Cara Memaksimalkan SEO di Instagram

google webmaster
Jasa

undercover.co.id – Memaksimalkan SEO di Instagram akan membantu pebisnis dalam meningkatkan penjualan. Seperti yang kita tahu bahwa bisnis online sekarang ini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah melalui Instagram. Sosial media yang satu ini memang sering dijadikan alat untuk berjualan karena banyak orang yang memakainya. Pengguna Instagram juga berasal dari berbagai usia. Ini tentu menjadi kesempatan bagi pemilik bisnis untuk memasarkannya melalui Instagram.

SEO di Instagram memang berbeda dengan yang ada pada website. Namun dengan memanfaatkan SEO, profil Anda akan lebih mudah ditemukan banyak orang. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang memiliki bisnis online. Tak perlu repot-repot melakukan promosi namun banyak pengguna yang menemukan akun jualannya.

Para ahli juga berpendapat jika Instagram adalah salah satu platform yang bagus untuk berbisnis khususnya di era sekarang. Di mana pengguna sosial media yang satu ini sudah mencapai 700-an juta di seluruh dunia. Dengan Instagram, pengguna bisa dengan mudah berbagi foto dan video. Dan inilah yang membuat para pebisnis memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan penjualan sekaligus untuk branding.

Bagaimana cara memaksimalkan SEO di Instagram?

Kemudahan dalam penggunaan menjadi alasan mengapa banyak pebisnis yang memanfaatkan platform ini. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan follower dengan trik SEO untuk Instagram.

Lalu, bagaimana trik memaksimalkan SEO pada Instagram?

1.Ubah profil menjadi bisnis

Agar lebih profesional, Anda bisa membuka pengaturan di Instagram dan memilih profil bisnis. Dengan begitu orang akan lebih mudah menemukan profil Anda. Setelah itu tambahkan deskripsi pada profil Instagram. Usahakan agar dalam membuat deskripsi sesuai dengan produk yang Anda jual. Anda bisa juga menambahkan link website jualan Anda untuk memudahkan calon pembeli mengecek barang yang akan mereka beli. Dengan tampilan profil yang jelas, maka akan membuat orang memutuskan mengikuti akun Anda.

2.Buat feed yang rapi

Berjualan di Instagram tentu ada triknya. Hindari asal-asalan dalam memposting produk. Supaya lebih menarik, sebaiknya buat feed yang rapi. Anda bisa menyesuaikan dengan warna maupun jenis produk yang akan diposting. Feed yang menarik juga merupakan salah satu cara memaksimalkan SEO, yaitu akun Anda akan lebih sering muncul. Berjualan dengan feed yang tidak tertata hanya akan membuat orang malas untuk melihat produk-produk yang Anda jual.

3.Gunakan Username yang mengandung keyword

Memangnya berjualan di Instagram harus menyertakan keyword ya? Jawabannya adalah harus. Di mana-mana yang namanya jualan agar produk mampu menjangkau banyak kalangan adalah dengan menyertakan kata kunci. Pilih Username yang mengandung kata kunci tentang produk yang Anda jual. Akan lebih bagus lagi jika Anda memilih kata kunci yang lebih spesifik. Instagram juga merupakan mesin pencari mandiri, yang mana akan membawa akun Anda dengan jangkauan yang lebih luas jika mampu menempatkan kata kunci yang tepat sasaran.

4. Keyword juga harus ada pada Hashtag

Kesalahan terbesar yang masih dilakukan saat jualan online melalui Instagram adalah tidak menggunakan hashtag. Meski dianggap sepele, ternyata ini mampu menjangkau orang lain yang sedang mencari produk yang Anda jual. Usahakan agar Anda mengandung kata kunci agar lebih tepat sasaran. Memberikan hashtag juga akan mampu mendatangkan banyak follower. Ketika seseorang sedang mencari barang yang akan mereka beli melalui Instagram, biasany mereka akan mengetikkan hashtag. Ini bisa menjadi peluang Anda dalam meningkatkan pengunjung.

