Cara Mudah Memulai Email Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online

Categories: Tips Bisnis Online
jasa seo

undercover.co.id  –  Jika anda dapat menjalankan email marketing dengan baik, maka hasil yang didapat juga memiliki trafik berkualitas. Dalam dunia marketing, media utama email dimanfaatkan dengan tujuan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa kepada pelanggan yang telah menjadi target sasaran yang tepat.

Bahasa sederhananya bahwa email marketing merupakan versi online dari direct email. Hal ini serupa dengan pengiriman brosur atau kupon langsung ke rumah pelangga jika di dunia nyatanya.

Perbedaannya jika email marketing langsung dikim kepada penerima secara digital lewat email ynag dimiliki oleh masing-masing pealnggan.Jika anda masih seorang pemula, anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini untuk memulai email marketing:

  1. Buat perencanaan

Sebelum memulai lewat email marketing, anda harus membuat rencana pemasaran melalui email marketing. Buatlah perencanaan yang matang dari tujuan hingga keseluruhan “email marketing”.

Sebelum membuat, luangkan waktu terlebih dulu untuk mengetahui produk apa saja yang akan dipasarkan, seberapa besar peluang email tersebut akan dibuka dan seberapa besar target yang dipasang untuk menarik perhatian pelanggan,  kenali minat atau keinginan dari pelanggan, serta hal-hal lainnya yang bersifat pemasaran dari bisnis online anda.

  1. Bangun email list

Email list sangatlah penting saat memulai semuanya. Jika anda tidak ingin pusing, anda bisa menawarkan pada layanan email marketing yang tentunya telah dipercaya dan profesional dalam mengelola email list. Namun jika anda sanggup mengerjakannya sendiri juga tidaklah masalah.

Lewat alat atau tool yang tersedia pada layanan tersebut, anda dapat secara mudah membuat form pendaftaran email kemudian menyusunnya menjadi list email dengan mudah. Kegunaan email marketing tool sangat berguna untuk menampung daftar email yang telah dikumpulkan dari hasil RSS feed atau kolom email langganan yang tersedia pada website atau blog yang anda punya.

cara-mudah-memulai-email-marketing-untuk-meningkatkan-omzet-bisnis-online-2

cara-mudah-memulai-email-marketing-untuk-meningkatkan-omzet-bisnis-online-2

Beberapa penyedia layanan email marketing yang dapat dipercaya dan digunakan seperti aplikasi Aweber, Get Response, MailChimp, dan sebagainya. Anda dapat memilih salah satu aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan email marketing yang akan dijalankan.

  1. Pilih jenis email marketing

Setelah anda  mendaftar pada salah satu layanan email marketing, anda dapat memilih tipe campaign atau jenis pemasaran email yang ditentukan sesuai dengan produk yang telah ditentukan untuk bisnis online anda. Berikut jenis-jenis kampanye email marketing yang disediakan oleh layanan email marketing yang nantinya akan dikirim kepada pelanggan seperti:

  • Newsletter (format email untuk berita)
  • Event Invitation (format email undangan)
  • Announcement (format email pengumuman)
  • Marketing Offer  (format email untuk penawaran)

Cara Mudah Memulai Email Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online Setelah itu anda dapat memilih salah satu jenis kampanye email tersebut seduai dengan produk dan keinginan pelanggan yang telah dipaparkan pada poin sebelumnya. Segala desain serta coding atau pemograman untuk membuat sebuah email marketing telah disediakan secara otomatis, tinggal disesuaikan sesuai dengan konsep email marketing yang nantinya akan dibuat.

Baca Juga 8 Manfaat Terbesar Email Marketing Bagi Bisnis Online Yang Bisa Meningkatkan Omzet 1000%

  1. Pilih format yang cocok

Setelah anda menentukan isi email yang sesuai, anda perlu mengetahui cara menyampaikan isi dari email marketing itu kepada para pelanggan. Bentuk email marketing seperti HTML atau rich media termasuk didalamnya animasi, video, hingga suara ternyata terbukti mampu meraih respon yang sangat baik dimata pelanggan. Namun beberapa orang menganggap bahwa isi dari emaillah yang terpenting.

Hal yang perlu diingat adalah memberikan link pada pembaca untuk melakukan tindakan selanjutnya pada bagian akhir email. Hindari pula penggunaan huruf besar atau cetak miring pada bagian isi email karena hal ini akan membuat pesan sulit terbaca. Sedangkan pada bagian bentuk tulisan, gunakanlah model poin-poin serta latar belakang putih untuk mempermudah membaca.

Sebelum mengirim pada pelanggan, cobalah baca beberapa kali untuk memastikan tidak ada yang salah. Usahakan untuk membuat pelanggan dapat membaca isi email secara mudah dan cepat dimengerti.

  1. Evaluasi

Setelah anda dapat menjalankan email marketing tersebut, anda harus memperhatikan hasil dari pemasaran yang ada. Apakah hasil yang didapat telah mencapai target? Bagaimana respon pelanggan terhadap email marketing yang anda kirimkan telah sesuai dengan apa yang anda harapkan? Anda dapat menguji email marketing ini dengan menggunakan berbagai subjek email, judul isi email serta desain email itu sendiri.

Sebenarnya masing-masing penyedia layanan email marketing telah dilengkapi dengan tool pelaporan kerja sehingga dapat secara mudah melacak keberhasilan kampanye pemasaran email seperti alat pemasaran email (Monitor kampanye) serta alat analisis situs Website atau blog seperti Google Analytics.

Lihat Jasa Email Marketing Dari Undercover.co.id

Jika anda dapat memperhatikan dan mengevaluasi secara rutin seberapa baik email marketing yang dijalankan dengan menempuh berbagai strategi yang dipilih sehingga anda dapat memahami cara yang berbaik dengan memperoleh keuntungan yang besar pula.

Jadi kumpulkan segala hasil yang anda dapat, masukkan ke dalam sistem laporan, lakukan evaluasi, dan pecahkan segala masalah yang ada dengan solusi terbaik. Sistem pelacak yang tersedia pada penyedia jasa email marketing dapat membantu anda untuk memantau hasilnya.

Setelah anda terbiasa dengan semuanya, berikan konstribusi secara kreatif untuk terus meningkatkan hasil email marketing dengan memprioritaskan manfaat pelanggan anda. Cara Mudah Memulai Email Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online

Foto: mailbakery com

 

jasa seo

Your Thoughts