Cara Meningkatkan Penjualan Asuransi Dan Tiket Pesawat

Mencari nasabah asuransi memang gampang-gampang sulit. Penolakan dan kesan negatif masyarakat pasti selalu ada. Karena itu perlu dipelajari dahulu mengenai bagaimana cara meningkatkan penjualan asuransi dengan etis tanpa terlihat agresif.

Ada banyak ragam asuransi dan masyarakat Indonesia tak familiar dengan semua itu. Apalagi asuransi merupakan layanan aset yang tak berwujud. Belum lagi image asuransi terkenal dengan biaya bulanan yang mahal namun mengecewakan jika ingin menarik premi kembali. Alhasil, masyarakat lebih memilih untuk menabung dan investasi daripada membayar asuransi.

Cara Meningkatkan Penjualan Asuransi Dan Tiket Pesawat

 

Lalu bagaimana cara menawarkan asuransi pada masyarakat agar penjualan semakin meningkat? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

  1. Tawarkan pada orang yang tepat

Kalangan menengah ke atas adalah lahan empuk untuk menawarkan asuransi. Mereka memiliki lebih banyak uang untuk membayar premi sehingga tak perlu berpikir dua kali. Berbeda dengan kalangan menengah ke bawah yang tentu saja menaruh asuransi sebagai opsi pembayaran paling akhir atau bahkan menganggapnya sangat tidak diperlukan.

  1. Bangun komunikasi

Calon pembeli hanya akan percaya jika Anda membangun komunikasi yang baik. Buat orang percaya dan jangan tampilkan hal negatif di awal penawaran. Terlalu agresif dalam menawarkan juga akan dianggap mengganggu.

  1. Asah kemampuan presentasi

Jelaskan kepada klien mengenai polis asuransi yang ditawarkan. Keberhasilan dalam menjelaskan hal tersebut akan memantapkan calon nasabah untuk mendaftar asuransi. Semakin cakap kemampuan Anda melakukan presentasi memaparkan produk asuransi, maka semakin lapang kesempatan untuk berhasil.

  1. Fokus pada perkantoran

Jika ingin meningkatkan penjualan asuransi secara besar-besaran, maka kejarlah klien karyawan kantor. Tawarkan kelebihan asuransi pada perusahaan atau kantor non-BUMN. Tawarkan pula keuntungan karyawan jika menjadi nasabah asuransi Anda. Paparkan keunikan dan kelebihan layanan asuransi Anda dibanding brand asuransi lain. Hal tersebut dapat menjadi minat utama perusahaan untuk mendaftarkan semua karyawannya menjadi nasabah asuransi Anda.

  1. Tawarkan pada kepala keluarga

Jika target penjualan lebih pada sasaran keluarga, untuk asurasi pendidikan misalnya, maka penawaran sales dan marketing yang tepat ialah pada kepala keluarga. Mengingat kepala keluarga dapat segera mengambil kebijakan dan tidak berlama-lama dalam memutuskan.

Berbeda jika menawarkan polis asuransi ke rumah-rumah lalu hanya berbicara dengan ibu rumah tangga. Mereka bukanlah pengambil keputusan untuk menyetujui polis asuransi yang ditawarkan. Karena itu, penawaran melalui kantor ke kantor lebih efektif dibanding rumah ke rumah.

  1. Raih kepercayaan

Inilah hal sulit namun bukan berarti mustahil. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mendapat kepercayaan ialah dengan tidak berdusta dan jelaskan sebenar-benarnya mengenai aturan polis asuransi. Jangan pula memberikan janji layanan yang sebetulnya tak diberikan oleh pihak perusahaan asuransi. Hal itu akan mengecewakan dan Anda tak akan lagi dipercaya.

  1. Minta referensi dari nasabah

Nasabah yang merasa puas dengan layanan asuransi adalah sumber utama mendapatkan nasabah baru. Mintalah referensi mereka untuk orang-orang yang kira-kira akan tertarik jika ditawarkan asuransi. Referensi tersebut bisa saja kerabat, teman dan kenalan nasabah Anda yang jumlahnya tentu tak sedikit.

  1. Tidak mengganggu personal

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan para sales dan marketing asuransi ialah mengganggu kehidupan personal calon nasabah. Misalnya, dengan terus menelpon atau memberikan pesan promo. Hal ini justru membuat mereka lari dan enggan mendaftar. Cara telemarketing seperti ini sebetulnya sangat mengganggu. Tak heran jika banyak penerima telepon yang segera memutus sambungan jika mendapat panggilan dari sales asuransi.

 

Demikian beberapa cara meningkatkan penjualan asuransi secara etis yang dapat dilakukan para sales dan marketing. Mengutamakan kesantunan bukan berarti tidak bersemangat dalam menawarkan polis asuransi. Cara ini justru mampu meningkatkan asuransi secara elegan tanpa kehilangan banyak calon nasabah.

