Cara Menggaet Konsumen Cerdas

undercovercoid 38

Ada berbagai macam tipe konsumen yang masing-masing memiliki spesifikasi, tuntutan dan layanan yang berbeda, salah satu diantaranya adalah konsumen cerdas.

Mereka yang masuk ke dalam kategori konsumen cerdas, tidak cukup hanya disuguhi pelayanan yang baik, produk yang berkualitas serta harga yang murah.

Selain ketiga faktor tersebut, mereka juga memiliki pertimbangan yang lain, seperti pertimbangan dari sisi sosial, etika lingkungan dan kemanusiaan serta yang lain.

Ternyata, populasi dari konsumen cerdas ini juga tidak sedikit. Menurut penelitian Cone Communications Echo Global CSR, prosentase konsumen yang mau berpindah ke merek lain yang menambahkan good cause atau tujuan baik pada produk mereka sebesar 91%.

Begitu juga dengan hasil survey yang dilakukan oleh Nielsen. Sebanyak 28.000 responden dari 56 negara, 46% diantaranya mengatakan bersedia membayar lebih untuk membeli produk dari perusahaan yang memiliki program untuk kegiatan sosial.

Lantas bagaimana cara dan strategi untuk menggaet konsumen cerdas?

Ciptakan Hubungan Emosional dengan Konsumen

Hubungan emosional dapat membangun empati dan kepedulian konsumen terhadap produk serta perusahaan yang menjual produk tersebut.

Jika empati sudah terbangun, maka harga menjadi nomor dua, karena yang lebih diperhatikan konsumen adalah kualitas produk serta nilai kebaikan yang diberikan oleh produk atau perusahaan terhadap lingkungan.

Itu sebabnya, bagi pengusaha atau marketer diharapkan untuk tidak bosan menjelaskan nilai lebih yang diberikan oleh produk atau perusahaan terhadap lingkungan untuk dapat membangun empati dari konsumen.

Sebagai contoh, jika Anda bergerak di bisnis pertanian organik, jelaskan kepada konsumen bahwa produk pertanian yang Anda jual diproduksi secara organik dengan memperhatikan lingkungan serta dibeli dari petani dengan harga yang pantas.

Dengan memberikan penjelasan tersebut, maka konsumen akan berpikir bahwa perusahaan tidak hanya memikirkan keuntungan semata tapi juga memperhatikan lingkungan dan kesejahteraan para petani.

Disitulah empati akan terbangun dan konsumen akan menomorduakan harga, karena perusahaan juga menjadikan keuntungan sebagai prioritas utama.

Berikan Edukasi kepada Konsumen

Konsumen cerdas bukan berarti tahu segala-galanya dan tidak mau belajar. Tapi justru sebaliknya, rasa ingin tahu mereka sangat besar dan haus untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Edukasi sangat mereka butuhkan tidak sekedar untuk menambah pengetahuan tapi juga untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat keputusan, termasuk keputusan dalam menjatuhkan pilihan terhadap produk yang akan dibeli.

Itu sebabnya, Anda juga harus lebih transparan terkait dengan produk yang dipasarkan. Sebab transparansi itulah yang dibutuhkan oleh konsumen cerdas dalam mempertimbangkan produk yang akan dibeli.

Untuk membangun transparansi dibutuhkan komunikasi yang intens. Komunikasi tersebut tidak harus secara langsung karena keterbatasan ruang dan waktu, tapi bisa melalui media sosial atau fitur chat yang ada di website perusahaan.

Sembari membangun komunikasi, lakukan edukasi terkait produk, baik melalui media sosial maupun website.

Hindari filter dari setiap postingan atau komentar yang ditulis oleh konsumen, sehingga konsumen yang memposting maupun konsumen yang hanya sekedar membaca ikut mengetahui apa yang menjadi persoalan dan pembahasannya.

Lewat edukasi itulah empati konsumen cerdas akan tergugah dan lewat transparansi itulah konsumen akan semakin percaya pada apa yang telah dilakukan perusahaan diluar urusan bisnis.

Ajak Konsumen Membangun Budaya yang Baik

Perusahaan yang sukses tidak hanya berhasil mengembangkan bisnisnya tapi juga berhasil mengembangkan masyarakat dan lingkungannya.

baca juga

Panduan Bisnis Online Terlengkap ( Plus 100 Daftar Bisnis Online )

Cara Mempersiapkan Bisnis Online

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Mendokumentasikan setiap aktifitas positif yang telah dilakukan oleh perusahaan bagi masyarakat dan lingkungan dan menyebarluaskan hasil dokumentasi tersebut akan memberi pengaruh besar bagi konsumen cerdas.

Selain itu, dokumentasi aktifitas perusahaan yang bersifat positif bisa memiliki fungsi ganda yaitu sebagai sarana promosi sekaligus sarana untuk membangun budaya baik bagi masyarakat. (*)

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!