Jasa

Undercover.co.id – Bisnis Kuliner di Era Digital , Kehadiran teknologi digital membuat banyak peluang bagi bisnis kuliner, misalnya melalui media sosial yang memiliki potensi untuk memasarkan bahkan menjual produk secara efektif dibandingkan dengan pemasaran iklan fisik atau offline.

Oleh karena itu, kemampuan lain yang penting dan harus dimiliki oleh para pelaku bisnis apapun termasuk bisnis kuliner adalah keterampilan penguasaan teknologi.

Cara Mengembangkan Bisnis Kuliner di Era Digital

Bisnis kuliner seringkali dinilai menjanjikan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan dasar manusia yang memiliki jenis bervariasi.

Selain itu, modal yang diperlukan cukup fleksibel, sehingga dapat dimulai dengan modal terjangkau untuk skala kecil. Namun meski begitu untuk menjalankan bisnis kuliner agar terus berkembang bukanlah hal yang mudah.

Terdapat beberapa tantangan yang akan di hadapi seperti menarik pelanggan, pemilihan lokasi hingga kompetisi dengan restoran lain yang sudah ada. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk memulai hingga mengembangkan bisnis kuliner di era digital.

Pastikan Enak

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah rasa dari produk makanan yang dijual enak. Rasa enak ini bukan berdasarkan penilaian penjual saja, namun harus juga berdasarkan penilaian orang lain.

Caranya bisa dengan membuat makanan, kemudian diberikan kepada food tester untuk menilai makanan tersebut.

Selain itu, bisa juga untuk membandingkan produk makanan yang dibuat dengan produk yang mirip dan sudah ada untuk di review secara jujur. Jika penilaian sudah baik maka bisa berjualan produk itu, dengan seiringnya waktu rasa dari makanan ini nantinya bisa terus diperbaiki.

Bisnis Kuliner di Era Digital
Bisnis Kuliner di Era Digital

Pemilihan Lokasi

Lokasi memiliki peranan penting dalam memasarkan produk yang akan dijual. Sering kali para pebisnis kuliner dihadapkan pada harga sewa lebih murah, namun lokasinya tidak srategis. Meskipun tempat yang dilewati banyak orang, namun bukan pusat kerumunan dan bukan tempat orang ngumpul.

Membangun sebuah keramaian bukanlah hal yang mudah dan untuk bisa mengumpulkan banyak orang atau kerumunan itu dibangun dalam kurun waktu lama bahkan bisa bertahun-tahun.

Sementara itu, jika tempat yang dipilih memang strategis dan sudah ramai maka ini menjadi hal yang menguntungkan karena merupakan salah satu bagian dari promosi. Dengan keadaan tempat yang ramai, maka produk akan cepat diketahui banyak orang. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang memang strategis dan dalam keadaan ramai orang berkumpul.

Desain Tempat

Dalam mendesain tempat untuk bisnis kuliner sebaiknya dibuat nyaman dan dengan konsep kekinian, apalagi kaum muda zaman sekarang sering tertarik dengan hal yang instagramable.

Berpadu dengan menu-menu khas dari produk yang dijual, sehingga tidak hanya sedap di lidah namun juga enak di pandang. Sehingga akan menarik minat agar orang datang langsung ke tempat bisnis, dan membantu promosi jika mereka mengunggah foto atau videonya di sosial media mereka.

Nama, Logo dan Packaging

Hal penting selanjutnya adalah pemilihan nama, logo dan packaging yang harus menarik minat dan perhatian.

Gunakan nama yang menarik agar konsumen mudah mencari dan menemukan produk anda. Agar terlihat lebih profesional dan serius maka buatlah logo yang menarik. Selain itu, packaging yang berfungsi untuk melindungi produk juga perlu diperhatikan.

Sehingga dengan packaging tersebut dapat membedakan produk yang dibuat berbeda dengan produk sejenis yang sudah ada dan mempercantik produk sehingga orang ingin membeli.

