Coffee Shop Kekinian yang Bisa Menjadi Referensi untuk Coffee Shop Anda

undercover.co.id – Coffee Shop Kekinian yang Bisa Menjadi Referensi untuk Coffee Shop Anda , seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, selain bisnis franchise coffee shop, masih ada cafei atau kedai kopi yang kekinian dan memiliki daya tarik sehingga diminati oleh banyak orang.

Saat ini, hampir di setiap kota, terutama kota besar dengan aktivitas ekonomi yang aktif, memiliki coffee shop yang digemari banyak orang.

Coffee Shop atau kedai kopi tersebut memiliki konsep unik yang berbeda, karenanya, meski memiliki beberapa sajian menu yang sama, konsep tersebutlah yang menjadi daya tarik utama para pelanggan, yang kebanyakan adalah anak-anak muda.

Untuk Anda yang sedang dalam proses persiapan membuka bisnis coffee shop, mengetahui keberadaan dan wujud kedai kopi kekinian tersebut menjadi hal yang sangat menguntungkan. Selain untuk mengamati ragam bentuk kedai kopi yang ada di Indonesia, Anda juga menjadikannya sebagai referensi sumber ide seklaigus menghindari adanya kesamaan konsep.

Berikut adalah ulasan tentang kafe atau kedai kopi kekinian yang unik  dari berbagai kota di Indonesia.

Historica Café

Jika Anda adalah pecinta kopi yang berdomisili di Surabaya, Anda pasti kenal dengan kafe unik satu ini. Dengan konsep warna interior black and white, kafe yang terletak di Jalan Sumatera No. 40, Gubeng ini menjadi coffee spot yang banyak digemari oleh muda-mudi di Surabaya.

Kualitas rasa kopi yang disajikan di Historica Café juga dijamin enak, karena diracik oleh barista profesional. Ketika memesan menu kopi di sini, Anda tidak akan disodori buku menu seperti pada umumnya. Harga dan menu kopi hanya bisa Anda lihat di dekat meja pemesanan yang ditulis di papan hitan dengan kapur tulis putih.

Penataan tempat duduk di coffee shop yang buka dari pukul 07.00 – 22.00 WIB tersebut juga unik, yaitu indoor, yang terdiri atas meja dan kursi yang nyaman, dan outdoor yang ditata seperti meja dan kursi di bar.

Kedai Kopi Pak Pete

Dari Surabaya, mari ke Semarang. Salah satu kedai kopi yang digemari oleh anak muda Semarang adalah kedai Kopi Pak Pete. Anda akan menemukan suasana yang nyaman namun ramai di kedai kopi yang terletak di daerah Sekaran, Gunung Pati tersebut.

Selain bisa menikmati kopi nikmat yang diracik dengan sepenuh hati, Anda akan disambut dengan keramahan ownernya yaitu Pak Pete yang juga siap berbagi pengetahuan tentang kopi yang disajikan.

Dengan sasaran konsumen kalangan menengah, Pak Pete menawarkan kopi dengan harga Rp 15.000 – Rp 25.000. Anda juga bisa menikmati aneka gorengan yang disajikan sebagai teman minum kopi. Karena harga yang terjangkau dan konsepyang sederhana, kedai Kopi Pak Pete semakin populer dan disukai oleh para pecinta kopi di ibu kota Jawa Tengah tersebut.

Blanco Coffee

Ada sebuah quotes yang menyatakan Happiness is A Cup of Coffee and A Good Book. Barangkali dari quotes tersebutlah, Blanco Coffee mendapatkan ide untuk membuat konsep kedai kopi dengan sebuah perpustakaan mini.

Karenanya,kedai kopi yang terletak di Yogyakarta ini sangat cocok untuk Anda yang gemar menikmati kopi sambil membaca buku. Desain interior yang mirip dengan perpustakaan ala sekolah, membuat siapapun yang mengunjunginya turut merasakan nostalgia masa sekolah dan terbawa atmosfer untuk membaca.

Kedai kopi yang terletak di dekat Pasar Kranggan Jetis dan Tugu Jogja ini bisa menjadi tempat ngopi favorit berbagai kalangan, dari mahasiswa hingga pekerja sering menghabiskan akhir pekan mereka di sini.

