Jasa

Walaupun Bahasa Arab sudah cukup terkenal dan banyak digunakan dalam dunia internasional, banyak orang yang masih ragu untuk mempelajarinya karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi.

Mengapa Bahasa Arab Dianggap Sulit Untuk Dipelajari?

Bagi yang sudah terbiasa mendengar Bahasa Arab, mungkin tidak akan terlalu sulit, tapi bagi orang awam teknik pengucapan dan juga struktur kata dan kalimat Bahasa Arab bisa terasa asing.

Huruf yang berbeda

Hal pertama yang dipelajari pada saat belajar Bahasa Arab tentunya adalah mulai mengenal huruf-hurufnya. Dalam Bahasa Arab, huruf-huruf yang digunakan sangat berbeda dengan alfabet yang biasa digunakan di seluruh dunia, sehingga ini biasanya akan cukup menyulitkan.

Bahasa Arab juga memiliki aturan harakat dan panjang pendek bacaan yang bisa membedakan pengucapan pada satu huruf yang sama. Jika tidak dipahami dengan baik, pembacaan harakat dan aturan panjang pendek yang salah bisa merubah cara pengucapan dan juga arti dari suatu kata.

Pelafalan huruf-huruf Bahasa Arab juga sangat berbeda dengan pelafalan alfabet biasa, sehingga bagi yang belum terbiasa pasti akan kesulitan. Misalnya saja pelafalan huruf seperti ‘ain, qaf, atau shod.

Setiap huruf dalam Bahasa Arab juga berbeda teknik pengucapannya tergantung dengan letaknya dalam kalimat dan juga huruf sebelumnya dalam kata tersebut. Huruf dalam Bahasa Arab tidak bisa berdiri sendiri, ini juga yang terkadang menyulitkan para pembelajar pemula.

Banyak kosa kata

Bahasa Arab memiliki banyak sekali kosa kata, bahkan sampai sekarang pun masih muncul banyak kosa kata baru yang bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jumlah kosa kata yang bahkan melebihi Bahasa Inggris ini bisa menyulitkan bagi para pemula yang ingin mempelajari Bahasa Arab.

Hal ini bisa diperparah jika tidak diimbangi dengan latihan yang rutin setiap hari. Mengingat dan mempelajari kosa kata baru hanya dengan membaca di buku teks saja tentu tidaklah cukup.

Diperlukan konsisten untuk belajar setiap hari dan juga pelu untuk melatih penggunaan Bahasa Arab setiap hari supaya cepat terbiasa. Membaca dan mendengarkan berbagai sumber berbahasa Arab juga bisa menjadi cara yang bisa diterapkan, misalnya banyak membaca Al-Qur’an atau buku berbahasa Arab dan juga mendengarkan siaran radio berbahasa Arab.

Banyak kosa kata dalam Bahasa Arab yang sudah diserap dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jika bisa mengenali akar atau inti dari berbagai kosa kata ini, maka akan lebih mudah untuk memahami dan menghapalkan artinya.

Dialek daerah

Seperti halnya banyak Bahasa asing lain di dunia, Bahasa Arab juga memiliki dialek aslinya tersendiri. Dan karena secara umum tidak mudah menemukan penutur Bahasa Arab, hal ini bisa menjadi salah satu tantangan dalam mempelajari Bahasa Arab.

Dialek Arab asli bisa terdengar sangat asing di telinga orang awam, terutama bagi yang selama ini hanya belajar melalui buku teks saja tanpa praktek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan banyak mendengarkan penuturan Bahasa Arab asli, bisa melalui video atau radio.

Dengan banyak berlatih mendengarkan, telinga dan otak jadi bisa terbiasa dengan dialek orang Arab. Sehingga nantinya tidak akan kaget jika bertemu dengan orang Arab asli atau saat dihadapkan dengan situasi harus berbahasa Arab.

Grammar yang berbeda

Dalam Bahasa Inggris, dikenal berbagai jenis tense, seperti misalnya present tense atau past tense, selain itu ada juga berbagai jenis kata ganti dan kata kerja. Aturannya memang banyak, tetapi jika terus dilatih lama-lama akan terbiasa.

