Berawal Dari Masalah Lahirlah Ide Bisnis Yang Menangguk Rupiah

jasa seo

undercover.co.id –  Ide untuk membangun sebuah bisnis dapat berasal dari mana saja. Bisa jadi, saat kita sedang berdiam diri sebuah taman, kemudian duduk termenung, dan berpikir, muncullah ide bisnis tersebut. Bisa juga saat kita sedang berada di WC dan memikirkan hidup. Benar-benar bisa ide itu akan muncul kapan saja tanpa kita tahu.

Seperti kisah sebuah bisnis yang akan kami bahas di dalam artikel ini. Ruang Guru, yes,  tentu bagi kalian yang bergerak di bidang pendidikan nama ini tak akan asing lagi di telinga kalian. Sebuah bisnis startup yang menggabungkan konsep pendidikan dan teknologi ini menjadi sebuah buah bibir yang banyak diperbincangkan karena keunikannya dalam  menyediakan sebuah layanan.

Ruang Guru Applikasi Untuk Pendidikan Indonesia Yang Canggih

Ruang Guru pada dasarnya adalah sebuah website yang menghubungkan para pencarian jasa guru les, dengan calon guru. Jika kembali berbicara tentang ide, maka gagasan/ide yang dibawa oleh Adamas Belva dan Muhammad Usman selaku Co-Founder bisnis ini, berawal dari permasalahan yang mereka hadapi.

Saat mereka berdua telah menyelesaikan studi di tempat kuliahnya, timbullah niatan mereka untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Sayangnya, kala itu keduanya kebingungan dalam mencari guru/tutor yang mampu mempersiapkan rencana itu. Alhasil, dari permasalahan dan kebingungan mereka itulah, muncul ide untuk membuat sebuah platform penyedia jasa guru, yaitu Ruang Guru,

Pada mulanya pula, mereka hanya berniat untuk membantu klien yang kesusahan mencari guru les/privat yang kompeten karena meskipun banyak sekali bertebaran di mana-mana, namun tetap saja sebuah kualitas pengajar pun masih diperhitungkan oleh para pencarinya. Dengan passion pendidikan yang dimiliki oleh Imam, dan pengalaman keterlibatan dan Ilmu bisnis Belva, Ruang Guru diproyeksikan untuk mampu menjawab semua permasalahan dan keinginan konsumen akan pendidikan yang berkualitas tersebut.

Berawal Dari Masalah Lahirlah Ide Bisnis Yang Menangguk Rupiah

Berawal Dari Masalah Lahirlah Ide Bisnis Yang Menangguk Rupiah – foto by ruangguru . com

East Venture pun sebagai Venture Capital di Asia, pernah melirik peluang bisnis ini dan tak segan-segan untuk menggelontorkan dananya pada Ruang Guru. Alasan investor ini pun ditengarai karena latar belakang dari Co-Founder, yaitu Imam dan Belva menjadi nilai berharga di mata para penyokong dana. Selama satu setengah tahun, dana dari mereka pun dipakai untuk pengembangan, menggaji pekerja, dan kebutuhan pemasaran.

Baca Juga 3 Ciri Orang Yang Harus Ada Dalam Bisnis Start Up Anda

Dalam bidang pemasaran, ranah digital pun tak lepas dari pandangan mereka. Selain biayanya yang murah dan irit, dengan melakukan pemasaran di digital pun dinilai lebih bijak dan efisien, serta efektif. Media online seperti Facebook dan Google Ads, menjadi jembatan mereka untuk mencapai pangsa pasarnya.

Dari hal itu pun, mereka bisa tahu bahwa sudah berapa jumlah orang yang melihat iklan mereka di dunia maya.  Terlebih, karena pasar mereka tidak spesifik dalam menentukan target, jadi keleluasaan pun terbuka bagi siapa saja yang membutuhkan jasanya ini.

Berawal Dari Masalah Lahirlah Ide Bisnis Yang Menangguk Rupiah  Sampai sekarang, kebanyakan murid yang menggunakan jasa adalah dari mereka anak anak SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, anak kuliah yang kan lanjut studi di luar negeri, dan pelatihan-pelatihan seperti; TOEFL, IELTS, dan banyak lagi.

Perjuangan mereka pun telah sampai pada hari ini, di mana sudah hampir kurang lebih 2000 guru telah terdaftar di situs ini, dan 100 mata pelajar pun siap untuk dipilih. Angka guru yang sebanyak itu pun diyakini sebagai keberhasilan promosi words of mouth yang dilakukan oleh guru ataupun murid yang merasakan kepuasan jasa dan penghasilan dari Ruang Guru ini.

Guru yang terdaftar di sini pun beragam sekali tariff atau harganya, tergantung pada kemampuan dan peringkatnya. Penghasilan mereka pun dilakukan dengan negosiasi dengan para pencari jasa, dan mereka mendapatkan 80% dari hasil persetujuan, dan 20% nya untuk Ruang Guru.

Dari sisi kepuasan, hal yang ingin disampaikan oleh Ruang Guru pada penggunanya adalah kecocokan harga. Meski pada dasarnya, kebanyakan negosiasi harga berjalan lancar sebab harga yang ditawarkan lebih murah dengan bimbel lain.

Baca Juga Kisah Bisnis Catering Yang Sukses Menaikkan Omzetnya Berkali Lipat

Akan tetapi, bila kecocokan tidak ditemukan, Ruang Guru pun hadir untuk membantu orang tua menengahi harga yang dinilai terlalu mahal dalam sebuah negosiasi dengan calon guru. Dengan begitu, para pencari guru terbantu, dan calon guru pun menjadi tak ragu. Itulah bentuk kepuasan yang selalu diperlihatkan oleh Ruang Guru dalam menjalankan bisnis nya.

Ruang Guru yang menyediakan jasa edukasi, tentunya ingin menjadi yang paling terbaik di bidangnya. Maka, dalam setiap implementasinya, mereka tak pernah tanggung-tanggung. Dengan bantuan sebuah alat pengukur bernama Key Performance Indicator (KPI),  mereka dapat mengukur waktu kerja pegawai, pertumbuhan bisnis, jumlah murid, dan jumlah guru. Berkat itulah, setiap dinamika yang terjadi dalam menjalankan usahanya dapat selalu diperhitungkan dan dipelajari untuk keperluan bisnis mereka di masa depan nanti.

Oleh karena itu, proyeksi menjadi bisnis startup terbaik di Indonesia dalam bidang pendidikan pun sepertinya bukan menjadi sebuah harapan, melainkan kenyataan yang akan segera terealisasikan. Tentu ini bukan pencapaian yang main-main lagi, bukan?

Oleh karena itu, sekian dulu bahasan tentang Ruang Guru. Semoga kisah di atas bisa jadi referensi anda dalam menemukan sebuah ide bisnis yang dapat membangun usaha anda. Sampai jumpa, semoga semakin bermanfaat.Berawal Dari Masalah Lahirlah Ide Bisnis Yang Menangguk Rupiah 

jasa seo

Your Thoughts