Bisnis Es Krim Home Industry

undercover.co.id – Es krim adalah jenis minuman sekaligus makanan yang digemari banyak orang. Dari anak kecil hingga orang tua, tidak ada yang bisa menolak kelezatan es krim.
Produk makanan olahan susu yang disajikan dingin ini, sangat cocok untuk orang yang tinggal di negara tropis. Karenanya, tidak heran bila di Indonesia, es krim memiliki peluang besar sebagai bisnis yang menguntungkan.
 
 

Di tengah trend berkembangnya bisnis UKM, ada banyak hal yang bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis UKM. Misalnya, es krim, makanan favorit banyak orang yang tak lekang oleh waktu.
 
Jika Anda penyuka atau tertarik membuka usaha es krim, Anda bisa mulai dengan belajar dari UKM es krim yang telah ada. Salah satunya adalah Hulala Ice Cream Rolls.

 

Hulala Ice Cream

Hulala Ice Cream Rolls adalah produk es krim kekinian yang menyajikan es krim dalam bentuk rolls yang dibuat dengan menggunakan pan. Ada beragam varian rasa yang ditawarkan Hulala Ice Cream Rolls, di antaranya adalah Plain, Chocolate, Vanilla, Apple, Blueberry, Kiwi, Green Tea, Taro, Durian, Cheese, Black Sakura, Cappuccino, dan masih banyak lainnya.
 
Produk yang dijual dengan harga Rp 13.000,- ini, telah berkembang menjadi bisnis franchise atau waralaba dengan puluhan outlet. Anda bisa menemui Hulala Ice Cream Rolls di beberapa pusat aktivitas publik seperti mall hingga supermarket di beberapa kota besar. Sebagai bisnis franchise, Hulala Ice Cream Rolls menawarkan berbagai keuntungan.
Seperti bisnis franchise kuliner lainnya, Hulala Ice Cream Rolls menawarkan beberapa paket franchise. Paket yang ditawarkan yakni Hulala Single Pan seharga 20 juta rupiah, dan Hulala Double Pan seharga 40 juta rupiah. Perbedaan kedua paket tersebut adalah jumlah fasilitas yang diberikan pada Hulala Double Pan dua kali lebih banyak daripada paket Single Pan.
Meski membutuhkan modal yang cukup banyak, sudah ada banyak testimoni mitra yang sukses. Bahkan, pada sepuluh bulan pertama dibukanya franchise Hulala Ice Cream Rolls, ada lebih dari 200 outlet yang terdaftar sebagai mitra Hulala Ice Cream Rolls. Beberapa orang di antaranya menyatakan bahwa bisnis es krim berhasil membawa keuntungan yang lebih besar dan tidak kalan dengan bisnis kuliner lainnya.
Juga, di bulan pertama, seorang mitra bisa mendapatkan modal kembali dan menambah booth franchise. Hal ini menyiratkan bahwa bisnis es krim, bisa menghasilkan laba hingga jutaan rupiah di awal pembukaannya.
Sangat menarik, bukan?
Ice Cream Rolls atau yang juga dikenal dengan Ice Cream Pan adalah salah satu sajian es krim yang menarik dan kekinian. Karenanya, sejak kali pertama dijual hingga sekarang, jenis sajian ini memiliki daya tarik yang bisa membuat siapa saja penasaran untuk membeli.
Namun, bukan berarti jenis sajian Ice Cream Rolls tidak akan kadaluarsa, karena setiap jenis sajian kuliner pasti akan mengalami perkembangan dan inovasi dari waktu ke waktu. Yang tetap sama adalah peluang bisnisnya. Apapun bentuk atau jenis sajiannya, penggemar menu es krim tidak akan berkurang, sebaliknya, bisa bertambah.
Lalu, jika sudah mengetahu fakta tersebut, bagaimana cara memulai bisnis es krim?
 
 

Trend Sajian Es Krim

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, tidak ada sajian kuliner yang bisa populer sepanjang masa. Anda bisa melihat berbagai macam sajian es krim dengan melakukan riset kecil-kecilan melalui media sosial atau sekadar berkunjung ke foodcourt  di sebuah mall.
Anda bisa menemukan franchise yang menyediakan es krim sebagai menu utama yang paling laris atau membelinya dengan maksud melihat proses penyajiannya. Ini akan sangat menguntungkan Anda untuk melihat sajian es krim yang sudah ada. Dari hal ini pula, Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk sajian es krim yang akan Anda buat.
Jika Anda sudah mendapatkan inspirasi sajian es krim, Anda bisa mulai mencari tahu informasi lainnya, seperti resep hingga tips untuk membuat sajian es krim dari berbagai sumber.

Belajar Membuat Es Krim

Mempekerjakan orang lain untuk membuat es krim atau mencari pemasok es krim, memang lebih mudah. Tetapi, akan lebih menguntungkan bila Anda mulai belajar untuk mengetahui cara pembuatan es krim, hingga tips membuat sajian es krim yang menarik.
Sebagai permulaan, Anda bisa mulai belajar membuat es krim di rumah (ala home industry) dengan resep yang sederhana dan mudah. Berikut adalah resep membuat es krim sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah tanpa menggunakan alat khusus.

