Published On: Tue, Nov 15th, 2016

Berminat Bisnis Franchise ? Minimalisir Resiko Dengan 5 Cara Ini

undercover.co.id –  Memulai sebuah bisnis memang selalu menjadi hal yang mendebarkan. Pemikiran seperti takut tak laku, kalah saing, tak untung, dan  salah strategi. Selalu menjadi list-list yang siap menghantui anda di saat akan memulainya.

Tanpa terkecuali sebuah bisnis franchise, meski dewasa ini semakin menjamur dan banya diminati, tetap saja ada risiko yang harus dihadapi.

Bagamina pun, yang namanya risiko pasti selalu dapat minimalisir, apalagi diatasi. Terkadang anda hanya bingung dan malas memikirnya sisi positifnya. Oleh karena itu, dalam artikel yang singkat ini saya akan mencoba memaparkan tips-tips meminilasir risiko dalam memulai bisnis franchise. Mari baca dan simak tulisan di bawah ini dengan seksama;

  1. Bagunglah Jaringan Bisnis

Punya teman seribu masih kurang, tapi punya pesaing satu pasti banyak. Maka tips yang pertama adalah jangan perbanyak pesaing anda, namun perbanyaklah dulu jaring orang-orang terdekat anda.

Apa dampaknya? Tentu dengan semakin sering anda memasarkan usaha franchise anda pada teman, sahabat, saudara, dan kerabakat, mereka pun tak akan segan untuk memberitahukannya kepada orang-orang terdekatnya pula. Terlebih hal ini pun dapat sedikit memangkas pengeluaran anda untuk melakukan pemasaran karena meminta bantuan pada orang yang dikenal tidak harus selalu membayarnya bukan?.

Jadi mulailah perbanyak relasi untuk semakin menyempitkan peluang anda tersisih dari kompetisi yang semakin tak terkendali.

  1. Manfaatkan Jaringan yang Ada

Tips yang kedua adalah dalam membangun usaha franchise tentunya selalu dikaitkan dengan sebuah usaha untuk membangun kerjasama, maka dalam langkah kedua ini anda dituntut untuk bisa melakukannya. Bagaimana carannya? Jika pada kesempatan sebelumnya anda harus membangun jaringan, maka sekarang anda harus memanfaatkannya secara berkala. Mulailah dari memanfaatkan jaringan di ranah internal, dan mulailah melebar ke ranah eksternal.

Baca Juga 5 Manfaat Website Ini , Bikin Bisnis Anda Semakin Dicari

  1. Beriklan di Tempat Franchise Anda

Tips selanjutnya adalah apabila usaha franchise anda sudah memiliki tempat yang strategis, maka jangan tunggu apa-apa lagi. Segerakan membuat sebuah spanduk yang besar untuk mempromosikan tempat franchise anda, atau broshur yang bisa disebarkan di depan tempat usaha anda agar orang tahu menu apa yang dijual, dan juga pamflet-pamflet unik yang bisa dibuat semenarik mungkin untuk menambah konten visual dalam promosi anda.

Jangan pernah melewatkan peluang untuk bisnis yang lewat sekecil apapun, karena itulah yang akan menentukan keberlangsungan usaha franchise anda.

Berminat Bisnis Franchise Minimalisir Resiko Dengan 5 Cara Ini

Berminat Bisnis Franchise Minimalisir Resiko Dengan 5 Cara Ini – foto ifra

  1. Promosikan juga Lewat Siaran Media

Tips yang keempat yaitu meode promosi dengan menggunakan media pers, baik itu skala lokal maupun nasional. Siaran media selalu terbukti ampuh dalam menarik pelanggan-pelanggan baru untuk datang ke tempat franchise anda, tidak usah repot untuk mendatangi orang-orang tersebut satu per satu.

Berminat Bisnis Franchise ? Minimalisir Resiko Dengan 5 Cara Ini Tapi, bagaimana caranya? Coba anda bangun kerja sama dengan radio lokal, dan mulailah dengan mendatangi mereka dan beritahukan bahwa anda tertarik untuk melakukan kerjasama untuk mempromosikan jenis usaha anda. Sebab bagaimana pun setiap radio pasti memiliki segmen untuk mempromosikan sebuah peluang usaha.

Kalau pun budget yang dimiliki berlebih, coba sekalian datangi stasiun TV yang diyakini memiliki rating paling tingggi, dan buatlah iklan yang dirasa dapat menarik pembeli. Selain itu, mempromosikan lewat media cetak pun bisa menjadi alternatif lainnya, namun anda harus berhati-hati dalam pemilihan kata-kata atau diksi. Buatlah promosi yang anda lakukan tetap simple, dan pastinya menarik bagi calon konsumen anda nanti.

  1. Internet Marketing

Dalam era serba digital, dan segala informasi dapat ditemui dalam hitungan jari maka opsi Internet Marketing pun bisa menjadi solusi bagi upaya promosi anda sehari-hari.  Dewasa ini dunia telah terbagi menjadi dua, yaitu yang nyata dan yang maya. Pada dunia nyata orang-orang dapat melihat dengan mata dan kepala bahwa gerai anda ada dan beroprasi seperti bisa.

Tapi bagaimana dengan dunia maya? Apakah mereka bisa menemukan anda? Untuk memastikan bahwa usaha franchise anda eksis pula di dunia maya, maka memulai langkah baru dengan membuat website menjadi opsi yang patut anda lakukan selanjutnya.

Baca Juga Ini Dia Bisnis Model Canvas Yang Mengubah Pola Para Pebisnis

Hal lain yang paling diminati dalam internet marketing ini adalah dengan sebuah sistem yang dikenal sebagai PPC (Pay Per Click). Berkat hal itu, anda dapat berkejasama dan memanfaatkan mesin pencari seperti; google, yahoo, dan bing menjadi mitra dalam mengoprasikan bisnis anda di dunia nyata.

Terlebih dengan pertumbuhan pengguna internet yang tiap tahun selalu mengalami eskalasi maka, Internet Marketing menjadi cara yang diyakini paling efektif dan efisien dalam menggait pembeli. Itulah tips terakhir dalam tulisan ini.

Beberapa tips tips di atas adalah merupakan usaha atau cara yang dapat anda tempuh dalam meminimalisir risiko dalam usaha franchise anda. Semua sekarang kembali lagi ke anda, apakah anda mampu dan yakin dengan usaha franchise anda? Ataukah anda memilih takut dan tidak berani memulai usaha franchise anda? Yakinlah para pembaca yang budiman.

Sejatinya hasil akhir selalu ditentukan dengan langkah awal yang anda ambil. Maka jika anda berani, kesuksesan pasti akan menanti. Tapi jika anda takut, maka jangan harap kesuksesan akan diraup. Semoga selalu bermanfaat. (IAS) Berminat Bisnis Franchise ? Minimalisir Resiko Dengan 5 Cara Ini

(foto diambil dari: http://www.dnbpartner.com )

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>