Belajar & Kursus SEO Private

Jasa

undercover.co.id – Belajar SEO atau optimasi mesin pencari bisa sangat membingungkan pada awalnya. Ada banyak hal yang bisa membuat pikiran pusing Anda. Tapi menjadi ahli dalam SEO jelas merupakan hal yang dapat dicapai dan berpotensi memberikan Profit Untuk Anda

Mengajarkan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui untuk beralih dari pemula SEO ke SEO yang kompeten dalam satu artikel ini jelas tidak mungkin dilakukan.

Tapi hal terbaik berikutnya adalah panduan yang memberi Anda sumber sumber pandauan  untuk mencapai penguasaan SEO

Panduan SEO Berdasar Google Dan Komunitas Serta Para Ahli SEO Dunia

Jika Anda baru mengenal dunia SEO, Anda mungkin memiliki beberapa masalah seperti:

  • Apakah butuh waktu bertahun-tahun untuk belajar SEO ?
  • Informasi yang Ada begitu banyak konten terkait SEO di internet, kemana saya mulai?
  • Informasi yang Siapa yang saya percaya saat menemukan pendapat berbeda?
  • Takut hal yang berbau  Apakah saya perlu kemampuan teknis coding komputer untuk sukses?
  • warna topi .Apakah saya harus menggunakan warna hitam, abu-abu, atau Taktik Topi Putih …? Atau mungkin semuanya?
  • Apakah saya memerlukan pendidikan formal untuk bekerja di SEO?
  • SEO Apakah saya perlu membeli kursus online dari guru SEO seharga ribuan dolar untuk belajar?

Semua kekhawatiran ini akan dibahas dalam panduan ini, bersama dengan sumber daya yang Anda perlukan untuk mendapatkan SEO yang fundamental.

SEO berubah dengan cepat. Analis Tren Webmaster John Mueller mengatakan bahwa Google update dan berkembang algoritma hampir setiap hari , yang memaksa industri SEO berkembang juga.

Meski fundamental tetap sama, selalu ada hal baru yang harus diuji dan dipelajari.

Agar panduan ini lebih objektif, kami membandingkan dan mempelajari dari beberapa agen SEO profesional yang memiliki pengalaman mengajar SEO di lingkungan agensi.

5 Manfaat Belajar Search Engine Optimization (SEO)

undercover.co.id – SEO atau search engine optimization adalah salah satu teknik pemasaran digital yang menggunakan optimasi penggunaan kata kunci di mesin pencari (search engine/ browser). Dari sisi perusahaan, mnggunakan teknik pemasaran ini dapat meningkatkan brand awareness konsumen terhadap mereka melalui medium internet dan tentunya meningkatkan pendapatan.

Namun, SEO tidak hanya baik untuk dikuasai oleh badan usaha seperti perusahaan melainkan juga baik untuk anda kuasai sebagai individu. Berikut ini alasan mengapa menguasai skill SEO dapat menguntungkan buat anda:

1.     Meningkatkan pendapatan anda secara pribadi

Apabila anda rutin menulis blog sekaligus mengetahui seluk beluk mengenai SEO, maka tidak menutup kemungkinan blog pribadi anda akan muncul di halaman pertama Google. Muncul di halaman pertama Google berarti akan lebih banyak orang yang mengunjungi website anda dan membaca postingan postingan anda.

Lalu darimana sumber mendapatkan pendapatan?. Anda bisa saja memasang iklan pop up di laman anda atau jika anda penulis buku, anda bisa mengiklankan buku anda di blog pribadi anda. Jadi, semakin sering blog anda dikunjungi, maka orang orang akan semakin tahu mengenai anda dan buku yang anda tulis.

Karena biasanya pengunjung di blog yang memainkan teknik SEO adalah pengunjung organik, maka besar kemungkinan mereka akan membeli buku anda juga. Lumayan bukan?

2.     Menulis skill SEO di CV anda dapat meningkatkan kapabilitas anda di mata perusahaan

Seiring dengan perkembangan internet dan mesin pencari, tentunya semakin penting pula untuk seseorang menguasai serba serbi Internet of Things (IoT). Karena satu pertimbangan dan lain hal, bisa jadi perusahaan memutuskan untuk menyewa SEO Agency sebagai cara meningkatkan traffic website mereka di Internet.

Namun tidak menutup kemungkinan perusahaan tetap akan merekrut calon karyawan yang memiliki keahlian mengelola search engine optimization (SEO) sebagai salah satu skill set mereka.

Di Indonesia, saat ini orang yang memiliki keahlian tentang hal ini relatif jarang bahkan mungkin lebih jarang dibanding dengan orang yang menguasai IoT lainnya seperti Phyton atau R.  Oleh karena itu, kesempatan anda untuk direkrut perusahaan besar akan lebih tinggi dibanding kandidat lain jika anda memiliki keahlian di bidang ini.

3.     Anda dapat mengajar pelatihan SEO

Saat ini banyak platform pembelajaran daring aka online baik di Indonesia maupun di dunia. Saayngnya saat ini materi pembelajaran pelatihan SEO di berbagai platform tersebut masih diajarkan dalam bahasa Inggris. Sehingga calon konsumen yang memiliki pengetahuan sedikit tentang bahasa Inggris kemungkinan besar tidak akan paham.

 Oleh karena itu, apabila anda menguasai SEO anda bisa saja mengajar SEO di Linkdin Learning, Udemy  atau platform belajar lainnya dengan bahasa Indonesia. Sehingga anda dapat menembak pangsa pasar pembelajar teknologi di Indonesia secara langsung.

Tidak hanya online, anda juga dapat membuka sekolah SEO anda secara offline. Sehingga revenue stream anda tidak hanya berasal dari penjualan buku atau pendapatan iklan di blog melainkan juga kursus SEO online dan offline.

4.     Anda dapat bergabung dengan SEO Agency, Digital Marketing Agency atau hanya menjadi penulis lepas

Perkembangan teknologi mendorong munculnya usaha dengan tipe industri baru. Salah satunya adalah dengan internet kini muncul perusahaan perusahaan pemasaran yang berfokus pada dunia maya tersebut.

Baik SEO Agency atau Digital Marketing Agency beberapa tahun kebelakang muncul di Indonesia sebagai tanggapan atas tingginya permintaan pasar pemasaran melalui internet. Kemungkinan besar dalam beberapa tahun kedepan akan muncul banyak SEO Agency dan Digital Marketing Agency yang baru seiring dengan perkembangan dunia digital. Sebab hingga tahun 2020, trend jumlah pengguna internet di Indonesia dan di dunia terus merangkak naik.

Jika anda memiliki keahlian utak atik website menggunakan teknik SEO, maka anda akan ‘sedikit’ melangkah lebih maju dibandingkan orang lain. Selain itu kemungkinan anda akan diterima kerja di dua tipe perusahaan ini akan lebih tinggi baik sekarang maupun beberapa tahun kedepan.

Namun jika anda enggan bekerja ‘kantoran’ anda tetap bisa menjadi pekerja lepas jika anda menguasai skill ini. Sebab sebagaimana yang disebutkan diatas, ada kalanya perusahaan menyewa tenaga  outsourcing untuk menulis konten website mereka dan tenaga outsourcing disini belum tentu tenaga outsourcing yang tergabung ke dalam sebuah badan usaha.

baca juga

    5.     Belajar SEO berarti membuka cakrawala ilmu pengetahuan baru

    Saat ini pembelajaran mengenai teknis digital marketing masing sangat jarang ditemui di Indonesia. Termasuk diantaranya pembelajaran mengenai teknis SEO.

    Jika anda adalah penggemar teknologi atau tertarik dengan pemasaran, maka belajar digital marketing dan SEO adalah topic yang cocok untuk anda. Terlebih jika anda adalah orang yang cukup memahami bahasa Inggris (minimal bahasa Inggris pasif).

    Belajar SEO akan membuka kesempatan untuk anda. Termasuk jika kedepannya akan ada kuliah khusus digital marketing, anda bisa jadi dosen kelas tersebut.

    Selain itu, sama halnya dengan belajar bahasa pemrograman,  dengan belajar SEO anda akan selangkah lebih maju bersama teknologi dan anda akan menemukan dunia pengetahuan teknologi yang baru.

    Sama seperti belajar hal lain pada umumnya, belajar SEO juga menuntut anda untuk membaca, mendengarkan dan praktik. Belajar SEO juga memakan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup banyak. Akan tetapi dengan semua peluang dan pengetahuan yang akan anda dapatkan, tentunya investasi di dalam pendidikan dan pelatihan SEO masih menjadi investasi yang worth it untuk anda pilih. Selamat Belajar!

    Undercover.co.id

    One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
    Jakarta 12190

    Cara Belajar SEO di 2020 (Menurut 130 Ahli)

    Apa cara tercepat untuk belajar SEO?

    Menurut 130 ahli SEO

    8 Cara Terbaik untuk Belajar SEO

    1. Mengambil tindakan
    2. Pelajari dasar-dasarnya
    3. Dapatkan Mentor
    4. Fokus pada Kekuatan Anda
    5. Investasikan dalam Kursus SEO
    6. Bekerja di Agen SEO
    7. Jangan Mengejar Algoritma
    8. Pergi ke Konferensi

    Belajar SEO 10x lebih cepat dengan Undercover.co.id

    1. Ambil Tindakan

    Mendapatkan “tangan Anda kotor” dan mendapatkan lebih banyak pengalaman kehidupan nyata adalah cara terbaik untuk belajar SEO (dan keahlian apa pun).

    2. Pelajari Fundamental

    Ikuti blog SEO teratas, situs web berita SEO, bergabung dengan komunitas SEO, dan pergi ke konferensi SEO untuk mendapatkan paparan ke semua aspek industri.

    3. Dapatkan Mentor

    Memiliki mentor / pakar SEO berpengalaman yang memandu Anda melalui proses ini dapat menghemat percobaan dan kesalahan selama bertahun-tahun.

    4. Fokus pada Kekuatan Anda

    Misalnya, jika Anda seorang penulis yang baik, maka fokuslah pada sisi konten SEO. Atau, jika Anda adalah kupu-kupu sosial, maka fokuslah pada pembangunan hubungan dan sisi PR dari akuisisi SEO / tautan.

    5. Investasikan dalam Kursus SEO

    Kursus berkualitas terstruktur dan mudah diikuti. Ini penting ketika Anda memulai karena ada banyak informasi SEO online. Itu membuatnya sulit untuk menyatukan semua bagian yang bergerak.

    Kursus yang terbukti dipercaya oleh lebih dari 1.000 siswa dapat membantu (memberi petunjuk, memberi petunjuk undercover.co.id )

    6. Bekerja di Agen SEO

    Bekerja di sebuah agensi akan membantu Anda tumbuh sebagai seorang profesional dengan laju yang dipercepat. Anda tidak hanya akan dipaksa untuk belajar SEO dengan cepat, tetapi Anda juga akan mendapatkan paparan tentang bagaimana agen beroperasi.

    7. Jangan Mengejar Algoritma

    Fokus pada pengembangan keterampilan abadi seperti membangun hubungan, persuasi, penjualan, pembuatan konten SEO , copywriting, dan pemasaran secara umum.

    8. Pergi ke Konferensi

    Konferensi SEO dan pemasaran adalah satu-satunya cara terbaik untuk berjejaring dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan serupa. Juga, Anda bisa berada di sekitar orang-orang yang lebih berprestasi daripada Anda. Ini memaksa Anda untuk meningkatkan keuntungan Anda dan belajar.

    Mulai Belajar Sekarang Dengan Sumber Daya SEO Ini

    Anda dapat mulai belajar SEO sekarang dengan menyelami sumber daya ini.

    Pendidikan SEO Gratis vs. Berbayar

    Sebagai industri yang masih dalam tahap awal, kebanyakan perguruan tinggi tidak secara formal mengajarkan SEO.

    Untungnya, Anda bisa mempelajari semua yang Anda butuhkan secara online dan melalui aplikasi, membuat gelar atau pendidikan tinggi di bidang SEO tidak perlu.

    Sebenarnya, sebagian besar SEO itu otodidak, terutama menggunakan sumber online gratis untuk dipelajari (banyak di antaranya akan dibahas dalam panduan ini).

    Ada komunitas online SEO yang sangat membantu dan aktif. Sewaktu Anda membiasakan diri dengan komunitas ini, Anda pasti akan tersandung jalan ke situs web “SEO Gurus” yang menjual kursus yang mengajarkan Anda SEO seharga ribuan dolar.

    Kebenaran tentang kursus ini adalah bahwa sebagian besar informasi yang mereka berikan dapat ditemukan secara online secara gratis. Jadi mengapa orang membayar untuk ini?

    Jawabannya adalah bahwa kursus dapat menghemat waktu Anda. Informasi itu digabungkan sehingga memungkinkan Anda melakukan pembelajaran Anda semua dalam satu tempat dengan kurikulum yang terstruktur dan membuat Anda tetap fokus. Hal ini mencegah Anda terpental dari sumber daya ke sumber daya dan keluar jalur.

    Apakah kursus mutlak diperlukan untuk belajar SEO? Tidak, pasti tidak. Akankah kursus menghemat waktu Anda? Berpotensi, asalkan Anda mengambil kursus dari SEO terkemuka.

    Aturan praktis yang bagus untuk diikuti adalah hanya membeli kursus dari seorang praktisi SEO yang menghasilkan uang dengan melakukan SEO yang sebenarnya, bukan hanya menjual kursus tentang bagaimana melakukan SEO.

    Panduan ini akan berfokus pada pengambilan pendekatan pembelajaran gratis, namun jika Anda tertarik dengan kursus, lakukan riset sebelum membeli!

    Belajar SEO

    Cara terbaik untuk mendapatkan hampir semua keterampilan baru adalah belajar dengan melakukan. SEO tidak terkecuali.

    Panduan ini akan memberi Anda sumber daya yang Anda butuhkan untuk mempelajari dasar-dasar SEO. Begitu Anda memahami dasar-dasarnya, Anda perlu mulai menerapkan pengetahuan Anda. Ada dua cara untuk melakukannya:

    • Dapatkan pekerjaan entry level di SEO
    • Kembangkan pengetahuan SEO Anda dengan berlatih di situs Anda sendiri

    Entry Level Job di SEO

    Ada dua jenis pekerjaan entry level di SEO:

    • Bekerja di agen yang menyediakan SEO sebagai layanan
    • Bekerja di rumah melakukan SEO untuk perusahaan tempat Anda bekerja

    Salah satu manfaat utama dari pekerjaan entry level adalah bahwa Anda mungkin memiliki mentor yang membantu Anda sepanjang jalan. Ini bisa mempercepat proses belajar dan perkembangan anda sebagai SEO.

    Berikut adalah beberapa soft skill yang akan memenuhi syarat Anda untuk posisi di SEO:

    Kami mencari keahlian berikut yang biasanya menunjukkan kesuksesan masa depan seseorang di SEO dan Digital Marketing:

    • Passion untuk pemasaran digital – ini adalah atribut yang paling penting
    • Budaya sesuai dengan agensi kami
    • Keingintahuan intelektual – mengetahui apa yang tidak mereka ketahui dan ingin mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut
    • Kemampuan analisis / pendekatan – membenarkan semua argumen dengan data dan proyeksi dampak pendapatan klien
    • Menunjukkan kemampuan untuk belajar sendiri dengan panduan terbatas
    • Pemikiran kepemimpinan – pemeliharaan produk dan tren industri yang proaktif, dan kemauan untuk berbagi dengan rekan tim
    • Mampu bekerja dalam tim
    • Komunikasi dan keterampilan yang dihadapi klien (terutama melalui konferensi email dan video)
    • Profesionalisme dan integritas “

    Sifat terpenting yang kita cari adalah pasion tentang SEO. Anda tidak harus menjadi guru SEO, tapi Anda harus memiliki motivasi bawaan untuk mempelajari hal-hal baru yang diinginkan oleh jalur karir ini.

    SEO terus berubah, lebih cepat dari sebelumnya, dan kami ingin memastikan karyawan baru dapat mempelajari dasar-dasarnya dengan cepat dan terus belajar dan bereksperimen selama bertahun-tahun yang akan datang.

    Itu berarti kita akan menanyakan blog, podcast dan buletin mana yang Anda ikuti, dan pakar mana yang Anda ikuti untuk belajar tentang SEO.

    Meski SEO bisa dipelajari secara online, mendapatkan pekerjaan entry level di agensi atau in-house bisa memerlukan semacam gelar.

    Berikut adalah beberapa gelar terbaik untuk mendapatkan jika Anda ingin mengejar karir di SEO:

    • Ilmu Komputer atau Sistem Informasi Anda akan mempelajari dasar-dasar pengembangan web dan teknologi internet yang membuat transisi ke sisi teknis SEO menjadi lebih mudah. Sejumlah profesional agensi menyebutkan bahwa pengembang web membuat SEO yang sangat bagus.
    • Bahasa Inggris(atau gelar lain yang membutuhkan banyak menulis). Kemampuan menulis dengan baik adalah keahlian yang tak ternilai dalam SEO karena konten yang bagus merupakan kebutuhan dalam SEO.
    • Gelar dalam pemasaran dapat memberi Anda pengantar untuk semua elemen pemasaran tradisional dan digital dan akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang psikologi di balik bagaimana konsumen membeli.

    Learning By Doing

    Melakukan SEO di situs Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk berlatih dan mengasah kemampuan SEO Anda.

    Memiliki situs web Anda sendiri adalah suatu keharusan, tidak peduli apa itu tentang atau bagaimana peringkatnya, karena ini berarti Anda merasakan sakitnya pemilik situs web dan mungkin terobsesi dengan jumlah pengunjung atau peringkat pencarian Anda.

    Saya juga sangat merekomendasikan membuat situs WordPress atau blog dan mulai membiasakan diri dengan dasar-dasar SEO dan pengembangan konten.

    Jika Anda memiliki bisnis kecil, lakukan SEO di situs bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki bisnis, buatlah blog pribadi atau situs afiliasi.

    Bagian yang penting di sini adalah Anda menerapkan apa yang Anda pelajari.

    Informasi Kontradiktif dalam SEO

    SEO adalah industri yang dikenal memiliki banyak informasi yang kontradiktif. Inilah dua alasan untuk ini:

    • SEO berubah dengan cepat.Informasi yang benar enam bulan yang lalu, mungkin tidak benar hari ini.
    • Google dan mesin pencari lainnya menjaga agar algoritma internal mereka menjadi rahasia.Yang bisa kita lakukan hanyalah berspekulasi dan menguji.Masalahnya dengan spekulasi adalah bahwa jika sebuah gagasan tampak dapat dipercaya, maka menjadi sangat diterima sebagai kebenaran tanpa data untuk mendukung spekulasi.
    • Jika taktik SEO bekerja untuk satu situs web yang tidak berarti hal yang sama bisa berhasil diterapkan pada yang lain.

    Cara Menangani Informasi yang Kontradiktif

    • Percaya sumber hanya pda yang Sumber daya yang akan Anda temukan di bawah ini adalah semua sumber terpercaya untuk informasi SEO.
    • Percaya analisis statistik dan selalu teskan sendiri.
    • Mengandalkan berbagai Cobalah untuk tidak hanya mengikuti satu sumber SEO yang sangat Anda sukai. Campurkan dan dapatkan informasi dari sumber yang berbeda.
    • Tes, tes, dan uji Jangan  mengikuti semua taktik SEO yang direkomendasikan membabi buta.

    Apa ‘Warna Topi ‘ yang Harus Anda Pilih?

    Topi putih, topi abu-abu, dan topi hitam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis taktik SEO yang digunakan. SEO topi putih mengikuti panduan Google dan mesin pencari lainnya. SEO topi abu-abu tidak takut untuk membengkokkan aturan sedikit, sementara SEO topi hitam secara terang-terangan melanggar peraturan.

    Kebanyakan SEO memandang white hat sebagai strategi yang akan bertahan dalam ujian waktu. Selama Anda mengikuti panduan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan Google atau mesin pencari lain yang menghukum situs Anda. Jika Anda baru mengenal SEO, Anda harus mengikuti jalan topi putih.

    Namun, sebaiknya Anda tidak mengabaikan taktik penggunaan topi abu-abu dan topi hitam. Taktik ini biasanya manipulatif dan jangka pendek, tapi bisa mengajari Anda banyak tentang bagaimana mesin pencari menentukan rangking. Terkadang Anda bahkan bisa menggunakan pengetahuan ini dengan cara topi putih.

    Mengoptimasi situs Anda agar mudah masuk halaman satu Google bukanlah hal yang mudah. Setiap harinya selalu ada topik baru yang bisa dibahas, dipelajari, dan dipraktikkan.

    Namun mengatakan SEO sulit dilakukan juga adalah hal yang salah. Ini karena, meskipun Anda tidak memiliki latar belakang di bidang IT, Anda tetap bisa mengoptimasi situs Anda agar masuk ke halaman satu Google , atau mungkin masuk peringkat paling atas.

    Perlu diketahui, SEO terdiri dari dua: on-page dan off-page. SEO on-page berarti melakukan optimasi situs di dalam halaman. Sementara off-page adalah melakukan optimasi dari luar situs.

    Kali ini kami akan membahas mengenai beberapa cara melakukan optimasi di dalam situs. Tak perlu khawatir, tips dan trik ini mudah dipelajari dan dipraktikkan.

    Apa saja?

    baca juga

    http://undercover.co.id/nap-ux/

    Pentingnya Off Page SEO

    SEO Off page mengacu pada strategi yang dilakukan di luar situs Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Ketika seseorang menyebutkan dari halaman SEO, mereka umumnya mengacu pada pengembangan tautan

    1. Off-Page SEO: – Posting ini oleh Joshua Hardwick mendefinisikan off page SEO dan memberikan pengenalan teknik SEO off page.
    2. Panduan untuk Link Building – Dalam posting ini, David McSweeney menjabarkan dasar-dasar membangun link dan kemudian menyediakan sejumlah sumber di mana pembaca dapat melakukan membaca lebih lanjut ke dalam setiap topik yang dibahas.
    3. Link Building Untuk SEO: Panduan (2017) – Setelah mengklik link ini, kalimat pertama yang Anda akan membaca adalah “Ini rahasia yang Link Building adalah keterampilan yang paling penting dalam SEO. ”Brian Dean melakukan pekerjaan yang sangat teliti mengajar keterampilan yang paling penting dalam SEO dalam panduan ini.
    4. Panduan Lengkap untuk Outreach: – Melakukan perkenalan adalah hal yang efektif dan merupakan bagian penting dari link building  Panduan ini memberi Anda banyak sumber daya untuk menguasai materinya.

    Tautkan link menuju artikel lain

    Cara lain memastikan pengunjung tetap bertahan di situs Anda adalah dengan memberikan link artikel Anda yang lain. Dengan memberikan link artikel Anda, pengunjung yang sudah selesai membaca satu artikel akan beralih ke artikel lain yang ada di situs Anda.

    Tentu saja selain mengurangi rasio pentalan, ini akan meningkatkan jumlah kunjungan situs Anda.

    Technical SEO / Website Audit

    Teknis SEO mengacu pada aspek teknis SEO on-page seperti kecepatan situs, indeksability, dan respon mobile. Istilah “teknis” bisa membuat banyak orang menjauh dari aspek SEO ini. Jangan biarkan hal itu membuat takut!

    Untuk memahami dan menerapkan SEO teknis, Anda TIDAK perlu menjadi Developer Komputer  atau memiliki beberapa resume teknis yang mengesankan. Anda hanya harus bersedia untuk duduk dan memecahkan satu masalah pada satu waktu.

    Jika Anda melakukan SEO teknis dan menemukan bahwa Anda terjebak, ikuti proses ini:

    • Googling !Ada banyak informasi online yang akan memandu Anda melalui masalah teknis SEO selangkah demi selangkah.
    • Jika Anda dapat menemukan jawaban melalui Google, meminta salah satu dari banyak komunitas SEO di Facebook / social media  bisa menjadi jawabannya  (kelompok-kelompok ini akan disebutkan di bawah ini di bagian pembelajaran terus).

    Komunitas ini biasanya sangat membantu dan berpengetahuan luas. Jika mereka don ‘t menjawab pertanyaan Anda secara langsung, mereka mungkin akan mengarahkan Anda ke arah yang benar.

    • Jika masalah SEO teknis terlalu jauh di atas kepala Anda Anda dapat mempekerjakan seseorang untuk menyelesaikan tugas untuk Anda.

    Berikut adalah beberapa panduan untuk membuat Anda terbiasa dengan teknis SEO dan audit situs web.

    1. Panduan: Cara Membuat Website 2017- WordPress adalah sebuah perangkat lunak yang membuat membangun website mudah. Bagian yang terbaik adalah Anda tidak perlu tahu bagaimana kode untuk menggunakan WordPress. Panduan ini menuntun Anda melalui proses penyiapan situs web.
    2. WordPress SEO Panduan untuk Pemula (Step by Step)- 28% dari situs pada penggunaan internet WordPress. Belajar WordPress dan bagaimana melakukan SEO di platform adalah keterampilan yang diperlukan untuk SEO apapun. Panduan ini memandu Anda melalui beberapa hal terpenting yang perlu dilakukan untuk SEO di situs WordPress.
    3. Belajar HTML dan CSS- HTML dan CSS adalah dua bahasa yang paling dasar dari web. Anda tidak perlu tahu bagaimana menulis bahasa-bahasa ini dari nol, tapi memahami bagaimana cara mengedit HTML dan CSS adalah keahlian yang tak ternilai untuk SEO. Kursus ini oleh Codecademy melakukan pekerjaan yang bagus mengenalkan Anda pada kedua bahasa ini.
    4. Langkah-Langkah“Teknis SEO” Checklist – Posting ini disusun oleh Ryan Stewart menyediakan checklist untuk audit SEO teknis yang komprehensif. Di pos tersebut, dia mendefinisikan setiap bagian audit dan kemudian menjelaskan cara menyelesaikannya.
    5. Periksa Audit Teknis Untuk Manusia- Dalam posting ini dengan Distilasi, Anda akan menemukan link ke lembar Google yang memiliki SEO checklist audit teknis dan link ke sumber daya tentang cara menyelesaikan setiap kotak centang.

    Alat / Tools SEO

    Alat SEO adalah kebutuhan untuk setiap kampanye SEO. Mereka dapat menghemat waktu Anda dan memberi Anda wawasan berharga tentang situs Anda sendiri dan pesaing Anda. Tak perlu dikatakan lagi, belajar bagaimana menggunakan alat ini sangat penting.

    Berikut adalah toolkit SEO yang kami sarankan agar Anda pelajari dan gunakan. Ada juga sejumlah alat SEO hebat lainnya yang tidak disebutkan di bawah ini. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut  cek posting dari Backlinko .

    1. Google Analytics- Google Analytics trek dan laporan data yang dikumpulkan dari website Anda. Untuk mempelajari Google Analytics, memeriksa kursus pelatihan Google ‘s di atasnya.
    2. Google Search Console- Juga dikenal sebagai Google Webmaster Tools, layanan web ini memungkinkan Anda untuk memonitor status dari situs Anda. Berikut ini adalah posting tentang cara mengatur itu dan mulai menggunakannya.
    3. Bing Webmaster – layanan web ini adalah persis seperti alat Webmaster Google, tetapi digunakan untuk mesin pencari kedua Bing ‘s dan Yahoo. Berikut adalah panduan tentang cara menggunakannya.
    4. Pingdom Situs Pengecekan Kecepatan website – Sebuah situs web yang cepat penting untuk SEO dan pengalaman pengguna. Alat ini menampilkan website Anda ‘s kali beban dan membantu dalam menentukan bagaimana meningkatkan website Anda’ kecepatan s.
    5. Scream Frog- Alat ini akan menjelajahi situs Web Anda dan menganalisis elemen onsite kunci. Berikut adalah panduan tentang cara menggunakan screaming frog secara efektif.
    6. Ahrefs – Ahrefs dapat digunakan untuk penelitian kata kunci, analisis backlink, eksplorasi isi, analisis pesaing, dan banyak lagi. Checkout baru saja diluncurkan Ahrefs Academy untuk belajar bagaimana untuk mendapatkan hasil maksimal dari Ahrefs.
    7. Whitespark Citation Finder – Citation merupakan komponen penting dari strategi optimasi mesin pencari lokal. Lihat ini panduan untuk belajar tentang kutipan dan bagaimana Whitespark dapat membantu Anda dengan manajemen kutipan Anda.

    Analytics dan Pelaporan

    Kemampuan untuk mengukur keberhasilan usaha SEO Anda sangat penting. Melacak dan mengelola data situs web Anda dapat dilakukan melalui Google Analytics dan Google Search Console.

    Ada sejumlah platform analisis lainnya, namun kedua layanan web ini adalah dasar dari mana analisis SEO dimulai. Berikut adalah dua panduan yang mencakup dasar-dasarnya.

    1. Panduan Pemula untuk Google Analytics
    2. Panduan Google Search Console

    Optimalisasi Tingkat Konversi Di Website Anda

    SEO adalah proses yang membawa lalu lintas ke situs web, namun jika Anda tidak dapat mengubah lalu lintas menjadi penjualan, pelanggan email, dan lain-lain, tidak ada gunanya memilikinya di tempat pertama. Di situlah optimasi tingkat konversi (CRO) masuk

    CRO adalah proses yang memanfaatkan umpan balik pengguna, riset pasar, dan analisis untuk meningkatkan rasio konversi di situs web Anda. Jika tujuan situs web Anda adalah membuat pengunjung mengisi formulir kontak, rasio konversi akan menjadi jumlah orang yang mengisi formulir dibagi dengan total lalu lintas yang diterima situs web Anda.

    Ini CRO panduan oleh Qualaroo melakukan pekerjaan yang sangat baik menjelaskan dasar-dasar CRO dan memberikan langkah-langkah ditindaklanjuti untuk mengambil ketika mengoptimalkan situs Anda untuk konversi.

    Pembelajaraan Yang Terus Menerus Untuk Mencapai SEO Yang OPtimal 

    SEO mengharuskan Anda untuk terus menjadi siswa karena seberapa cepat algoritma perusahaan mesin pencari berubah. Berikut adalah beberapa sumber yang bagus untuk melanjutkan pendidikan SEO Anda.

    Sertifikasi SEO

    Sertifikasi tidak membawa banyak bobot di industri SEO. Satu-satunya sertifikasi yang harus Anda mengejar saat Anda belajar SEO adalah Google Analytics (GA) Kualifikasi Individual . Sertifikasi ini akan menunjukkan semua fungsi dan fitur yang ditawarkan Google Analytics. Periksa ini posting tentang cara untuk lulus ujian GA.

    Grup Facebook SEO

    Facebook memiliki komunitas SEO yang sangat aktif. Bergabunglah dengan kelompok Facebook berikut agar tetap berada di puncak berita industri dan ajukan pertanyaan.

    1. Digital Marketing
    2. Digital Marketing Questions
    3. White Hat SEO
    4. Local Client Takeover
    5. Lion Zeal Mastermind
    6. NicheHacks.com Private Mastermind Group

     

     

    Blog dan Situs Web

    Blog dan situs web mungkin adalah sumber belajar terpenting untuk semua SEO, tidak masalah tingkat keahlian Anda. Berikut adalah sepuluh blog yang harus Anda ikuti:

    1. The Google Blog
    2. Ahrefs Blog
    3. Search Engine Land
    4. Search Engine Journal
    5. Search Engine Watch
    6. Backlinko
    7. Moz Blog
    8. Search Engine Roundtable
    9. SEOBook
    10. Marketing Land

    Podcast SEO

    1. Duct Tape Marketing
    2. WebmasterRadio.FM/ SEO 101
    3. Search Engine Nerds
    4. Webcology
    5. The Digital Marketing Podcast
    6. Search Talk Live
    7. The Agents of Change
    8. Marketing School
    9. PNR: This Old Marketing
    10. Experts On The Wire
    11. Lion Zeal Show

    Buku SEO

    Industri SEO berubah begitu cepat sehingga buku dengan cepat menjadi usang. Sebagian besar pembelajaran SEO Anda harus berasal dari sumber online, namun ada beberapa buku yang akan membantu Anda secara konseptual memahami sejarah pencarian, mesin pencari, dan bagaimana SEO telah berubah selama bertahun-tahun.

    1. The Art of SEO- Ditulis oleh beberapa pikiran terkemuka di SEO, buku ini dapat dianggap sebagai Alkitab dari SEO, karena lebih dari 900 halaman. Ini memberikan pengantar dasar-dasar mesin pencari dan SEO, dan kemudian berkembang menjadi topik yang lebih maju.
    2. Search: Bagaimana Google Menulis ulang Aturan Bisnis dan Berubah – Buku ini menggambarkan abadi teknologi dampak pencarian telah di budaya dan industri di seluruh dunia. Ini menggali bagaimana Google menjadi perusahaan dominan saat ini dan akan memberi Anda pemahaman mendalam tentang bagaimana mesin pencari dan penelusuran mengubah internet.

    Saluran YouTube SEO

    Jika Anda menikmati belajar dari video, berikut beberapa saluran YouTube untuk berlangganan.

    1.  Backlinko
    2. Ahrefs
    3. Google Webmasters
    4. Google Analytics
    5. Search Engine Journal
    6. Eric Enge
    7. WEBRIS

     

     

    Konferensi Dunia Tentang SEO

    Konferensi SEO bisa menjadi pengalaman yang indah bagi orang-orang yang baru mengenal industri SEO. Meskipun konferensi ini mahal, ada beberapa manfaat dari menghadiri seperti:

    • Pemahaman yang lebih baik tentang SEO
    • Belajar tentang teknik terbaru yang bekerja di industri
    • Peluang jaringan

    Berikut adalah sepuluh konferensi yang harus Anda coba hadiri:

    1. Search Love
    2. Search Marketing Expo
    3. State of Search
    4. SEJ Summit
    5. PubCon
    6. Inbound
    7. C3
    8. MozCon
    9. Inbounder
    10. Content Marketing World
    11. baca juga

     

    Meetup.com

    Meetup.com adalah situs web yang memungkinkan pengguna memfasilitasi pertemuan kelompok offline seputar topik tertentu. Meetups SEO di daerah Anda adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang SEO dan terhubung dengan SEO lainnya di dekat Anda.

    Film SEO

    Ignite Visibilitas baru ini merilis ” SEO: The Movie “. Film berdurasi 40 menit ini mencakup sejarah optimasi mesin pencari yang digambarkan melalui pengalaman beberapa nama terbesar di industri SEO.

    Pemikiran Akhir SEO

    Jadi begitulah. Peta jalan untuk mempelajari dasar-dasar SEO.  Paris Childress, Pendiri dan CEO di Hop-online menyatakan bahwa salah satu keterampilan yang paling penting yang ia cari di calon potensial untuk agen adalah “Intelektual rasa ingin tahu – tahu apa yang mereka tidak tahu dan ingin untuk mengisi kesenjangan tersebut pengetahuan. “

    Belajar SEO : Langkah Teknis SEO Thats Works !

    Mengoptimasi situs Anda agar mudah masuk halaman satu Google bukanlah hal yang mudah. Setiap harinya selalu ada topik baru yang bisa dibahas, dipelajari, dan dipraktikkan.

    Namun mengatakan SEO sulit dilakukan juga adalah hal yang salah. Ini karena, meskipun Anda tidak memiliki latar belakang di bidang IT, Anda tetap bisa mengoptimasi situs Anda agar masuk ke halaman satu Google , atau mungkin masuk peringkat paling atas.

    Perlu diketahui, SEO terdiri dari dua: on-page dan off-page. SEO on-page berarti melakukan optimasi situs di dalam halaman. Sementara off-page adalah melakukan optimasi dari luar situs.

    Kali ini kami akan membahas mengenai beberapa cara melakukan optimasi di dalam situs. Tak perlu khawatir, tips dan trik ini mudah dipelajari dan dipraktikkan.

    Apa saja?

    Riset Kata Kunci

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meriset kata kunci . Riset kata kunci diperlukan untuk mendapatkan kata kunci apa saja yang banyak dicari orang. Bisa juga untuk mendapatkan ide menulis, apalagi saat sedang buntu.

    Alasan lain riset kata kunci dilakukan adalah agar supaya artikel Anda sesuai dengan apa yang dicari orang, sehingga ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu, artikel Anda akan dibaca oleh orang lain.

    Riset ini dilakukan dengan beberapa cara.

    Yang pertama dengan meriset di Google Keyword Planner . Cara ini merupakan yang lazim dilakukan, sampai-sampai mungkin kompetitor Anda juga melakukannya. Caranya cukup mudah, yaitu buat dulu akun Google Adwords. Setelah itu Anda tinggal sorot menu Tools di atas, lalu pilih Keyword Planner. Masukkan kata kucni yang sedang Anda incar, lalu dapatkan rekomendasi kata kunci lain dari Google.

    Cara lainnya adalah dengan menggunakan ubersuggest. Ubersuggest ini memberikan ide kata kunci yang lebih banyak dan lebih lengkap daripada Keyword Planner.

    Sehingga, apabila Anda hendak menanamkan kata kunci ke dalam artikel, Anda bisa mendapatkan kata kunci yang banyak dan beragam.

    Saat Anda membuat suatu artikel, sebaiknya pilih dulu kata kunci utama. Misalkan di artikel ini kami membahas mengenai “SEO on-page”. Maka, kata kunci utama kami adalah “SEO on-page”.

    Kata Kunci Panjang (long-tail keyword)

    Katakanlah Anda menulis artikel dengan kata kunci yang persaingannya ketat, misalkan “daftar harga hp”. Lalu bagaimana caranya agar tetap bersaing dengan situs lain yang lebih besar, dengan backlink dan PR yang lebih tinggi?

    Jawabannya adalah menggunakan kata kunci panjang. Inilah langkah yang dapat Anda coba lakukan apabila Anda kesulitan menembus halaman satu Google , terutama bila kata kuncinya penuh persaingan.

    Mengapa demikian?

    Ini karena pengguna Google terkadang mencari sesuatu menggunakan kata kunci yang panjang. Misalnya, “daftar harga hp Android di bawah 1 juta”.

    Jika Anda berhasil melakukan riset kata kunci yang panjang ini, maka kelak Anda punya kesempatan untuk tetap mendapatkan pengunjung.

