Bisnis Herbal Chicken

undercover.co.id – Ialah Luqman Hakim, sosok inspiratif yang jatuh bangun di dunia bisnis sebelum menikmati kesuksesannya kini. Berbagai usaha pernah dicobanya, namun berbagai kegagalan pula pernah dirasakannya. Saat ini ia berhasil menikmati kerja kerasnya di bisnis peternakan ayam organik dan gerai Herbal Chicken.
Luqman bukanlah seorang dengan latar belakang pendidikan bisnis. Ia merupakan sarjana hukum Islam dari Universitas Al Azhar Mesir. Namun hal itu bukan berarti jiwa wirausahanya tak pernah terasah.
Sejak tahun 2009, Luqman sudah memulai usahanya dengan membuka bisnis peternakan ikan lele. Tambaknya menghasilkan ikan lele yang besar lagi segar. Namun ternyata, produksinya tak laku di pasaran kecuali dengan harga yang sangat rendah. Bertahan satu tahun, bisnis lele tersebut hanya menyebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.
Ia pun kemudian beralih ke bisnis peternakan ayam. Namun bukannya makin baik, perjalanan bisnisnya justru makin terpuruk. Lagi-lagi ia mengalami kegagalan dan harus menanggung kerugian besar. Penyebab kegagalannya tak beda jauh dengan bisnis lelenya, yakni kalah bersaing dengan pengusaha besar dan hanya mampu menjual produknya dengan harga rendah.

“Saya harus berhadapan dengan perusahaan besar yang mendominasi pasar-pasar tradisional dan risiko fluktuasi harga,” ujar Luqman

Kegagalan demi kegagalan tak membuat Luqman putus asa. Kegagalan justru membuatnya lebih banyak berpikir untuk berinovasi dan merencanakan bisnisnya.
Karena tak ingin mengulang kesalahan, Luqman pun berpikir mencari bisnis yang tak banyak digarap pelaku usaha, yakni bisnis ayam organik. Dari sinilah langkah kesuksesannya bermula.
 

Bisnis Herbal Chicken , Ayam Potong Organik

Gairah wirausaha Luqman kembali terpacu ketika memutuskan untuk merintis bisnis ayam organik. Ia bahkan sempat mencari tahu hal ihwal ayam organik ke Balai Penelitian Ternak di Ciawi, Bogor. Dari balai tersebut, ia mendapat banyak ilmu, dari cara beternak ayam organik, membuat pakan herbal hingga formula khusus untuk ayam ternak.
 

“Sekitar tahun 2010 atau 2011  saya dibimbing membuat jamu herbal untuk pakan ayam organik, mencari dosis yang terpat untuk ayam ternak,” kata Luqman.

Pria lulusan Pesantren Gontor tersebut tak banyak mengalami kesulitan saat mempelajarinya. Apalagi saat itu ia pula memiliki minat dalam pengobatan herbal dan membuka klinik herbal di salah satu mal di Kota Depok. Karena itulah  Luqman makin bersemangat dan percaya diri dalam membuka bisnis ayam herbal.
Mengajak dua orang temannya semasa di pesantren, Luqman pun membuka sebuah peternakan ayam organik di Purwakarta, Jawa Barat. Memasuki tahun kedua, bisnis ayam organik tersebut berjalan lancar dan tak memiliki banyak kendala.
Ia bahkan dapat menjual ayam organik dengan harga jual yang lebih tinggi dibanding ayam biasa, yakni Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram.
 
 
“Tahun pertama hasil panen kami belum bagus karena harganya turun, di tahun kedua yakni pada 2011 hasil panen kami lebih bagus karena harganya sedang naik,” ujar Luqman yang dikenal sangat giat dalam menekuni bisnisnya.
Demi memasarkan ayam organiknya, Luqman selalu keluar selepas subuh dan pulang malam hari. Pun tak hanya satu kota yang dijelajahinya, melainkan ke seluruh kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang hingga Bekasi. Kerja kerasnya tersebut bukan tanpa alasan.
Ia sempat mengalami kerugian besar akibat minimnya jumlah pembeli ayam organik. Alhasil, simpanan ayam potong menumpuk dan tak laku terjual.
Kendala tersebut terus berlangsung hingga tahun 2012 ketika sang istri menemukan solusinya, yakni dengan membuka bisnis restoran ayam berlabel O’Chicken. Dari bisnis istrinya tersebut, Luqman kemudian transpirasi untuk membuka bisnis ayam goreng organik, Herbal Chicken.
 

Bisnis Herbal Chicken , Merambah Bisnis Ayam Goreng

Gerai O’Chicken memang sepenuhnya bisnis sang istri, Redia Frisna. Namun ia sangat berjasa untuk bisnis ayam organik milik Luqman yang dapat menjadi suplier resto serba menu ayam tersebut. Terinspirasi, Luqman pun mulai merambah bisnis ayam goreng dengan membuka Herbal Chicken pada tahun 2013.
Dengan adanya dua bisnis kuliner tersebut, peternakan ayam organik Luqman pun tak lagi mengalami kerugian. Simpanan ayam potong tak lagi menumpuk dan dapat laku terjual. Semakin lama, masyarakat pun semakin melek untuk hidup sehat sehingga peminat ayam organik pun bertambah.
Luqman bahkan mampu mendirikan perusahaan bernama PT Elha Narita Perkasa yang menaungi bisnis peternakan ayam organik dan bisnis kedai ayam goreng Herbal Chicken.
 
 
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Goodiebake: Bisnis Kue Sehat Kekinian, Kue Bebas Gluten!
 
Bahkan saat ini ia pun berhasil menguasai bisnis ayam organik dari hulu ke hilir, dari produksi pakan ayam organik, peternakan, rumah pemotongan ayam, distribusi ayam potong, hingga kedai ayam goreng Herbal Chicken.
Kesuksesan Luqman melalui perjalanan yang cukup panjang. Namun ia membuktikan, kerja keras selalu membuahkan keberhasilan di dalam bisnis, apapun itu.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!