Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Jasa & OL SHOP

Penjualan jasa berbeda dengan produk nyata, terutama dalam hal pemasaran. Tak adanya objek yang dapat di display menjadi kendala pemasaran bisnis jasa. Karena itu, Anda harus mengetahui cara pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan jasa. Coba cara berikut ini agar bisnis jasa Anda berkembang.

 

Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Jasa & OLSHOP

  1. Tawaran Tanpa Ribet

Hindari penawaran jasa yang ribet dan memusingkan pelanggan. Buatlah tawaran sesimple mungkin secara efisien. Jasa biasanya memberikan solusi anti ribet bagi pelanggan. Karena itulah jangan membuat mereka ribet meski baru di awal penawaran.

  1. Layanan Cepat dan Tepat

Berikan layanan yang cepat namun tidak asal-asalan. Layanan cepat dan tepat akan sangat disukai pelanggan. Minimalisir kesalahan dan bergerak cepat begitu mendapat order merupakan dua aspek yang berdampak besar pada kepuasan pelanggan sehingga mampu meningkatkan penjualan jasa Anda.

  1. Kinerja Baik

Pastikan karyawan Anda memiliki kinerja yang baik dan profesional. Mereka lah ujung tombak dalam pelayanan jasa. Jika kinerja mereka oke, pelayanan mereka baik, maka penjualan jasa akan terus meningkat. Belum lagi prestasi pegawai akan berdampak pada brand jasa Anda.

  1. Harga Sesuai Pasaran

Pasanglah harga sesuai dengan standar dan pas dalam pandangan konsumen. Hal ini tentu disesuaikan dengan target pasar Anda. Jika kalangan menengah ke atas menjadi pasar Anda, maka harga mahal bukanlah masalah dengan catatan layanan diberikan secara profesional. Namun jika target Anda menengah ke bawah, maka Anda harus memikirkan harga yang kiranya dapat dibayar konsumen. Pasang lah harga yang masuk akal dan rasional bagi mereka.

  1. Ikuti Tren

Ketahuilah perkembangan tren, ketahui apakah layanan Anda sesuai dengan tren yang ada atau tidak. Sinkronkan layanan Anda dengan tren yang ada. Dengannya Anda dapat meraih pelanggan dari kalangan usia mana pun, serta dapat meningkatkan penjualan jasa.

  1. Manfaatkan Medsos

Aktiflah di media sosial untuk mengenalkan dan mempromosikan layanan jasa Anda pada publik. Marketting melalui medsos sangatlah efektif dan mampu membesarkan brand Anda. Pastikan anda melakukan berbagai strategi promosi di medsos untuk bisnis jasa Anda.

  1. Website

Miliki website yang berisi segala informasi tentang layanan jasa Anda, baik layanan yang diberikan, alamat atau lokasi jasa, testimoni pelanggan, kontak yang dihubungi untuk pemesanan, customer service dan lain sebagainya. Buatlah website Anda dengan menerapkan SEO agar selalu berada di halaman pertama search engine.

  1. Beriklan

Pasang iklan secara online dan offline, baik di radio dan surat kabar hingga Google Ads dan iklan-iklan di medsos. Cara ini memerlukan anggaran yang tak sedikit. Namun jika Anda mampu membuat iklan yang menarik, maka dampaknya akan sangat besar bagi peningkatan penjualan jasa Anda.

  1. Memberikan Solusi

Bisnis di bidang jasa haruslah memberikan solusi bagi pelanggan. Solusi apa kiranya yang Anda berikan bagi mereka, lalu apakah solusi tersebut dapat diterima dan memudahkan kehidupann mereka. Hal-hal tersebut perlu Anda pertimbangkan masak-masak. Pastikan Anda memberikan solusi bagi konsumen dalam memudahkan hidup mereka.

  1. Layanan Ekstra

Jasa adalah tentang bagaimana layanan yang diberikan. Karena itulah layanan haruslah menjadi hal utama di bisnis jasa. Pastikan segala pelayanan yang diterima pelanggan selalu baik dan profesional. Pelayanan ekstra ramah juga menjadi poin penting untuk bisnis jasa.

Demikian sepuluh cara yang bisa Anda lakukan. Apapun cara yang dipilih, fokuslah pada satu hal, yakni kepuasan pelanggan. Itulah kunci sukses bisnis jasa yang menentukan apakah penjualan jasa Anda akan terus meningkat atau berakhir mati dan gulung tikar. Jadikan kepuasan pelanggan adalah prioritas dan tujuan utama. Inilah cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan jasa dan memperbesar brand Anda.

