Cara Meningkatkan Penjualan Kosmetik

Bisnis kosmetik memiliki tantangan dan persaingan yang berbeda dari bisnis pada umumnya. Selain membutuhkan skill marketing, Anda juga harus mengetahui perihal make up. Banyaknya brand kosmetik juga menjadi tantangan tersendiri di bisnis ini. Namun tak perlu khawatir, jika pandai menerapkan strategi marketing, bukan mustahil untuk meningkatkan penjualan kosmetik dalam waktu singkat.

Cara Meningkatkan Penjualan Kosmetik

  1. Kuasai Produk

Cara pertama agar penjualan kosmetik meningkat yakni dengan menguasai produk. Setiap orang memiliki kebutuhan kosmetik berbeda. Jadilah pakar di bidang kecantikan dan pelajari setiap produk kosmetik baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan survei tentang penggunaan kosmetik. Gaya hidup dan tren kosmetik yang tengah booming juga perlu diketahui sebagai bahan marketing penjualan.

  1. Beri Konsultasi

Jika sudah menguasai segala hal tentang kecantikan dan produknya, sediakan layanan konsultasi bagi pembeli Anda. Beri saran kosmetik yang cocok, saran pemakaian dan kegunaan lengkap produk. Dengan memberi penjelasan, pembeli akan senang dan menjadi pelanggan Anda. Apalagi jika konsultasi tersebut diberikan secara cuma-cuma.

  1. Layani dengan Ramah

Menjual kosmetik tidak perlu cantik, namun harus menarik. Sisi menarik bisa dibangun dari keramahan pelayanan. Meski hanya bertanya, calon pembeli haruslah dilayani dengan baik dan ramah. Pelayanan ramah mampu menjadi faktor penting guna meningkatkan penjualan kosmetik, terutama meningkatkan jumlah pelanggan.

  1. Fokus dan Konsisten

Fokuslah pada bisnis kosmetik yang Anda jalani. Jika ingin menjual lebih banyak barang, juallah produk yang masih berkaitan dengan kosmetik dan kecantikan. Jangan tergiur dengan ranah bisnis lain sebelum Anda sukses di bisnis kosmetik yang tengah dijalani. Fokuslah di satu bidang, meski bisnis kosmetik Anda belum menandakan laba yang menjanjikan.

  1. Bagikan Sampel

Bagikan sampel kosmetik kepada beberapa orang agar merasakan kualitasnya. Di antara mereka yang beruntung mendapat sampel itu bisa jadi akan menjadi pembeli bahkan pelanggan Anda. Jangan lupa minta testimoni dari mereka.

  1. Beri Hadiah

Manjakan pelanggan Anda dengan hadiah-hadiah istimewa yang sangat menarik hati mereka. Beri tawaran hadiah kepada pelanggan yang datang ke toko Anda, ataupun yang memesan lewat online. Hadiah bisa berupa produk kosmetik, atau peralatan make up, atau bisa pula wadah kosmetik yang cantik.

  1. Beri Diskon

Diskon selalu menjadi strategi marketing jitu untuk meningkatkan penjualan. Berilah harga khusus di hari tertentu, misalnya diskon untuk para ibu pada tanggal 22 Desember. Diskon menjadi sarana promosi ampuh agar omzet Anda berlipat. Berikan diskon sekian persen, atau dapat juga beli dua gratis satu, atau harga spesial untuk paket lengkap, dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan Kualitas

Pastikan produk kosmetik yang Anda jual memiliki kualitas dan benar-benar asli. Mengingat saat ini banyak kosmetik palsu yang berdampak negatif pada penggunanya. Mempertahankan kualitas produk yang dijual juga bisa mengangkat nilai toko Anda. Karena itulah, pertahankan kualitas produk guna meningkatkan penjualan kosmetik Anda.

  1. Minta Saran dan Kritik

Anda membutuhkan saran dan kritik dari pembeli tentang kosmetik yang Anda jual. Mintalah testimoni mereka dan jadikan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan bisnis Anda. Cara ini juga dapat digunakan sebagai media interaksi dengan para pembeli dan pelanggan.

  1. Endorse Produk

Cara ini tengah populer di kalangan pelaku bisnis, terutama bisnis online. Promosikan produk Anda dengan meminta artis atau selebgram ataupun vlogger untuk menjadi endorser. Anda perlu mengeluarkan biaya untuk itu, namun hasilnya cukup efektif dalam meningkatkan penjualan kosmetik.

 

Itulah 10 cara untuk meningkatkan penjualan Anda. Kosmetik memang bukan barang yang laku setiap hari sebagaimana kuliner. Namun wanita masa kini menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan. Mereka bahkan rela menghabiskan banyak uang dan membeli produk impor hanya demi kecantikan. Tentu hal itu menjadi peluang yang besar di bisnis kosmetik.

