Creative Consultant Young On TOP

Creative Consultant Young On TOP | Satu lagi pengusaha sukses yang tidak sukses mendapat gelar dunia perkuliahan. Kita mengenal pengusaha ini lewat ideide kreatifnya. Benar, dia adalah Yoris Sebastian. Yoris yang begitu aktif memotivasi anak muda untuk tetap bersemangat menjalani hidup tersebut patut mendapat pujian.

Dengan lika liku kisah hidupnya, ia banyak menularkan semangat yang besar pada follower di twitternya. Bagaimanakah Yoris Sebastian bisa menjadi pengusaha creative planner yang sukses? Artikel berikut akan membawa anda mengenal lebih dekat Yoris Sebastian.

 Si Kreatif Yoris

Nama lengkapnya adalah Yoris Sebastian. Laki-laki yang sekarang berumur 42 tahun lebih beberapa bulan ini merupakan seorang praktisi kreatif. Yoris lahir di Ujung Pandang pada tanggal 5 Agustus. Saat ini Yoris Sebastian merupakan Pemilik dan juga Founder OMG (Oh My Goodness) Creative Consulting. Sebagai creative consultant Yoris dan perusahaannya bekerja pada penjualan ide-ide kreatif. Sebelumnya ia pernah berkerja sebagai General Manager Hard Rock Café di tahun 1998.

Yoris Sebastian selain sebagai sorang praktisi kreatif juga dikenal sebagai penulis. Ia menulis beberapa buku tentang kreatifitas. Beberapa bukunya seperti Creative Junkies, Keep Your Lights On, 101 Creative Notes serta Time Is More Valuable Than Money. Selain itu ia juga aktif mengisi seminar juga workshop tentang inovasi juga creativity. Ia bahkan mengaku bahwa 70% waktunya dihabiskan untuk OMG Consulting dan 20% digunakan untuk seminar juga workshop seputar inovasi dan kreativitas. Mungkin sisa 10%nya untuk nulis buku dan juga urusan keluarga kali ya! 🙂

Creative Consultant Young On TOP Karirnya dibidang kreatif ini sebenarnya tidak pernah benar-benar dipilih untuk menjadi tujuan utama, karena ia mengaku berkarya di bidang kreatif ini hanya mengikuti arus perjalanan hidupnya yang tidak pernah jauh dari industri kreatif. Benar, sebelum mendirikan OMG Consulting, Yoris bekerja di majalah HAI, Hard Rock Cafe, MTV, HaagenDazs, BC Bar, IP Entertainment dan masih banyak lagi dan seluruhnya merupakan industri kreatif. Padahal saat kecil, lelaki alumni SMA Pangudi Luhur tersebut sempat ingin menjadi pemain basket NBA bahkan juga ingin menjadi fotografer terkenal di dunia.

 

Creative Consultant Young On TOP

Sepak Terjang Yoris Sebastian

Awal mula karir Yoris di arena industri kreatif dimulai sejak bergabung di Majalah Remaja Hai. Mulai dari sinilah bakat kreatifnya terasah sedikit demi sedikit. Namun akhirnya Yoris menjadi seorang penyiar di radio Hard Rock Cafe. Selama bekerja di Hard Rock Cafe, banyak ide brilian dan out of the box yang diungkapkan oleh Yoris. Pernah dengar program I Like Monday? Itu salah satu inovasi dari Yoris Sebastian.

I Like Monday memang terdengar biasa-biasa saja, namun dari program inilah nama Yoris mulai banyak dikenal masyarakat, khususnya anak muda. Di acara tersebut, Yoris menitikberatkan pada sebuah acara kreatif di hari Senin. Kita semua tahu bahwa hari Senin selalu identik dengan hari yang membosankan. Dalam dunia hiburan, rating acara pada hari Senin terbukti sangat minim peminat. Namun, I Like Monday tersebut mampu menggebrak hari senin banyak anak muda.

Bukan hanya itu saja, Yoris mulai menggagas acara lainnya seperti Destination Nowhere. Inti acara tersebut adalah acara jalan-jalan dimana pesertanya tidak diinfokan sebelumnya tentang tujuan mereka. Istimewanya, pernah saat berada di pesawat, Yoris menghadirkan Band Cokelat yang tengah melakukan peluncuran album di atas ketinggian 30.000 kaki. Ide gila tersebut mengantarkan namanya masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Bahkan Yoris Sebastian menjadi general manager Hard Rock Cafe termuda pertama se-Asia dan kedua di dunia.

