Bisnis UMKM Tumpeng Mini – Beli Mobil Dari Penghasilan 1 Bulan

Categories: Bisnis UMKM
jasa seo

undercover.co.id –  Berbicara tentang sebuah ide bisnis kuliner memang tidak akan pernah ada habisnya. Di industri ini kreasi dan inovasi menjadi sebuah kunci yang harus dimiliki. Semakin hari pastinya akan semakin banyak makanan baru yang ditawarkan dan disajikan dalam rangka menarik hati pelanggan.

Akan tetapi dari banyaknya karya makanan yang disajikan, hanya sedikit saja yang akan bisa jadi pemenang. Jadi, tak heran bilamana saya katakan bahwa industri kuliner memanglah sangat menakutkan.
Bagi pebisnis apalagi pebisnis Jakarta , rasa takut memang seharusnya tidak dimiliki lagi, karena dengan rasa tersebut hanya akan menghambat usaha yang kita jalankan. Keberanian akan membawa kesuksesan bilamana didukung dengan ide-ide yang sangat brilian. Seperti contoh bisnis yang satu ini, namanya Tumpeng Mini. Suatu konsep makanan yang sangat unik dan menarik untuk kita bicarakan dalam artikel ini.
Melalui tangan kreatif nya, Ade Indra mencoba berkreasi dengan nasi tumpeng yang memiliki bentuk baru. Jika pada umumnya nasi tumpeng disajikan dalam porsi yang besar, maka Ia membalikkannya dengan membuat nasi tumpeng berbentuk mini dengan variasi warna yang beragam.
Ade menceritakan bahwa ide uniknya ini diawali dengan sebuah pengalaman. Saat itu salah seorang teman nya sedang mengadakan acara untuk istrinya, yaitu tujuh bulanan. Tradisi ini berangkat dari adat masyarakat Jawa di mana setiap ibu yang sedang mengandung anak, dan telah mencapai usia kandungan tujuh bulan, maka, Ia harus membagikan nasi tumpeng, atau disebut tumpengan.

Biasanya nasi tersebut hanya dikemas dalam nasi kotak yang biasa, akan tetapi Ade memberikan sentuhan lain dengan mempercantiknya lalu menyebarkan di jejaring sosial media.

Bisnis UMKM Tumpeng Mini - Beli Mobil Dari Penghasilan 1 Bulan

Bisnis UMKM Tumpeng Mini – Beli Mobil Dari Penghasilan 1 Bulan  – foto by dapurmoms

Pada tahun 2014, melihat tanggapan yang sangat geger kala Ade memajang foto tumpeng mini nya itu, Ia pun berpikir untuk menekuni bisnis kuliner ini. Melalui modal yang seadanya dan tidak terlalu banyak, Ia pun bergegas merintis dari awal. Selain itu, Ia pun memiliki dukungan dari usaha yang lebih dulu digelutinya sejak tahun 2009 yaitu bisnis pengemasan makanan.

Baca Juga Anak Gaul Jakarta ? Tetep Harus Waspada Bila Berbelanja Online
Ia pun menambahkan bahwa usaha Tumpeng Mini punyanya ini tidak memiliki modal yang khusus, karena ia melakukannya dengan cara bekerja sama dengan para pengusaha catering. Untuk pemasaran pun, Ia memilih saluran gratis seperti sosial media.

Biaya yang dikeluarkan paling banter hanya untuk pembuatan logo produk nya.
Meski usaha ini terdengar baru dan modern, akan tetapi Ade tetap memegang teguh budaya Jawa dalam setiap pembuatannya.

Bisnis UMKM Tumpeng Mini – Beli Mobil Dari Penghasilan 1 Bulan Ia pun sedikit menjelaskan tentang makna filosofis dari sebuah Tumpeng yang harus Tujuh, yang memiliki arti pertolongan, dan dimaksudkan bahwa tumpeng yang dibuat mesti dibarengi dengan tujuh macam lauk-pauk yang bisa diisi oleh beragam makanan khas Indonesia lainnya. Menarik sekali bahwa di kala seseorang berinovasi akan tetapi tetap memegang teguh sebuah tradisi. Itulah ciri bisnis yang edukatif.
Modifikasi yang terdapat pada Tumpeng mini Ade memang sekali lagi tidak melupakan tradisi dan sejarahnya. Isi daripada nasi nya pun sangat beragam, mulai dari, nasi padang, nasi bali, nasi kuning.

Untuk warna pun, Ia kombinasikan dengan memilih warna seperti; hijau, putih, kuning, bahkan ungu. Dalam segi tekstur atau bentuk pun ia memiliki banyak pilihan, bisa berbentuk bintang, hati burung, lumba-lumba, sampai pada rumah. Semua ia lakukan untuk membuat konsumen nyaman memilih sesuai keinginannya. Jadi, konsumen pun dapat custom tumpeng versi mereka sendiri.
Ade dengan Tumpeng Mini ini pun telah malang-melintang di berbagai kota besar, semisal; Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Dominasi permintaan untuk kuliner nya ini masih dipadati oleh masyarakat Ibu Kota dengan persentase 80% dan sisanya merupakan masyarakat dari luar kota. Faktor harga disinyalir menjadi penyebab dari perbedaan persentase permintaan tersebut.
Ia pun ternyata memiliki Tumpeng dengan ukuran lain yaitu bernama Tumpeng Midi. Ukuran yang cukup untuk dimakan oleh 2-5 orang ini dibandrol dengan harga Rp. 125.000 dengan minimum pemesanan 1-porsi. Untuk Tumpeng Mini ia bandrol dengan harga Rp. 35.000 dengan minimum order 30 porsi.

Tumpeng Mini pun pernah mendapat pesanan terbanyak dengan jumlah 3.500 porsi dalam satu kali pemesanan. Jika anda tertarik untuk memesan makanan ini sebaiknya anda melakukannya jauh-jauh hari, atau dua minggu sebelum acara. Karena tumpeng ini dibuat hanya sesuai pesanan saja.
Tak hanya kalangan umum, Ade pun menyasar kalangan selebriti untuk membantu mendongkrak usaha miliknya. Pada bulan Oktober tahun 2015 lalu, ia menggaet pasangan artis terkenal Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia dengan menyediakan 1.000 porsi tumpeng mini dalam pernikahan mereka. Dampaknya sangat besar, produk nya pun menjadi semakin tenar terbukti dengan banyaknya pengikut baru yang bertambah di akun Instagram miliknya, dan penjualan produknya pun meningkat di angka 300%.

Baca Juga 4 Reasons Marketers Should Engage Influencers In PR Strategies
Selama menjalankan bisnisnya ini, Ade menyatakan pendapatannya cukup fluktuatif. Untuk awal-awal usaha ini dimulai, Ia hanya meraup Rp. 20-30 Juta setiap bulannya.

Lalu perlahan menunjukkan kenaikan sampai pada Rp. 200 Jutaan per bulan. Sampai sekarang pun usahanya telah melejit dan meraup angka kisaran Rp. 1,2 Miliar setiap bulannya. Angka yang cukup untuk membeli Lamborghini!
Jadi, setelah baca kisah di atas, apa kalian tertarik untuk berbisnis kuliner? Semoga bisa menambah inspirasi, sampai jumpa! Bisnis UMKM Tumpeng Mini – Beli Mobil Dari Penghasilan 1 Bulan

jasa seo

Your Thoughts