Dalam Bahasa Arab, ada 12 pronouns, 12 kata kerja lampau, 12 kata kerja saat ini, dan juga 12 kata kerja instruksi. Selain itu, kata benda dalam Bahasa Arab juga dibedakan sesuai gender, seperti dalam Bahasa Perancis, penamaan benda single dan plural juga berbeda.

Bahasa Arab memiliki kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga, dan masing-masing kata ganti tersebut masih bisa dibedakan lagi berdasarkan tiga jenis bilangan gramatik yaitu tunggal, dual, dan jamak. Kata ganti juga berbeda untuk dua gender, maskulin dan feminin.

Hal ini bisa sangat rumit dan meundercover.co.id/ngungkan bagi para pemula. Tetapi jika banyak berlatih, maka struktur grammar yang asing ini lama kelamaan pasti akan bisa dipelajari.

Salah satu teknik belajar yang bisa digunakan adalah dengan banyak berlatih membaca buku-buku berbahasa Arab. Buku pasti memiliki struktur grammar yang tepat sehingga sangat cocok untuk dijadikan panduan dalam belajar.

Sulit melatih teknik percakapan

Salah satu poin penting dalam belajar Bahasa asing adalah melatih percakapan, sehingga Bahasa yang sudah dipelajari bisa dipraktikkan langsung. Tapi kendalanya adalah, sulit untuk menemukan penutur asli Bahasa Arab, tidak seperti Bahasa Inggris.

Inilah yang menyebabkan sulit untuk mendapatkan partner atau guru yang bisa diajak berlatih teknik pengucapan dan juga percakapan Bahasa Arab. Bagi yang memilih metode belajar mandiri alias otodidak, hal ini bisa menghambat progress belajar Bahasa Arab.

Bagi yang memilih teknik belajar dengan mengikuti kursus atau les, pasti tidak perlu takut lagi. Lembaga kursus pasti sudah menyediakan guru yang berpengalaman untuk bisa mengajari dengan baik teknik percakapan Bahasa Arab.

undercover.co.id/ menyediakan kursus Bahasa Arab dengan berbagai keunggulan dibandingkan tempat kursus lain.

undercover.co.id/ memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. undercover.co.id/ juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibiundercover.co.id/ng oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami.

Ada berbagai jenis kelas dengan berbagai pilihan paket pengajaran Bahasa Arab yang bisa dipilih di undercover.co.id/, biayanya pun murah dan terjangkau. Pembayaran bisa dilakukan secara online, dan ada banyak pilihan diskon dan cicilan pembayaran yang bisa didapatkan.

Teknik penulisan

Satu hal lagi yang membedakan Bahasa Arab dengan Bahasa lain yang menggunakan alfabet umum adalah teknik penulisannya. Bahasa Arab menggunakan teknik penulisan dari kanan ke kiri, kebalikan dari alfabet atau huruf latin biasa yang dituliskan dari kiri.

Walaupun ini bisa diatasi dengan banyak berlatih, tetap saja akan terasa asing bagi yang belum terbiasa membaca dan menulis dalam Bahasa Arab. Bentuk huruf-huruf dalam Bahasa Arab juga sangat berbeda dengan huruf alfabet biasa.

Setiap hurufnya memiliki bentuk yang unik, dan bentuknya bisa berubah-ubah tergantung dengan peletakkannya dalam kalimat. Ditambah juga dengan banyak aturan penulisan tanda baca dan harakat yang bisa menambah kerumitan teknik penulisan Bahasa Arab.

Kendala ini bisa diatasi dengan banyak berlatih menulis dan membaca dalam Bahasa Arab, sehingga lama-lama akan terbiasa. Sekarang juga sudah banyak dijual buku latihan kaligrafi Bahasa Arab yang memiliki berbagai media untuk berlatih menulis tiap hurufnya dengan benar.

Jasa
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *