Mempersingkat Jangka Belajar dalam Waralaba, Apakah Mungkin?

Apakah bisnis waralaba mengharuskan keterlibatan konsultan dalam pengelolaannya?

Perbedaan akan terlihat begitu jelas pada sistem bisnis mereka yang mengandalkan konsultan waralaba dengan mereka yang tidak.

Terang saja, konsultan akan mempermudah segala kebutuhan terwaralaba mulai dari memperkecil kemungkinan error, mempersingkat jangka belajar, hingga memperbaiki sistem bisnis.

Belajar dan Waralaba

Seberapa penting keharusan untuk belajar bagi mereka yang ingin menjalani bisnis waralaba?

Kurva belajar dalam bisnis waralaba adalah ujung tombak dalam membangun dan mempertahankan bisnis.

Sehingga, apapun masalah yang akan dilalui dalam menjalankan waralaba nantinya, terwaralaba sudah terbiasa untuk memecahkan masalahnya.

Masalah pencurian hingga modus-modus tertentu pun dapat diatasi dengan kiat-kiat yang sudah dipelajari sebelumnya.

Lebih lagi jika modus-modus tersebut malah semakin membuat bisnis melemah demi mengambil keuntungan pribadi semata.

Contoh kasusnya adalah seperti beredarnya vaksin palsu sehingga membuat sistem dan prosedur rumah sakit dan lembaga yang mengawas obat dan makanan merombak kinerja mereka dengan memperbaiki SOP.

Lalu, apakah wajar kiranya jika pemilik bisnis waralaba menawarkan prospek bisnis cemerlang tanpa harus belajar dengan dalih “belajar akan memakan waktu yang lama dan biaya yang tinggi”?

Ketika memulai bisnis waralaba ataupun berdiri sendiri, terdapat aspek yang mesti diperhatikan terkait pemeriksaan ketersediaan barang-barang seefisien dan seefektif mungkin, mendeteksi kecurangan sedini mungkin, dan  menggali strategi yang efektif dalam menjalankan promosi.

Beragam kegagalan pun dapat terjadi jika pebisnis tidak cekatan dalam menjalankan bisnisnya.

Contoh kasusnya adalah kebangkrutan suatu apotek yang berdiri sendiri dikarenakan tidak menjalankan prosedur secara terperinci dalam hal menangani stok opname.

Mereka hanya melakukan pemeriksaan secara kasat mata yaitu melihat ketersediaan kardus obat yang masih lengkap tanpa memeriksa ketersediaan isi di dalamnya.

 Dikarenakan hal yang terkesan spele tersebut, sebuah bisnis dapat mengalami kebangkrutan.

Hal ini tentunya dilatarbekangi oleh minimnya pengetahuan tentang bisnis dan tidak adanya bimbingan teknis dalam menjalankan bisnis, sehingga kejadian tersebut datang tanpa bisa dielakkan.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Konsultan Bisnis

Apakah suatu bisnis dapat tumbuh besar dan terkenal tanpa membeli waralaba atau menggunakan Hak Paten bisnis orang lain?

Jawabannya sudah pasti bisa dengan mengandalkan peran konsultan bisnis. Dalam hal ini, konsultan bisnis akan membantu mengarahkan bisnis, mulai dari membangun merek bisnis.

Tantangannya adalah bagaimana pebisnis dapat terus konsisten menyajikan yang terbaik atas pelayanan dan kualitas produk.

Seberapa penting peran konsultan bisnis dalam membangun bisnis itu sendiri?

Terdapat start-up business consultant yang akan membantu bisnis untuk dapat berdiri dari awal bisnis tersebut dibuka.

Beberapa peran konsultan bisnis tersebut adalah:

  1. Mempersingkat jangka belajar dengan memberikan pendampingan bisnis terkait segala sesuatu yang harus dipersiapkan hingga pembukaan bisnis berlangsung.
  2. Membantu mengokohkan pemahaman tentang berbisnis melalui sistem operasional bisnis itu sendiri.

Waralaba vs. Konsultan Bisnis

            Apakah konsultan bisnis selalu bersifat menguntungkan dibandingkan dengan membeli waralaba?

            Tentu saja ini tergantung dari keinginan pemilik dana. Apakah mereka ingin mengembangkan merk sendiri atau sukses dengan menjalankan merek orang lain.

Bagi pebisnis yang tidak ingin terkungkung pada suatu sistem, mereka dapat mengasah kreativitas dengan menjalankan bisnis sendiri.

Tentunya ini akan melibatkan bantuan konsultan bisnis pada tahap awal ide bisnis dicetuskan.

baca juga

    Namun, jika pebisnis adalah orang yang tangguh dan sabar terhadap proses belajar, waralaba merupakan solusi bisnis terbaik untuk dirintis.

    Pemilik waralaba yang sadar akan tanggung jawabnya terhadap terlawaraba akan memberi bimbingan secara menyeluruh hingga mengawasi berjalannya bisnis.

    Hal yang perlu disadari dalam menjalankan bisnis waralaba adalah terwaralaba tidak diperkenankan untuk mengganti merek waralaba dengan merek sendiri karena hal tersebut tergolong sebagai pelanggaran terhadap etika bisnis.

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!