Published On: Sun, Oct 2nd, 2016

Catat ! 6 Orang Terkaya di Indonesia ini Bukan Karena Warisan

 undercover.co.id – Ada berita yang cukup menghebohkan manakala publik tanah air ramai membicarakan mengenai tax amnesty, konon khabarnya 40% dari aset perbankan swasta Singapore berasal dari harta kekayaan WNI.

Hal ini sesuai dengan data bersumber dari daftar orang terkaya di dunia 2016 yang telah di lansir forbes bahwa ada beberapa warga negara Indonesia yang masuk dalam orang terkaya di Indnoesia masuk juga dalam peringkat orng terkaya di dunia. Dari daftar tersebut juga masuk nama-nama konglomerat Indonesia, sehingga ketika di urutkan berdasarkan negara asal maka akan kita dapati daftar nama orang terkaya Indonesia.

Pada sesi kali ini, kita akan mengulas 6 diantara orang terkaya Indonesia tersebut dengan ulasan bisnisnya. Walau kondisi ekonomi Indonesia pertumbuhanya termasuk lambat yaitu hanya 4.7% pada tahun ini dan berbeda sekitar dari tahun sebelumnya yang mengalami pertumbuhan sekitar 5.02%, namun ternyata telah melahirkan orang kaya baru yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, bersaing dengan orang kaya lama seperti Budi Hartono Djarum Group, Ciputra yang merajai bisns properti tanah air, dsb.

Berikut ini ulasan 6 Orang Terkaya di Indonesia ini bukan Hasil Warisan Orang Tuanya:

Achmad Hamami, Tiara Marga Trakindo, sebuah perusahaan distributor alat berat

Achmad Hamami termasuk nama baru dan memang baru-baru ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.  Bisa jadi beliau jarang diliput media dan ternyata Kekayaannya mencapai USD 1 miliar (sekitar Rp13 triliun) pada tahun 2016.

Kekayaannya didapatkan dari Tiara Marga Trakindo, sebuah perusahaan distributor alat berat, Caterpillar. Pengusaha ini termasuk cukup lama berbisnis di Indonesia sejak tahun 1971. Kekayaan pengusaha ini tidak hanya berasal dari bisnis alat-alat berat saja, namun juga berasal dari bisnis pertambangan, industri teknologi dan informasi, hingga penjualan minyak pelumas atau oli.

Baca Juga di-balik-sukses-evercoss-sabet-indonesia-best-brand-award-2016/

Abdul Rasyid PT Citra Borneo Indah, bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit

Abdul Rasyid selama ini seolah dianggap sebagai figur baru dalam dunia bisnis tanah air dan dikenal sebagai “anak kampung” yang berasal dari Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan. Sebuah daerah yang ada di Kalimantan Tengah. Kehidupan masa kecilnya yang serba pas-pasan, namun berkat perjuangan dan kegigihannya, ia mampu menjadi seorang pengusaha sukses di tingkat Asia hingga internasional.

Tak tanggung-tanggup, dalam paparan Forbes, namanya berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia, dengan total kekayaan sebesar USD 1,1 miliar (sekitar Rp14,3 triliun). Perusahaan yang dimilikinya adalah PT Citra Borneo Indah, bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit. Selama ini Kalimantan memang dikenal sebagai gudangnya pebisnis kelapa sawit.

Djoko Susanto pemilik grup Alfamart

Sejak dua dekade terakhir Alfamart bersaing ketat dengan grosir besar seperti matahari maupun carefour dalam melayan kebutuhan masyaraat. Pasti Anda sudah tidak asing dengan waralaba Alfamart. Djoko Susanto merupakan tokoh sukses sekaligus pemilik grup Alfamart.  Saat ini Bisnis ritel Alfa Supermarket ini telah menjalankan lebih dari 5.500 toko di bawah beberapa merek, antara lain Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, dan Lawson.

