Bisnis Online Dengan Sepatu Rajut Handmade Asal Ketintang

Categories: Bisnis UMKM
jasa seo

undercover.co.id – Percantik Penampilan dengan Sepatu Rajut

Mengawali bisnis sepatu rajut sejak tujuh tahun lalu membuat myknittedshoes Indonesia mempunyai pelanggan sendiri. Permintaan semakin berdatangan. Namun, kekurangan tenaga menjadi kendala utama usaha sepatu rajut ini. Pelanggan pun rela antri berbulan-bulan demi mendapatkan sepasang sepatu rajut yang eksklusif dan 100 persen buatan tangan (handmade) ini.

Tidak banyak sepatu rajutan yang menjadi ladang garapan pengusaha rumahan. Padahal, sepatu rajut sangat cocok untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Karena tak banyak yang bikin, sepatu rajut pun terkesan eksklusif sekaligus unik. Hal itulah yang dibaca Dewi Arum sebagai peluang besar.

Tujuh tahun lalu, ia memberanikan diri untuk merintis usaha sendiri. Bekerja sama dengan Yanti, sang tante yang mahir merajut, Dewi mulai memproduksi sepatu rajut. Ia juga menerima pesanan sepatu berbagai model dari pelanggan.

Produk Sepatu Rajut Bisa Custom Sesuai Permintaan Pasar

Yanti—sang tante yang bertugas merajut—Dewi memasarkan kreasi rajutan melalui sistem daring (online) dan mengikuti pameran. Pembeli juga diberi keleluasaan untuk memesan model sendiri.

Sepatu rajut produksi myknittedshoes Indonesia memang tampak lucu sekaligus kuat. Tersedia sepatu untuk ukuran bayi hingga dewasa. Model sepatunya pun beragam, ada sepatu flat shoes dan sepatu converse. Semua tergantung kesukaan pembeli. Jika memiliki model sendiri, pembeli juga bisa memesan secara custom. Tak perlu khawatir sepatunya tidak awet, karena sepatu rajut ini dilengkapi sol yang kuat.

baca juga bisnis-langka-fashion-pria-kuno-dan-langka-untuk-kalangan-atas/

Antri Berbulan-bulan

Untuk memasarkan produknya, Dewi memilih pemasaran secara offline dan online. Dewi kerap mengikuti pameran demi pameran di berbagai tempat. Ia mengikuti pameran untuk mengenalkan produknya, menjaring pelanggan, serta menambah jaringan.

Di dunia maya, Dewi juga membuka lapak di berbagai platform media sosial. Dengan semua cara pemasaran tersebut, myknittedshoes Indonesia berhasil menjaring banyak pembeli, bahkan merambah hingga luar pulau. Uniknya, demi mendapatkan sepatu eksklusif ini, para pelanggan pun rela antri berbulan-bulan. Luar biasa bukan?

bisnis-online-cantik-dengan-sepatu-rajut-handmade-asal-ketintang

Sampai saat ini, sepatu rajut hanya digarap Yanti, sedangkan seorang perajut lainnya hanya menggarap kreasi rajut lainnya lainnya, seperti cardigan dan aksesoris rajut lain. Karena itulah, dibutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan pesanan sepatu rajut tersebut.

Harga Sepatu Rajut yang Sangat Terjangkau

Harga yang dipatok untuk sepasang sepatu rajut relatif terjangkau, mulai Rp 30an ribu untuk sepatu anak hingga Rp 200 ribuan untuk sepatu dewasa. “Sepatu ini ada solnya, jadi awet dan bisa dipakai kemana saja,” ujar Dewi menjelaskan produknya.

Ketika membeli sepatu, pembeli tentu juga berpikir tentang perawatannya. Meskipun berbahan rajutan, namun perawatan sepatu rajut produksi myknittedshoes Indonesia ini cukup mudah. Cukup bersihkan dengan air biasa dan sabun mandi batangan atau cair, tanpa deterjen.

Jika sepatunya kotor, cukup ditekan-tekan dan jangan diperas. “Ketika menjemur juga harus benar-benar panas. Tanpa perlu perlu digantung di paku, cukup didiamkan di bawah sinar matahari, sepatu rajut akan kembali ke bentuk semula,” tutur Dewi menjelaskan panjang lebar.

Go International

Salah seorang teman pernah memberitahu Dewi bahwa produk myknittedshoes Indonesia mempunyai prospek bagus untuk go international, asalkan diproduksi lebih banyak. Namun, sementara ini ia harus menunda mimpi tersebut. Hingga saat ini ia terkendala masalah tenaga produksi.

Yanti hanya mampu membuat sepasang sepatu rajut dewasa dalam sehari. Sedangkan untuk sepatu rajut anak-anak, Yanti bisa menyelesaikan hingga tiga pasang perhari. Untuk menambah tenaga produksi, ia kesulitan merekrut SDM yang sesuai dengan harapannya.

Karena itulah, gadis berusia 24 tahun ini sangat berharap ada yang mau bergabung ke dalam usahanya, terutama yang sudah mempunyai skill merajut. Pihaknya sempat menawarkan kerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat untuk memberi pelatihan merajut pada 25 orang di setiap kecamatan. Kerjasama dengan dinas lain hingga perguruan tinggi juga sering dilakukan semata-mata untuk mengenalkan produk rajutan milik my knittedshoes Indonesia.

baca juga tiara-handycraft-berdayakan-difabel-tembus-pasar-amerika/

“Kalau daerah Tanggulangin, Sidoarjo terkenal dengan produk kulit, saya ingin Ketintang (daerah tempat tinggal Dewi) terkenal dengan produk rajut,” kata Dewi menyebutkan keinginan besarnya.

Gadis murah senyum ini sangat berharap para pemegang kebijakan seperti walikota dan gubernur dapat lebih meningkatkan perhatian kepada usaha kecil seperti miliknya dengan bantuan dana, fasilitas pameran hingga pelatihan.

Profil Usaha:

Nama Usaha   : myknittedshoes Indonesia

Owner             : Dewi Arum

Lokasi              : Ketintang Surabaya

Toko                : ITC Mega Grosir Surabaya Lt. 2 Blok P17.2

No telepon      : 081270217636/083854381003

Pin BBM          : 21E319CD

Twitter             : @myknittedshoes_

Instagram        : myknittedshoes_indonesia

Email               : myknittedshoes@yahoo.com

jasa seo

Your Thoughts