BISNIS KREASI UMKM YANG UNIK DENGAN MAHAR PERNIKAHAN

Categories: Bisnis UMKM
jasa seo

Senyum bahagia terukir di wajah, pelukan hangat menyatukan keluarga, gerbang dunia baru terbuka bagi pasangan muda untuk dilalui bersama. Dua orang yang saling menyayangi kemudian memutuskan untuk hidup bersama dalam sebuah hubungan yang resmi, maka di sinilah permulaannya. Sebuah lamaran yang dilanjutkan dengan sebuah pernikahan.

Dan satu hal yang harus ada dalam acara pernikahan adalah mahar. Mahar atau mas kawin adalah salah satu hal sacral di dalam suatu pernikahan. Diberikan sebagai symbol tanggung jawab suami terhadap sang istri.

Jika dulu mahar bisa berupa uang atau barang dengan bentuk yang sederhana, saat ini mahar dapat dibentuk menjadi kreasi yang unik. Misalnya mahar berbentuk jembatan yang di atasnya terdapat sepasang pengantin. Jembatan dan detail panoramanya terbuat dari uang mahar itu sendiri. Uang dibentuk sedemikian rupa dengan menarik dan sesuai dengan konsep yang diinginkan Dan itulah yang menjadi daya tarik dari mahar ini.

Rosmarella, wanita yang akan melangsungkan pernikahannya pada Maret mendatang menginginkan mahar yang bernuansa Korea. Itulah yang menjadi alsan wanita yang berusia 37 tahun ini membuat mahar yang tidak biasa.

“ya pengen dipanjang pas nanti di rumah kita berdua, eh ingat ya kita berdua ini lho… momentnya tu dapet banget, kayaknya sih, pengennya begitu. Di rumah juga dipajang, terus orang yang melihatnya Tanya, apa nih, terus saya bilang ini ungkapan cinta kita berdua, haha…”

Ratna Lia Agustina Anggraini merupakan sosok wanita kreatif yang mendirikan Kuchiwalang Art sejak tahun 1997 di Bandung Jawa Barat. Berawal dari hobinya membuat kerajinan tangan kartu lebaran, kini ia kembangkan dengan membuat mahar pernikahan. Bersama dengan tujuh orang karyawannya, ia dalam sebulan setidaknya dapat mengerjakan tiga puluh pesanan mahar.

“kalau maharnya biasanya hanya logam mulia atau perhiasan, itu kan bisa dijual dan bisa habis, nah untuk itulah banyak klien yang pesan untuk model uang kreasi, karena ingin sesuatu yang bisa dipajang dan abadi gitu, jadi itu sebabnya. Ehm.. nilainya itu tidak berkurang jadi kalau misalkan diberi banyak bisa disisihkan sedikit, jadi yang dipajang tidak seluruhnya.” Jelas Ratna Lia tentang alasan para klien memilih kreasi maharnya.

Pembuatan mahar unik ini memakan waktu hingga dua bulan lamanya. Pada tahap awal, pemesan bersama Ratna berbagi ide untuk menentukan konsep maharnya. Selanjutnya masuk dalam tahap pembuatan sketsa di atas kertas. Kemudian masuk daam proses pemilihan materialnya sebelum masuk ke prose produksi.

Untuk membuatnya kertas ditempel pada panggung beserta dengan atribut yang sesuai. Kemudian lanjut dengan mendandani boneka sesuai dengan pesanan. Setelah itu, uang mahar disusun di tempat yangs sesuai, selanjutnya dilipat serta dilem. Tidak harus seluruh uang diletakkan dalam mahar tersebut, karena biasanya uang yang digunakan hanya sebagai symbol saja.

“Kita sebisa mungkin nggak bikin satu karya yang sama dengan satu karya yang lain. Jadi harus selalu beda, satu klien dengan klien lainnya pasti beda. Pemilihan latar belakang, terus udah gitu, mungkin dari baju pengantin, dari riasan kepalanya mungkin itu bisa jadi pembeda.” Imbuhnya.

Tidak hanya itu, Kuchilawang Art juga membuat mahar lainnya berupa scrapbook dengan foto dan gambar kesukaan pasangan, undangan, siraman, maupun kotak cincin. Ibu dua anak ini menjamin mahar atau karya yang dikreasikannya bisa tahan hingga puluhan tahun.

“kertas yang saya gunakan adalah kertas scrapbook, bahan dasarnya, bukan dari kertas kado atau kertas cetak foto seperti banyaknya. Untuk bahan dasarnya, kertas scrapbook itu bisa tahan sampai tiga puluh tahun, yang saya pakai. Kalau untuk lemnya, ya kurang lebih sekitar tiga puluh tahun juga.” Tuturnya dengan penuh keyakinan.

Tidak hanya memiliki galeri, ia juga memiliki laman internet untuk memperluas pesanan mahar uniknya. Mahar-mahar unik tersebut dijual dengan harga dua juta hingga dua setengah juta rupiah. Maka dalam sebulan, tidak heran jika Ratna dapat meraup keuntungan hingga enam puluh juta rupiah sampai delapan puluh juta rupiah.

Kasih saying yang didapat saat masa pacaran amatlah indah jika bisa terus berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Dan mahar cantik memberi kesan unik dalam pernikahan yang hanya sekali untuk seumur hidup dengan pasangan pilihan hati


DAPATKAN ARTIKEL BISNIS MENARIK LAINNYA

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

jasa seo

Your Thoughts