Cara Meningkatkan Penjualan Laptop & Internet

Saat ini laptop tak hanya menjadi kebutuhan anak kampus, melainkan juga pelajar sekolah. Hampir setiap pelajar dan mahasiswa merasa wajib memiliki laptop, dari yang serius untuk mengerjakan tugas hingga yang multifungsi untuk game dan menonton film. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis IT. Dengan strategi marketing yang tepat, Anda dapat meningkatkan penjualan laptop secara signifikan.

Cara Meningkatkan Penjualan Laptop & Internet

 

 

  1. Selalu Update

Perkembangan IT bergerak sangat cepat. Karena itu, Anda pun semestinya mengikuti perkembangan tersebut dan hanya menjual laptop dengan teknologi terupdate. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bisnis Anda. Jika toko Anda dikenal selalu up to date, maka brand toko Anda akan semakin kuat dan tentunya berdampak pada peningkatan penjualan dan pengunjung yang datang.

  1. Kuasai IT

Menguasai produk yang dijual adalah keharusan bagi setiap pelaku usaha. Untuk menjual laptop, Anda harus menguasai segala hal yang berkaitan dengannya, dari hardware, software, bahkan anda juga perlu menguasai teknis perakitan dan perbaikan atas kerusakan laptop. Dengannya, pembeli mempercayai produk Anda sebagaimana ia mempercayai Anda sebagai seorang ahli IT.

  1. Beri Bonus

Berilah bonus setiap pembelian laptop. Bonus bisa berupa asesoris seperti mouse ataupun screen protector. Software yang terinstall pada laptop juga bisa menjadi bonus yang akan menarik minat pembeli. Tentu pembeli akan sangat senang jika ia membeli laptop lengkap dengan beberapa software asli.

  1. Pasang Harga dengan Tepat

Menentukan harga bukan berarti Anda harus menjual laptop semurah mungkin dibanding pesaing. Ingatlah, terdapat pemikiran masyarakat bahwa harga menentukan kualitas. Karena itulah, terkadang tak perlu menurunkan harga untuk produk laptop yang memang berkualitas dan memiliki brand ternama.

  1. Pelayanan Ramah dan Bersahabat

Pelayanan menjadi faktor penting untuk menjaring banyak pelanggan. Seorang yang menerima pelayanan baik, tentu ia akan menjadi pelanggan setia, bahkan ia akan merekomendasikan toko Anda kepada kerabat dan teman. Karena itu, jika berharap penjualan laptop meningkat, Anda harus memperbaiki pelayanan secara maksimal.

  1. Manfaatkan Sosmed

Sosial media menjadi wadah promosi gratis bagi setiap pelaku usaha. Manfaatkan sosial media sebaik mungkin sebagai sarana marketing penjualan laptop. Dengan adanya sosial media, Anda pula berkesempatan memperluas pasar.

  1. Ikuti Pameran

Pameran teknologi sering dihelat di banyak kota. Ikutilah beberapa di antaranya dan beri promo khusus saat pameran. Promo bisa saja dengan pemberian banyak bonus ataupun diskon sekian persen untuk produk laptop terbaru. Jangan lupa sebarkan brosur dan kartu nama agar toko laptop Anda makin dikenal luas.

  1. Fokus Brand Tertentu

Brand laptop amat sangat banyak , baik produksi luar negeri maupun dalam negeri. Jika Anda merasa kesulitan untuk menjual beragam merek, cobalah fokus di satu brand yang kuat dan terkenal. Apple misalnya. Pasar Anda mukmin tak seluas penjual segala brand. Namun Anda dapat fokus di satu target pasar dan menjadi spesialis di brand tersebut.

  1. Beriklan

Pasanglah banner besar-besar di depan toko, pasanglah iklan di goggle adds ataupun sosial media, atau pasarkan melalui iklan di radio dan surat kabar. Memang diperlukan anggaran lebih untuk itu. Namun iklan yang digarap dengan menarik tepat sasaran akan berdampak besar pada peningkatan penjualan.

  1. Menjadi Sponsor

Bergabunglah dengan komunitas tertentu yang selalu berinteraksi dengan laptop. Jadilah sponsor di acara komunitas tersebut. Hal ini akan membuat para member komunitas menjadi pelanggan Anda. Selain sponsor komunitas, Anda juga bisa memasang sponsor untuk acara mahasiswa.

 

 

Demikian 10 cara ataupun strategi yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis laptop. Penjualan laptop akan meningkat dengan penerapan strategi yang tepat. Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

 

 

Tips Meningkatkan Penjualan Lewat Internet Untuk Pemula

 

Anda pemula di bisnis online? Jangan khawatir, pada dasarnya bisnis online tak jauh berbeda dengan bisnis offline dalam hal strategi pemasaran. Hal pembedanya hanyalah Anda diharuskan melek internet dan media sosial. Cobalah pahami tips berikut agar penjualan lewat internet selalu meningkat pesat.

  1. Buka Toko Online

Website berupa toko online tentu berbeda dibandingkan sekedar membuka gerai di marketplace. Namun Anda harus menguasai SEO agar toko Anda berada dalam daftar pertama pencarian. Selain itu, diperlukan pula biaya yang tidak sedikit untuk membuat sebuah toko online. Jika Anda tak siap untuk operasionalnya, cobalah membuka toko di marketplace lebih dahulu daripada kewalahan mengembangkan toko online mandiri.

  1. Daftar di Marketplace

Ada cukup banyak marketplace yang sukses di tanah air. Sebut saja Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.id, Elevenia, Groupon, Blibli, Bhinneka, Zalora, Berniaga, OLX dan lain sebagainya. Beberapa marketplace fokus di penjualan produk tertentu. Pelajari lebih dahulu setiap marketplace sebelum Anda memutuskan untuk bergabung menjadi seller. Namun jika menginginkan penjualan lewat internet yang terus meningkat, maka Anda sebaiknya berjualan di banyak marketplace sekaligus.

  1. Menjadi Toko Premium

Beberapa marketplace menetapkan tarif untuk para seller yang ingin memiliki toko premium. Tentu fasilitas yang didapatkan sangat berbeda dengan toko gratis. Tokopedia misalnya. Memberikan fasilitas promo otomatis dan logo emas untuk seller berbayar. Jika Anda memiliki anggaran lebih, tak ada salahnya jika mendaftarkan diri menjadi seller premium.

  1. Via Media Sosial

Tak semua orang menyukai belanja online melalui website ataupun marketplace. Beberapa di antara mereka justru lebih suka bertransaksi via media sosial. Di antara sekian banyak media sosial, ada dua yang sangat cocok dan mendukung bisnis, yakni Facebook dan Instagram. Dua medsos tersebut pula memiliki pengguna aktif yang sangat banyak. Jika ingin berjualan via medsos, maka fokuslah di dua aplikasi tersebut. Terbukti, banyak pelaku usaha yang meraup banyak omzet penjualan melalui internet berkat medsos.

  1. Facebook Fan Page

Untuk berjualan di Facebook, Anda perlu membuat fans page yang diibaratkan sebagai toko online Anda. Jangan terburu-buru membayar facebook untuk jasa iklan. Anda harus pastikan dulu keaktifan posting, teman yang sesuai target pasar, foto yang menarik, profil yang lengkap, deskripsi produk yang jelas, memanfaatkan fitur dan lain sebagainya. Iklan hanyalah salah satu upaya meningkatkan penjualan, namun bukan hal utama di bisnis internet.

  1. Raih Banyak Follower IG

Adapun untuk instagram, yang perlu Anda lakukan adalah mendapat sebanyak mungkin follower. Pasalnya, follower adalah calon pembeli Anda. Namun jangan memilih cara singkat dengan membeli follower. Upayakanlah mendapat follower secara alami. Seorang yang mengikuti Anda secara suka rela, artinya ia menyukai produk Anda. Meski tak langsung membeli, sudah ada ketertarikan yang berpotensi meningkatkan penjualan.

  1. Miliki Tim Penjualan

Tips terakhir untuk meningkatkan penjualan lewat internet ialah dengan memiliki tim penjualan. Anda akan kewalahan jika melakukan semua marketing online seorang diri. Bentuklah tim meski hanya terdiri dari dua orang. Satu orang mengurus medsos, seorang lain mengurus marketplace. Dengan bantuan tim, Anda akan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

 

Rencanakan dengan matang, serta lakukan dengan fokus dan profesional, niscaya kesuksesan bisnis internet ada di depan mata. Betapa bayak perorangan yang sukses menjadi pelaku bisnis yang handal hanya bermula dari internet. Penjualan yang terus meningkat, omzet berlipat, bukanlah mimpi semata. Internet dapat menjadi solusi yang tepat.

 

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Anda pun tak perlu berlatar belakang IT apalagi menguasai teknologi untuk meningkatkan penjualan lewat internet. Cukup menyediakan waktu sejenak untuk mengetahui bagaimana bisnis berjalan melalui internet, bagaimana tata cara marketplace hingga mampu memproses transaksi milyaran setiap bulannya, serta bagaimana medsos menjadi kunci sukses bagi banyak pelaku usaha.

 

Begini Cara Dongkrak Penjualan Gadget dalam Waktu Singkat

– Untuk meningkatkan penjualan gadget, perlu dilakukan upaya dan strategi marketing yang tepat. Menjual gadget tak sama dengan menjual produk lain.

