Jasa

Undercover.co.id – Untuk para pelaku bisnis, mungkin sudah familiar dengan fitur Google My Business atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut Google Bisnisku. Ya, Google Bisnisku adalah sebuah fitur yang ditawarkan Google untuk memberikan sarana promosi gratis bagi para pemilik bisnis.

Biasanya anda akan dapat melihat fitur Google Bisnisku ini di bagian paling kanan dari halaman pencarian. Jika ada yang mencari nama bisnis anda, maka segala informasi tentang bisnis anda mulai dari nama, alamat, nomor telepon, waktu operasional, dll akan muncul.

Kehadiran Google Bisnisku ini tentu sangat mudah karena dapat memudahkan pengunjung untuk menemukan bisnis anda. Google Bisnisku juga dilengkapi berbagai fitur yang memfasilitasi untuk bisa berkomunikasi dengan konsumen, seperti fitur chat, telepon, review, dan Tanya jawab.

Lalu bagaimana cara terbaik memanfaatkan fitur gratis ini untuk mempromosikan bisnis? Berikut adalah beberapa cara mengoptimalkan penggunaan Google Bisnisku:

Masukkan data selengkap-lengkapnya

Akan ada banyak data seputar bisnis anda yang diminta oleh Google, seperti contact person, alamat, hingga waktu operasional. Sebaiknya anda mengisi dengan baik semua informasi ini tanpa terlewatkan.

Bisnis yang memberikan informasi paling detail dan akurat akan mudah untuk dicari oleh pengunjung. Jadi pastikan informasi bisnis anda lengkap dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung seperti apa jenis bisnis yang anda lakukan, di mana tempatnya, dan bagaimana cara mendapatkan barang atau jasa yang anda tawarkan.

Masukkan keywords atau kata kunci

Seperti halnya strategi Search Engine Optimization atau SEO yang sering diterapkan pada website, Google Bisnisku juga mengedepankan pentingnya keywords untuk menaikkan rating pencarian. Sehingga, memasukkan keyword atau kata kunci pencarian yang penting dan berhubungan dengan bisnis anda dapat sangat membantu.

Anda bisa memasukkan keyword ini di bagian deskripsi atau juga saat anda mem-posting sesuatu.

Masukkan waktu operasional yang tepat

Google Bisnisku dapat mencantumkan waktu operasional bisnis anda, mulai dari jam buka sampai jam tutup. Penting juga untuk memasukkan waktu operasional offline bisnis anda yang sesungguhnya.

Google Bisnisku juga menyediakan fitur yang bisa menyesuaikan jam operasional pada saat hari libur atau hari penting lain. Jika ada waktu saat jam operasional bisnis anda berubah, anda sebaiknya segera menyesuaikan jam operasional yang tertulis di Google Bisnisku supaya jika ada pengunjung yang datang tidak salah.

Masukkan foto

Foto dapat sangat membantu pencarian bisnis anda. Data menunjukkan bahwa bisnis yang mencantumkan fotonya di Google Bisnisku mendapatkan 42% lebih banyak permintaan pemberitahuan arah jalan menuju lokasi bisnis, dan 35% lebih banyak kunjungan ke website-nya dibandingkan dengan bisnis yang tidak mencantumkan foto.

Foto juga bisa membantu calon pembeli untuk mengidentifikasi lokasi bisnis anda secara langsung. Selain foto bangunan lokasi bisnis, anda juga bisa menambahkan berbagai foto lain seperti foto menu makanan, contoh produk, dll.

Balas review

Google Bisnisku menyediakan fitur di mana pengunjung bisa meninggalkan review berupa bintang dan komentar di kolom anda. Jika anda ingin meningkatkan citra bisnis anda di mata calon pembeli, anda bisa mencoba berinteraksi dengan para pengunjung yang meninggalkan review.

Tulisan di review ini juga bisa membantu menaikkan rating bisnis anda di mesin pencarian. Anda bisa menyarankan setiap pelanggan yang selesai berbisnis dengan anda untuk meninggalkan review dengan cara memberi mereka link menuju kolom review di Google Bisnisku ini.

Manfaatkan fitur chat

Google Bisnisku juga menyediakan fitur di mana anda bisa saling berbalas chat dengan pengunjung. Fitur ini juga dilengkapi dengan balasan pesan otomatis yang bisa anda atur.

