Beginilah Jadinya Jika Waralaba Asing Masuk ke Indonesia. Menguntungkan atau Merugikan, ya?

jasa seo

Undercover.co.id – Melihat jumlah penduduk di Indonesia yang sudah mencapai  angka 250 juta lebih, menandakan bahwa negeri kita ini merupakan salah satu pasar yang potensial dalam sebuah bisnis waralaba. Alhasil, tidak hanya pengusaha waralaba lokal saja, akan tetapi juga waralaba asing mulai mengikuti persaingan di negara ini.

Bagi konsumen jelas hal ini menunjukkan sebuah keuntungan, karena mereka akan dengan mudahnya menentukan produk mana yang akan mereka beli. Baca Juga : 6 Kriteria Waralaba, Sudahkah Bisnis Anda Memenuhi Semuanya?

Sedangkan bagi para pebisnis waralaba, maka mereka pun harus bisa menunjukkan daya saing dengan produk-produk asing.

Lantas, apakah hanya itu saja dampaknya jika waralaba asing masuk ke Indonesia?

Sebenarnya masih ada beberapa efek lain dari masuknya perusahaan asing ke negara kita, beberapa diantaranya berupa:

  1. Secara positif waralaba asing akan memberikan edukasi

Dengan masuknya mereka ke negara kita, maka secara tidak langsung mereka pun akan memberikan pelajaran bagi para pengusaha lokal. Apalagi biasanya mereka datang dengan sebuah model bisnis yang baru, dan belum pernah ada di Indonesia.

Maka hal itu jelas menjadi keuntungan bagi pengusaha kita untuk mempelajari bagaimana cara mereka melakukan bisnisnya. Dari situ, para pelaku waralaba lokal akan mampu bersaing di pasar internasional.

Jadi tidak perlu cemas dengan kehadiran waralaba asing di Indonesia, ambil saja apa yang bagus dari bisnis mereka semua, ya!

  1. Memberikan Kontribusi dalam Perkembangan Ekonomis

Walau tidak dapat disembunyikan bahwa waralaba asing akan membuat persaingan bisnis semakin menyulitkan, namun di sisi lain mereka pun akan memberikan dampak pada perkembangan ekonomi di Indonesia.

Sebab mereka datang jauh-jauh ke Indonesia, pastinya dengan sistem bisnis yang lebih maju, dan lebih siap. Melalui caranya itu, tingkat kesuksesan mereka pun akan menjadi lebih tinggi.

Dampaknya jelas, dalam hal penjualan dan pembelian, mereka akan dengan mudahnya memutarkan perekonomian di Indonesia menjadi lebih dinamis lagi dari sebelumnya.

Namun tetap, waralaba lokal pun harus bersiap, bila mereka tidak ingin bisnisnya digilas oleh waralaba asing ini. So, persiapkan bisnis kalian dengan baik juga ya.

 

  1. Mengurangi Angka Pengangguran

Para waralaba asing yang masuk ke Indonesia pun tidak dapat dipungkiri bahwa mereka akan membutuhkan banyak SDM untuk menggerakkannya. Karena jarang sekali mereka datang sekaligus membawa beberapa karyawannya.

Maka dari dampak itulah, dapat kita pastikan penyerapan tenaga kerja akan lebih dinamis dan angka pengangguran pun dapat berkurang.

Namun satu hal yang perlu digarisbawahi bahwa waralaba asing pasti membutuhkan sumber daya yang terlatih serta mampu bekerja dengan profesional. Maka hal itu pun harus mampu disediakan oleh pekerja Indonesia.

Tapi juga jangan terlalu berharap untuk menjadi pekerja saja ya, kalian pun harus mampu menyaingi mereka.

  1. Membuat Perdagangan Dinamis

Dampak selanjutnya bila waralaba asing masuk ke Indonesia, mereka pun akan mampu membuat perdagangan di negeri ini menjadi dinamis lagi.

Para supplier pun tentu tidak akan diam dalam sebuah persaingan. Mereka akan berusaha lebih keras lagi guna menaikan kelas mereka dalam persaingan internasional.

Dengan masuknya waralaba asing, jelas sekali bahwa hal ini menjadi keuntungan guna belajar dari mereka tentang persaingan pasar asing di luar sana.

Tentu dapat dibayangkan apabila para supplier lokal sudah mampu menembus pasar internasional, maka mereka pun akan memiliki reputasi yang tinggi.

Itulah dampak keempat bila waralaba asing masuk ke negara kita.

  1. Menaikkan Citra Indonesia sebagai Negara Maju

Dampak selanjutnya dengan semakin maraknya waralaba asing yang masuk ke Indonesia menunjukkan bahwa negara kita ini mempunyai daya saing yang kuat, dan menunjukkan citra sebagai negara yang mengalami kemajuan.

Meski istilah di sini waralaba asing, tetapi tetap beberapa diantaranya dimiliki oleh para pengusaha lokal. Jadi, dari situ pun para investor luar mampu melihat dinamika positif di Indonesia, dan menjadikannya sebagai lahan investasi yang bagus juga.

Banyaknya investor yang masuk pun, secara tidak langsung akan mendongkrak perekonomian di Indonesia, yang berarti juga kemajuan sudah tidak bisa dielakkan.

So, itulah dampak waralaba asing yang kelima dalam daftar ini.

  1. Memotivasi Pebisnis Lokal

Terakhir, dengan masuknya waralaba asing ke Indonesia, hal itu secara tidak langsung akan membuat para pebisnis lokal termotivasi dalam persaingan bisnisnya.

Mereka pasti memiliki tujuan supaya bisa berjaya di negeri sendiri, dan tidak ingin bisnisnya digilas oleh para pengusaha asing.

Maka dengan adanya mereka, menjadikan motivasi tersendiri bagi para pebisnis lokal supaya bisa memperbaiki strategi bisnisnya, memperkuat manajemenya, dan menghasilkan inovasi dan kreasi yang lebih baik lagi pastinya.

Jadi, bagi anda para pebisnis lokal teruslah berusaha dan jangan biarkan waralaba asing mengambil kesuksesan dalam bisnis anda sekalian. Teruslah berusaha keras, dan kerja keras lagi ya!

Dengan adanya dampak terakhir di atas, menandakan pula bahwa kami harus menutup artikel yang satu ini.

Semoga apa yang disampaikan di atas mampu memberikan edukasi, motivasi, dan juga inspirasi bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya, salam sukses bagi kita dan bangsa kita.

Simak juga; 11 Contoh Bisnis Waralaba di Indonesia, Semuanya Harus Anda Coba. Kenapa?

jasa seo

Your Thoughts