    Kata kunci panjang atau long-tail keyword dapat diriset menggunakan hittail.com. Selain itu ubersuggest juga memberikan hasil yang lumayan panjang, sehingga Anda tetap bisa menggunakan tools ini juga.

    Long-tail keyword tidak perlu terlalu dimasukkan terlalu banyak ke dalam artikel. Dua sampai tiga kali saja sudah cukup.

    Latent Semantic Index

    Cara lain optimasi mesin pencari adalah dengan menerapkan LSI, atau Latent Semantic Index.

    Latent Semantic Index adalah kata kunci lain yang satu topik dengan kata kunci yang Anda gunakan.

    LSI ini digunakan untuk memberikan kata kunci yang lebih beragam di mata Google.

    Keberagaman kata kunci lebih disukai Google ketimbang menumpuk kata kunci yang sama terus menerus.

    Selain itu, menanamkan kata kunci yang beragam akan membuat Google melihat artikel Anda sebagai artikel yang lengkap dan komprehensif, sehingga peluang masuk halaman satu lebih besar.

    Misalnya kami di artikel ini menulis tentang SEO on-page. Perhatikan bahwa di artikel ini kami juga menggunakan kata “optimasi mesin pencari”, “SEO off-page”, “Latent Semantic Index”, “Long Tail Keyword”, dan lain sebagainya. Ini membuat artikel menjadi lebih beragam dengan bahasan topik yang lengkap.

    Latent semantic index bisa Anda temukan dengan mengetikkan kata kunci target Anda di Google. Setelah itu, lihatlah di bagian hasil pencarian paling bawah, ada related search keywords, atau kata kunci terkait. Ini juga termasuk dalam latent semantic index. Masukkan berbagai kata kunci ini ke dalam artikel Anda.

    Meta Keyword dan Meta Description

    Perlukah menuliskan meta keyword dan meta description? Menulis meta keyword dan meta description tidak memberi banyak dampak, namun lebih baik dibandingkan Anda membiarkannya begitu saja.

    Isi meta keyword dengan kata kunci yang sudah Anda kumpulkan, baik itu kata kunci utama, kata kunci panjang, maupun latent semantic index.

    Isilah meta description dengan ringkasan singkat tentang konten artikel. Masukkan juga satu kata kunci.

     

    Optimasi Gambar

    Selain teks, aspek lain yang diperlukan dalam artikel adalah memasukkan gambar. Gambar diperlukan untuk membuat artikel jadi lebih beragam, sebagai ilustrasi untuk memperjelas isi artikel, sekaligus sebagai cara lain mengoptimasi mesin pencari.

    Bagaimana mengoptimasi gambar agar dapat memperkuat situs Anda? Berikut ini caranya.

    baca juga

    1. Jasa SEO Google

    Kompres gambar

    Yang pertama adalah kompres gambar.

    Sebuah gambar seringkali berukuran besar, dan ini akan memperlambat loading situs Anda.

    Perlu diingat, kecepatan situs adalah salah satu faktor yang diperhitungkan oleh Google.

    Loading yang lambat akan berdampak pada menurunnya peringkat Anda di Google.

    Maka, salah satu solusinya adalah mengompres gambar terlebih dulu sebelum diunggah. Anda bisa melakukannya dengan berbagai tools gratis di internet. Untuk tools offline, Anda bisa menggunakan Photoscape yang bisa diunduh gratis.

    Namun apabila Anda menggunakan wordpress, Anda juga bisa menggunakan plugin bernama Smush. Tools ini akan mengompres gambar Anda secara otomatis saat Anda mengunggahnya.

    Masukkan alt text

    Cara lain dalam mengoptimasi gambar untuk SEO adalah dengan memasukkan kata kunci di alt text. Di blogspot atau WordPress, Anda bisa mengedit alt text Anda. Masukkan alt text ini dengan berbagai kata kunci yang ada di dalam artikel Anda.

    Kelak, apabila seseorang memasukkan kata kunci untuk mencari gambar, gambar dari artikel Anda akan masuk di pencarian gambar Google.

    Masukkan gambar tiap 300 kata

    Sebenarnya berapa jumlah gambar yang paling tepat untuk artikel Anda?

    Tidak ada jumlah yang pasti, namun Neil Patel merekomendasikan gambar untuk tiap 300 kata. Ini berfungsi sebagai pemisah dan merefresh konsentrasi pengunjung situs Anda.

    Selain itu dengan adanya gambar sebagai pemisah, pengunjung yang melakukan skimming (membaca melompat-lompat) jadi tetap bisa memahami isi konten Anda.

    Minimalisir Bounce Rate

    Bounce rate, atau rasio pentalan, adalah perhitungan untuk pengunjung yang hanya mampir lalu pergi dari artikel Anda.

    Durasi yang termasuk dalam rasio pentalan adalah 30 detik. Apabila pengunjung masuk ke situs Anda dan hanya bertahan kurang dari 30 detik, maka itu disebut sebagai “memantul” atau “bouncing”.

    Bounce Rate dapat Anda lihat di Google Analytics dengan model persentase.

    Semakin kecil rasio pentalan situs Anda, semakin baik. Untuk sebuah situs besar, Darren Rowse mengaku bounce rate yang normal adalah sekitar 65%. Namun bounce rate bisa lebih kecil lagi, terutama bila situs yang Anda miliki adalah online shop.

    Lebih lanjut, Darren Rowse mengakui bahwa bounce rate tidak bisa dioptimasi secara radikal, namun sebaiknya dilakukan di masing-masing artikel, satu demi satu.

    Apa saja cara yang bisa dilakukan?

    Embed video

    Pernah mengunjungi situs berita? Rata-rata, artikel di dalam situs berita tidak sampai 500 kata. Apabila pengunjung hanya membaca cepat (skim) durasi kunjungan bisa kurang dari setengah menit. Apabila tidak dioptimasi, situs berita bisa kalah dalam perburuan halaman mesin pencari. Lalu bagaimana cara situs berita mengakalinya?

    Situs-situs berita meminimalisir bounce rate dengan cara memasukkan video. Dengan memutar video di tiap artikel, diharapkan pengunjung bertahan lebih lama di dalam situs tersebut, karena akan menonton video tersebut terlebih dulu.

    Anda juga bisa melakukan hal ini. Tentu Anda tidak perlu membuat video sendiri. Anda bisa melakukannya dengan cara embed video dari Youtube.

    Kadang-kadang, pengunjung yang bertahan karena menonton video di Youtube bisa betah berlama-lama menonton video tersebut, yang berujung pada durasi kunjungan yang lama.

    Masukkan slide dari slideshare

    Memasukkan video ke dalam artikel adalah langkah brilian, namun ini punya kekurangan: tidak semua orang suka kuotanya termakan untuk menonton video.

    Lalu bagaimana cara mengakalinya?

    Anda juga bisa memasukkan slide powerpoint. Slide tergolong lebih ringan, dan bila slidenya berkualitas, pengunjung dapat betah berlama-lama mempelajari slide tersebut.

    Slide ini pun tak perlu Anda buat sendiri; Anda bisa mengambilnya dari slideshare. Slideshare sendiri menyediakan opsi embed slide. Anda tinggal mengcopy kode yang disediakan, lalu paste ke artikel Anda.

    Kelak, slide tersebut akan muncul di artikel Anda.

    baca juga

    Jasa SEO Google Untuk Perusahaan UKM , Start Up , Sampai Korporate

    Tautkan link menuju artikel lain

    Cara lain memastikan pengunjung tetap bertahan di situs Anda adalah dengan memberikan link artikel Anda yang lain. Dengan memberikan link artikel Anda, pengunjung yang sudah selesai membaca satu artikel akan beralih ke artikel lain yang ada di situs Anda.