Supaya dapat menaikkan rating bisnis anda di mesin pencarian, sebaiknya anda berusaha menjaga waktu respons di bawah 24 jam, tapi lebih cepat lebih baik. Pengunjung biasanya tidak mau menunggu dan ingin pertanyaannya segera dijawab.

Google Bisnisku

Cara Membuat Postingan Menarik di Google Bisnisku

Bagi bisnis kecil ataupun bisnis rumahan, memanfaatkan Google Bisnisku adalah salah satu strategi digital marketing yang terbaik. Memberikan informasi lengkap seputar bisnis anda di Google Bisnisku bisa meningkatkan rating bisnis anda di mesin pencarian secara gratis.

Ada berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan di Google Bisnisku, salah satunya adalah fitur post. Anda bisa memuat berbagai postingan seputar bisnis anda, mulai dari promosi barang atau jasa yang anda tawarkan, penawaran-penawaran menarik, dan juga agenda event penting yang dilakukan bisnis anda.

Ada banyak jenis postingan yang bisa anda cantumkan di sini. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membuat postingan menarik di Google Bisnisku:

Jasa

Covid-19 update

Hampir semua bisnis terdampak oleh pandemi covid-19 ini, dan Google bisnisku juga menyediakan pilihan khusus bagi anda untuk dapat membuat postingan seputar perubahan pada bisnis anda karena pandemi ini.

Anda bisa menuliskan jam operasional yang berubah, jumlah pengunjung per hari yang dibatasi, atau juga teknik pengemasan dan pengantaran produk yang berubah. Semoga saja pilihan jenis postingan ini tidak akan ada selamanya, tapi untuk sementara anda bisa mencoba memanfaatkannya.

Tambahan penawaran menarik

Jika bisnis anda sedang memberikan penawaran menarik selama periode waktu tertentu, anda bisa menambahkannya ke dalam postingan Google Bisnisku. Anda bisa menambahkan tanggal awal dan akhir penawaran, headline yang menarik, deskripsi, dan juga syarat dan ketentuan yang berlaku.

Postingan seperti ini bisa menarik minat pengunjung yang sedang mencari bisnis anda. Anda juga bisa memberikan informasi lengkap untuk para calon costumer.

Tambahkan update terbaru

Anda juga bisa menambahkan berbagai update terbaru yang sedang terjadi pada bisnis anda. Beberapa diantaranya misalnya jika bisnis anda sedang membuka lowongan pekerjaan, bisnis anda baru saja pindah ke lokasi baru, atau saat bisnis anda baru saja me-launching produk terbaru.

Informasi seperti ini akan sangat membantu pengunjung yang datang. Citra bisnis anda juga bisa naik jika pengunjung melihat laman bisnis anda postingannya sering di-update.

Tambahkan event

Anda bisa membuatkan postingan khusus jika bisnis anda sedang mengikuti atau mengadakan sendiri event-event penting. Seperti misalnya, pembukaan lokasi cabang baru, open house, atau hari belanja khusus.

Pada postingan jenis ini, anda bisa menambahkan judul dan periode waktu event. Bisa juga ditambahkan jam pelaksanaan event dalam satu hari.

Tambahkan produk

Produk atau barang tentunya adalah elemen penting dalam penjualan. Anda bisa membuat postingan seputar produk-produk yang anda tawarkan beserta informasi nama, kategori, deskripsi produk, dan harga.

Google Bisnisku menyediakan fitur CTA atau Call to Action untuk mempermudah para pelaku bisnis. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengaktifkan berbagai tombol pilihan seperti Book, Order Online, Buy, Learn More, Sign Up, dan Call Now.

Anda juga bisa memberikan link menuju website anda untuk pembelian lebih lanjut. Dengan begini rating pencarian website anda juga bisa ikut naik.

baca juga

    Tambahkan foto atau video

    Saat membuat postingan anda bisa menambahkan foto atau video singkat untuk menarik minat pengunjung. Sebagai saran, foto anda sebaiknya berukuran minimal 1.200 x 900 pixel supaya kualitasnya baik, dan untuk video mungkin bisa dibuat berdurasi 10 – 30 detik.

    Perhatikan juga bahwa terkadang Google akan secara otomatis meng-crop foto postingan anda. Sehingga cek dulu apakah hasil crop tersebut bagus atau malah merusak konteks postingan anda.

    Disarankan juga untuk mengecek hasil postingan anda melalui tampilan desktop dan mobile. Karena biasanya keduanya akan menghasilkan tampilan  dan potongan yang berbeda.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    11 − nine =