jasa seo dan internet marketing
Published On: Thu, Feb 19th, 2015

Bisnis Waralaba Coffeé Shop Indonesia

jasa seo dan internet marketing

Perkembangan Bisnis Waralaba Coffeé Shop Di Indonesia | Bukan rahasia lagi, Indonesia sangat terkenal sebagai negara penghasil kopi. Benar, Negara Indonesia merupakan salah satu jajaran negara penghasil kopi di dunia. Dalam sejarah hingga tahun 2013 lalu, Indonesia berada diurutan teriga di dunia setelah Brazil dan Vietnam sebagai negeri penghasil kopi.

Bisnis kopi pun menjamur. Bukan hanya di warung-warung pinggir jalan, tetapi juga café-café dan mall-mall. Banyak jenis kopi yang ditawarkan. Juga begitu banyak barista-barista yang unggul dalam meracik kemantapan rasa kopi. Nah dari sudut pandang pengusaha, bagaimana bisnis kopi ini? Dan bagaimana perkembangannya di Indonesia? Apakah masih ada peluang untuk membuka toko kopi atau coffee shop? Mari cari tahu.

Perkembangan Bisnis Waralaba Coffeé Shop Di Indonesia

Perkembangan Bisnis Waralaba Coffeé Shop Di Indonesia

Kopi Indonesia

Sebagai negara penghasil kopi dalam jumlah yang banyak, pada tahun 2012 Indonesia setidaknya telah mampu memproduksi 748 ribu ton atau setara 6,6 % dari produksi kopi dunia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 601 ribu ton atau 80,4% dari total produksi adalah produksi kopi robusta. Sisanya sebanyak 147 ribu ton (19,6%) merupakan produksi kopi arabika.

Baca Juga  Bisnis Online Kaskus
Sebagai informasi lebih lanjut, luas lahan yang digunakan untuk sektor perkebunan komoditas kopi di Indonesia mencapai 1,3 juta hektar (ha). Dengan rincian, luas lahan perkebunan kopi robusta 1 juta ha dan luas lahan perkebunan kopi arabika seluas 0,30 ha. Sementara itu, produktivitas tanaman kopi di Indonesia baru mencapai 700 kg biji kopi/ha/tahun untuk jenis kopi Robusta serta 800 Kg biji kopi/ha/Tahun untuk jenis kopi Arabika. Sedangkan produktivitas negara tetangga kita, Vietnam, yang juga menjadi negara penghasil kopi terbanyak, produksinya telah mencapai lebih dari 1.500 kg/ha/tahun.

jasa seo dan internet marketing
Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. era says:

    waaaa, Terima kasih banyak untuk ilmunya sis. bagus banget
    buat aku yg memulai bisnis kopi, mohon restunya

  2. Dannie says:

    Saya tertarik mau buka jaga…minta info nya gan

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>