Crowde , Petani Untuk Membangun Bangsa

Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci SEO Lokal Pada 2021

https://undercover.co.id – Petani adalah soko guru bangsa, posisinya sangat penting karena menyangkut pemenuhan pangan seluruh warga negara. Tanpa petani tidak akan padi yang hasil berasnya bisa kita makan setiap hari, tanpa petani kita tidak akan menikmati sayur dan buah-buahan segar setiap hari.

Saat ini pertanian masih menjadi gantungan hidup banyak orang khususnya di pedesaan, bahkan industri pertanian juga menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian pemerintah Indonesia saat ini.

Meskipun masih menjadi gantungan hidup kebanyakan masyarakat, namun lambat laun jumlah petani semakin menurun.

Sedikit generasi muda saat ini yang berminat untuk menjadi penerus yang bisa diandalkan untuk menggarap sektor pertanian. Petani yang hampir kebanyakan masih menggarap tanahnya secara tradisional, dianggap sebagai profesi yang ketinggalan zaman dan tidak menghasilkan.

Meskipun memiliki tanah, khususnya para pemuda desa malah lebih memilih pergi ke kota untuk menjadi buruh dan meninggalkan lahan pertanian mereka. Sehingga yang terjadi adalah 65% petani aktif saat ini sudah berada berusia 60 tahun ke atas.

Dengan demikian modernisasi pertanian perlu didorong lebih lanjut agar generasi penerus dapat tertarik untuk melanjutkan tongkat estafet pertanian Indonesia. Kepercayaan terhadap industri pertanian perlu ditumbuhkan dan dipupuk di antara generasi muda saat ini. Sembari menciptakan kesempatan agar petani kecil dan menengah bisa mengembangkan bisnis serta menerapkan idenya.

Crowde sebagai salah satu startup di bidang pangan terbesar di Indonesia, berusaha memenuhi komitmen di atas untuk dapat bertumbuh bersama petani, sehingga dapat berkontribusi untuk membangun bangsa.

Khususnya dalam rangka mempertahankan kebutuhan pangan bangsa dengan merawat subjek paling penting dari pangan, yaitu petani. Berkat kontribusinya, Crowde menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang mendapatkan Food Asia Award 2020 bersama dengan 10 finalis lain dari seluruh Asia.

Crowde Menciptakan Ekosistem Pendanaan yang Ramah Petani

Faktanya saat ini 78% petani rumah tangga aktif di Indonesia belum atau tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan permodalan bank. Belum lagi tantangan lain di sektor pertanian berkaitan dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan terjadinya penetrasi interkoneksi sehingga dapat membuat ekosistem berkelanjutan.

Kemudian seperti yang telah diulas di atas, terkait kurangnya regenerasi petani aktif yang mau menggarap sektor industri pertanian ini. Para pemuda yang enggan menggarap tanah di desa akhirnya menjadi pengangguran yang kemudian menimbulkan kesenjangan dua kali lipat daripada di kota.

Crowde dalam hal ini ingin menciptakan ekosistem pendanaan yang ramah terhadap petani. Crowde memberikan modal untuk usaha yang ramah petani hingga Rp 100 juta dengan cara yang mudah dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Selain memberikan modal dan memberikan sarana produksi yang berkualitas tinggi, Crowde juga akan memberikan pembiayaan tenaga kerja; memberikan bimbingan langsung oleh para ahli saat melakukan budidaya; memberikan keleluasaan pengembalian modal berupa hasil panen dan juga memberikan akses pasar dengan harga terbaik.

Saat ini modal pinjaman yang dapat diakses di Crowde adalah sekitar Rp 2 miliar dengan suku bunga mulai dari 6% Per Siklus. Total pinjaman yang telah disalurkan saat ini mencapai Rp. 132 Miliar dengan jumlah petani yang mengakses pinjaman tersebut adalah sebanyak 18.000 orang, dan untuk jumlah pemodal yang terdaftar saat ini adalah mencapai 62.005 Orang.

Dukung Petani Bersama Crowde

Selain memberikan pinjaman kepada petani, Crowde juga menyediakan layanan agar setiap orang juga dapat memberikan pinjaman permodalan, mengajukan proyek permodalan dan juga menjadi pembeli maupun pemasok produk-produk pertanian yang menjadi mitra Crowde.