    Tentu saja selain mengurangi rasio pentalan, ini akan meningkatkan jumlah kunjungan situs Anda.

    Optimasi kecepatan situs

    Tahukah Anda bahwa konsentrasi manusia hanya bertahan selama 3 detik?

    Apabila setelah diklik, artikel Anda loading lebih dari 3 detik, besar kemungkinan pengunjung yang awalnya tertarik akan menutup tab dan beralih membaca situs lain.

    Ini akan sangat merugikan, bukan? Belum lagi, Google juga mengutamakan situs yang cepat untuk berada di pencarian teratas.

    Maka dari itu, optimasi kecepatan situs Anda merupakan faktor yang sangat penting. Optimasi biasanya dilakukan secara off-page, namun Anda bisa melakukan optimasi kecepatan dengan cara meminimalisir javascript di situs Anda.

    Cara lain adalah dengan menggunakan cache.

    Di WordPress ada plugin WP Super Cache, ada juga WP3 Total Cache. Menggunakan cache akan sangat membantu mempercepat loading situs Anda, sehingga akan meminimalisir rasio pentalan.

    Ada banyak optimasi kecepatan yang bisa dilakukan, namun kami akan membahasnya di artikel lain.

    Tulis artikel panjang

    Cara lainnya dalam meminimalisir rasio pentalan adalah menulis artikel panjang.

    Google sangat menyukai artikel yang panjang. Ini karena artikel panjang dianggap lebih lengkap dan lebih komprehensif.

    Bahkan penelitian dari Moz dan Alexa menyatakan bahwa artikel dengan panjang mencapai 2400 kata lebih mungkin masuk ke halaman pencarian teratas dibandingkan artikel dengan panjang 1000 kata ke bawah.

    Selain itu, artikel dengan jumlah kata yang panjang akan membuat pengunjung membaca dalam waktu yang lama. Dengan waktu baca yang lama, durasi kunjungan pun akan lama, dan ini akan meminimalisir rasio pentalan alias bounce rate.

    Karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menulis artikel dengan panjang 2000 kata lebih.

    Buat infografis

    Cara lain dalam meminimalisir rasio pentalan adalah membaut infografis terkait konten yang Anda tulis.

    Infografis disukai banyak orang karena konten yang disajikan berada dalam format chart sehingga lebih mudah dianalisa.

    Selain itu, menggunakan ilustrasi yang bagus dan cantik akan membuat pengunjung betah menikmati infografis Anda. Infografis juga punya kans dibagikan/dishare oleh pengunjung, sehingga Anda mungkin saja mendapatkan pengunjung tambahan.

    Namun satu infografis cenderung dihitung sebagai satu gambar. Lalu apabila semua informasi sudah tersedia di infografis, bukankah jumlah kata di dalam artikel tersebut menjadi sedikit?

    baca juga Trik Bersaing Dengan Situs Raksasa Dengan Teknik SEO

    Brian Dean menyarankan, Anda tetap menuliskan artikel dalam bentuk tulisan, lalu juga menyajikannya dalam bentuk infografis.

    Gunakan artikel sebagai penjelas infografis dan penyedia link menuju situs-situs lain, gunakan infografis untuk memudahkan pembaca menyerap informasi yang Anda berikan.

    Cara Meningkatkan Kecepatan Situs

    Meningkatkan kecepatan situs bukan hal yang mudah. Apalagi bila Anda memulai situs/blog dengan dana terbatas.

    Hasilnya pun tak terlihat dalam semalam. Anda harus melakukan banyak usaha dan menghabiskan banyak waktu untuk mencapainya.

    Namun bila Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung, meningkatkan penjualan, dan mendapatkan lebih banyak pemasukan, maka peningkatan kecepatan adalah hal yang wajib dilakukan.

    Anda tidak boleh malas untuk mencapainya. Dan untungnya, artikel kali ini akan membantu Anda meningkatkan kecepatan situs.

    Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat situs atau blog Anda. Apa saja?

    Kompres Gambar

    Salah satu alasan kenapa page di situs lambat loading adalah karena ukuran gambar yang besar. Beberapa ukuran gambar bisa mencapai 500 kb, bahkan apabila mengambil dari situs seperti Unsplash atau Pexels bisa sampai 3 MB lebih.

    Untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan kompresi pada gambar. Kompresi pada gambar secara rata-rata bisa mengecilkan ukuran sampai 50% lebih.

    Apabila Anda menggunakan platform WordPress, Anda bisa menggunakan plugin seperti WP Smush Image. WP Smush ini dapat digunakan secara gratis, namun Anda bisa membeli versi premium untuk menggunakan semua fiturnya. WP Smush sendiri mengklaim bahwa versi premium dapat mengecilkan ukuran gambar sampai 60% tanpa penurunan kualitas yang berarti.

    Meski menggunakan versi gratis pun Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan. Salah satunya adalah kompresi otomatis pada gambar-gambar yang sudah ada sebelumnya.

    Nama fitur ini adalah Bulk Smush. Anda cukup mengaktifkannya di Dashboard > Plugin > WP Smush. Wp Smush akan memeriksa media library Anda dan mendeteksi gambar mana saja yang bisa dikompres. Setelah itu proses pengompresan gambar akan berjalan secara otomatis.

    Pun demikian saat Anda mengunggah gambar. Anda tak perlu membuka lagi  WP Smush. Saat Anda mengunggah gambar, WP Smush akan secara otomatis mengecilkan gambar yang diunggah tersebut.

    Apabila Anda menggunakan Shopify untuk toko online, Anda bisa juga menggunakan plugin bernama Crush.pics.

    Crush.pics. Developer dari Crush.pics  menyebut bahwa kompresi menggunakan plugin ini dapat mendongkrak skor Google PageSpeed Insight hingga 12 poin.

    Dengan menggunakan plugin ini, foto-foto produk Anda berukuran lebih kecil namun tetap tampil menarik.

    Itu tadi kalau Anda menggunakan platform WordPress. Lalu bagaimana bila Anda menggunakan platform selain WordPress?

    Jika Anda menggunakan platform lain, Anda bisa menggunakan tools gratis online seperti Compress JPEG dan Optimizilla. Bila ingin menggunakan tools offline Anda bisa menggunakan Photoscape.

    Semua tools ini cukup cepat dan bisa mengompres banyak gambar sekaligus.

    baca juga

    Media Promosi Usaha Anda

    Gunakan Browser Cache

    Browser caching adalah tool lain yang punya banyak kemudahan namun cukup praktis digunakan. Terpenting, dapat mendongkrak kecepatan loading page.

    Saat Anda mengunjungi sebuah situs, browser Anda sebenarnya melakukan proses pengambilan konten dari server. Konten yang diambil adalah gambar, elemen-elemen dalam halaman, dan juga kode HTML. Ini sebenarnya adalah proses yang berat dan memakan waktu.

    Setiap kali seseorang mengunjungi situs Anda, proses ini akan terjadi berulang-ulang. Situs Anda akan jadi makan waktu untuk loading.

    Di sinilah browser caching membawa manfaat. Browser caching secara otomatis menyimpan data-data yang sebelumnya telah diunduh. Sehingga bila Anda mengunjungi sebuah situs, Anda tak perlu lagi mengunduh data yang sama berulang-ulang.

    Jika Anda membuka Facebook misalnya. Anda tentu merasa Facebook terbuka lebih cepat dibanding membuka situs lain, bukan? Ini karena browser Anda sudah menyimpan cache dari Facebook.

    Ini akan meningkatkan kecepatan situs Anda.

    Cache terlihat sangat membingungkan, namun bila Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin yang sudah ada.

    Setidaknya ada dua plugin populer untuk caching: W3 Total Cache dan WP Super Cache. W3 Total Cache sudah diunduh lebih dari satu juta orang. Ini membuat W3 Total Cache adalah cache plugin terbanyak dipakai.

