Bisnis Mahasiswa Bandung Lumpia Basah Raih Omzet Puluhan Juta Setiap Tahunnya

Mahasiswa memang memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi dan dunia perbisnisan yang ada
hal ini sudah dibuktikan oleh Rizky Ananda seorang mahasiswa Unpad dan bertempat tinggal di BAndung yang memulai nilai tulus dan tekad besarnya untuk menciptakan lapangan kerja baru dari bisnis mahasiswa yang dibangunnya itu.
Lelaki ini berasal dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) yang kini sudah terkenal sebagai seorang owver lumpia basah seafoodnya yang sering juga dipanggil “Mas Miun”.

Bisnis Mahasiswa Bandung Lumpia Basah Raih Omzet Puluhan Juta Setiap Tahunnya

Beberapa waktu yang lalu ia juga tidak ingin tinggal diam dengan hanya menunggu kesuksesan dari penjualan lumpia basahnya melainkan juga ikut serta dalam mengikuti berbagai macam perlombaan yang berhubungan dengan bisnis.
 
 
Ia dengan percaya diri membawa nama bisnis atau usaha lumpia basahnya sehingga mendapatkan  beberapa penghargaan seperti juara I kategori mahasiswa bidang usaha Boga pada Wirausaha Muda Mandiri 2014 pada Kanwi IV Jawa Barat.
Dengan prestasi dari bidang perlombaan itu akhirnya membawa seorang Rizky mewakili Jawa Barat sebagai finalis nasional untuk ajang perlombaan bisnis ini yang diselenggarakan Maret 2015 lalu.

Penerima Beasiswa Bidikmisi Dengan Latar Belakang Kurang Mampu

Memang seringkali kita temui seorang pebisnis yang sukses itu berasal dari keluarga yang kurang mampu,
Rizky ini salah satu orang yang ingin keluar dari zona tersebut dan memulai bisnis mahasiswa dengan niat untuk mengurangi beban orang tuanya,
Dimulai dengan berkeinginan untuk hidup mandiri, saat di bangku kuliah ia sudah mengantisipasi kepada kedua orang tua agar tidak mengirimnya biaya hidup lagi.
Dengan keputusan yang terbilang cukup sulit namun menantang akhirnya ia berusaha keras untuk menemukan solusi bagaimana caranya biaya yang seharusnya ia dapat dari orangtua bisa ia hasilkan dengan jalannya sendiri.
Uang beasiswa yang cairnya pada periode tertentu pasti tidak bisa memenuhi kegiatan sehari-harinya, sehingga membuatnya semakin bertekad untuk menemukan pekerjaan sampingan.
Ia pun mulai bekerja menjual gorengan milik ibu kosnya kepada teman-teman kampus dalam rentan waktu yang terbilang cukup lama sebelum sukses di bisnis lumpia basah ini.
Awal Mula Beralih Ke Usaha Lumpia Basah Setelah cukup lama berdagang gorengan milik ibu kos, tiba-tiba terbesit ide di kepalanya untuk mencoba bisnis mahasiswa dagang lumpia
karena saat itu makanan murah meriah ini cukup diminati oleh kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum. Dengan modal referensi You-Tube dan Google ia pun mulai mempelajari cara-cara membuat lumpia.
Ternyata modal untuk membuat usaha lumpia ini tidaklah semurah yang anda bayangkan karena membutuhkan bahan, gerobak, hingga peralatan khusus.
Setelah dihitung-hitung ternyata ia harus mendapatkan modal sebanyak Rp 6jutaan yang di dapatkan dari pinjaman teman, tabungan yang ia simpan, dan sisa yang tidak cukupnya ia minimalisirkan dengan nego biaya.
Dimulai dengan menjual lumpia basah dengan mimpi yang besar, ternyata harapan besar yang ia berikan pada bisnis mahasiswa yang dijalaninya tersebut mengalami kebangkrutan karena rasa lumpia yang ia buat tidak sesuai dengan lidah dan selera pembeli.
Untuk menutupi dan kerugian yang ia alami, ia pun coba menutupinya dengan cara berdagang baju yang akhirnya mampu mendapatkan modal tambahan untuk melanjutkan bisnis.
Niat Membantu Orang Banyak Sebagai Penerapan Nilai Sosial Saat memulai bisnis ini pastilah setiap orang berharap hanya sekedar untuk bisa membantu biaya tambahan untuk hidupnya.
Namun secara perlahan saat melihat prospek yang cerah dan sangat luar biasa yang dimiliki oleh nya Rizky kemudian mengubah niat perkembangan bisnisnya untuk tidak hanya sekedar meraup keuntungan.
Ia menerapkan teori-teori yang didapatkan dari bangku kuliah yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan real untuk tujuan mengangkat nilai sosial.
Ia turut melibatkan petani Tauge untuk memasok tauge setiap harinya khusus di gerai Jatinagor sebagai langkah pemberdayaan masyarakat dari Desa Cileles.
Meski hanya baru satu kelompok petani saja yang diajak kerjasama, ia juga berharap ke depannya akan memberdayakan petani dari daerah lain yang sekota atau sedesa dengan letak gerai sebagai cabang.
 
 
 
Tidak hanya itu, ia juga menyumbangkan hasil kerja kerasnya untuk setiap bulan kepada orang yang membutuhkan dengan cara menyisihkan 5% dari keuntungannya per bulan.
Dengan begitu bisnis mahasiswa yang dijalaninya memang bisa dirasakan dampak positifnya oleh banyak pihak.
Perbedaan Bisnis Mahasiswa Dari Lumpia Basah Mas Miun Setiap orang atau pebisnis akan mencapai masa puncak dan keberhasilannya dengan cepat apabila bisnis yang dijalaninya itu terbilang berbeda dan unik dari bisnis serupa yang dijalankan orang lain.
Lumpia basah yang ia jual ini menggunakan seafood untuk bahan pelengkap dan varian rasa lainnya.
Mulai dari rasa original, sosis, baso, kwetiau, jamur, tongkol, cumi, kerang, udang, spesial, dan rendang.
Kini bisnis mahasiswa yang sudah lama ia jalani dan perjuangkan dari dasar sudah memiliki mitra lain karena termasuk jenis waralaba.
Ia berani untuk membuat bisnis lokal yang khas makanan daerah itu di waralaba kan karena melihat berbagai peluang baik untuk suatu komunitas atau kalangan yang memang pasti disukai karena rasanya sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia.
Kini ia sudah membuktikannya dengan bisnis lumpia ini memiliki 15 gerai yang sebanyak 9 gerai di Subang, 6 gerai di Jatinangor, ada juga di Cimahi, dan Rancaekek.
Tidak berhenti di situ saja karena beberapa waktu dekatnya ia akan mulai bekerja sama dengan mitra lain untuk membuka 4 gerai di wilayah Depok, Garut, dan Cikarang.
 
baca juga
Jenis Peluang Usaha Dengan Modal Kecil
Baca juga
Editor’s Choice
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 
Untuk tingkat bisnis mahasiswa yang awalnya hanya untuk sekedar mendapatkan uang tambahan namun kini ruang lingkup bisnisnya semakin meluas membuat anda seharusnya juga berani bergerak karena kesuksesan
pastilah membutuhkan usaha yang ekstra. baca juga Panduan Bisnis Online – Pengertian, Tips, dan Ide Bisnis Online Terlengkap 2018

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!