Terlepas dari merk gadget yang mendominasi pasar, penjual harus menguasai segala fasilitas, fitur, tren teknologi, kelebihan dan kekurangan antar brand, hingga info servis.

Strategi Marketing Guna Mendongkrak Penjualan Gadget –  Handphone Hingga Tablet

Berikut ini beberapa strategi marketing guna mendongkrak penjualan gadget, dari handphone hingga tablet. Cobalah strategi berikut agar penjualan meningkat dalam waktu singkat.

  1. Beri Bonus

Pemberian bonus pembelian dapat menarik minat pembeli. Tak perlu produk mahal untuk bonus tersebut. Cukup berikan bonus yang sesuai dengan produk yang dijual. Sebagai contoh, untuk pembelian handphone akan mendapat lapisan pelindung layar dan kartu perdana gratis. Atau untuk pembelian tablet, mendapat soft case gratis, dan lain sebagainya.

  1. Jual Paket

Cobalah menjual produk gadget dengan cara paket, tentu dibarengi harga spesial. Buat paket yang terdiri dari produk yang laku di pasaran dengan produk yang menumpuk saja di gudang. Hal ini dapat meningkatkan penjualan sekaligus menghabiskan produk yang kurang laku di pasaran. Dengan harga miring, pembeli akan berpikir untuk membeli produk paket ketimbang membeli satuan. Terutama jika membeli paket dianggap lebih menguntungkan.

  1. Beri Jaminan Servis

Jaminan asuransi pastilah sudah diberikan dari brand gadget. Namun jika ditawari servis lebih, pastilah pembeli akan makin tertarik. Namun tentu layanan ini mewajibkan toko anda untuk memiliki ahli servis gadget. Bahkan jika perlu, jalinlah kerja sama dengan layanan servis gadget resmi untuk pelanggan setia Anda.

  1. Jual Asesoris dan Kartu Perdana

Tambahlah produk toko dengan menjual aneka asesoris gadget serta kartu perdana, bahkan pulsa. Hal ini sangat membantu Anda untuk meningkatkan omset penjualan. Pasalnya, seseorang yang membeli gadget pastilah berpikir untuk melengkapi asesorisnya pula. Peluang tersebut tentu sangat sayang jika dilewatkan.

  1. Beri Info Penggunaan

Layani pembeli sebaik mungkin. Salah satunya degan memberi informasi lengkap tentang gadget yang dibeli, baik tentang tips penggunaan, pemanfaatan aneka fitur, cara perawatan dan lain sebagainya. Pemberian informasi tersebut akan sangat diapresiasi pembeli hingga mereka akan senang membeli gadget di toko Anda dan berpotensi menjadi pelanggan setia.

  1. Pahami Tren dan Brand

Tak semua calon pembeli mengetahui gadget seperti apa yang cocok untuknya. Karena itu, Anda harus memahami betul tren teknologi yang tengah berkembang dan segala pengetahuan tentang brand. Dengan bekal tersebut, Anda dapat memberikan penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan antar produk satu dan lainnya.

Begini Cara Dongkrak Penjualan Gadget dalam Waktu Singkat Calon pembeli yang awam dan bingung dengan banyaknya brand gadget pastilah sangat mengapresiasi penjelasan Anda dan mengangganya sebagai konsultasi gratis.

  1. Beri Voucher

Voucher akan membuat pembeli mengunjungi kembali toko Anda. Karena itu jangan pelit untuk memberikan voucher belanja kepada pembeli. Voucher dapat menjadi alat jitu untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan penjualan gadget Anda.

  1. Promosi

Lakukan promosi masif untuk membesarkan brand toko. Buatlah brosur dan banner, serta pasang iklan di media, termasuk media sosial. Bisnis apapun itu, akan mati tanpa adanya promosi. Karena itulah, promosi harus terus dilakukan dan ditingkatkan sebagai strategi marketing penjualan.

 

 

  1. Jual Online

Meski telah memiliki toko fisik, Anda harus membuka toko online jika ingin meningkatkan penjualan. Saat ini sangatlah rugi jika memiliki bisnis namun tak merambah ke ranah online. Mengingat saat ini tren masyarakat Indonesia mulai beralih ke online shopping.

  1. Beri Layanan Kredit

Menjual gadget secara kredit sangat diminati pembeli. Karena itu Anda pun sangat perlu untuk melengkapi layanan dengan menjual barang secara kredit pula. Makin mudah persyaratan kredit tersebut, maka toko Anda makin banyak dilirik calon pembeli.

Demikian 10 cara meningkatkan penjualan gadget Anda. Cobalah cara-cara di atas guna mendongkrak omset penjualan secara cepat dan tepat.Begini Cara Dongkrak Penjualan Gadget dalam Waktu Singkat

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!