Memberikan Pinjaman Permodalan

Crowde memberikan dua skema bagi setiap orang yang ingin berkontribusi menjadi pemodal bagi para petani, yaitu pemodal yang bersifat individual dan pemodal yang bersifat institusi. Untuk pemodal bersifat individual dapat langsung melakukan konsultasi dengan Crowde dan menyalurkan pendanaannya melalui Crowde.

Kemudian, untuk Pemodal Institusi, Crowde juga membuka peluang kerja sama dengan lembaga permodalan seperti perbankan, venture capital, atau impact venture yang dapat membuka akses permodalan ramah petani. Hal ini adalah untuk menstimulasi agar usaha mikro, kecil, dan menengah di sektor pertanian dapat terus berkembang.

Keuntungan dalam permodalan institusi adalah pemodal dapat menjadi bagian dari ekosistem pertanian yang terintegrasi; meminimalisis risiko dengan sistem penyaluran modal yang dilakukan secara non-tunai (cashless); cenderung lebih aman karena adanya pendampingan di lapangan untuk menghindari gagal panen; dan juga meminimalisir risiko kredit macet karena jaminan akses pasar yang menguntungkan petani.

Dukungan Komunitas

Crowde juga mebuka peluang kerja sama dengan kelompok tani atau paguyuban, pemerintah daerah, atau lembaga swadaya masyarakat di bidang pertanian untuk mempromosikan produk permodalan di lokasi yang baru, memberi pendampingan budidaya, pelatihan praktis seputar pertanian berkelanjutan bagi petani, serta memberi referensi kredibilitas petani.

Keuntungan dari diadakannya program ini adalah hal ini dapat mendukung peningkatan kualitas SDM di sektor pertanian, komunitas juga dapat ikut serta dalam memberdayakan petani lokal dan membantu memberi informasi seputar produk pertanian yang relevan bagi kebutuhan petani. Kemudian juga dapat berpartisipasi dalam meningkatkan hasil dan keuntungan petani.

Pemasok

Selain memberikan dukungan permodalan dan juga akses kepada komunitas, Crowde juga berkomitmen untuk memberikan akses yang memudahkan para petani untuk mendapatkan pasokan kebutuhan selama proses budidaya melalui program Pemasok ini. Crowde dalam hal ini membuka peluang kerja sama dengan perusahaan produk pertanian hingga pemilik toko tani di seluruh Indonesia yang berada dekat dengan lokasi proyek permodalan. Tujuannya adalah untuk memasok kebutuhan petani (permodalan sistem cashless) saat proses budidaya.

Keuntungan dari program ini adalah semua transaksi nantinya akan tercatat secara otomatis melalui aplikasi TONI POS, program ini juga merupakan bentuk dari digitalisasi operasional yang disediakan Crowde untuk menawarkan banyak kemudahan. Melalui sistem pemasok ini petani juga dapat memperoleh layanan perpindahan ke jaringan pemasok dalam ekosistem Crowde dan juga berpeluang memperoleh keuntungan lebih.

Pembeli

Crowde juga memberikan akses pasar kepada para petani yang menjadi mitra Crowde melalui program Pembeli ini. Program ini memungkinkan beberapa pihak baik individu maupun institusi seperti retail modern, perhotelan, hingga bisnis kuliner untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan Crowde. Harapannya beberapa pihak tersebut nantinya dapat membeli hasil panen langsung dari petani, hal ini adalah untuk menjamin akses pemasaran pasca panen.

baca juga

    Keuntungan bagi para pembeli nantinya adalah para pembeli dalam hal ini dapat ikut berrpartisipasi dalam pengembalian modal ramah petani. Produk yang diterima lebih terjamin kualitasnya karena selama proses budidaya para petani ini selalu mendapatkan pendampingan dari para ahli. Kemudian, karena produk yang akan didapatkan adalah langsung dari petani, maka pembeli tentunya akan mendapatkan harga yang lebih ekonomis. Para pembeli juga dapat terjamin kelancaran pasokan bahan bakunya dengan kualitas dan kuantitas produk yang tepat sesuai kebutuhan

    Leave a Reply

    19 − eight =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!