5.Manfaatkan Instagram story

Berbisnis menggunakan Instagram tak melulu soal posting gambar maupun video karena Anda bisa memanfaatkan Insta story. Tersedia berbagai macam template pada Instagram story. Anda hanya perlu memainkan kreatifitas Anda dalam mempromosikan produk. Banyak pebisnis lain yang juga memanfaatkan fitur ini dan mampu dijangkau oleh banyak kalangan.

6.Membuat Caption yang menarik

Tak bisa dipungkiri bahwa caption yang bagus mampu menarik orang untuk mengikuti akun Anda. Dan ini pastinya menjadi peluang yang bagus untuk meningkatkan branding bisnis Anda. Caption yang bagus tidak harus panjang lebar. Anda tak perlu memikirkan banyak waktu untuk membuat posting panjang lebar. Yang  perlu Anda buat adalah caption yang singkat, menarik dan tepat sasaran.

Meski di luar sana banyak jasa membuat caption, alangkan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri. Namun jika memang terpaksa menggunakan jasa juga tidak masalah. Dalam membuat caption untuk jualan online, yang harus Anda perhatikan adalah kata kunci. Usahakan agar caption yang dibuat mengandung kata kunci turunan. Mengapa demikian? Hal ini untuk mempertegas produk Anda agar semakin mudah ditemukan di mesin pencari.

7.Tonjolkan visual yang menarik

Seiring banyaknya aplikasi atau edit foto yang bisa digunakan dengan mudah, maka ini adalah kesempatan Anda untuk menonjolkan visual yang menarik. Visual merupakan teknik marketing yang paling diminati dibanding konten yang biasa-biasa saja. Jadi, tugas Anda di sini adalah memikirkan bagaimana caranya agar konten Anda memiliki visual yang bagus. Hal ini tentu tidak sulit karena Anda bisa menggunakan aplikasi. Dan yang paling penying di sini adalah, buat visual yang konsisten dan memiliki ciri khas tersendiri.

baca juga

http://undercover.co.id/seo-toko-online-2/

8.Memanfaatkan konten video

Seperti yang sudah diketahui bahwa orang akan lebih tertarik dengan konten visual. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan konten video. Jika memang tidak terlalu jago dalam edit video, maka Anda bisa memilih aplikasi edit video yang mudah digunakan. Yang terpenting dalam berjualan di Instagram adalah bagaimana Anda menjadi creator untuk bisnis Anda sendiri. Tidak perlu menggunakan video yang berdurasi panjang. Dengan durasi sekitar 1 menit saja tentu sudah bisa dipakai untuk membuat promosi yang menarik.

9.Hindari Lock Instagram

Hanya untuk membuatr penasaran para pengunjung, beberapa akun jualan sering kali mengunci akun Instagramnya. Mereka berfikir bahwa dengan mengunci akun akan membuat orang lain mengikutinya karena penasaran. Cara ini justru salah. Akun jualan yang digembok hanya akan mengurangi jangkauan. Selain itu, produk mereka juga akan kesulitan jika dicari melalui hashtag. Trik berjualan memang banyak, tapi hindari untuk menggunakan trik ini karena hanya akan merugikan. Bahkan ada beberapa orang yang menemukan profil Anda dan ternyata digembik. Jika sudah begini, siapa yang rugi?

10.Berbisnislah dengan cara yang aman

Untuk menghadapi persaingan dalam bisnis, banyak orang yang akhirnya melakukan cara-cara yang justru dilarang oleh pihak Instagram. Hal ini sama ketika Anda curang dalam menaikkan rangking di Google. Beberapa hal yang harus Anda hindari saat berjualan melalui Instagram antara lain, jangan membeli follower (Ini sering dilakukan oleh pebisnis yang ingin mendapatkan hasil yang instan), hindari melakukan follow akun dalam waktu yang singkat, jangan mencuri konten orang lain dan masih banyak lagi.

baca juga

Sebelum terjun ke dunia bisnis Anda harus mempertimbangkan banyak hal termasuk banyaknya pesaing baru yang semakin banyak. Namun semua pasti bisa melaluinya dengan memanfaatkan SEO pada Instagram seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!