Berburu Tanaman Hias di Rumah Bunga Rizal

Berburu Tanaman Hias di Rumah Bunga Rizal

Di sepanjang jalan menuju Lembang Bandung, pasti kita akan menemui banyaknya bunga-bunga dan tanaman hias yang terpajang di depan rumah-rumah penduduk, dimana sebagian besarnya memang sengaja memenuhi pekarangan rumah mereka untuk dijual kepada para pengunjung yang lewat dari tempat itu.

Bandung merupakan kota perkebunan dan pertanian yang cukup baik mengingat hawa Bandung yang sejuk dan terletak di dataran tinggi yang sangat mendukung terhadap kesuburan tanah di kota ini.

Bandung menjadi salah satu kota penghasil produksi pertanian yang terbaik seperti padi, palawija, buah-buahan, dan termasuk juga bunga dan tanaman hias. Jadi jangan heran jika menemui banyaknya para pedagang bunga dan tanaman hias di kota Paris Van Java ini.

Salah satu kebun bunga yang cukup terkenal di Bandung khususnya di kalangan para pecinta bunga dan tanaman hias adalah Rumah Bunga Rizal. Rumah Bunga Rizal ini merupakan gudangnya berbagai jenis bunga anggrek dan kaktus.

Rumah Bunga Rizal ini beralamat di Jalan Maribaya KM 2,4 Lembang, Kab Bandung Barat. Letak Rumah Bunga Rizal ini berdampingan dengan Taman Begonia.

Kalau kita naik angkutan umum, kita bisa naik angkot coklat jurusan ST Hall – Lembang, dan nanti berhenti di perempatan Cikole, Maribaya Pasar, setelah itu kita naik ojeg atau delman sampai ke tujuan.

Kalau perjalanan lancar, kita menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari terminal Ledeng dengan jarak kurang lebih 11 KM.

Bermula dari hobi

 

Rumah Bunga Rizal ini sudah berdiri 30an tahun. Seperti namanya Rumah Bunga Rizal, nama pemilik dari ruah bunga ini adalah Bapak Rizal Djaafarer. Bermula dari kesukaan beliau dengan tanaman kaktus, beliau nekat meninggalkan pekerjaannya sebagai arsitektur dan memutuskan menjadi petani kaktus. Awal Bapak Rizal memulai usaha ini hanyalah dengan lahan sekitar 100 m2. Beliau memulai dengan menanam berbagai tanaman kaktus. Berkat kerja keras dan ketekunannya, usaha ini terus berkembang. Tanaman yang dikembangkan juga semakin bertambah seperti bunga anggrek, succulent, dan tanaman hias lainnya. Sekarang lahan dari rumah bunga ini sudah 2 ha.

 

Serba serbi Rumah Bunga Rizal

 

3 tanaman utama

 

Ada tiga jenis tanaman utama yang dijual di rumah bunga ini, yaitu Anggrek, Kaktus, dan succulent. Jenis anggrek yang akan kita temui di tempat ini seperti berbagai jenis anggrek bulan, Vanda, Phal Bellina, Phal Gigantea, Phald Leopard Prince, Blc Madura Gold dan lain-lain.

Untuk jenis kaktusnya ada sekitar 16 jenis seperti Melocactus, Mammilaria, Gymnocalicium, Notocactus, Uebelmannia, dan banyak lagi. Sedangkan untuk succulent ada sekitar 8 jenis seperti Aeonium, Hawortia, Cotyledon, dan lain-lain.

 

Pelatihan Budidaya Anggrek dan Kaktus.

 

Selain menjual berbagai tanaman hias, Rumah Bunga Rizal ini juga menyediakan jasa pelatihan budidaya anggrek dan kaktus. Isi dari pelatihan ini adalah tentang bagaimana teknis dan cara membudidayakan anggrek dan kaktus sampai pada proses penjualannya ataupun peluang usaha dari tanaman hias ini. Rumah Bunga Rizal mematok biaya yang cukup terjangkau untuk mengikuti pelatihannya.

·         Paket Umum

Minimal peserta untuk paket ini adalah 20 orang, dan dikenakan biaya Rp 250.000/ orangnya. Fasilitas yang kita dapat adalah makalah, sertifikat, makan siang, snack, dan bahan peraga.

·         Paket Pelajar

Paket ini dikhususkan untuk anak-anak sekolah. Biaya per orangnya cukup murah, hanya Rp 25.000,- /siswanya. Biaya ini sudah termasuk alat peraga dan satu buah tanaman yang akan dibawa pulang.

Garden Party ala Rumah Bunga Rizal

 

Buat teman-teman yang pengen ngadain acara outdoor seperti wedding party, birthday, dan lainnya, tempat ini jadi salah satu yang recommended buat jadi tempat pertimbangan. Bukan hanya acara besar yang mengundang ratusan orang, namun tempat ini juga menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin mengadakan acara yang lebih kecil seperti acara keluarga, reuni, arisan, dan lainnya.

Rumah Bunga Rizal menyediakan penyewaan sebagai tempat garden party. Rumah Bunga Rizal juga menyediakan berbagai souvenir pastinya souvenir tanaman hias yang bisa kita dapat dengan harga Rp 1000,- – Rp 10.000,- per tanaman. Jadi kita gak perlu repot juga untuk memikirkan apa yang jadi souvenir-nya, karena kita tinggal pilih saja mau bentuk dan jenis tanaman hias yang bagaimana untuk dijadikan souvenir. Untuk penyediaan souvenir di rumah bunga ini dipegang langsung oleh Janet Djaafarer, anak pertama dari pak Rizal. Menurut cerita Janet, penjualan souvenir untuk berbagai acara ini sudah lumayan besar. Janet bisa memperoleh omset  sekitar 100 juta per bulannya untuk usaha ini. Wahh…peluang bisnis yang lumayan juga ya kalau dipikir-pikir

 

Rumah Makan di Rumah Bunga Rizal

 

Setelah lelah berburu berbagai tanaman hias, tempat ini menyediakan tempat istirahat yang nyaman dengan makanan dan minuman sederhananya. Rumah Bunga ini menyediakan kantin makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman dan juga eskrim dan es lilin. Rumah Bunga Rizal ini memang dikonsep sebagai tempat wisata yang sangat nyaman untuk para pengunjungnya. Jadii….buat yang berkunjung ke Bandung, jangan lupa ke tempat ini yaa. Oiyaa…disamping rumah bunga ini ada TAMAN BUNGA BEGONIA juga, jadi bisa sekalian nih. Sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui. Selamat menikmati indahnya taman bunga di kota Bandung.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!