jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Thu, Feb 2nd, 2017

Buat Mahasiswa, Begini 6 Cara Bikin Hobi Jadi Bisnis!

jasa seo dan internet marketing

undercover.co.id – Punya keahlian sekaligus hobi di waktu luang? Hobi menulis? Merajut? Menggambar? Atau bermain game? Hobimu itu bisa mendatangkan uang loh! Masalahnya, banyak dari kita yang takut untuk mengambil langkah berani, padahal ada peluang di depan mata. Menjadikan hobi sebagai pundi-pundi uang memang bukan hal yang mudah, bukan pula sesuatu yang dalam semalam bisa jadi, tapi juga bukan tak mungkin. Dibutuhkan strategi untuk mengeksekusinya hingga berhasil. Jadi, bagaimana ya caranya?

bisnis mahasiswa

  1. Rencanakan dengan tepat

Untuk memulai bisnis dari hobi, kita membutuhkan rencana. Nah, rencana inilah yang merupakan konsep yang bisa kita sesuaikan nantinya dengan keadaan. Contohnya, kita ingin membuat bisnis tas rajut. Lantaran kita butuh modal, maka menabunglah hingga cukup untuk memulai bisnis dalam 6 bulan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Jika uang tersebut sudah terkumpul, kita bisa memulai bisnis. Sembari mengumpulkan uang, kita bisa terus berlatih keahlian merajut, menggali ide-ide baru untuk model rajutan kita dan memikirkan cara memasarkannya.

Baca juga: Jangan Sampai Bisnis Berantakan Karena Salah Pilih Ide! Begini 3 Cara Mewujudkan Bisnis Dari Sebuah Ide

  1. Dapatkan penjualan perdana!

Buatlah target berapa omzet yang harus kita capai pada penjualan perdana. Tahap ini di satu waktu sangan sulit dan sangat penting. Ada banyak strategi untuk mencapai penjualan perdana tergantung dari bisnis yang ditawarkan, entah itu produk atau jasa. Kalau jasa, kita bisa menawarkan free trial dan mendapatkan testimoni atau word of mouth dari situ. Kalau produk, mungkin kita bisa beriklan di media sosial. Sangat penting untuk kita memahami konsumen. Kita percaya produk atau jasa kita berkualitas dan bisa membantu konsumen, tapi belum tentu konsumen percaya begitu saja. Buktikan bahwa jasa dan produk kita memang sesuai yang mereka harapkan dengan begitu kita menghasilkan penjualan, lagi dan lagi.

  1. Maksimalkan waktu

Bagi banyak orang, bekerja full-time dan meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi sangatlah merepotkan. Antara anak-anak, kekasih, pekerjaan, hangout bersama teman-teman, kita serasa tak punya banyak waktu untuk hobi. Nah, pada tahap awal ini, kita perlu pintar membagi waktu. Mungkin kita perlu bangun satu jam lebih awal dari biasanya untuk melakukan hal lain sebelum pekerjaan sehari-hari

  1. Bangun profil online

Berbisnis di era digital, setiap orang membutuhkan profil online untuk menghasilkan omzet. Ini artinya, kita perlu kreatif dan aktiif di media sosial dan website yang menampilkan citra profesional untuk bisnis kita. Kalau enggak tau bagaimana membuat profil online yang sesuai untuk bisnis kita, coba lihat profil bisnis atau personal lain yang sejenis. Dari situ kita bisa mendapatkan ide bagaimana profil yang cocok untuk kita dan bisnis kita.

  1. Bangun jaringan

Umumnya bisnis sukses berkat jaringan atau word of mouth. Pastikan kita aktif untuk membangun jaringan dan mempromosikan bisnis. Coba temui komunitas atau orang-orang berpengaruh yang sesuai dengan segmen layanan atau produk kita, dan tawarkan kerjasama. Tentunya bertemu dengan mereka bukan tanpa persiapan. Kita harus siap dengan ‘elevator speech’. Sesuai namanya, ini adalah metode menyampaikan tentang bisnis kita secara singkat dan menarik. Contohnya, jika ada yang bertanya ‘apa pekerjaanmu?’, kita bisa langsung menjawab dengan jelas dan menarik dalam waktu singkat.

  1. Perlakukan hobi sperti pekerjaan

Jika kita memang serius ingin mengubah hobi menjadi pundi-pundi uang, penting bagi kita untuk memperlakukan hobi seperti pekerjaan. Maksudnya, pastikan kita menikmati prosesnya dan lakukan dengan serius. Pelajari bisnis yang akan kita geluti, seperti apa pasarnya, bagaimana pemasaran yang tepat, gali ide inovasi lain di bidang ini.

Baca juga: Jadi Ruang Bisnis Kreatif, Pasar Santa Digandrungi Anak Muda

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>