Hingga tahun 2006, Yoris yang kemudian berpikiran bahwa ide kreatif layak dijual dan diapresiasi, memutuskan untuk resign dari Hard Rock Cafe dan membuka Konsultan Oh My Goodness. Benar, Yoris yang sangat dikenal memiliki bakat dan segudang ide gila tersebut memantapkan diri untuk membangun sebuah perusahaan ‘creative planner’. Salah satu idenya yang sukses adalah ide pembangunan bar yang hanya dibuka hari Jumat dan Sabtu saja. Aneh dan juga unik. Siapa sangka, bar yang berkonsep dua hari kerja itu memiliki profit bisnis yang bisa bersaing dengan bar yang buka setiap hari. Sebuah konsep yang unik, bar yang hanya buka selama dua hari ternyata mampu menggiring rasa penasaran pengunjung sehingga jumlahnya membludak.

Dari pekerjaannya sebagai seorang praktisi kreatif, Yoris mendapatkan beberapa penghargaan yang membuatnya semakin tersohor. Selain menjadi General Manager Hard Rock Cafe termuda di Asia saat berusia 26 tahun, termuda kedua di dunia, ada prestasi lain seperti International Young Creative Entrepreneur of the Year Awards 2006 dari British Council di London. Kemudian penghargaan Young Marketers Award Winner dari IMA and Markplus, dan Future CEO to Watch dari majalah SWA untuk program musik mingguan rancangannya, I Like Monday. Dan setahun sesudah OMG Consulting berdiri di tahun 2007, Yoris mendapatkan lagi penghargaan tingkat regional, Asia Pacific Entrepreneur Award Winner 2008 (kategori Most Promising Entrepreneurs).

 

Creative Consultant Young On TOP

Poin penting dalam Berkarya sebagai Creative Consultant

Ada beberapa poin penting yang digaris bawahi oleh Yoris selama menjadi seorang praktisi kreatif. Beberapa poin peneting tersebut adalah sebagai berikut:

  • Imajinasi

Imajinasi sangatlah penting.  Menurt Yoris, imajinasi merupakan faktor pembeda setiap orang dengan orang lainnya.  Ilmu pasti penting sebagai dasar namun imajinasi alias ilmu tidak pasti jadi lebih powerful di masa sekarang dan masa depan. Tambahnya, imajinasi akan hadir bila dasarnya kuat. Dasar yang ia maksud ialah cikal bakal dari imajinasi itu sendiri, yang hanya didapat dengan rajin membaca, rajin riset dan rajin observasi.  Sehingga imajinasi lebih terasah tetapi tetap meaningful karena punya dasar yang kuat.

Baca Juga

  1. 1001 Cara Meningkatkan 1000% Omzet Penjualan Di Berbagai Industry Bisnis
  2. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
  3. 10 Usaha Unik Dan Kreatif Yang Paling Menguntungkan Di Jakarta
  • Karya yang berguna

Bagi Yoris, poin penting menjadi seorang praktisi kreatif adalah dengan membuat karya yang berguna bagi sesama.  Ia menuturkan bahwa karya yang dikenang sepanjang masa ternyata adalah karya – karya yang berguna untuk orang lain. Jadi bukan hanya berkonsentrasi tentang siapa “saya”. Misal, Yoris menulis buku bukan untuk pamer siapa Yoris Sebastian namun benar-benar dengan tujuan agar semakin banyak orang jadi kreatif setelah baca buku saya.

  • Semua orang kreatif

Benar, dalam karyanya, Yoris selalu menekankan bahwa semua orang pada dasarnya adalah kreatif.  Setiap orang boleh berpikir out of the box, akan tetapi eksekusinya harus inside the box.  Yang terjadi saat ini, masih banyak orang yang mencoba untuk kreatif tapi tidak relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, mereka kadang menggunakan kreativitas untuk kepentingan sendiri. Itu jelas Mubazir.

  • Buku, Pengalaman dan Teman

Menurut Yoris, ketiga elemen itulah yang menjadikan Yoris Sebastian saat ini. Ia mengaku dulu tidak suka membaca buku, tapi berkat inspirasi dari satu episode di Rumah Masa Depan, Yoris jadi rajin membaca buku. Yoris juga cukup cermat dalam memilih pekerjaan, bukan hanya gaji yang diperhitungkan tetapi juga pengalaman yang luar biasa. Terakhir teman. Menurutnya ia memiliki banyak teman hingga saat ini dengan menjadi Creative Consultant Young On TOP.

Leave a Reply

three × three =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!