Bisnis Olahan Susu Murni Kalimilk

undercover.co.id – Omset kedai susu nya mencapai ratusan juta setiap hari lebih dari 200 orang akan melebarkan sayap dengan membuka cabang di Kuala Lumpur Malaysia

siapa sangka pemiliknya baru berusia 31 tahun Ia memulai usaha dengan modal hanya 19 juta rupiah ditambah niat mendorong konsumsi susu di Indonesia yang masih sangat rendah

konsumsi susu Negeri hanya 12 liter per kapita per tahun atau terendah di Asean bandingkan dengan Malaysia yang lebih dari 50 liter

seorang pemuda berusia 31 tahun menggandeng peternak sapi lokal mengupayakan meningkatkan konsumsi susu masyarakat Indonesia dengan membangun bisnis susu murni bernama kalimat

 program kuliah kerja nyata di sebuah universitas ternyata bisa mendengarkan identitas bernilai miliaran rupiah yang terjadi pada Faudzan Rahmansyah yang kuliah di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tahun 2008

 Faudzan menjalani KKN di salah satu desa di kaki gunung Merapi matanya Kian terbuka dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia apalagi Pemuda kelahiran Jakarta 31 tahun lalu ini memang bercita-cita menjadi petani mimpi mendirikan sebuah bisnis berbasis Susu pun mulai terbang

Bisnis Susu Kalimilk

nama kalimilk  diambil dari nama peternakan yang berlokasi di Kaliurang juga berarti agar orang berkali-kali minum susu

pada saat memulai bisnis Fauzan tidak memiliki modal besar dan pengetahuan sama sekali tentang beternak sapi

Fauzan hanya memiliki cita-cita besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani sapi dan meningkatkan konsumsi susu masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah

modalnya pada saat itu berapa banyak permen yang didapat dari mana modal yang waktu itu sebenarnya nggak begitu banyak

jual beli sapi sekitar 18 juta , 12 juta yang sewa lahan pakan sebelumnya tapi juga sewa kandang itu pengetahuan dari beternak sapi sendiri

Memang sudah punya basic-nya atau belajar sambil praktek itu sebelum belajar sama praktek aja ?

saya tanya sama petaninya gimana sih tapi itu makannya berapa kali susu nya tuh berapa liter per hari gitu sampai Pas kita udah dapat informasi yang secara orang-orang praktek

petani-petani Ini akhirnya kita tanya sama orang tapi isinya orang-orang langsung datang ke kampus kampus secara teori itu seperti apa yang disinergikan antara yang praktek dan teori ini

ya biar menghasilkan sesuatu yang maksimal berapa lama prosesnya sampai menemukan celah nyala bisa dikatakan gitu

kemudian Apakah pada saat itu juga semuanya Masih sendirian sendirian ? waktu itu jadi sekitar mungkin sekitar 8 bulanan dari awal kita putusin aja 2018 terus terus abis itu

Ya udah kita mulai 8 bulan itu proses kita untuk belajar speak baru kita kembangkan lagi secara lebih besar lagi main faktor kalinya 2 sampai berhasil kita kembali lagi jadi tiga sapi

 3 tapi tidak memiliki hasil pada Setelah berguru kepada para praktisi dan akademisi produksi susu seekor sapi asing yang meningkat lebih dari 20 liter per hari

apa apa yang dipelajari yang didapat dari para akademisi itu yang mungkin selama ini salah salah betul diperbaiki yang pertama itu beda dgn suami sendiri itu memang ada gen-gen yang bagus itu yang kedua dari pola pakan pollard pakan itu juga penting apa yang dia makan itu menghasilkan susu yang yang bagus atau tidak

Gitu ya terus kemudian dari pola kebersihan kandang itu juga penting kebersihan kandang nya juga sangat penting menghasilkan gas api yang sangat produktif atau susu yang sangat efektif

bac ajuga

Selain itu Fauzan juga mengajak saudara dan teman yang memiliki uang untuk berinvestasi membeli sapi sistem bagi hasil tawarkan bagi para investor yang tertarik untuk mengembangkan bisnis Kalimilk

Tantangan Besar Bisnis Susu kalimilk

saat bisnis mulai berkembang rintangan yang paling besar menerjang Kalimilk pada akhir tahun 2010 Gunung Merapi meletus erupsi gunung berapi meluluhlantahkan peternakan milik Fauzan dan juga Mitra petani sapinya

menceritakan kondisi bisnis setelah erupsi itu seperti apa itu juga jadi ujian yang berat

kita juga gitu karena tapi tapi ini sendiri ada sapi sakit terus kemudian tidak produksi

sapi jangan sampai mati terkena dampak langsung dengan dari lahar gitu tapi disterilkan tempat ini nggak boleh ada orang di sini

