Bisnis Design Furniture Hasil Ukm Surabaya

Categories: Bisnis property
jasa seo

undercover.co.id – Kreativitas yang dimiliki Deddi Duto Hartanto tak terbatas. Furnitur yang dia desain tampak tak biasa dan seperti main-main. Tapi jangan salah, main-main desain ala Deddi ini juga menomorsatukan kenyamanan. Apa saja produknya?

Produk Maindesign memiliki desain menarik dan tak biasa. Pantas saja, semakin banyak orang dibuat penasaran dengannya. Tapi memang itulah yang sengaja diciptakan Deddi, sang pemilik.

“Pertama kali orang lihat produk kami akan bilang, unik ya, lucu,” katanya.

Deddi, sang pemilik Maindesign

Pemilihan nama Maindesign juga mempunyai arti mendalam. “Main (Bahasa Inggris) kalau di Bahasa Indonesia artinya ‘utama’, jadi desain menjadi yang utama. ‘Main’ juga bisa dipakai dalam Bahasa Indonesia, jadi kami mainnya di desain,” tutur Deddi menjelaskan arti di balik nama Maindesign.

Ia melihat saat ini banyak produk furnitur dan dekorasi yang menggunakan bahan alami. Namun, saat ini penggunaan bahan alami mengalami banyak kendala. Sebagai orang yang telah berkecimpung cukup lama di dunia kreatif, Deddi mencoba menciptakan hal baru.

Dia lantas mencoba menciptakan konten baru dengan menggunakan bahan baku rotan sintetis. Rotan sintetis yang dia gunakan berasal dari bahan plastik yang aman, bebas bakteri, dan perawatannya mudah. “Ini handmade (buatan tangan),” jelasnya.

Salah satu produk Maindesign

Tak ingin setengah-setengah, dosen jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain UK Petra ini membangun Maindesign secara total. Semua produk yang diciptakan memiliki tema dan konsep matang. Untuk itu ia mempunyai beberapa tim yang bertugas merancang ide, produksi, kontruksi, dan tim penganyam.

Baca Juga belajar-bisnis-dari-wall-mart-sang-legenda-bisnis-retail-dunia/

Bisnis Design Furniture Hasil Ukm Surabaya Sebelum membuat suatu produk, tim Maindesign melalui proses panjang. “Tim bertarung. Kami riset, bikin gambarnya, lalu dicoba bikin. Di sini kami berperang lagi tentang kekurangan produk. Jika sudah disetujui semua, baru diproduksi,” lanjutnya menceritakan proses pembuatan produk Maindesign.

Melihat hal itu, tak heran jika produk yang diciptakan bisa tampil unik, menarik, bahkan multifungsi. Misalnya, kursi berbentuk kopi tumpah, telur rebus, tempat majalah berbentuk singa, tempat ponsel berbentuk buah, kotak tisu berdesain kue spiku dan lapis Surabaya, tempat payung dan stick golf berbentuk kucing kembar (twins cat), dan keranjang baju kotor bertemakan save the bird.

Kini, usaha yang berdiri pada setahun lalu ini telah mempunyai 20 jenis furnitur dengan harga mulai Rp 150 ribu hingga Rp 8 juta. Untuk menunjang pemasaran, Deddi membuat katalog dan beberapa peralatan marketing lain yang sangat profesional. Semua itu disiapkan untuk menyasar pangsa pasar internasional.

Selama ini Deddi menganggap UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia sudah berkembang sangat baik, namun belum mempunyai kepercayaan diri tinggi. Ia pun lantas memberanikan diri mengajukan portofolio ke salah satu event organizer (EO) asal Malaysia. Ternyata ia mendapat sambutan yang melebihi ekspektasi. Mereka sangat mengapresiasi hasil karya Deddi.

Dari perkenalannya dengan EO tersebut, jalan menuju pasar internasional semakin terbuka. Dia diberi kesempatan mengikuti pameran demi pameran di berbagai kota.

Baca Juga bisnis-jasa-kontraktor-bangun-dan-renovasi-rumah-kantor/

Saat ini Deddi berfokus pada pengenalan brand untuk membangun brand awareness. Karena itulah ia manfaatkan kesempatan pameran dengan baik untuk membangun jaringan. Saat ini, telah banyak tawaran berdatangan dari showroom terkenal di Indonesia dan beberapa toko online. Bahkan, salah satu suvenir ternama yang berpusat di Jogjakarta mau memborong beberapa karya Maindesign.

Rencana Besar Di Masa Mendatang Bisnis Furniture Maindesign

Ke depan, Deddi berencana membuat produk bertema jajanan pasar. Di antaranya spiku, lapis, lopis, bahkan ketimun dan semangka. Menurutnya, untuk membidik pasar internasional diharuskan menggali potensi yang ada.

Ia lantas menjelaskan alasan di balik konsep ketimun. Di masyarakat, ketimun digunakan untuk banyak hal. Mulai dari lalapan, sambel sampai jadi cerita rakyat seperti kancil mencuri ketimun dan legenda Timun Emas. “Kenapa ketimun tidak pernah di-create dalam bentuk furnitur?,” tanyanya.

Bisnis Design Furniture Hasil Ukm Surabaya

Bisnis Design Furniture Hasil Ukm Surabaya , foto dok pribadi

Tak hanya itu, di tahap berikutnya ia juga ingin berkolaborasi dengan banyak seniman lokal. Menurutnya, Indonesia maju karena gotong royong. Tidak menutup kemungkinan ke depan ia akan membuat furnitur yang dibalut dengan batik. Ia berharap Maindesign bisa menjadi brand awareness di Indonesia bidang rotan sintetis yang memiliki desain unik dan lucu. Bisnis Design Furniture Hasil Ukm Surabaya

 

Data Usaha :

Nama Usaha : Maindesign

Pemilik : Deddi Duto Hartanto, S. Sn. Msi

Alamat : Perum Puri Menanggal Jl. Menanggal IV / 30 Kav. 5 Surabaya 60234

Nomor telepon : 031 8270020

Email : maindesign.sby@gmail.com

Facebook : Maindesign

Hp / WA : 085785988585

BB : 5399744C

LINE : Maindesign

 

jasa seo

Your Thoughts