 

Inilah Cara Paling Efektif Meningkatkan Penjualan Tiket Pesawat

Saat ini, usaha penjualan tiket pesawat merupakan bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, jumlah masyarakat kelas ekonomi menengah yang terus bertambah berdampak pada kepopuleran transportasi udara. Namun karena itu pula, begitu banyak usaha penjualan tiket pesawat bermunculan.

Persaingan yang ketat pun membutuhkan strategi marketing agar bisnis terus lancar. Ada banyak strategi yang bisa diterapkan sebagai cara meningkatkan penjualan tiket pesawat. Berikut di antara strategi tersebut yang dianggap cukup efektif memajukan bisnis Anda.

  1. Raih pelanggan setia

Jangan sekedar menargetkan sekian pembeli dalam sehari. Targetkanlah para pembeli yang melakukan booking pesawat tersebut akan kembali lagi dan menjadi pelanggan. Bahkan meski hanya mendapat satu pelanggan setiap harinya, Anda mampu meningkatkan penjualan dengan sangat efektif.

Lalu bagaimana agar pembeli dapat menjadi pelanggan? Pelayanan prima dan memuaskan adalah kuncinya. Seseorang pasti akan datang kembali jika merasakan kepuasan dan kenyamanan saat membeli tiket pesawat melalui Anda. Jadi pastikan pelayanan yang diberikan adalah yang terbaik.

  1. Marketing online

Di era serba global ini, pasar online selalu menjadi andalan segala bisnis. Pun degan bisnis penjualan tiket pesawat. Pemasaran via online dapat meningkatkan jumlah penjualan tiket pesawat. Buatlah website untuk layanan Anda, lalu pasanglah ikan di google dan media sosial agar website tersebut dikenal masyarakat luas.

Selain website, gencarkan pula marketing penjualan melalui media sosial. Aktifkan beberapa medsos populer seperti Instagram, Twitter, Facebook, bahkan Youtube untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda. Kesuksesan dalam marketing online akan mampu meningkatkan penjualan tiket pesawat hingga berkali-kali lipat.

  1. Giat melakukan promosi

Jangan bermalasan melakukan promosi, baik secara online maupun offline. Angka penjualan tak akan bertambah jika Anda tak pernah melakukan promosi. Bisnis, apapun itu, akan berujung mati jika tak melakukan promosi.

Lakukanlah promosi dengan giat, baik via sosial media, ataupun poster, brosur dan lain sebagainya. Dengan adanya promosi, layanan jasa Anda akan makin dikenal. Dengannya, jumlah pelanggan pun akan semakin meningkat.

  1. Manfaatkan database pembeli

Pembeli pastilah mengisi data dirinya saat melakukan booking tiket pesawat. Manfaatkanlah semua database tersebut untuk melakukan marketing. Hubungi secara aktif orang-orang yang pernah menjadi pembeli, baik melalui pesan singkat ataupun email. Beri kabar pada mereka saat Anda mengadakan promosi diskon ataupun penerbangan murah. Cara ini akan meningkatkan jumlah pelanggan Anda dan tentunya akan meningkatkan penjualan tiket.

  1. Follow up

Jangan tinggalkan begitu saja pembeli yang sudah menggunakan jasa Anda untuk membooking tiket pesawat. Lakukanlah follow up agar mereka merasa terlayani dengan baik. Misalkan saja, buat notifikasi pesan singkat mengenai jadwal penerbangan satu hari sebelum jadwal penerbangan tersebut. Sampaikan pula ucapan terima kasih karena telah membeli tiket melalui layanan jasa Anda. Dengan cara ini, tak butuh waktu lama untuk pembeli tersebut akan kembali dan masuk dalam daftar pelanggan setia Anda.

 

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

Meski nampak sederhana, pelayanan ekstra ini sangatlah diapresiasi pembeli. Apalagi tak semua layanan jasa bersedia melakukan hal tersebut. Hal ini pun akan semakin menambah citra positif bisnis Anda.

Itulah lima strategi yang dapat dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan penjualan tiket pesawat. Tentu masih banyak strategi atau cara lain yang dapat dilakukan. Strategi di atas adalah yang paling efektif untuk dipraktekkan agar bisnis Anda makin lancar.

Bersemangatlah dalam menawarkan layanan jasa Anda. Sifat malas, malu dan sungkan hanya akan menghambat Anda menuju kesuksesan. Tawarkan pada siapa saja yang ingin melakukan perjalanan, agar melakukan booking tiket pesawat melalui Anda. Jika Anda memiliki tim, maka bakarlah semangat mereka agar dapat meraih pelanggan dengan memberikan pelayanan yang ramah dan ekstra.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!