Rumah Kopi

Sesuai dengan namanya, kedai kopi ini berkonsep rumah. Ya, benar-benar rumah dengan dominasi perabotan kayu sehingga suasana klasik sangat kental terasa ketika kali pertama datang ke kedai kopi yang buka dari pukul 11.00 – 23.00 WIB ini.

Di sini, Anda bisa menikmati kopi spesial yang disebut Queen Coffee yakni sajian kopi espresso dengan racikan rum dan whipped cream yang ditaburi kayu manis. Seperti kedai kopi lainnya, Anda juga bisa menikmati aneka makanan ringan seperti gorengan dan camilan, hingga makanan berat.

Selayaknya rumah, Anda tidak perlu bingung mencari kursi dan meja untuk duduk menikmati kopi. Anda bisa duduk di mana saja seperti di ruang tamu, ruang keluarga, hingga dapur. Benar-benar seperti rumah.

Tidak heran jika kedai kopi yang berlokasi di Jalan Terusan Ranca Kendal No. 09, Dago, ini menjadi coffee shop favorit warga Bandung yang sedang menikmati akhir pekan atau sekadar melepas penat setelah bekerja seharian.

Galla Coffee Laboratory

Biasanya, desain interior coffee shop dipilih yang berwarna kalemi hingga redup seperti pewarnaan dominasi abu-abu atau coklat temaram. Galla Coffee Laboratory memiliki konsep yang berbeda, yaitu dominasi warna putih yang terkesan clean and comfy seperti laboratorium.

Suasana di kedai kopi yang terletak di ibukota Sampora, Banten ini, juga semakin membuat betah pengunjung karena memiliki berbagai alat penyeduh kopi secara manual atau manual brew yang memungkinkan Anda merasakan lebih dari sepuluh jenis minuman kopi.

Dengan kisaran harga Rp 30.000 – Rp 40.000,- Anda bisa merasakan beragam menu kopi seperti cappuccino, espresso, affogato, matcha latte, dan sebagainya.

Woot Coffee and Mates

Satu lagi kedai kopi yang mengusung warna berbeda bahkan menjadi signature coffee shopnya, yaitu Woot Coffee and Mates. Kedai kopi yang memiliki konsep warna abu-abu dan kuning ini menyajikan beragam menu kopi dengan kopi Malabar, dari Jawa Barat, sebagai coffee basenya.

Coffee shop yang berada di Jalan Gunawarman No. 77, Jakarta Selatan ini memiliki berbagai menu sajian kopi di antaranya black coffee, espresso, cappuccino, latte, flat white,hingga  piccolo. Uniknya, Woot Coffee and Mates adalah satu-satunya kedai kopi yang menyediakan pasangan minum kopi sesuai dengan namanya mates, yaitu martabak manis dari Martabak Boss.

Selain digemari sebagai kedai kopi dengan sajian menu kopi yang nikmat, Woot Coffee and Mates menjadi favorit anak muda untuk spot foto yang instagramable. Nama Woot terinspirasi dari sosok kartun dengan ekspresi kebahagiaan yang mengucapkan woot-woot.

Karena itulah, diharapkan, setiap pengunjung yang hendak menikmati waktu santai di Woot Coffee and Mates, bisa merasakan kebahagiaan dengan sajian menu yang ditawarkan.

Bagaimana? Menarik, bukan?

Sebenarnya, masih ada banyak coffee shop  kekinian yang memiliki konsep unik yang tidak kalah, bahkan jauh lebih baik, dibandingkan dengan franchise coffee shop yang telah diulas pada artikel sebelumnya.

Jika ulasan kedai kopi unik pada artikel ini Anda rasa kurang memberi referensi, Anda bisa melakukan riset secara cepat dengan googling atau mencari informasi tentang kedai kopi unik lainnya yang ada di berbagai kota besar di Indonesia.

Hampir setiap kota di Indonesia, memiliki lebih dari satu kedai kopi unik yang menjadi tempat favorit ngopi para pecinta kopi. Ulasan pada artikel ini hanyalah contoh kedai kopi atau coffee shop yang unik dari kota-kota besar yang menjadi pusat menjamurnya bisnis coffee shop.