Jadi nggak ada yang ngasih makan hewan-hewan Disuruh ditinggalkan hewan ternak itu pas kita bisa balik lagi ada yang udah mati tiada yang sakit

Ada yang udah harus diproduksi kita harus secara cepat gitu sedangkan sapi itu nggak bisa recovery sangat cepat lagi sakit

Butuh waktu yang lama dengan tidak ada susunya kita tidak bisa jual

Tapi kita tetap harus kasih makan ya itu hal yang paling berat

yang di tambah semangat para petani ini ini berkurang itu mereka , Aduh Kayaknya ya udah akhirnya mereka pilih untuk apa itu penambang pasir karena banyak lahar dingin

kita edukasi Mereka lagi , motivasi Mereka lagi untuk kembali

Kurang lebih 2 tahun ini hancur saya erupsi dari sekitar 80 ekor sapi hanya tersisa 6 hingga 7 ekor sapi yang masih bisa berproduksi

Fauzan tidak patah semangat seluruh Kejadian Seluruh Kejadian ini mendatangkan ide baru untuk bisnisnya

proses kita buat sendiri kemudian kita campuri dengan di negeri kita sendiri itu karena banyak sapi yang tidak produktif Fauzan memutuskan untuk menjual sapi sapi yang masih hidup untuk menurunkan biaya operasional

baca juga

    Berapa lama dari kejadian erupsi sampai kering bisa bangkit lagi dan justru muncul ide untuk menambah value atau nilai dari sudut ke sana gitu

    Ya udah kita konsep tapi akhirnya kita tarik jadi 3 tahun lebih cepat Oke gitu waktu itu kita berpikir Sekarang saatnya dari susu yang sedikit ini kita tambahin value biar kita bisa dijual harganya lebih menguntungkan lebih menguntungkan karena kalau kita jual ke koperasi atau pabrik susu murni saja yang kecil itu kurang kurang menguntungkan gitu Jadi kita harus mengambil value dan beri nama

    memutar Otak Menaikan kembali Bisnis Susu Kalimilk

    Putar otak untuk kembali membangkitkan bisnisnya ia mengajak para petani untuk bermitra dengan nya pemikiran yang digagas Faudzan berbentuk plasma yang membina para petani di Wonorejo dan Boyolali

    kelompok-kelompok tersebut diketahui seorang petani yang mengevaluasi dan memberikan penyuluhan jika petani mengambil sapi mereka cukup membayarnya dengan susu para petani senang dengan sistem kemitraan ini karena harga susu dibayar lebih tinggi dibandingkan dengan tengkulak

    harganya sekitar Rp5.000 setengah sekitar Rp7.000 dan Ya Sisanya sekitar 2 jutaan bermitra dengan 70 kepala keluarga petani dengan jumlah sapi mencapai 300-an ekor

    untuk sapi nya sendiri Apakah tidak beternak juga dan mengembangbiakan atau sampai sekarang masih hanya yang sudah besar saja

    Kemudian baru di kalau yang memiliki gen gen bagus kita coba bereksperimen dengan kita kembangkan

    dengan kita coba kembangkan , kita rawat gitu coba coba breeding lagi kita kita terima lagi tapi kalau misalnya fokus kita tetapkan mencari bibit-bibit yang bagus untuk besarkan terus kemudian kita produksi susu nya harus sesuai dengan target yang kita capai 24 l 25 pagi

    Ini proses pemerahan yang lagi merah nih , ntar sore saat ini jadi ntar sore ini yang kedua kali lagi sampai sore

    dari proses ini baru kita bawa nanti ke pengolahan kita kita kita di sana terus kemudian dari ketawa itu kita bawa ke Store Store yang udah ada yang baru ke energi dari sini masuk ke mesin elektrik itu namanya

    kalau sudah dijelaskan secara lebih detail lagi seperti apa sih proses lama di sana susu ini jadi kalau misalnya ini prosesnya ada yang susu murni susu yang ada faktor lain UHT dan pasteurisasi dipanaskan sampai 2 derajat

    dan beda waktu lama pemanasan nya Kalau kalimat sistem ini Kita pakai sistem elektrikal tanpa dipanaskan di dalam hati dan pasrah itu karena dia

    Panaskan itu ada beberapa memang zat yang hilang isinya dengan kalimat sistem ini lebih efektif hasilnya ke dalam tabung atau seperti apa tidak bentuknya dia itu seperti dari pipa kemudian ada elektrikal pemanasnya kemudian baru ke tabung tabung itu baru ke cooling tempat pendingin yang ada kata distribusikan ke Berapa lama proses proses cepat itu cuman paling lama 20 menit