Resep Es Krim Coklat

 
Bahan:

  • 1 liter susu segar
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 15 gram tepung maizena
  • 1 sdm vanili
  • 3 sdm coklat bubuk

Cara membuat:

  • Tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sambil aduk perlahan.
  • Masukkan perlahan bubuk coklat, sambil tetap mengaduk
  • Larutkan tepung maizena dengan 1 sdm susu, kemudian masukkan ke dalam rebusan susu
  • Tambahkan vanili, sambil diaduk hingga merata.
  • Jika sudah merata dan mendidih, matikan dan angkat rebusan susu.
  • Saring rebusan susu menggunakan saringan halus (bisa menggunakan kain tipis) ke dalam wadah lain.
  • Tuangkan kuning telur secara perlahan ke dalam susu yang sudah disaring, dan aduk hingga rata.
  • Diamkan adonan yang telah tercampur rata tersebut selama kurang lebih 10 menit.
  • Masukkan ke dalam freezer kulkas selama 15 menit, kemudian aduk adonan es krim. Ulangi langkah ini hingga tiga kali agar tekstur es krim menjadi halus dan lembut.
  • Simpan es krim ke dalam freezer kembali hingga 8 jam, agar es krim bisa membeku dengan sempurna.

 
Penyajian
Anda bisa menambahkan meses, choco chips, potongan buah, wafer rolls, hingga waffle sebagai topping es krim Anda agar tampak lebih  menarik. Anda juga bisa memperoleh inspirasi untuk menyajikan es krim dengan menarik dari berbagai sumber seperti google hingga food picture yang biasanya ditemukan dengan mudah di instagram.
Jika Anda sudah berhasil membuat es krim dengan rasa dan tekstur yang lezat, Anda bisa melakukan uji coba lainnya, misalnya mengganti bubuk coklat dengan ekstrak buah atau perasa lainnya untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam. Juga, Anda bisa mencoba proses pengolahan es krim lainnya dengan alat khusus yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau.
 

Rencana Pembiayaan Usaha

Anda sudah siap dengan ide sajian es krim Anda, maka sudah saatnya untuk membuat rencana pembiayaan usaha. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai panduan Anda untuk menentukan besar atau nilai budget yang diperlukan.
Yang perlu Anda perhatikan, harga atau nilai kebutuhan usaha hampir selalu berubah. Anda perlu melakukan riset pasar untuk menentukan harga setiap bahan dan peralatan yang Anda butuhkan nantinya. Jika Anda belum sempat melakukan riset pasar, rencana pembiayaan berikut ini bisa menjadi acuan untuk membuat rencana pembiayaan usaha Anda.
Biaya Peralatan dan Perlengkapan

PeralatanHarga SatuanJumlah Harga
Kulkas Khusus FreezerRp3,000,000Rp3,000,000
Termos Es (5 unit)Rp120,000Rp600,000
Mixer Rp800,000Rp800,000
Skop Ice CreamRp45,000Rp45,000
Wadah (5 buah)Rp35,000Rp175,000
Cup Ice Cream (2 lusin)Rp25,000Rp50,000
Sendok Ice Cream (2 lusin)Rp10,000Rp20,000
Lain-lainRp150,000Rp150,000
Total HargaRp4,840,000

 
 
Biaya Bahan

BahanHarga SatuanJumlah Harga
Bubuk Coklat (per kg)Rp800,000Rp800,000
Susu Plain (per liter)Rp35,000Rp35,000
Telur (per kg)Rp36,000Rp36,000
Gula Pasir (per kg)Rp25,000Rp25,000
Choco Chips (per 500gr)Rp45,000Rp45,000
Wafer Rolls (per pak)Rp60,000Rp60,000
Total HargaRp1,001,000

 

Total Harga KeseluruhanRp5,841,000

 
Daftar peralatan dan bahan tersebut adalah kebutuhan secara umum, Anda bisa menambahkan perlengkapan atau bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda dalam proses pembuatan dan penjualan produk es krim.
 

Merencanakan Strategi Penjualan

Jika Anda sudah berhasil menyusun rencana pembiayaan, Anda harus merencakan strategi penjualan agar produk es krim Anda bisa laku terjual. Langkah ini bisa dilakukan dengan menentukan lokasi penjualan, harga produk, hingga media promosi.
Di antara berbagai strategi penjualan, yang paling mendasar dan penting untuk Anda pertimbangkan adalah media promosi. Jika Anda amati, di era modern ini, hampir semua orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat secara online melalui media sosial. Maka, Anda bisa mulai mempromosikan produk es krim Anda dengan membuat akun khusus di twitter, facebook, atau instagram.
Jika Anda menerapkan konsep penjualan made by order, selain melalui media sosial, Anda bisa memanfaatkan teman dan kerabat dekat untuk membantu mempromosikan produk es krim Anda. Hal ini karena ada fakta bahwa beberapa orang lebih percaya dengan informasi dari teman atau kerabat, daripada informasi produk di media sosial.
 
 
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
50 Usaha Rumahan di Indonesia
Panduan Bisnis Online Terlengkap
900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri
 
 
Bagaimana? Tertarik memulai usaha es krim?
Dengan membaca artikel ini, secara tidak langsung Anda sudah selangkah lebih maju untuk memulai bisnis es krim. Untuk itu, agar bisa mempersiapkan bisnis es krim dengan lebih matang, Anda perlu menambah wawasan lainnya terkait peluang usaha es krim.
 
 
Di antara berbagai saran telah disebutkan, yang paling penting adalah mempersiapkan dan membulatkan tekad usaha. Karena, bila Anda tidak siap secara mental, meski memiliki modal yang lebih dari cukup, usaha Anda akan sulit berkembang. Maka, pastikan untuk tetap menjaga semangat berwirausaha Anda, agar ide dan inovasi yang kreatif bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!