Dalam perkembangan bisnisnya, Djoko Susanto juga memiliki kemitraan dengan Putera Sampoerna sekaligus saham di Northstar. Kongsi dengan sesama pengusaha merupakan salah satu strategi dalam mengamankan aset mereka dari kerasnya persaingan bisnis. Grup usaha ritel ini yang membuat Djoko Susanto memiliki kekayaan sebesar USD 1,3 miliar (sekitar Rp16,9 triliun).

Catat ! 6 Orang Terkaya di Indonesia ini Bukan Karena Warisan

Catat ! 6 Orang Terkaya di Indonesia ini Bukan Karena Warisan

Bachtiar Karim dari Musim Mas Group

Tambah lagi pengusaha sukses dari bisnis minyak sawit atau CPO. Adalah Bachtiar Karim, pengusaha sukses di bisnis ini yang masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Publik tanah air mengenal Bachtiar Karim sebagai pimpinan dari Musim Mas Group yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO.

Dalam menunjang misi perusahaan dalam menjalankan bisnis dari hulu ke hilir, perusahaan ini mempunyai kapal tanker dan terminals sendiri. Tak heran jika perusahaan milik Bachtiar ini digadang-gadang sebagai perusahaan pengolahan sawit terbesar di dunia.

Baca Juga inilah-para-pebisnis-nekad-penghasil-rupiah-dalam-dan-luar-negri/

Saat pertama kali bisnis ini dibuka, perusahaan ini bernama Nam Cheong Soap Factory, namun Bachtiar merubahnya menjadi PT Musim Mas. Ia memulai bisnisnya dari dasar, walaupun bisnis ini memang telah diturunkan dari keluarganya. Forbes merilis Kekayaan Bachtiar Karim pada tahun 2016 ini mencapai USD 3,2 miliar (sekitar Rp41,6 triliun).

Chairul Tanjung pengusaha sukses yang memimpin CT Corp

Tak menekuni profesi doker gigi, Chairul Tanjung menemukan sukses besar sebagai pebisnis. Hebatnya lagi bisnis yang dia jalani tidak terkait juga dengan latar belakang pendidikannya sebagai dokter gigi. Cahirul Tanjung memulai bisnisnya sejak di bangku kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Catat ! 6 Orang Terkaya di Indonesia ini Bukan Karena Warisan Nama Chairul makin dikenal dalam satu dekade terakhir ini sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Grup usahanya telah membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp, dan CT Global Resources.

Sukses di bisnis membuat beliau juga dipercaya sebagai Menko Perekonomian. Ia sempat menjadi Menko Perekonomian pada 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014 karena menggantikan Hatta Rajasa. Frbes merilis total kekayaannya mencapai USD 4,9 miliar (sekitar Rp63,7 triliun).

Soegiarto Adikoesoemo, Bos AKR Corporindo

Figur Pengusaha sukses lainnya yang masuk dalam jajaran orang terkaya baru di tanah air adalah Soegiarto Adikoesoemo yang memiliki kekayaan sebesar USD 1,4 miliar (sekitar Rp18,2 triliun) pada tahun ini. Pengusaha bertangan dingin ini memiliki perusahaan terkenal yang ia dirikan dengan nama AKR Corporindo yang merambah ke berbagai sektor lain seperti distribusi, logistik, manufaktur, bahan bakar, bahan bakar, dan bahan kimia.

 

Ternyata kita tidak hanya kagum dengan mengetahui orang-orang terkaya di dunia seperti Bill Gates atau Warren Buffett. Di Indonesia ada begitu banyak orang kaya yang bisa kita jadikan inspirasi untuk sukses. Semoga saja dengan kehadiran orang kaya baru diatas semakin menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apalagi jika kondisi ekonomi di Indonesia nantinya mengalami pertumbuhan yang cepat diatas 7 % tentu akan banyak melahirkan orang kaya baru di tanah air.

 

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>