Cara Menghitung ROI SEO Untuk Strategi Pemasaran Anda, Dapatkan akses ke alat SEO gratis dan canggih yang menghilangkan dugaan dalam menghitung laba atas investasi (ROI) SEO.
Pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa besar manfaat SEO bagi bisnis Anda, atau berapa banyak anggaran yang harus Anda investasikan untuk SEO?
Apakah Anda terkadang khawatir upaya SEO Anda tidak akan menghasilkan keuntungan yang cukup untuk membenarkan biayanya?
56% bisnis kecil masih belum menggunakan SEO atau tidak yakin apakah SEO merupakan bagian dari strategi pemasaran mereka.
Itu berarti bahwa 56% bisnis kecil menutup pintu mereka terhadap sumber trafik gratis yang selalu ada.
Kemungkinannya adalah, pesaing Anda mungkin tidak memulai kehadiran online mereka dengan SEO, sehingga investasi ke dalam pengoptimalan mesin pencari adalah cara yang bagus untuk maju.
Tapi bagaimana Anda dapat menunjukkan nilai sebenarnya dari SEO?
Bagaimana cara Anda meyakinkan klien atau atasan Anda bahwa SEO itu sepadan dengan usaha yang dilakukan?
Kami telah menciptakan alat yang ampuh untuk menghilangkan dugaan Anda.
Hari ini, kamu akan belajar cara menghitung laba atas investasi (ROI) SEO.
Mengapa ROI SEO Penting Untuk Bisnis?
Sulit untuk mengeluarkan uang jika Anda tidak yakin bagaimana hal itu akan menguntungkan Anda di kemudian hari.
Anda mungkin sudah tahu bahwa SEO menawarkan biaya per prospek terendah dari semua saluran pemasaran.
SEO juga membantu memecahkan kode pada pencarian organik.
Tempat nomor satu di halaman hasil pencarian Google (SERP) menerima setidaknya seperempat dari pangsa lalu lintas organik, jadi berinvestasi dalam SEO dapat menyamakan kedudukan dengan pesaing Anda.
Namun, meskipun SEO adalah salah satu alat pemasaran paling terjangkau yang tersedia, Anda mungkin perlu mengetahui apakah biaya tersebut akan terbayar.
Kita dapat menyimpulkan bahwa peringkat yang lebih baik sama dengan lebih banyak lalu lintas dan konversi, tetapi bagaimana hal itu diterjemahkan ke dalam jumlah dolar?
Seperti yang bisa Anda bayangkan, tidak ada yang bisa menggantikan data yang nyata (atau bahkan perkiraan).
Ketika Anda dapat membuktikan dengan angka – daripada konsep teoritis – bahwa SEO itu bermanfaat, Anda akan mendapatkan “Powers That Be”.
Apa yang Menantang Tentang Menentukan Pengembalian Investasi SEO (ROI)?
Meskipun demikian, tidak selalu mudah untuk mendapatkan data granular semacam itu untuk ROI SEO.
Untuk satu hal, tidak ada yang tahu kapan atau bagaimana Google akan memberi peringkat pada situs web tertentu. Bahkan jika Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, segala hal mulai dari pembaruan algoritma hingga masalah teknis situs web dapat memperlambat kemajuan Anda.
Meskipun kita pikir kita tahu apa yang diinginkan Google, kita tidak dapat mengontrol seberapa cepat hasil muncul – atau apakah sebuah kampanye akan bekerja seperti yang kita pikirkan. Kami dapat membuat prediksi berdasarkan pengalaman kami, tetapi tidak ada jaminan SEO.
Dan tidak seperti iklan display atau PPC, yang menawarkan jawaban langsung di ujung jari Anda, SEO membutuhkan lebih banyak kompilasi data dan pengetahuan umum untuk menentukan apakah Anda bergerak ke arah yang benar.
Mengisolasi data juga bisa menjadi tantangan saat Anda mengejar strategi pemasaran digital multi-cabang.
Karena sebagian besar teknik pemasaran cenderung bekerja paling baik jika digabungkan dengan satu sama lain, mencari tahu sumber kesuksesan Anda tidak selalu mudah.
