Cara Promosi Online Shop di Whatsapp Dijamin Sukses

Categories: Artikel BISNIS

undercover.co.id – Penggunaan instant messenger Whatsapp untuk melakukan pemasaran online shop. Dalam melakukan promosi, Anda tak perlu ragu untuk mencoba banyak cara dalam berpromosi. Mulai dari cara konvensional seperti pembagian brosur dan selebaran, hingga cara yang paling canggih dengan penggunaan berbagai sosial media tetap layak untuk Anda coba. Berbagai cara dapat ditempuh supaya Anda meraih peningkatan penjualan dari online shop milik Anda.

Sangat baik untuk melakukan berbagai cara tersebut terutama bila online shop Anda merupakan rintisan usaha baru yang belum banyak dikenali oleh para target konsumen Anda. Dengan rajin melakukan promosi, tentu para konsumen akan semakin tertarik untuk berbelanja berbagai produk dan barang yang Anda tawarkan.

Biasanya para pengusaha online shop cenderung memilih untuk berpromosi melalui sosial media yang banyak terdapat di Indonesia. Sosial media yang menyediakan fasilitas pembuatan akun secara gratis kemudian banyak diminati untuk kemudian digunakan sebagai sarana mempromosikan produk atau barang yang Anda tawarkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, para penjual ataupun pemilik online shop menjadi semakin kreatif dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan dan popularitas online shop Anda.  Selain menggunakan sosial media sebagai sarana berpromosi yang murah dan mudah, kini sarana penyedia pesan instan Whatsapp juga dapat digunakan untuk melakukan promosi online shop. Inilah cara promosi online shop di Whatsapp yang paling efektif dan dijamin sukses.

Pesan Melalui Group Whatsapp

Melakukan promosi via instant messenger Whatsapp sebenarnya tetap membutuhkan kiat khusus supaya hasil promosi melalui Whatsapp menjadi lebih efektif dan kian terasa untuk bisnis yang Anda jalankan. Pesan melalui group Whatsapp layak untuk menjadi salah satu trik dan cara untuk menyebarkan kelebihan dan keunggulan produk pada online shop milik Anda.

Cara ini trgolong cukup efektif karena group Whatsapp kini semakin banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang yang sudah cukup dewasa. Apabila Anda ingin mengetahui beberapa tips untuk mengirimkan pesan promosi melalui Group Whatsapp, berikut ini merupakan beberapa triknya khusus untuk Anda :

  • Pesan Tidak Terlalu Panjang

Bila Anda ingin mengirimkan berbagai pesan promosi melalui group Whatsapp, Anda sebaiknya mengirimkan pesan yang tidak terlalu panjang. Pesan yang terlalu panjang dapat membuat para calon konsumen menjadi kurang tertarik untuk membaca pesan Anda tersebut.

 

Mengirimkan pesan yang singkat namun menarik dan memiliki poin yang cukup padat untuk melakukan promosi tentu lebih disarankan supaya Anda menjadi pilihan bagi Anda. Tak perlu ragu untuk mencoba, namun pastikan bahwa Anda tak menggunakan kalimat yang bertele-tele ketika melakukan promosi.

baca juga : Kiat Mendapatkan Promosi Online Shop Gratis

  • Sertakan Gambar Produk

Dalam melengkapi iklan yang Anda kirimkan melalui Whatsapp, Anda sebaiknya menyertakan gambar produk yang menarik dan membuat para konsumen penasaran untuk membeli produk melalui online shop milik Anda. Gambar produk dapat dikirimkan dan disertakan bersamaan dengan deskripsi produk yang dapat dituliskan di bawah foto yang Anda kirimkan.

 

Gambar produk bukan sekedar membuat pesan promosi Anda menjadi lebih efektif, namun gambar ini dapat menjadi referensi untuk para konsumen dalam memilih bentuk produk dan juga memilih warna yang dirasa paling cocok untuk para konsumen. Dalam membuat pesan melalui Group, pergunakan Bahasa yang cocok untuk para anggota di Group tersebut sehingga Anda tak salah menyasar segmen konsumen.

Promosi Pesan Pribadi

Selain melalui group, promosi melalui pesan Whatsapp dapat dilakukan melalui pesan pribadi yang Anda kirimkan secara perorangan kepada orang-orang yang berada di daftar kontak Anda. Mereka tentu ingin mengetahui produk terbaru apa yang akan Anda tawarkan. Meskipun sama-sama melalu media Whatsapp untuk melakukan promosi, namun tetap terdapat beberapa perbedaan yang akan terlihat dalam melakukan promosi via pesan Group dan pesan pribadi.

Bila menggunakan pesan group, tentu Anda akan menggunakan Bahasa yang lebih umum atau universal. Namun hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan ketika Anda melakukan promosi via pesan pribadi. Pesan pribadi yang Anda kirimkan dalam bentuk promosi sebaiknya Anda kirimkan dengan pesan yang lebih private dan lebih akrab untuk para calon konsumen Anda. Dengan melakukan promosi yang lebih mendekatkan diri kepada para konsumen, tentu para konsumen akan lebih merasa diperhatikan oleh Anda sebagai owner sebuah online shop. Inilah beberapa catatan dalam melakukan promosi via pesan pribadi:

  • Kumpulkan Kontak Sebanyak-Banyaknya

Bila Anda ingin agar online shop Anda semakin dikenali oleh masyarakat, kumpulkan kontak sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki banyak kontak yang dapat dihubungi, segmen konsumen yang dapat dijangkau akan menjadi lebih luas dan lebih berpotensi meningkatkan penjualan online shop anda.

baca juga : Banyak eCommerce Tumbang! Begini 5 Cara Supaya eCommerce-mu Tampil Beda dan Bertahan!

  • Buat Promosi Menarik

Pesan pribadi tentu memungkinkan Anda untuk mengirikan pesan yang lebih bersifat pribadi. Karena hal tersebut, Anda sebaiknya membuat jenis promosi yang menarik dan efektif untuk dilakukan. Promosi menarik sebenarnya sangat krusial untuk meningkatkan penjualan secara bertahap.

Dengan meraih kepercayaan konsumen melalui berbagai cara promosi, online shop Anda berpotensi untuk meraih kesuksesan yang besar dari berbagai promosi yang dilakukan. Cara promosi online shop di Whatsapp dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan penghasilan.

Your Thoughts