 

Sudah Pasang Iklan, Tapi Tak Laku? Koreksi Cara Meningkatkan Penjualan Anda Lewat Facebook Ads

 

Memasang iklan di Facebook tak selalu membuahkan keuntungan. Kesalahan bukan datang dari media, melainkan dari strategi Anda yang mungkin terlalu terburu-buru memasang iklan, ataupun kurang matang mempersiapkan, atau bahkan salah kaprah dalam memilah kata-kata promosi. Koreksi cara Anda dalam meningkatkan penjualan melalui facebook Ads di sini.

  1. Target Pasar

Sebelum mengeluarkan banyak uang untuk Facbook Ads, pahami dan klasifikasi dulu target pasar Anda. Tentu tak semua pengguna Facebook adalah pasar Anda. Pilahlah serinci mungkin baik gender, usia, pekerjaan, kebiasaan penggunaan medsos, hingga lokasi.

Jika Anda belum dapat merinci pasar, maka mustahil meningkatkan penjualan meski telah memanfaatkan Facebook Ads sekalipun. Lakukanlah riset untuk mengetahui rincian target pasar Anda. Riset ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan keterbukaan data di internet. Caranya, cari target pasar pesaing Anda ataupun pelaku usaha di bidang sama yang telah sukses dan menempati urutan pertama search engine.

Lihat karakteristik pasar mereka dengan memanfaatkan tools gratis dari google yang disebut Google Display Planner (GDP). GDP tersebut akan mengungkapkan karakteristik akun mana saja yang sering mengakses laman web pesaing Anda. Untuk memanfaatkan GDP, Anda bisa mencari tahu caranya dari laman google search.

  1. Visual Menarik

Pasanglah iklan yang menarik secara visual. Dengannya lah pengguna facebook tertarik untuk mengklik iklan tersebut. Buatlah iklan yang tak hanya tulisan namun juga gambar dengan warna yang apik.

Jika ingin menggunakan foto, edit lah foto terlebih dahulu agar pas disandingkan dengan teks tulisan. Kombinasi teks dan gambar harus serasi dan rapih. Jika Anda tidak dapat melakukan edit foto, bayarlah seorang yang ahli untuk membuatnya.

Visual iklan yang menarik akan membuat pengguna Facebook melakukan klik iklan tersebut. Namun jika visualnya saja jelek, mereka tentu enggan mengkliknya. Perhatikanlah iklan yang bertebaran di facebook. Perhatikan dan belajarlah dari iklan yang ada. Anda pun pastilah merasa tertarik pada iklan secara visual.

  1. Kalimat Menarik

Selain visual, kalimat yang ada pada iklan juga harus menarik. Dalam hal ini, kata-kata dalam iklan mampu mengajak pengguna facebook atau membuat mereka penasaran dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dengan cara mengklik iklan tersebut. Prioritaskan tulisan menarik ketimbang menulis brand apalagi slogan, kecuali jika brand produk yang Anda jual memang terkenal.

Untuk kalimat yang menarik, Anda bisa memunculkan keunggulan penjualan Anda. Bisa tentang penawaran harga yang miring, kualitas yang oke, atau bahkan pertanyaan tentang produk Anda seakan banyak dicari orang. Dengan kalimat iklan yang menarik, Anda berkesempatan untuk meningkat banyak calon pembeli dari facebook Ads. Dengannya penjualan lewat facebook pun akan meningkat tajam.

  1. Gunakan Banyak Fitur

Facebook Ads memiliki banyak fitur canggih untuk para kliennya. Karena itulah, manfaatkan fiturfitur tersebut secara maksimal agar iklan Anda membuahkan dampak pada pendapatan penjualan. Beberapa fitur yang diberikan facebook di antaranya ialah costum audience. Fitur ini akan memudahkan Anda menemukan pelanggan melalui Facebook. Anda dapat memasukkan database atau daftar email pelanggan Anda. Facebook akan mencari dan mendeteksi akun facebook dari database Anda.

Fitur lain yakni retargeting. Fitur ini sangat keren dan memberikan dampak yang besar pada peningkatan pelanggan. Pasalnya, dengan fitur ini, Anda dapat memunculkan iklan pada orang ataupun pengguna facebook yang pernah membuka website ataupun toko online Anda. Beberapa kali Anda pasti merasakan adanya iklan yang muncul sesuai dengan website yang baru saja Anda buka. Inilah kinerja dari fitur retargeting tersebut.

Selain dua fitur di atas juga masih banyak fitur lain yang tak kalah canggih. Sebut saja lookalike audience yang mampu membuat target pasar baru dari pasar lama Anda. Ada pula conversion tracking yang memberikan Anda informasi tentang jumlah pengunjung website dan pembeli toko online Anda yang tertarik dari iklan. Dengannya Anda mengetahui apakah iklan yang Anda pasang efektif atau tidak.

baca jgga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Itulah beberapa cara agar memasang iklan di facebook Ads tidak sia-sia. Pastikan puluhan dolar yang Anda keluarkan di facebook Ads dapat meningkatkan penjualan berlipat-lipat ganda. Selamat mencoba!

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!