Cilok Makanan Khas Bandung Menggoyang lidah

Cilok Makanan Khas Bandung Menggoyang lidah

Bandung salah satu kota yang  terkenal dengan berbagai macam kuliner yang enak. Selain tempat wisata yang  yang wajib dikunjungi, kulinernya juga harus dicicipi jjka sedang mengunjungi kota  Bandung ini. Salah satu makanan yang terkenal dibandung adalah cilok. Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok, Aci dalam bahasa sunda bearti kanji. Makanan ini sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat baik yang tua, muda maupun anak-anak.

Cilok adalah makanan yang berbahan dasar tepung kanji (aci) yang berbentuk bulat yang diisi dengan daging/abon, keju, ikan  dan lain-lain, biasa disajikan menggunakan lidi (dicolok) dengan bahan pelengkap seperti sambal kacang, kecap manis dan saos. Namun ada juga variasi dari cilok yaitu disajikan dengan kuah kaldu, mirip seperti bakso.

Cilok merupakan makanan khas parahiyangan, tapi ada juga didaerah lain, hanya saja berbeda dari segi penamaannya.  Makanan ini bisa dijumpai dimana saja, di warung jajanan sekolahsekolah, pinggir jalan bahkan kafe-kafe ada juga yang menyajikan menu cilok ini. Semua kalangan bisa dengan mudah menemui makanan ini.  Cilok memiliki teksur yang kenyal, sangat enak dinikmati pada saat panas-panas. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga tidak kalah dengan kulinerkuliner lain yag ada di kota Bandung.

 

Ragam Variasi Cilok

Tidak melulu cilok disajikan dengan cara direbus dan disiram dengan sambal kacang saja, namun cilok sudah dimodifikasi menjadi beragam tampilan dan penyajian, dengan rasa yang tidak kalah enaknya dengan cilok aslinya. Berikut kita bahas beberapa kreasi dari cilok yang sangat terkenal di Bandung dan sebagai bahan referensi untuk kita dalam memilih jenis makanan.

  1. Cilok Original

Cilok original merupakan cilok asli yang biasa disajikan dengan ditusuk dan disiram dengan sambal kacang, kecap dan saus cabai. Cilok ini dimasak dengan cara direbus, biasanya ditambahi dengan berbagai macam isian, seperti keju, daging giling, abon, ikan yang sudah dicincang, dan telur.

  1. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari cilok goreng. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau cilok ini disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu.  Cireng memiliki rasa yang renyah diluar dan kenyal didalam, biasanya dimakan dengan saus sambal. Akan nikmat jika dimakan saat masih panas.

  1. Cilok Bakar

Cilok ini merupakan olahan dari cilok asli. Cilok bakar ini biasanya disajikan seperti sate, ditusuk lalu dibakar dan dimakan dengan bumbu sate. Sensasi rasa yang dihasilkan akan membuat kita ketagihan. Rasa garing dan khas bakaran yang dihasilkan membuat cilok bakar ini beda dari cilok lainnya.  Cilok jenis ini juga enak dinikmati selagi masih panas, apalagi saat cuaca dingin.

 

Resep Cilok Original

Sebenarnya cilok itu mudah untuk dibuat, jika kita malas keluar rumah untuk membelinya, kita bisa membuatnya sendiri loh. Karena bahan-bahan yang digunakan juga terbilang sangat mudah kita dapatkan, gak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk mendapatkan bahan-bahannya. Bagi anda yang ingin membuat cilok sendiri, kali ini saya akan memberikan resep cilok untuk anda coba dirumah, selain terjamin kualitasnya juga bisa menghemat pengeluaran anda hehehe..

Bahan-bahan :

  • 150 gr tepung kanji (aci)
  • 150 gr tepung terigu
  • 200 ml air panas
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • Garam dan penyedap rasa secukuonya

Cara Membuat :

Masukkan tepung kanji (aci), tepung terigu, bumbu halus, garam dan penyedap dalam 1 wadah, Kemudian beri air panas sedikit  demisedikit sambil diaduk dengan sendok kayu. Usahakan agar memasukkan air panas nya sedikit demi sedikit, kira-kira sudah bisa dibentuk bulat hentikan memberi air panasnya. Jika masih  terasa  kurang, bisa ditambahkan lagi dengan air panas. Ingat ya airnya harus panas, dan adonannya diaduk cepat agar tidak menggumpal.

Setelah dirasa cukup dan bisa dibentuk, buatlah adoanan menjadi bentuk bulat-bulat, untuk ukuran sesuai selera. Kemudian masukkan adonan yang sudah dibulatkan kedalam panci berisi air yang sebelumnya udah mendidih, rebus dengan api sedang. Tunggu hingga  cilok mengapung, angkat dan tiriskan. Lakukan sampai adonan habis. Cilok siap dihidangkan dengan sambal kacang.

Sambal Kacang :

  • 250 gr kacang tanah, goreng
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawag merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Garam
  • Gula merah secukupnya
  • Air asam jawa
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat sambal kacang :

Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih  dan air dengan blender. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan campuran kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi. Masukkan gula merah, air asam jawa dan garam secukupnya, masak hingga mendidih. Kemudian angkat dan bisa langsung disajikan dengan cara disiram diatas cilok.

baca juga

 

100 Daftar Kuliner Bandung Yang Wajib Anda Cicipi

100 Tempat Wisata Bandung Baru & Unik

 

Bukit Moko, Wisata Alam Di Hutan Pinus

 

Sampai disini pembahasan mengenai cilok, sebagai warga negara Indonesia kita wajib menjaga  kelestarian kuliner Indonesia, kalau perlu kita kenalkan kuliner kita sampai ke manca negara agar bisa dikenal di manca negara. Dan yang lebih utama lagi, agar kita selalu menjaga kearifan lokal kita, agar tidak diakui oleh negara  lain. Jadi, cintailah kuliner asli Indonesia ya 😉

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!