mobil

undercover.co.id – Tidak mudah memulai sebuah usaha. Biasanya, pengusaha pemula memulai usaha dengan memprioritaskan peluang atau target pasar.

Tidak salah memang. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami kesulitan bahkan kegagalan karena melakukan pekerjaan yang tidak dilandasi dengan rasa suka.

Untuk itu, daripada mengutamakan peluang atau target pasar, lebih baik memulai usaha dengan hobi yang Anda sukai.

Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan perasaan senang akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Seperti yang telah dilakoni Bari Setiadi, laki-laki asal Jakarta yang sukses dengan bisnis modifikasi car audio system bernama Baze.

Hobi

Bari, sapaan akrabnya, adalah lulusan Teknik Mesin di Universitas Atmajaya. Ia sudah menekuni hobi modifikasi sejak lama.

Pada tahun 2000, Bari memutuskan untuk membuka bisnis modifikasi car audio system. Ketika itu Bari memanfaatkan garasi rumah dan peralatan sederhana yang ia miliki semasa kuliah.

Meski bisnis ini belum begitu populer, Bari berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup besar, yakni 300 ribu rupiah untuk satu mobil.

baze Modifikasi Mobil

Kompetisi Modifikasi Audio Mobil

Dalam upaya mengembangkan bisnisnya, Bari masih sempat meluangkan waktu untuk mengikuti kompetisi modifikasi audio mobil.

Ia rajin mengikuti berbagai kompetisi tersebut di tingkat nasional maupun internasional. Ia bahkan berhasil meraih juara pada kompetisi Indonesia Extreme Car pada 2004 dan kompetisi yang sama di Thailand pada 2005.

Dari kejuaraan yang didapatnya tersebut, nama Baze pun terkenal di kalangan audiophile atau pecinta dunia Car Audio di Indonesia. Karena popularitas tersebut, pesanan mobil modifikasi yang diterima Baze meningkat tajam, hingga mencapai 80 mobil dalam sebulan.

baca juga

    Modifikasi Interior Kendaraan Mewah

    Meski sudah cukup sukses dengan bisnis modifikasi Car Audio System, Bari tidak cepat puas.

    Ia memperluas binis modifikasi mobilnya dengan membuka bisnis modifikasi interior kendaraan yang berkonsep mewah dan nyaman pada 2006.

    media-text alignwide”>
    media-text__media”>
    media-text__content”>

    Ide ini ia dapatkan ketika seorang pengusaha asal Cirebon meminta Bari memodifikasi bus pribadinya dengan interior mewah yang nyaman seperti ala rumahan.

    Bermula dari pekerjaan tersebut, satu per satu pesanan yang sama pun datang, seperti project bus mewah Omah Mlaku milik PO Nusantara, PO Agramas, PO Rosalia Indah, New Liman, dan bus bertema khusus lain.

    Dalam sekali modifikasi interior mewah, ia berhasil mendapatkan omzet hingga 200 – 700 juta rupiah.

    Baca juga: Salep Ketepeng Angso Duo: Dari IPK Rendah Hingga Usaha Beromzet Ratusan Juta

    1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

    800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

    100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

    Bagi Anda yang sedang ingin memulai suatu bisnis, Anda bisa mencontoh Bari Setiadi.

    Dibandingkan memprioritaskan peluang atau target pasar, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan hobi Anda.

    Bisnis Bari yang berawal dari hobi dan bermodal cekak tersebut, kini bisa mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah setiap bulan.

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!