Contoh Bisnis Coffee Shop Yang Sudah Terkenal

Sebagai pecinta kopi, Anda pasti tidak asing dengan nama coffe shop seperti Starbucks. Starbucks merupakan salah satu jaringan kedai kopi global yang tersebar di 61 negara. Selain Starbucks masih ada banyak waralaba coffee shop yang bisa Anda temui, terutama di lokasi strategis seperti mall dan pusat perbelanjaan lainnya.

Pada pembahasan langkah awal memulai bisnis coffee shop, Anda disarankan untuk melakukan pengamatan bisnis sejenis yang ada di sekitar Anda. Salah satu pesaing ketat di bidang bisnis coffee shop adalah yang sudah membentuk waralaba sehingga keberadaannya sudah tersebar ke banyak lokasi strategis dan popularitasnya pun tinggi.

Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa waralaba coffee shop atau jaringan kedai kopi yang ada di tanah air. Dengan mengetahui waralaba coffee shop yang terkenal di Indonesia, pengetahuan Anda tentang pesaing bisnis bisa lebih luas sehingga bisa menyusun strategi untuk bisa sejajar dengan mereka.

Kedai Kopi Torabika

Siapa yang tidak mengenal Torabika? Brand produk kopi buatan dalam negeri ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Sebagai bisnis waralaba, kedai kopi ini merupakan produk bisnis kemitraan PT Mayora Indah.

Jika Anda ingin menjadi mitra dari bisnis kedai kopi Torabika, Anda harus menyiapkan modal minimal 10 juta rupiah. Dari modal tersebut Anda akan mendapatkan dukungan dari PT Mayora Indah berupa peralatan pembuatan kopi, program promosi, staff training, pelayanan teknis, staff operation, hingga konsultan bisnis.

Wake Cup Coffee Shop

Kedai kopi yang dibangun oleh Kama Sulaiman ini sudah ada sejak 2013. Berselang dua tahun setelahnya, Wake Cup Coffee Shop mulai membuka bisnis mitra, yaitu pada 2015, yang bebas diikuti oleh siapa saja.

Coffee Shop yang sudah tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya ini, menawarkan beberapa pilihan menu yang menarik, seperti cappuccino, caramel macchiato, caramel latte, black coffee, hingga green tea latte.

Ada juga menu makanan yang melengkapi sajian utama kopi Wake Up, di antaranya adalah chicken salad, toast bread, spaghetti aglio olio, dan chicken fried rice.

Untuk bermitra dengan Wake Cup Coffee Shop, ada dua paket yang ditawarkan sebagai bentuk investasi, yaitu paket A, senilai 650 juta, dan paket B, senilai 425 juta. Jika Anda berminat, Anda bisa menghubungi customer service dari Wake Cup Coffee Shop melalui situs online resminya yaitu www.wakecupindonesia.com.

Semerbak Coffee

Bermodalkan nekat, Muadzin F. Jihar dan Iwan Agustian membuka usaha coffee shop pada 2009 yang diberi nama Semerbak Coffee. Niat mereka membuka bisnis coffee shop bermula dari rasa bosan menjadi pegawai dan termotivasi karena pengalaman menikmati kopi dari berbagai tempat.

Dengan modal 3,6 juta rupiah, mereka membuka coffee shop di daerah Depok, Jawa Barat. Tidak disangka masyarakat sangat antusias dengan produk andalan mereka yakni Coffee Blend dengan varian topping  dan rasa.

Coffee Shop yang dilandasi niat nekat dengan modal pas-pasan tersebut kini sudah memiliki lebih dari 400 outlet yang tersebar di berbagai wilayah di kota besar. Bila Anda tertarik bergabung menjadi mitra bisnis waralaba Semerbak Coffee, Anda cukup menyiapkan modal minimal 9,5 juta rupiah hingga 35,5 juta rupiah.

Daycinno

Daycinno adalah salah satu waralaba coffee shop lokal yang didirikan oleh Wiwi Harti pada 2012. Ia mulai membuka bisnis coffee shop karena termotivasi oleh hobi meracik minuman hangat, terutama kopi.