    Pihak developer dari W3 Total Cache sendiri mengklaim bahwa Anda bisa mendapatkan 10x peningkatan performa situs seara keseluruhan. Sebuah klaim yang berani.

    Selain itu, mereka menjamin bahwa plugin ini akan membantu Anda mendapatkan nilai yang tinggi di Google PageSpeed Insight.

    Tools ini juga bisa memudahkan Anda meminify HTML, JavaScript, dan juga CSS, sehingga akan semakin mengecilkan ukuran situs Anda.

    Gunakan saja W3 Total Cache untuk merasakan peningkatan kecepatan pada situs Anda.

    baca juga

    AMP Google , Perubahan Penting Dunia SEO

    Minify HTML

    Meminimalisir ruang kosong di kode HTML juga membuat page loading situs Anda semakin cepat.

    Minifikasi atau Minify ini adalah sebuah proses menghilangkan atau memperbaiki data yang duplikat, tanpa mengganggu HTML diproses oleh browser.

    Proses ini dapat berupa koreksi data, memformat, menghapus data yang tak perlu, atau menyingkatkan kode.

    Untungnya, Anda yang tak mahir di koding dapat menggunakan plugin yang sudah ada di WordPress. Adapun plugin yang kami rekomendasikan adalah  HTML Minify:

    Anda bisa mengunduh plugin ini secara gratis dan menginstallnya di akun WordPress Anda. Anda bisa melakukannya dari Dashboard > Plugin > Add New. Setelah itu tinggal cari plugin bernama HTML Minify. Anda juga bisa mengklik link berikut ini.

    Setelah Anda menginstal plugin, Anda akan diarahkan ke beberapa langkah berikutnya untuk merasakan dampak instan di situs Anda. Dan, jika ingin meningkatkan kecepatan, meminify script adalah langkah yang tepat.

    Gunakan Content Delivery Network (CDN)

    Satu lagi langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan berlangganan CDN. CDN, atau Content Delivery Network, adalah jaringan penyimpanan konten untuk situs.

    Satu hal yang jarang diingat oleh orang adalah: jarak antara server dengan client juga mempengaruhi kecepatan situs. Semakin jauh jarak antara server situs dengan pengaksesnya, maka kecepatan akses juga semakin berkurang.

    Lalu bagaimana mengakali jauhnya server tersebut? Apakah Anda sebagai pemilik situs harus pergi ke berbagai belahan dunia untuk membangun server?

    Tidak. Anda cukup menggunakan CDN saja. CDN adalah sebuah layanan distribusi konten. Ia bersifat seperti makelar; ia mengedarkan konten dari Anda ke pengunjung situs. Layanan CDN sendiri punya server di berbagai tempat, sehingga meskipun ada pengunjung Anda yang berasal dari Zimbabwe atau Burkina Faso sekalipun, mereka tetap bisa mengunjungi situs Anda dengan cepat.

    Selain itu CDN juga bisa menghemat bandwidth. Ini karena layanan CDN sendiri bisa menyimpan cache situs Anda, sehingga server Anda tidak usah menyimpan cache lagi.

    Layanan CDN ini ada yang gratis, adapula yang berbayar. Bila ingin pakai yang gratis, Anda bisa menggunakan layanan dari Cloudflare. Anda tinggal kunjungi situsnya, lalu buat akun gratis. Setelah itu tinggal daftarkan situs Anda di sana.

    Beberapa jasa layanan hosting ada juga yang sudah mengintegrasikan CDN ke paket layanannya. Jika Anda pakai cPanel, di bagian Software ada opsi untuk menggunakan Cloudflare.

    Gunakan AMP

    AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages. Kami sudah beberapa kali membahas tentang AMP. Kami akan membahasnya lagi kali ini, mengingat AMP akan jadi salah satu fitur penting dan jadi salah satu faktor utama dalam SEO ke depannya.

    AMP sendiri adalah proyek yang diprakarsai oleh Google, Twitter, dan WordPress, yang bercita-cita untuk membuat halaman mobile jadi lebih mudah dan cepat diakses.

    Cara kerjanya sendiri cukup sederhana: AMP membuang konten-konten yang kurang penting, membuat laman mobile Anda dapat loading nyari secara instan. Ini akan membuat pengalaman berselancar via mobile akan semakin cepat dan hemat kuota.

    Langkah ini sendiri merupakan salah satu visi dari Google, yakni membuat internet mudah diakses oleh siapapun bahkan menggunakan perangkat yang jadul sekalipun.

    Anda mungkin masih merasa asing dengan AMP, namun Anda barangkali pernah menjumpai icon berikut ini:

    Jika Anda perhatikan, ada tanda petir dan disertai tulisan AMP di bawah judul artikel. Bila diklik, artikel tersebut tidak muncul dengan banyak format maupun hiasan, yang dapat membantu artikel ini mengisi nyaris instan.

    Ketika seorang pengguna mengklik artikel Google dengan tag AMP seperti di atas, maka konten yang akan mereka lihat adalah sebagai berikut:

    Ini merupakan versi yang lebih simpel dan lebih ringan dari situs aslinya, yang membuat pengguna dapat menikmati artikel berbeda  tanpa meninggalkan laman web.

    Bila Anda membaca artikel ini melalui Google Story, Anda tinggal geser ke kanan atau kiri untuk membaca artikel terkait.

    Fitur seperti ini akan memperlancar pengguna mobile dalam menikmati artikel. Lebih cepat, lebih praktis.

    Bila Anda menggunakan koneksi standar seperti LTE saat ini, Anda pun bisa segera membaca artikel tanpa perlu menunggu proses loading berjalan.  Anda bahkan tak perlu menekan tombol back untuk membuka artikel berikutnya. Tinggal swipe swipe saja.

    AMP sendiri sudah digunakan oleh beberapa situs besar. Percepatan situs sangat penting untuk memimimalisir bounce rate sekaligus untuk menjangkau lebih banyak audiens. Penelitian dari Backlinko menyebut, rata-rata situs yang berada di ranking atas pencarian Google hanya butuh waktu dua detik untuk loading page.

    Bahkan, bila waktu loading situs Anda mencapai 10 detik, kemungkinan bounce rate audiens Anda mencapai 120% lebih besar dibanding bila situs Anda hanya load dalam waktu 1 detik.

    WIRED, majalah yang membahas seputar startup dan teknologi, kini sudah menggunakan AMP untuk situsnya. Hasilnya, WIRED kini merasakan peningkatan click through rate hingga 25%.

    Mereka pun juga merasakan peningkatan pemasukan dari iklan di AMP. WIRED memperoleh peningkatan CTR untuk iklan hingga 63%.

    Maka, dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa AMP dapat secara signifikan meningkatkan konversi dan kecepatan load.

    Jika Anda tertarik menggunakan AMP untuk situs Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

    Memasang AMP pada Website berbasis WordPress

    Cara menginstall AMP di WordPress cukup mudah. Dari Dashboard, Anda bisa mengakses Plugin > Add New. Di kotak pencarian,  Anda tinggal ketik AMP. Setelah itu install dan aktivasi.

    Anda bisa mengatur format tampilan. Format tampilan di sini tak banyak yang bisa diubah, Anda hanya bisa mengubah warna header dan link saja.

    Anda bisa mengatur warna yang sesuai. Jangan lupa untuk menekan save setelah melakukan pengaturan ini.

    Berhasil tidaknya AMP dapat Anda coba dengan menambahkan /amp/ di akhir URL.

    Sekarang Anda harus tahu apa yang tidak Anda ketahui , berminat untuk Kursus Private SEO ? undercover.co.id mengadakan kelas private Online – kursus dan private SEO sampai Mahir / Advance Garansi Page One , Sampai Bisa , Dibuktikan sendiri dan Bergaransi , email info@undercover.co.id dan WA +62 818 09 222 100

    Jasa
    error: Content is protected !!