Published On: Mon, Oct 13th, 2014

Bisnis Kreatif dan Inovatif dari Mampang

Bisnis Kreatif dan Inovatif dari Mampang |  Jakarta mengangkat bisnis rumahan berupa kue talam, dari mampang yang terkenal sangat elite tapi bisa membuahkan  bisnis kreatif ini, seperti apa kisah nya silahkan disimak.

 

Bisnis Kreatif dan Inovatif dari Mampang - talam

Bisnis Kreatif dan Inovatif dari Mampang – talam

MAMPU JUAL SERIBU KUE SEHARI

Bukti nilai tradisional masih tetap berdaya jual dapat kita saksikan pada Mampang House of Talam yang menjual kue talam. Satu diantara kudapan tradisional orang-orang Betawi.

Untuk beberapa kita, nama kue talam, mungkin saja masih tetap asing terdengar. Tetapi, di dalam hingar bingar nama makanan moderen yang di tawarkan pada customer, Mampang House of Talam malah jual kue tradisonal khas Betawi. Seperti kue talam ubi, talam bln., talam santan, serta kue lapis dengan kata lain kue pepe.

Yaitu Erna Siregar (44) , wanita berdarah Betawi-Batak ini yang terjun dalam Bisnis Kreatif dan Inovatif dari Mampang . Pertama kali mengenalkan kue hasil bikinannya pada sanak saudara serta tetangga, dengan berpromosi “dari mulut ke mulut”.

Sesudah memperoleh tanggapan menggembirakan, pada 2013 ia juga lalu bangun situs yang bernama “house of talam”. Manfaat menolong mempromosikan situs itu, ia dibantu oleh rekannya yang kebetulan banyak bergelut juga sebagai blogger. “Modal awalannya seputar Rp5 juta- Rp 7 juta, ” kata Erna waktu di tanya dana awal yang ia mengeluarkan untuk bisnisnya ini.

Dari Kantor Sampai Ibu

Langkah ini nyatanya pas. Lantaran sesudah memakai situs untuk berpromosi, pesanan tidak cuma datang dari tetangganya saja, namun menebar sampai ke Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, serta Jakarta Utara. Pesanan umumnya datang dari perkantoran di daerah Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto, serta Kuningan. Bahkan juga sampai ke daerah Bintaro, Tangerang.

Erna memberikan, segmen pasarnya tidak cuma karyawan di perkantoran, namun juga beberapa ibu-ibu rumah tangga. “ (Mereka) pesan untuk buka puasa berbarengan, ” kata Erna yang berdomisili di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pada musim pilpres bln. lantas juga Erna mendapat rejeki nomplok. Pasalnya satu diantara pasangan timses presiden pesan kue talam. “Mereka pesan kue talam serta kue pepe untuk rapat (juga sebagai makanan ringan) , ” tutur Erna.

Berapakah harga nya? Relatif murah. Cuma Rp2. 000 per buah (diluar biaya kirim) . Terkecuali kue talam, Erna juga jual kue khas Betawi yang lain. Seperti kue kering biji ketapang, kembang goyang, dan akar kelapa. Memanglah, dari demikian type kue itu, kue talam lah yang paling banyak dipesan oleh customer.

Manfaat meyakinkan bermacam kue senantiasa ada sesuai sama saat pemesanan, dalam sistem pembuatannya, Erna dibantu oleh adiknya yang tinggal di daerah Warung Buncit, Jakarta serta satu lagi di daerah Pamulang, Tangerang. Penambahan info, lantaran sistem pembuatan kue ini memerlukan saat sampai sekian hari, Erna tidak dapat terima pesanan dengan cara mendadak. “Pesanan minimum 2 hari saat sebelum hari H. Lantaran dalam pembuatannya sangatlah susah, terlebih bila ada yang pesan kue lapis atau kue pepe. Kue itu butuh didinginkan dahulu sekurang-kurangnya (sepanjang) 3 – 4 jam. Belum lagi kelak kita lapis lagi, dan sebagainya, itu memerlukan saat 5-6jam hingga dapat dipotong, ” kata Erna.

Tetapi janganlah cemas pesanan Anda akan tiba terlambat. Erna menjanjikan, pesanan kue pasti datang pas saat. Untuk hal semacam ini, Erna akan bikin daftar dengan kata lain daftar pesanan. Bahkan juga ia telah mencatat pesanan kue yang perlu ia antarkan sampai bln. depan.

Sesaat untuk layanan pengantaran, Erna memakai kurir spesial. Tetapi apabila dirasa jaraknya masih tetap dekat, Erna sendiri yang mengantarkannya. Pasti saat sebelum diantarkan kue-kue itu sudah dibungkus dengan cara spesial sesuai sama pesanan. “Untuk packaging sendiri, belum ada ciri khas House Of Talam. Serta itu masih tetap saya pikirkan” kata Erna.
Bicara perihal kurir, ada pengalaman kurang kenakan yang pernah dirasakannya. Saat mengunakan layanan kurir spesifik, kue pepe pesanan pelanggannya, jadi hancur.
Sangat terpaksa ia mesti ganti kue itu.

Lantas juga pernah saat pesanan telah tiba tempat, si konsumen jadi menampiknya. “Kata dia (konsumen) pesan kue talam. Walau sebenarnya saat ngomong di telephone, pesannya kue pepe, ” tutur Erna. Tidak mau mengecewakan konsumen, Erna terus menggantinya sesuai sama pesanan yang disuruh.
Saat ini Erna mulai mencicipi manis usaha yang digelutinya. Seperti bln. puasa serta lebaran yang belum lama berlalu. Ia mengakui, kue bikinannya laku dipesan untuk acara buka puasa.

Bahkan juga pada lebaran minggu ke-2 serta minggu ke-3, penjualan bisa meraih 1. 000 buah /hari. “Untuk Sabtu serta Minggu seputar 2. 000-3. 000 pieces kue talam. Untuk kue pepe, pemesanan dapat meraih 50 loyang, ” kata Erna. Dari seluruhnya itu, Erna mengakui memperoleh keuntungan seputar 80 – 90% dari modal produksi.
Lumayan kan Bisnis Kreatif dan Inovatif dari Mampang ini !

 

jasa seo dan internet marketing
Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. rina says:

    mw nnya alamat dan nmr telp yg bs dihubungi dmn?

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>