Menu sajian kopi Daycinno pun beragam, yaitu kopi hangat yang terdiri atas cappuccino grande, coffee chocolate, rich chocolate, dan green tea latte, dan kopi dingin, seperti cappuccino day, mocha monster, choco cookies, choco chip, dan green tea blast.

Untuk bisa menjadi mitra bisnis waralaba coffee shop yang kini sudah memiliki lebih dari 190 gerai ini, Anda perlu menyiapkan biaya minimal senilai 5,5 juta dan biaya maksimal 45 juta rupiah.

Javapuccino

Kedai kopi ini dikenal karena berhasil menenangkan perhargaan Who Want to Be The Young Entrepreneur” pada 2011 silam. Produk andalannya adalah racikan kopi arabika dan kopi robusta. Seiring dengan perkembangan trend minuman masa kini, Javapuccino menawarkan produk minuman dengan rasa khas yang unik, yakni coffee blend, tea dan bubble drink.

Bisnis yang digagas oleh Asmui Kammuri tersebut, kini sudah memiliki 450 outlet yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Kesempatan untuk bermitra pun terbuka untuk siapa saja.

Jika Anda tertarik untuk menjalin kerja sama sebagai mitra bisnis melalui waralaba Javapuccino, Anda harus menyediakan modal minimal 89 juta hingga 198 juta rupiah.

Coffee Toffee

Bisnis waralaba coffee shop yang didirikan oleh Odi Anindito pada 2006 ini, sangat terkenal di Surabaya. Berawal dari kedai kopi kecil, Odi berhasil mendapatkan respon positif dari masyarakat hingga mampu membesarkan bisnisnya.

Modal Odi dalam membuka bisnis Coffee Toffee didapatkan dari pengalaman mencoba dan membandingkan rasa 12 jenis kopi selama perjalanan berkeliling nusantara. Karenanya, tidak heran jika racikan kopi Odi diakui kenikmatannya oleh banyak orang. Bahkan, Coffee Toffee sudah dianggap sebagai Starbucks-nya Indonesia.

Yang tidak disangka, Odi memulai bisnis coffee shopnya dengan modal tidak lebih dari 5 juta rupiah. Sekarang, coffee shop yang terkenal dengan tagline Yes I drink Indonesian Coffee” ini sudah memiliki ratusan outlet yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Malang, Madiun, dan kota lainnya.

Jika ingin bermitra dengan bisnis waralaba Coffee Toffee, Anda perlu berinvestasi sebesar 250 juta rupiah untuk gerai kopi berukuran paling kecil.

Bagaimana? Menggiurkan, bukan?

Seperti sejak awal penemuannya, kopi memang menjadi komoditas ekonomi yang berpeluang besar bagi setiap pelaku bisnis. Termasuk dalam bisnis waralaba, ada banyak bisnis waralaba coffee shop di dalam negeri dan waralaba coffee shop dunia yang menyebar hingga ke berbagai negara.

baca juga

1. Langkah Awal Memulai Bisnis Coffee Shop

2. Teknologi Manual Pembuatan Kopi

3. Panduan Lengkap Pecinta Kopi

Baca juga

Editor’s Choice

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Panduan Bisnis Online Terlengkap

Bisnis waralaba yang telah diulas tersebut adaalah bisnis waralaba coffee shop yang terkenal dan sering Anda temui di berbagai tempat. Hampir setiap bisnis waralaba coffee shop yang sukses, bermula dari modal kecil. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk bisa memulai bisnis coffee shop tanpa harus khawatir tentang modal besar.

Dan, sesuai dengan tujuan yang dinyatakan sedari awal, bahwa keberadaan bisnis waralaba coffee shop ini patut untuk diapresiasi sebagai pesaing bisnis yang kuat. Banyaknya gerai atau outlet yang mereka miliki bisa menjadi objek pengamatan untuk memulai bisnis coffee shop.

Selain itu, popularitas waralaba coffee shop-coffee shop tersebut bisa menjadi indikator perkembangan bisnis bidang kopi di Indonesia. Semakin banyak jumlah outlet dari suatu waralaba coffee shop menandakan bahwa kondisi perkembangan bisnis di bidang kopi semakin baik dan tidak kalah dengan waralaba coffee shop asing yang ada di Indonesia.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!