    Berapa liter kapasitas memang dia sekali proses itu ? ada yang 250 liter alir proses itu 250 liter setelah berhasil

    Bangkit dari keterpurukan akhirnya Fauzan membuka Store pertamanya dengan menyewa kebun singkong modal awal rp9.000.000 dihabiskan untuk membayar sewa satu setengah juta Rupiah per tahun serta membeli gelas dan piring setelah tadi

    baca juga

      Pada saat malam tahun baru menuju tahun 2011

      Fauzan mengundang para tetangganya untuk mencicipi minuman susu kreasinya secara gratis hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut mulai

      berkembang pesat di mana cukup jujur karena memang saya suka

      jadi pada saat walaupun dua tapi itu kadang dari saya dari peternakan habis-habis dua bagian tembok rumah

      saya bawa ke rumah itu biasa saya buat sendiri ya ini cookies karamel sendiri ya tidak ada tidak ada

      Jadi kita proses kita buat sendiri kemudian kita campuri dengan bibir kita sendiri gitu terus kemudian kalau ada tamu itu kita subuh ini susu ini pada saat awal menjual susu dengan campuran berbagai macam rasa

      Fauzan mampu menjual 15 liter susu per harinya atau sekitar 40 gelas hingga kini di hari ke 21 para tetangganya antri untuk membeli minuman di kali milk semakin tingginya permintaan akhirnya membuat

      Fauzan membuka Story yang lebih besar namun dengan harga yang terjangkau expand dari pada saat motor satu setengah tahun per tahun sampai akhirnya bisa memiliki AKP pertama kali di mana

      Kami juga modal untuk membuat Cafe itu berapa banyak jadi kita ada beberapa greya disetor kita ini ada yang setor yang sangat sederhana karena orang suka kalau di Jogja yang murah

      selanjutnya kita buka cabang kedua yang yang juga tempatnya juga Umi gitu ya itu kita butuh modal sekitar 600-700 juta itu kita berharap

      Konsep ini tuh bisa masuk di tingkat kabupaten kedepannya karena kita pengen kali ini jadi susu yang nama asli Indonesia gitu asli Indonesia produksi asli Indonesia juga dan membuat masyarakat Indonesia dan kemudian kita bikin Store yang premium Stone premium Store yang sekarang ini dia ini 

      Harga yg terjangkau sepertinya menjadi strategi yang tepat diterapkan di kota pelajar Yogyakarta karena alasan itu pula lah akhirnya banyak mahasiswa yang menjadi pelanggan tetap kali atau biasa disebut dengan nama sebutan itu terinspirasi dari kegiatan nenen atau pemberian ASI yang mempererat jalinan hubungan antara seorang ibu dan anaknya itu jugalah yang diinginkan Kalimilk dengan para pelanggannya apalagi susu juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh

      Emang kita harus bisa memiliki sebuah kemauan tekad yang memang tidak bisa patahkan kalau kita sudah punya visi bagaimana untuk mencapai itu kita harus hadapi apapun rintangannya jangan mudah menyerah jangan mudah patah hati maju terus Insya Allah semuanya akan semakin tinggi permintaan tentunya menuntut peningkatan suplai atau pasokan

      Hal inilah yang terjadi pada bisnis Kalimilk saat awal memulai bisnis tour kebutuhan susu per hari hanya mencapai 15 liter namun saat ini kebutuhan susu kali mencapai 5000 liter per hari

      dipesan oleh para pelanggan di 3 Store yang ada di Yogyakarta dengan harga yang pas link murah untuk minuman Rp8.000 maka dipastikan setidaknya omset perhari kali lebih dari 100 juta Rupiah

       juga ada mengandung susu atau bebas aja gitu Jadi kalau makanan kita memang kita pendukung makanan pendukung yaitu karena kita berharap kalian ke sini sendiri menjadi brand susu itu

      ini kan bukan Cafe gitu tapi ini ada Store yang menjual susu itu ini makanan-makanan pendamping tapi walaupun kebanyakan dari Kita

      minuman yang aku kirim karamel karamel ini juga sebenernya juga buatan kita sendiri oke produk karamel kalau makanan-makanan juga yang ini juga yang ini juga juga ini juga dari item-item favorit ini terhadap total penjualan berapa persen biasanya tetap 40% itu tidak hanya makanan pendukung saat ini kami juga menyediakan makanan utama 

      Leave a Reply

      five − 1 =

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh
      error: Content is protected !!