 

Raih Banyak Pelanggan! Ini 10 Cara Meningkatkan Penjualan Olshop

 

Olshop atau toko online yang sudah berjalan cukup lama sering kali kesulitan menambah jumlah pelanggan. Para pembeli yang datang itu-itu saja hingga sangat sulit meningkatkan omzet penjualan. Jika Anda mengalami masalah serupa, cobalah beberapa cara berikut untuk meraih pelanggan baru dan tentunya meningkatkan penjualan olshop Anda.

  1. Buka Sistem Reseller

Buatlah sistem penjualan reseller atau referral dengan menjanjikan insentif yang menarik. Makin banyak yang terlibat penjualan, makin luas penjualan dan makin besar kesempatan mendapat pelanggan baru. Selain itu, Anda dapat mengambil peran membuka peluang usaha kepada siapa saja.

  1. Buka Penjualan Grosir

Cobalah menjual produk dengan sistem grosir namun juga tetap melayani eceran. Dengan perbedaan harga antara grosir dan eceran, Anda membuka kesempatan untuk mendapat pelanggan yang membeli dalam jumlah besar. Tentu cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan olshop.

  1. Ubah Gaya Marketing

Buatlah kampanye marketing dengan gaya baru yang berbeda dari biasanya. Buatlah tampilan marketing dengan menargetkan pasar yang berbeda dari sebelumnya. Penyegaran ini juga dapat dilakukan dengan mengubah tampilan toko online atau olshop serta media sosial.

  1. Pasang Iklan

Jika Anda sebelumnya telah memanfaatkan iklan, baik content ads ataupun pay per klik ads, mungkin Anda perlu memperluas dan menambah advertising dengan gaya berbeda. Misalkan saja dengan memasang di media cetak atau radio. Jika Anda ingin tetap fokus pada advertising digital, maka buatlah dengan kata kunci yang berbeda.

  1. Buat Sayembara

Mengadakan sebuah kontes atau sayembara di media sosial sering kali dilakukan para pelaku usaha. Tirulah cara tersebut untuk meraih pelanggan baru dan meningkatkan penjualan Anda. Cara ini sangat efektif untuk menambah database calon pelanggan potensial serta menambah jumlah follower ataupun fans akun usaha Anda.

  1. Rambah Pasar Luar Negeri

Menambah jumlah pelanggan berarti membuka target pasar baru. Cobalah kesempatan ekspor dengan merambah pasar luar negeri. Raih banyak calon pelanggan dari luar negeri agar penjualan Anda meningkat tajam. Namun untuk melakukan cara ini, Anda perlu melakukan penerjemahan olshop ke mode bahasa Inggris, serta membuka sistem pembayaran yang memudahkan pembeli luar negeri, paypal misalnya.

  1. Buka Toko di Marketplace Global

Masih menargetkan pasar asing, Anda juga perlu membuka gerai di marketplace global seperti Alibaba, eBay ataupun Amazon. Tentu bukan hal mudah. Selain membutuhkan skill bahasa Inggris yang mumpuni, Anda juga dituntut mengikuti pola marketplace mereka yang tentu berbeda dari marketplace lokal. Namun jangan menyerah, semua hal itu bukan mustahil untuk dipelajari.

  1. Niche Pasar

Memperluas penjualan juga bisa dilakukan dengan membuat sebuah toko niche. Fokuslah pada pelayanan tertentu di sebuah Nice pasar. Cara ini akan memperluas target pasar hingga memungkinkan Anda mendapat pelanggan baru.

  1. Tambah Produk Baru

Cara lain untuk meraih pelanggan baru ialah dengan menambah jenis produk yang dijual. Jangan ragu untuk menambah produk yang berbeda dari jualan Anda sebelumnya. Hal ini membutuhkan usaha lebih dan membuyarkan fokus produk jualan. Namun dari produk baru tersebut, Anda bisa menarik minat pelanggan baru yang nantinya dapat menjadi target produk lama Anda. Selain itu, produk baru pula dapat meningkatkan omzet penjualan olshop Anda.

  1. Tambah Varian

Jika tak ingin menambah produk baru yang melenceng dari fokus penjualan Anda, maka Anda perlu melakukan upaya penambahan varian produk. Tak hanya warna ataupun ukuran yang dibutuhkan dalam memvariasikan produk. Jika Anda ingin memperluas pasar, maka buatlah varian produk yang berbeda dari segi target usia, gender bahkan dari segi kelas masyarakat.

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Itulah sepuluh cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan olshop dengan menargetkan pelanggan baru. Namun tentu cara ini tak menampik upaya lain untuk mempertahankan pelanggan lama Anda. Loyalitas pelanggan lama tentulah harus selalu menjadi salah satu fokus utama dalam berbisnis.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!