Terakhir, karena SEO adalah solusi jangka panjang, mungkin terlihat seperti kemajuannya terhenti. Bagi orang-orang yang terbiasa melihat hasil langsung, SEO bisa terasa seperti lompatan besar.
Jadi, Anda perlu meyakinkan pimpinan Anda untuk bertahan dengan menunjukkan ROI dari SEO.
baca juga
- GTmetrix
- Konten Interaktif: 10 Jenis Untuk Melibatkan Audiens Anda
- Cara Mengoptimalkan Arsitektur Situs Web Untuk SEO
- Cara Menghitung ROI SEO Untuk Strategi Pemasaran Anda
- 14 SEO Agency Terbaik di Asia
Apa Cara Terbaik Untuk Mengukur ROI SEO?
Di Semify, kami telah menemukan alat yang dapat diandalkan yang dapat menunjukkan dampak potensial SEO dari waktu ke waktu – kalkulator ROI SEO.
Ketika dipasangkan dengan riset kata kunci terkini, Anda akan dapat langsung mengetahui seberapa menguntungkan upaya pengoptimalan pencarian Anda!
Di bawah ini, kami akan memandu Anda tentang cara menghitung laba atas investasi SEO Anda.
Langkah 1: Unduh Kalkulator ROI SEO Gratis
Langkah pertama Anda adalah mendapatkan kalkulator ROI SEO yang dapat disesuaikan yang memungkinkan Anda untuk memasukkan informasi Anda dan langsung mengetahui seberapa menguntungkan strategi SEO Anda.
Untuk membuatnya mudah, kami telah membuat kalkulator ROI yang mencakup proyeksi 1 bulan dan proyeksi 18 bulan untuk jadwal peringkat yang lebih realistis.
Dengan angka-angka ini, Anda dapat menetapkan ekspektasi yang lebih baik dan menunjukkan nilai SEO.
Langkah 2: Lakukan Pemilihan & Pemeringkatan Kata Kunci
Untuk menghitung ROI untuk strategi SEO Anda, ROI kalkulator SEO Anda perlu diketahui:
Kata kunci mana yang Anda rencanakan untuk ditargetkan.
Berapa volume pencarian bulanan setiap kata kunci target.
Setelah Anda memiliki dua informasi ini, yang mungkin sudah ada dalam strategi SEO Anda, cukup tambahkan ke kalkulator ROI SEO.
Cara Menemukan Volume Pencarian Bulanan Kata Kunci
Hari ini, kita akan berpura-pura membuktikan ROI SEO untuk dokter gigi lokal hipotetis.
Untuk mendapatkan ROI yang paling akurat, Anda harus memastikan bahwa Anda memilih kata kunci berekor panjang yang secara khusus sesuai dengan maksud dan relevansi pencarian prospek Anda.
Jadi, alih-alih hanya menargetkan [dokter gigi], kami sarankan untuk menargetkan [dokter gigi Jakarta ] sebagai gantinya.
Selanjutnya, masukkan [dokter gigi Jakarta] ke dalam alat penelitian kata kunci SEO favorit Anda untuk menemukan volume kata kunci, atau penelusuran bulanan.
Kata kunci [dokter gigi Jakarta] memiliki sekitar 1.600 penelusuran bulanan.
Langkah 3: Temukan Rasio Klik-Tayang (RKT) Anda
Rasio klik-tayang SEO Anda adalah persentase pengguna yang melakukan pencarian yang relevan dan kemudian mengklik ke situs Anda.
Rasio klik-tayang penelusuran organik sebagian besar ditentukan oleh di mana situs muncul di SERP – semakin dekat ke posisi satu, semakin besar kemungkinan situs Anda diklik.
Lebih dari 25% pengguna akan mengklik hasil pencarian organik pertama.
RKPT turun secara eksponensial setelah posisi pertama.
Jika Anda mengunduh kalkulator ROI SEO kami dan menavigasi ke menu tarik-turun untuk posisi peringkat Anda, Anda akan melihat bahwa rasio klik-tayang secara otomatis menyesuaikan untuk mencerminkan angka-angka ini.
Langkah 4: Tambahkan Rasio Konversi Rata-Rata Anda
Dalam konteks ini, rasio konversi mengacu pada persentase pengunjung yang datang ke situs web dan menyelesaikan tindakan yang diinginkan.
Jika Anda mengetahui rasio konversi Anda sendiri, berdasarkan sasaran bisnis, tujuan, dan tindakan pengunjung yang diinginkan, masukkan ke dalam baris CTR pada kalkulator Anda.
Jika Anda tidak mengetahui tingkat konversi rata-rata Anda:
Cari industri Anda pada bagan analisis tingkat konversi ini.
Salin persentase di bawah kolom, di baris “SEO (Penelusuran Organik)”. Angka ini adalah rasio konversi rata-rata untuk industri spesifik Anda.
Tempelkan angka ini ke dalam baris CTR pada kalkulator Anda.
Dalam contoh kedokteran gigi kami, kami fokus pada tingkat konversi rata-rata untuk SEO B2C dan membandingkannya dengan data , yang menunjukkan bahwa tingkat konversi dokter gigi pada umumnya berada di suatu tempat antara 1% dan 2%.
Dalam contoh kami, kami memberi dokter gigi kami manfaat dari keraguan dengan tingkat konversi yang sedikit meningkat.
Ketika Anda memasukkan data tingkat konversi Anda sendiri, kami sarankan Anda melakukan penelitian industri dan mendapatkan angka yang lebih tepat untuk bisnis atau klien Anda.
Langkah 5: Tambahkan Tingkat Penutupan Prospek Berkualitas Penjualan (SQL) Anda
Jika ini sudah ditambahkan ke kalkulator Anda secara default, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
Namun untuk ROI SEO yang paling akurat, penting untuk menentukan tingkat penutupan Anda yang sebenarnya.
Untuk klien hipotetis kami, kami menggunakan data studi untuk menentukan tingkat penutupan SQL yang sesuai. Salah satu artikel Frontspin mengutip persentase penutupan rata-rata untuk prospek yang memenuhi syarat penjualan berkisar antara 25% hingga 35%. Berdasarkan angka-angka tersebut, klien gigi kami memiliki tingkat penutupan SQL yang lebih tinggi daripada biasanya.
Meskipun Anda bisa menggunakan angka default kami, idealnya Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih tepat dari bisnis Anda atau dari klien untuk perhitungan yang paling akurat.
Langkah 6: Konfigurasikan Nilai Pelanggan Seumur Hidup (LCV) & Penjualan Baru
Nilai pelanggan seumur hidup adalah ukuran profitabilitas pelanggan selama hubungan Anda.
Meskipun banyak bisnis menggunakan angka LVC standar sebesar $10.000, kami mengetahui bahwa para ahli industri gigi memperkirakan rata-rata LCV sektor mereka berkisar antara dua hingga empat kali lebih tinggi dari itu. LCV yang lebih tinggi biasanya memiliki ROI yang lebih tinggi, tetapi kami memilih angka $10.000 dalam contoh kami untuk menjaga agar tetap konservatif.
Anda akan melihat bahwa mengubah tingkat konversi situs web Anda (serta peringkat kata kunci dan RKPT Anda) juga akan memengaruhi bidang penjualan baru Anda. Ini adalah perkiraan, jadi Anda tidak perlu memberikan informasi ini.
Anda dapat mengklik bidang tersebut untuk melihat perhitungan yang tepat.
Langkah 7: Tambahkan Pengeluaran SEO & Dapatkan ROI SEO Bulanan Anda
Dengan SEO, Anda biasanya akan mendapatkan apa yang Anda masukkan. Tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan jutaan dolar untuk melihat keuntungan.
Dalam contoh kami, kami menebak bahwa klien dokter gigi kami mungkin menghabiskan $2.000 per bulan untuk SEO. Jangan ragu untuk bermain dengan angka tersebut.
Inilah Kesempatan Anda Untuk Membuktikan Nilai SEO
Sebagai pemasar, kita tahu bahwa SEO bernilai investasi. Tapi Anda akan membutuhkan argumen yang lebih meyakinkan jika Anda ingin orang lain percaya.
Mempersonalisasi potensi hasil dapat membuat pemasaran terasa jauh lebih nyata. Dan ketika hasil yang diharapkan jelas, maka akan sangat sulit untuk menyangkal kekuatan SEO.