Cara Meningkatkan Penjualan Roti

Bagi Anda yang gemar memasak di dapur, tentu bisnis roti adalah usaha yang sangat tepat. Selain menyalurkan hobi, Anda dapat bekerja sesuai passion Anda dalam memasak.

Apalagi usaha roti merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan karena menjanjikan keuntungan yang sangat banyak.

Jika mengetahui cara pemasarannya, Anda pun dapat meraih sukses dari berbisnis roti. Pelajari beberapa strategi berikut dalam memulai dan menjalankan usaha roti. Jika Anda konsisten dan pantang menyerah, penjualan roti pastilah akan selalu meningkat.

 

Cara Meningkatkan Penjualan Roti

 

  1. Tawarkan pada Teman

Di awal membuka bisnis roti, jangan terlalu banyak mengeluarkan banyak uang sebagai modal. Pertama kali yang harus dilakukan adalah uji coba apakah roti buatan Anda akan laku di pasaran. Caranya, tawarkan terlebih dahulu pada kerabat dan teman dekat. Mintalah testimoni mereka tentang rasa, penampilan dan kemasan apakah cukup memuaskan. Jika Anda mendapat tanggapan positif, mulailah menjual dengan skala rumahan menuju skala besar.

  1. Brand yang Unik

Buatlah brand usaha roti dengan nama yang menarik. Perhatikanlah brand sekitar seperti roti unyil, donat pink, roti o dan lain sebagainya memiliki nama yang menyita perhatian masyarakat. Pikirkanlah nama yang unik agar brand Anda mudah dikenal kalangan luas.

  1. Kemasan Menarik

Selain rasa yang lezat, kemasan juga menjadi daya tarik konsumen untuk membeli roti buatan Anda. Buatlah kotak yang lucu atau berkesan eksklusif. Dengannya orang akan penasaran dan membeli produk Anda.

  1. Varian Roti Beragam

Aneka jenis dan warna roti pun dapat mengundang selera calon pembeli. Selain itu, banyaknya varian juga akan membuat pelanggan tak merasa bosan dengan roti yang biasanya. Cara ini juga menjadi strategi jitu untuk meningkatkan penjualan.

  1. Dapatkan Label Resmi

Produk roti Anda akan makin dipercaya konsumen jika memiliki nomor BPOM dan label halal MUI. Dapatkan keduanya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk roti Anda. Proses mendapatkannya cukup mudah dan tak memerlukan banyak biaya kecuali pendaftaran saja.

  1. Harga yang Pas

Pasanglah harga yang sesuai dengan target pasar Anda. Jika Anda kesulitan memasang harga, lakukanlah riset pasar. Lihatlah bagaimana para pengusaha roti yang telah sukses menentukan harga untuk produk mereka. Anda memiliki pilihan dengan memasang standar harga yang sama atau memasang harga lebih murah namun dengan kualitas yang sama. Opsi kedua tentulah lebih diminati para konsumen.

  1. Inovasi

Teruslah berinovasi agar bisnis bertahan lama. Inovasi di bisnis roti bisa dalam hal resep baru yang belum pernah ada sebelumnya, atau dekorasi roti yang menarik dan terkesan eksklusif. Anda juga bisa membuat roti dengan bahan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Berinovasilah demi meningkatkan penjualan Anda.

  1. Berinvestasi untuk Peralatan

Jangan ragu untuk melakukan investasi peralatan pembuatan roti, apalagi jika bisnis Anda berjalan lancar. Perbesar usaha Anda dengan membeli peralatan yang lebih lengkap dan mulailah merekrut karyawan. Dengannya, jumlah produksi akan meningkat dan penjualan roti pun akan meningkat pula.

  1. Gencarkan Pemasaran

Selezat apapun roti Anda tak akan laku terjual jika gagal dalam pemasaran. Gencarkanlah marketing dengan membagi brosur menarik, beriklan di media, mengikuti pameran atau acara, memasang banner yang besar dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengambil strategi bussiness to bussiness (B2B) yakni dengan menjual roti pada instansi dalam jumlah yang besar.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Tentu media sosial tak bisa luput dalam hal strategi marketing. Media sosial mampu membuat brand roti Anda dikenal secara luas. Manfaatkanlah dengan baik dengan membuat akun dan raihlah banyak pengikut yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Jika perlu, pasang pula iklan di media sosial dan bersiaplah menerima pesanan antar.

 

 

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

 

Semua strategi penjualan roti di atas hanyalah beberapa dari banyak cara yang bisa dilakukan. Kuncinya adalah konsistensi menjaga kualitas dan memasarkan produk. Jika Anda merasa gagal di awal bisnis, jangan menyerah. Teruslah berusaha dengan lebih giat agar penjualan Anda terus meningkat dan brand Anda dikenal publik secara luas. Semoga sukses.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!