Cara Baru Mengembangkan Kreatifitas Manusia Dengan Teknik Scamper

zowhy.comCara Baru Mengembangkan Kreatifitas Manusia Dengan Teknik Scamper  | Tiap-tiap manusia pasti memiliki hasrat untuk selalu berkembang ke arah yang positif. Serta untuk meraih hal itu, satu diantara yang perlu kita punyai yaitu kreatifitas. Dengan kreatifitas kita dapat meningkatkan diri dengan beragam langkah maupun dengan membuahkan satu karya.

Tetapi nyatanya untuk jadi seseorang pribadi yang kreatif tidaklah senantiasa gampang. Pertama kalinya yang perlu kita mengerti yaitu, pada intinya tiap-tiap orang lahir dengan kreatifitas nya semasing. Selanjutnya tinggal kita meningkatkan diri, satu diantaranya yaitu dengan tehnik Scamper yang bakal kita ulas pada artikel kesempatan ini.

Utamanya Mempunyai Kreativitas

Kreativitas bisa disimpulkan sebagai sistem mental yang diperuntukkan untuk menimbulkan satu ide atau rencana baru, yang tambah baik dari yang telah ada terlebih dulu. Kekuatan otak untuk membuat suatu hal atau berdaya cipta, pada akhirnya dapat menimbulkan inovasi yang pastinya berguna baik untuk sang kreator ataupun untuk orang lain.

Sambungkan dengan kesiapan seorang hadapi dunia profesional baik itu pekerjaan ataupun type karier apa pun, kreatifitas pasti jadi hal yang begitu utama. Satu diantara argumennya yaitu saat melakukan kesibukan pasti kita tak lepas dari permasalahan yang mungkin saja nampak setiap waktu. Serta dengan kreatifitas lah, kita dapat mencari jalan keluar yang pas untuk merampungkan permasalahan itu.

Artikel lain : glamrock-bisnis-kafe-sehat-ala-penyanyi-rock/

Diluar itu kreatifitas juga jadi pembeda pada satu orang dengan yang lain. Dalam konteks persaingan, pasti mereka yang kreativitasnya lebih tinggi semakin lebih gampang sukses meraih maksud daripada mereka yang kurang memiliki kreatifitas.

Tehnik Scamper Untuk Tingkatkan Kreatifitas Diri

Seperti yang sudah di sampaikan sebelumnya, serta lihat demikian utamanya kreatifitas untuk seorang, ada satu tehnik spesial yang di desain agar bisa tingkatkan kreatifitas. Tehnik itu yaitu tehnik Scamper.

Tehnik Ini pertama kalinya diperkembang oleh Bob Eberle, sebagai jalan keluar untuk seorang yang terasa kalau kreatifitas dalam dianya belum dimaksimalkan dengan baik. Dari situlah Bob berpikir serta pada akhirnya merumuskan tehnik yang terbagi dalam sebagian kata yang disusun jadi tehnik Scamper.

Pada intinya tehnik ini bekerja lewat cara menolong seorang pikirkan pergantian agar bisa bikin satu product atau karya yang telah ada terlebih dulu jadi karya baru, bahkan juga yang begitu tidak sama dari bentuk aslinya. Dengan memaksa otak untuk berpikir mencari alternatif baru bakal suatu hal hal, pada akhirnya membiasakan otak untuk dapat memikirkan kreatif.

Tehnik Scamper sesungguhnya singkatan dari 6 huruf yaitu S (substitute), C (combine), A (adapt), M (modify), P (put to another use), E (eliminate) serta R (reverse). Dengan cara komplit pengertiannya dapat dipahami seperti di bawah ini :

S : substitute (pengganti) : komponen pendukung, bahan, manusia

C : combine (gabungan) : kombinasi, penggabungan barang atau layanan lain, mengintegrasikan

A : adapt (menyesuaikan) : merubah, beralih manfaat, memakai beberapa dari elemen lain

M : modify (modifikasi) : tingkatkan atau kurangi taraf, beralih bentuk, memodifikasi atribut (umpamanya warna, dan sebagainya)

P : put to another use (digunakan untuk pemakaian yang lain)

E : eliminate (menyingkirkan) : meniadakan elemen, menyederhanakan, serta lain-lain

R : reverse (memutar/membalikkan) : memutar dari dalam ke luar atau dari atas ke bawah, juga memakai pembalikan

Tentang contoh pemakaiannya, kita ibaratkan kalau anda adalah seseorang insinyur yang bergerak dalam bagian pembuatan mur serta baut di satu perusahaan. Lantas saat itu Anda disuruh untuk bikin satu product mur serta baut yang baru serta inovatif. Disini kita dapat mengaplikasikan tehnik sekam per ini.

Pertama kita dari mulai substitute, kita kenali kalau mur serta baut biasanya terbuat dari baja. Kita dapat memikirkan bahan apa yang dapat menukar, salah satunya mungkin saja dapat kaca, plastik atau mungkin saja fiber carbon yang di rasa lebih kuat. Selanjutnya menggabungkan, kita dapat menggabungkan kan product mur serta baut itu dengan product lain seumpama kunci cocok. Jadi kita dapat bikin product pada mur, baut serta kunci cocok dalam satu paket.

Untuk poin selanjutnya yaitu menyesuaikan, kita dapat merubah memiliki bentuk bentuk mur yang lebih unik, seumpama bentuk bintang. Setelah itu, kita dapat memodifikasinya mungkin saja dengan warna yang tidak sama atau membuat mur yang dapat di buka dengan gampang bahkan juga cuma memakai tangan.

Untuk setelah itu yaitu poin menyingkirkan, kreatifitas dapat kita tanamkan dengan bikin baut yg tidak memiliki kepala. Jadi nanti bakal terpasang dengan cara permanen. Serta poin paling akhir membalikan, seumpama kita dapat bikin mur serta baut yang sistem pemasangannya terbalik dari arah umumnya.

Baca juga : wanita-tokoh-kemanusiaan-dunia-peraih-hadiah-nobel/

Sebagian poin diatas adalah contoh bagaimana tehnik Scamper bisa menyebabkan kreatifitas kita untuk bikin product baru dari hal yang telah ada terlebih dulu. Seringkali inspirasi yang dihasilkan bakal tampak aneh bahkan juga tak umum, tetapi bukanlah mustahil product itu akan di terima bahkan juga dikira sebagai inovasi baru. Tertarik coba tehnik ini? Cara Baru Mengembangkan Kreatifitas Manusia Dengan Teknik Scamper  

Leave a Reply

five × five =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!