Cerita Dibalik Kontroversi Video Founder Go Jek

zowhy.comCerita Dibalik Kontroversi Video Founder Go Jek  | Hari ini mengedar #video founder Go-Jek Nadiem Makarim yang ramai serta banyak diperbincangkan netizen. Bagaimana tak, dalam video berdurasi satu 1/2 menit ini Nadiem mengajak semua driver Grab serta UberMoto agar geser ke Go-Jek. Bahkan juga diakhir video itu Nadiem menyebutkan kalau apabila seorang miliki keinginan untuk bela negara, atau mempunyai semangat 45 yang ingin berkobar, jadi mereka disarankan untuk berhimpun dengan karya anak bangsa (Go-Jek).

Saat mereka, beberapa driver Grab serta UberMotor menginginkan geser ke Gojek, Nadiem menyebutkan kalau dianya bakal terima mereka dengan cara segera. Bentuk penerimaan segera jadi driver Go-Jek ini sendiri yaitu bentuk dari program Merah Putih yang tengah digerakkan Go-Jek.

Go-Jek yang diwakili Nadiem Makarim sendiri memanglah senantiasa mengklaim dianya sebagai karya anak bangsa. Namun pertanyaannya lalu apakah benar Go-Jek ini adalah karya anak bangsa? Untuk menjawabnya kita dapat meninjau dari sebagian segi di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=4&v=h5AUrPbIm3M

Sumber Suntikan Dana Go Jek

Segi pertama yang dapat kita susuri untuk menjawab pertanyaan Go-Jek sebagai karya anak bangsa yaitu asal dana yang didapat. Ya, dari penelusuran dana yang didapat satu #startup kita memanglah dapat mengidentifikasi keotentikan klaim sebagai aplikasi anak bangsa. Nah, lantas dari manakan asal dana yang diperoleh Go-Jek ini? Berdasar pada sebagian sumber yang ada diperoleh data yang kalau sumber dana yang mengalir ke Go-Jek datang dari NSI Ventures serta Sequoia Capital . Lantas siapakah NSI Ventures serta Sequoia ini?

Dari info yang ada, di ketahui kalau NSI Ventures adalah perusahaan pemodal ventura (venture capital firm) yang mensupport type pendanaan early stage venture investment. Perusahaan pendanaan yang berkantor pusat di Singapura ini sendiri yaitu sisi dari Northstar Grup (perusahaan ekuitas swasta, private equity firm di Asia Tenggara). Dalam pendanaannya sendiri, NSI Ventures pernah memberi dana di sebagian startup di Asia Tenggara. Bukan sekedar Go-Jek, NSI Ventures juga memberi dana ke Jualo. com, satu e-Commerce yang jual beberapa barang sisa di Indonesia.

Artikel lain : prestasi-irendra-pembuat-drone-dari-indonesia/

Cerita Dibalik Kontroversi Video Founder Go Jek Sedang Sequoia Capital sendiri adalah perusahaan pendanaan atau venture capital firm yang datang dari Menlo Park, California, Amerika Serikat. Dengan pengalamannya di kian lebih 40 th. ini Sequoia Capital di ketahui dapat memberi dana pada 1 sampai 100 juta dolar AS. Sequoia Capital sendiri bakal mensupport type pendanaan yang lebih luas daru NSI Ventures yaitu meliputi Seed Investment, Early Stage Venture, serta Later Stage Venture.

Support Tehnologi serta Sumber Daya Manusia Go Jek

Hal ke-2 yang dapat jadikan tanda apakah Go-Jek betul-betul adalah karya anak bangsa yaitu support tehnologi serta sumber daya manusia pada perusahaan itu. Menurut CrunchBase, diperoleh info kalau Go-Jek sudah mengakuisisi C42 Engineering yang disebut startup tehnologi dari India. Terkecuali mengakuisisi C42 Engineering di ketahui juga kalau Go-Jek sudah mengakuisisi CodeIgnition.

Pada cerita lain nyatanya diperoleh narasi kalau awalannya Go-Jek adalah client dari C42 Engineering. Hal semacam ini sendiri dinyatakan oleh Sidu Ponnappa yang disebut Cofounder serta director C42 Engineering. Menurut Sidu, C42 Engineering pernah berbarengan bangun system Go-Jek sepanjang sebagian bln.. Sebelumnya sistem akuisis, C24 Engineering juga di ketahui pernah jadi konsultan Go-Jek.

Dari narasi Sidu sebelumnya sistem akuisisi di ketahui juga kalau c24 Engineering serta Go-Jek merencanakan merekrut beberapa orang memiliki pengalaman untuk bangun satu pusat penelitian serta pengembangan (Research and Development Centre) di India. Tetapi sayangnya sebelumnya proyek ini berjalan Go-Jek berasumsi kalau sistem akuisisi C24 Engineering yaitu hal yang tambah baik untuk bisnisnya.

Lantas Apakah Go-Jek Adalah Karya Anak Bangsa?

Dari dua tanda di atas kita dapat menganalisanya, apakah Go-Jek ini adalah “sepenuhnya” karya anak bangsa atau bukanlah. Penulis sendiri tidak ingin beranggapan atau menyimpulkan lebih jauh untuk menjawab pertanyaan diatas. Daripada beranggapan lebih jauh tambah baik Anda semasing mempunyai pemahaman serta pernyataan sendiri untuk hal semacam ini.

Kita sebagai warga negara Indonesia memanglah menginginkan kalau semakin banyak anak bangsa yang dapat bikin karya-karya membanggakan didunia internasional. Bahkan juga bila dapat bila ada negara ini mempunyai spesialisasi dalam pengembangan startup yang saat ini semakin banyak disukai oleh orang-orang. Jadi Go-Jek adalah karya bangsa atau bukanlah, biarkanlah saat yang bakal menjawabnya. Cerita Dibalik Kontroversi Video Founder Go Jek

Leave a Reply

six + one =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!