Bisnis Olahan Buah “BUAVICA”

undercover.co.id – Kreasi cemilan dan minuman dari buah terus berkembang ragamnya seakan tak pernah kehabisan ide. Bisnis olahan buah tak pernah sepi dari pembeli dan memunculkan kuliner baru yang kreatif.  Buavica merupakan salah satu brand kreatif yang sukses di bisnis olahan buah.
Di belakang dapur kreativitas Buavica ada sosok Trisila Juwantara. Ialah yang pertama kali memikirkan bagaimana buah carica yang tersebar di dataran tinggi Dieng dapat menjadi komoditas menguntungkan.
Sebelum Tri menemukan ide brilian itu, buah Carica hanya dibuang begitu saja, bahkan tanamannya dianggap pengganggu alias hama tanaman kentang. Kala itu, siapa sangka olahan buah Carica dapat go internasional.
Membangun perusahaan bernama CV Yuasafood Berkah Makmur, Tri berhasil menciptakan bisnis kreatif yang tak pernah ada sebelumnya.
Menggunakan merek Buavica, ia memulai bisnis olahan buah carica sejak 16 tahun lalu. Pria asli Dieng tersebut pun sukses mengangkat nama carica hingga bisnisnya banyak ditiru dan olahannya menjadi oleh-oleh kebanggaan Dieng, bahkan Indonesia.
Produk Buavica kini tak hanya menembus pasar lokal, namun juga internasional. Tri saat ini tengah fokus menggiatkan diri mengikuti pameran di luar negeri.

“Kini kami juga sedang penjajakan untuk masuk pasar Timur Tengah, Asia, dan Eropa melalui kegiatan pameran tahunan pasar malam di Amsterdam, pameran terbesar di Eropa, SIAL Paris dan Thaifex di Thailand,” ujarnya

 

Tangis dan Peluh Saat Merintis Usaha “BUAVICA”

Saat merintis bisnis olahan buah carica, Tri dianggap “gila”. Bagaimana tidak, ia mengolah buah yang tak berguna dan rasanya tidak enak. Bisa dikatakan, carica hanyalah buah yang hanya dibuang, bahkan mengganggu tanaman kentang yang saat itu menjadi produk unggulan.
 

“Padahal, carica mengandung vitamin A dan C yang tinggi serta kaya serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Penanaman carica juga bisa mengurangi potensi tanah longsor,” tutur Tri.

Ia yakin carica dapat dikonsumsi jika diolah secara benar. Untuk membuktikan keyakinannya itu, lulusan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian STM Pembangunan tersebut melalui proses yang panjang.
Berbagai uji coba dilakukannya hingga akhirnya menemukan cara pengolahan buah carica yang tepat dengan bantuan produksi dari SMK N 1 Temanggung. Maka dimulailah pembuatan produk olahan buah carica dalam bentuk koktail.
Kerja keras Tri berbuah nyata. Banyak orang menyukai produk Buavica. Bahkan produknya sangat tenar di kota-kota lain sebagai panganan khas Dieng.
 
“Tes market kami juga menyatakan bahwa semua orang dari segala usia, semua gender, dengan berbagai latar belakang sosial budaya dan kultur masyarakat, menyukai hasil olahan buah carica, yakni cocktail carica,” ujarnya.
 
 
 

Carica Menjadi Buah Primadona

Tri berhasil mengangkat nilai buah carica menjadi komoditas unggulan dari Dieng. Ia melakukan inovasi pangan yang berdampak sangat luas bagi daerahnya. Berkatnyalah buah yang terbuang itu kini menjadi produk unggulan daerah, one village one product (OVOP), yang diakui pemerintah tingkat kabupaten, provinsi bahkan pusat.
Lebih dari itu, bisnis olahan buah carica makin diminati banyak pelaku usaha. Saat ini bahkan telah ada 150 UMKM yang bergerak di bidang perkebunan, produksi olahan hingga penjualan buah carica. Inovasi pangan yang dilakukan Tri sangat berdampak luas bagi perekonomian masyarakat Dieng.
Pun bagi Tri, bisnis olahan buah Buavica miliknya juga mengalami perkembangan yang pesat. Tri yang sebelumnya hanya memproduksi 100 kilogram buah, kini mampu mengolah 45 ton buah carica setiap bulan. Jumlah tenaga kerjanya saat ini berjumlah 55 orang.
Bahkan Tri pula berhasil memenuhi standar kualitas dan sertifikasi keamanan pangan skala internasional. Produknya terus berkembang tak hanya koktail, namun juga sirup, selai, jus, keripik dan dodol yang semuanya berbahan baku carica.
Namun kesuksesannya kini tak menghentikan Tri untuk terus berinovasi. Ia tengah memikirkan olahan buah carica lain yang lebih kreatif, seperti minuman pulp hingga carica kering dengan teknologi freeze dried.
 
 
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Bisnis Gorengan Bogor Yang Legendaris
 
“Kami juga melakukan inovasi packaging dengan karton flut, duplek, plastik. Selain itu, kami juga menyiapkan second layerbisnis selain bisnis utama dengan memproduksi keripik jamur, keripik buah, manisan cabe, manisan salak, dan lain-lain dari bahan lokal yang tersedia,” pungkasnya. Belajar Bisnis Olahan Buah “BUAVICA” dari Pria Dieng

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!