Bisnis Laundry Sepatu Di Musim Hujan

undercover.co.id – Di jaman yang serba modern sekarang ini menuntut setiap orang agar mampu memenuhi kebutuhan yang semakin tidak terbendung lagi.
Karena ada beberapa dari anda yang mungkin mengalami kesulitan dalam hal finansial untuk memenuhi kebutuhan, maka alternatif sebagai cara yang bisa dipilih bisa dengan cara memulai suatu bisnis baru.
Kini bisnis laundry sepatu memang lagi banyak-banyak nya dicari berbagai kalangan terutama mahasiswa yang merasa tidak memiliki waktu untuk mencuci sepatu mereka. Proses pencucian sepatu di laundry sepatu pun cukup bersih dan harum yang jauh berbeda dengan apabila anda mencuci sendiri dirumah.
Jenis bisnis yang satu ini merupakan salah satu jenis usaha yang tidak membutuhkan modal besar seperti layaknya bisnis lainnya. Jenis bisnis ini pun termasuk salah satu jenis bisnis rumahan yang tidak mengharuskan anda menyewa tempat atau toko.
Namun jika sesudah dijalani anda merasa bisnis ini memiliki prospek yang cukup cerah, anda bisa langsung membuka toko agar semakin banyak konsumen yang mengetahui  keberadaan usaha. Dengan adanya toko pun para konsumen akan semakin mudah melacak keberadaan anda.
 

Melihat Prospek Bisnis Laundry Sepatu

Poin ini memang menjadi poin dasar dan paling diperhatikan oleh setiap bisnis yang baru saja ingin terjun ke dunia bisnis dan menjalankan bisnisnya. Untuk anda yang memang sudah yakin dan fix memilih jenis bisnis laundry sepatu, mau tidak mau memang untuk melakukan analisa sederhana sangat diperlukan.
Anda harus menyesuaikan perjalanan bisnis dan mencocokkan dengan peluang di daerah anda tinggal. Jika memang dekat dengan perkotaan dan memiliki pangsa pasar atau konsumen yang mendukung, anda sudah memiliki lampu hijau untuk menjalankan usaha tersebut.
Meskipun begitu, bukan berarti anda yang tinggal di daerah yang jauh dengan perkotaan tidak memiliki kesempatan untuk membuka bisnis laundry sepatu ini. Seperti saja di beberapa wilayah yang jauh di perkotaan namun masih saja ramai yang membutuhkan jasa bisnis laundry sepatu ini.
Meski data atau survey yang anda lakukan tidak sepenuhnya maksimal, namun hal ini jauh lebih baik daripada langsung bergerak tanpa adanya rencana atau prospek. Biasanya yang paling sering membutuhkan dan menggunakan jasa laundry sepatu ini bisa dari berbagai kalangan mulai dari orang kantoran, mahasiswa, siswa, orang tua, hingga anak-anak.
 
 

Beberapa Persiapan Yang Harus Anda Siapkan Sebelum Memulai Usaha

Untuk jenis bisnis laundry sepatu, peralatan dan persiapan yang harus anda sediakan pastilah berkaitan dengan mesin cuci, dan perlengkapan sederhana lainnya. Namun pasti metode pencucian sepatu ini berbeda total dengan cuci baju pada biasanya.
Proses pencucian sepatu memang dilakukan secara otomatis dengan menggunakan perlengkapan sederhana seperti pembersih noda, sikat, dll. Namun sekarang kecanggihan teknologi sudah menyediakan mesin khusus untuk mencuci sepatu yang hasilnya pun pasti akan jauh lebih bersih.
Selain mesin, anda juga pasti membutuhkan tempat yang mendukung seperti seberapa luas untuk melakukan pencucian, tempat penjemuran dan pengeringan, rak sepatu untuk meletakkan, serta detergen hingga parfume nya. Untuk harga yang paling mahal dari semua peralatan yang dibutuhkan memang pada mesinnya yang membutuhkan modal sekitar Rp 2 hingga 5 jutaan.
Yang menjamin seberapa bersih sepatu yang anda cuci tergantung dari pembersih noda yang digunakan oleh bisnis laundry sepatu sehingga anda diharuskan mengetahui proses untuk menghilangkan noda sepatu mulai dari chemicals identification, wet clean dan dry clean, dan tools identification. Jika anda sudah memahami langkah dari teknik mencuci ini dipastikan hasil cucian sepatu dari bisnis anda dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
 
 
 

Proses Mencuci Sepatu Agar Hasilnya Bersih dan Mengkilap

 

  1. Chemicals Identification

Pada tahapan ini anda diharuskan untuk mengenal dengan baik bagian sepatu mana yang harus dibersihkan dan dicuci agar nodanya nanti hilang. Anda diharuskan untuk pintar dalam memilih jenis bahan kimia mana yang cocok.
Jika anda menggunakan bahan kimia yang berbahaya maka bisa merusak sepatu dalam menjalankan bisnis laundry sepatu sekaligus membuat warna sepatu menjadi pudar. Jika anda baru pertama kali dalam mencobanya, anda bisa menggunakan cutton bud dengan mencelupkan bahan kimia dan mengoles ke bagian sepatu yang ingin dibersihkan.
Diamkan selama 2-5 menit untuk melihat apa reaksi yang akan ditimbulkan dari proses ini. Jika bagian sepatu tersebut terjadi kerusakan warna atau bahan sepatu, berarti bahan kimia tersebut tidak bagus untuk digunakan.

  1. Tools Identification

Cara ini diaplikasikan untuk mengetahui jenis peralatan dan kebutuhan apa saja yang biasa digunakan untuk laundry sepatu. Seperti diantaranya tidak boleh menggunakan sikat kasar dan menyikat ke sepatu dengan sangat kuat.

  1. Main process

Pada tahapan ini merupakan tahapan inti untuk dry clean methos, wet clean method, dan wet and dry method. Pada setiap tahapan itu sendiri terbagi lagi ke dalam beberapa bagian.

Sharing dan Belajar Dari Kesuksesan Orang Sebelumnya

Pengalaman merupakan guru yang paling berharga, namun karena anda baru saja memulai bisnis tersebut maka secara otomatis anda belum memiliki pengalaman yang mendukung dalam hal serupa. Maka tidak ada salahnya anda menanyakan tentang awal mula rekan yang anda kenal dalam menjalani bisnis laundry sepatu yang dijalankannya.
 
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
TIRU ! Jutaan Dollar dari Bisnis Sepatu Sneakerdon.com
 
 
Dengan begitu, mungkin saja anda mendapatkan pelajaran yang nantinya bisa diaplikasikan pada bisnis yang anda jalani dan membuat perjalanan sedikit lebih ringan. untuk awal mula, anda tidak harus menetapkan harga yang cukup mahal untuk jasa mencuci atau laundry sepatu, hanya untuk hitung-hitung pemasaran dan menarik pelanggan agar merasa nyaman untuk menggunakan jasa dari bisnis sepatu laundry anda.
 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!