Bisnis Kuliner di Era Digital
Bisnis Kuliner di Era Digital

Membuat Foto dan Video Produk

Model pemasaran di era digital ini tentu saja berbeda dengan model pemasaran lama, saat ini bisa memanfaatkan platform media sosial. Namun, sebelum memilih platform yang akan digunakan untuk pemasaran maka persiapkan konten.

Misalnya melalui foto dan video yang akan di unggah di platform media sosial. Gunakan smartphone yang mumpuni, pencahayaan alami, dan background yang relevan atau juga bisa menggunakan lighting saat pengambilan foto dan video yang maksimal.

Buatlah video dan gambar yang menarik dan disesuaikan denga platform yang dipilih untuk memasarkan produk. Anda bisa membuat sendiri konten tersebut atau gunakan jasa profesional sehingga anda tinggal berfokus di strategi penjualan.

Layanan Pesan Antar

Daftarkan produk makanan di aplikasi pengantar makanan online. Aplikasi layanan pesan antar ini seperti Go-Food, Grab-Food.

Dengan layanan pesan antar ini maka produk yang di jual mempunyai jangkauan yang luas terhadap orang-orang di lokasi terdekat dengan anda atau orang-orang yang sedang mencari makanan untuk mereka beli.

Oleh karena itu, pastikan produk makanan anda ada di aplikasi tersebut. Pembeli cukup menggerakan jari di atar layar smartphone untuk memilih dan memesan menu yang diinginkan. Lalu menunggu makanan diantar ke rumah tanpa harus mengantre dilayani di tempat makan.

Bisnis Kuliner di Era Digital
Bisnis Kuliner di Era Digital

Jual di Marketplace

Marketplace juga bisa dimanfaatkan sebagai pemasaran bahkan penjualan bisnis kuliner. Namun, pastikan terlebih dahulu produk makanan yang dijual memang memiliki ketahanan yang lama jika ingin menjangkau sampai ke luar kota atau bahkan ke luar pulau.

Tempat marketplace ini misalnya seperti Tokopedia dan Shopee. Bisnis kuliner dapat berkembang karena jutaan mata orang melihat aplikasi marketplace setiap bulannya. Selain itu, bisa juga untuk mengikuti promo yang disediakan oleh aplikasi marketplace tersebut agar penjualan yang dihasilkan semakin meningkat.

Pemasaran di Media Sosial

Berbagai macam media sosial yang ada dengan masing-masing pengguna tidak sedikit. Kini media berbagai media sosial seperti Facebook dan Instagram digunakan untuk memasarkan bahkan menjual produk makanan.

Oleh karena itu, orang memiliki pilihan kuliner yang nyaris tak terbatas, karena tidak hanya yang berjarak dekat dengan tempat tinggal tetapi juga jarak jauh. Gunakan media sosial yang dipilih untuk memperkenalkan produk dengan gambar, video, dan kata-kata yang menarik secara konsisten sampai produk terjual.

Jasa Endorsement dari Influencer

Cara lain untuk mengembangkan bisnis kuliner adalah dengan menggunakan jasa endorsement. Dengan memanfaatkan orang yang populer dan memiliki banyak followers di sosial media, maka produk akan di review oleh influencer. Sehingga sangat mungkin followers nya akan membeli produk makanan yang dijual.

baca juga

Testimoni

Penting untuk meminta testimoni dari pelanggan yang telah membeli produk yang dijual. Dengan semakin banyak testimoni artinya makin banyak pelanggan yang puas. Hal ini akan membantu para calon pembeli berikutnya agar merasa yakin untuk membeli produk yang dijual.

Itulah beberapa cara untuk mengembangkan bisnis kuliner di era digital. Meskipun promosi yang digunakan memanfaatkan media digital, pastikan untuk selalu bersikap ramah kepada pelanggan. Misalnya ketika mereka mengajukan pertanyaan terkait produk yang dijual, tetap layani mereka dengan sepenuh hati.

Jasa
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *